Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60455f4fed547c3c606b712f/tips-ampuh-atasi-ikan-cupang-yang-stress-versi-ane
Namun dibalik perbedaan itu ada satu yang hampir semua hewan piaraan alami yaitu stess. Bisa terjadi pada semua hewan piaraan, tak terkecuali ikan cupang. Dalam mengatasi ikan cupang yang stress ada beberapa cara yang ane lakukan. Berikut semoga bisa menjadi referensi untuk agan dan sista sekalian. Let's talk about it.
Lapor Hansip
08-03-2021 06:18

Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane

Event COC freshwater fish
Tips ampuh atasi ikan cupang yang stress versi ane!


Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane

Halo gansis, selamat malam. Semoga dimanapun berada gansis selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Dan semoga pandemi ini segera berakhir aamiin. Di bulan maret ini ada event ikan cupang nih.

Bicara masalah ikan cupang berarti ngomongin hewan piaraan ya gansis. Hampir semua orang punya hewan piaraan. Entah itu kucing, anjing, burung, dan ikan, semuanya hewan piaraan yang punya karakteristiknya masing-masing.

Ya iyalah masa disamakan antara merawat kucing sama merawat ikan cupang. Ikan cupang kan di air, masa iya tempat makanannya ditaruh di wadah terus ditinggalkan gitu. Ya enggak lah.

Karakteristik dalam perawatannya jelas beda. Namun dibalik perbedaan itu ada satu yang hampir semua hewan piaraan alami yaitu stess. Bisa terjadi pada semua hewan piaraan, tak terkecuali ikan cupang.

Dalam mengatasi ikan cupang yang stress ada beberapa cara yang ane lakukan. Berikut semoga bisa menjadi referensi untuk agan dan sista sekalian. Let's talk about it.

1. Bersihkan air dan wadahnya

Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane

Setiap hewan piaraan itu butuh tempat yang bersih, agar hidupnya aman dan nyaman. Kalau sampai stress maka itu bisa jadi tempat tinggalnya yang bikin mereka kayak gitu.

Makanya bersihkan secara rutin air dan wadah tempat tinggal ikan cupang ini. Kalau ane seminggu 2x, minimal seminggu 1x lah. Bersihkan air dari kotoran-kotoran kayak bekas makanannya yang tidak habis, dan kotoran lainnya.

Kalau wadah yang terbuat dari kaca bisa jadi akan ada lumut yang tumbuh, itu juga harus dibersihkan. Nah kalau yang sistem kolamnya gak pakai alat kayak di aquarium, usahakan dikuras dan airnya diganti.

2. Perlakukan seperti bayi yang rentan

Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane

Kenapa ane bilang begitu? Karena ikan cupang yang stress gak bisa diperlakukan sembarangan. Mereka itu rentan. Kalau bisa pindahkan ke tempat yang baru yang airnya bersih, dengan angkat secara pelan-pelan. Beri makan secukupnya dan lanjut perlakukan poin ketiga.

3. Jemur setiap hari

Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane

Nah cara ane yang lain lagi kalau ikan cupang stress itu dicemur dibawah sinar matahari pagi selama 1-2 menit. Kayak manusia juga butuh sinar matahari untuk mengelola stresnya, ikan cupang juga gitu gansis.

Tapi ingat jangan lama-lama selain nanti malah tambah stress, juga nanti jadi sushi ikan yang siap santap hehe. Lalu yang perlu diperhatikan juga jangan dibawah sinar matahari siang ya jemurnya.

4. Berikan makanan yang rutin

Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane

Memberikan makanan secara rutin dan tidak pernah telat juga bisa mengatasi sekaligus mencegah ikan cupang stress. Hal ini dikarenakan ikan cupang didalam wadah, dan tidak ada asupan makanan lainnya. Jadi ikan cupang gansis itu mengandalkan makanan dari ente aja ya. Jangan sampai ditelantarkan. Kasihan.

Segitu dulu thread ane tentang tips dan trik ampuh atasi ikan cupang yang stress. Kalau gansis ada yang punya pengalaylain silahkan dishare di kolom komentar ya.
Semoga bermanfaat.
Jumpa next thread.

Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
Sumber: Pengalaman pribadi
Gambar Dokumentasi pribadi
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 06:18
Begitu cara ane ya ganemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
senjakita09 dan mamaproduktif memberi reputasi
2 0
2
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 06:19
InsyaAllah gak bakal steess lg dah emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
senjakita09 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 09:26
Keren tipsnya, wajib dicoba nih
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan abdulqadirz memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 12:48
Pernah pelihara ikan cupang eh stress kali ya mati sendiri akhirnya cumab bertaham seminggu
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan abdulqadirz memberi reputasi
2 0
2
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 14:27
Kalau dulu biasanya ane bawa ke temmpat yang banyak jentik2 nyamuknya. Auto kenyang tuh nanti cupangnya gans. Kan cupang memang suka dengan jentik nyamuk.
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan abdulqadirz memberi reputasi
2 0
2
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 15:13
Quote:Original Posted By sinar304
Pernah pelihara ikan cupang eh stress kali ya mati sendiri akhirnya cumab bertaham seminggu


Lah kasian ya gan jgn2 bunuh diri lg dia emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By Ultramen.T
Kalau dulu biasanya ane bawa ke temmpat yang banyak jentik2 nyamuknya. Auto kenyang tuh nanti cupangnya gans. Kan cupang memang suka dengan jentik nyamuk.


Iya gan sekalian bersihkan jentik biar lingkungan sehat emoticon-Jempol
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 18:53
Ikan ane belum pernah dijemur selama beli emoticon-Goyang
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
1 0
1
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
08-03-2021 19:06
Dulu pas jaman ane masih kelas 4 ikan cupang yang sakit dimasukin air warna biru gan. Katanya sih obat biar sehat. Hoax kah??
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
1 0
1
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
09-03-2021 05:57
Quote:Original Posted By mamaproduktif
Ikan ane belum pernah dijemur selama beli emoticon-Goyang


Hmm harus dijemur tuh gan hehe

Quote:Original Posted By nurbagusl
Dulu pas jaman ane masih kelas 4 ikan cupang yang sakit dimasukin air warna biru gan. Katanya sih obat biar sehat. Hoax kah??


Waduh ane jg baru denger ini wkwk
0 0
0
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
09-03-2021 17:00
Kasian kalo sampe stress tar bisa pyra pura mati emoticon-Tepar
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
10-03-2021 21:17
astaga baru tauu, cupang ternyata harus dijemur juga yaaa? ibu ane nih mulai tertarik sama cupang
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
1 0
1
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
10-03-2021 22:17
Baru tau kalau dijemur bisa ngelola stres ikan cupang. Ga kepikiran.
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
1 0
1
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
11-03-2021 05:35
Quote:Original Posted By ziont
astaga baru tauu, cupang ternyata harus dijemur juga yaaa? ibu ane nih mulai tertarik sama cupang


Quote:Original Posted By ben.cumberbatch
Baru tau kalau dijemur bisa ngelola stres ikan cupang. Ga kepikiran.


Monggo dipraktekkan gan emoticon-Monggo
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
24-03-2021 08:52
Kalau dikasih temen gimana gan?
0 0
0
Tips Ampuh Atasi Ikan Cupang yang Stress Versi Ane
29-03-2021 21:02
Ikan aja bisa stres lho.. Makanya perlu dirawat bener2 ya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia