Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60454bbcd75e7416922e000a/anda-hidup-tapi-lupa-bersyukur-mari-praktik-bersyukur-sebelum-dicabut-semua-nikmat
Rasa syukur, adalah sebuah ungkapan rasa terima kasih seorang hamba kepada Tuhannya dengan sebuah bukti nyata baik itu ungkapan, tindakan, perbuatan, perilaku dan lain sebagainya. Bentuk dan niat rasa syukur sendiri adalah murni antara hamba dengan Tuhan, bukan hamba dengan hamba untuk tujuan diakui, diyakini, disegani maupun dihormati,
Lapor Hansip
08-03-2021 04:55

Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!

Susah, senang, bahagia dan sedih, semua wajib disyukuri karena ada peran Tuhan di sana!
Apakah kita sudah bersyukur hari ini?


Rasa syukur, adalah sebuah ungkapan rasa terima kasih seorang hamba kepada Tuhannya dengan sebuah bukti nyata baik itu ungkapan, tindakan, perbuatan, perilaku dan lain sebagainya.
Bentuk dan niat rasa syukur sendiri adalah murni antara hamba dengan Tuhan, bukan hamba dengan hamba untuk tujuan diakui, diyakini, disegani maupun dihormati, sebab jika rasa syukur kita masih terbatas akan hal tersebut maka itu tidak dapat dikatakan syukur melainkan sebuah pamrih atau riya'.

Sebenarnya ane malu GanSis untuk menulis thread kali ini yang mengangkat tema mewujudukan rasa syukur kepada Tuhan, sebab ane sendiripun juga belum sepenuhnya bisa mewujudkan rasa syukur itu dalam bentuk perbuatan yang nyata dan konsisten, ane juga masih menjadi hamba yang syukurnya datang dan pergi, timbul dan tenggelam.
Namun paling tidak kali ini kita membahas tentang rasa syukur dengan tujuan untuk saling mengingatkan dan saling mendukung dalam kebaikan ya GanSis!


Quote:
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!


Bersyukur di kala banyak nikmat dan kebahagiaan atau pun di kala banyak musibah dan cobaan datang, itu bukan perkara yang mudah GanSis.
Mungkin banyak orang menganggap bahwa bersyukur di saat bahagia dan kaya itu mudah, tapi faktanya?
Banyak sekali orang yang lupa untuk bersyukur saat hidup mereka serba kecukupan dan bahagia.
Mereka cenderung lebih menghabiskan masa bahagianya dengan tanpa melibatkan Tuhan dengan rasa syukur atas apa yang telah dinikmatinya.

Saat cobaan dan rintangan datang?
Mereka berbondong-bondong datang kepada Tuhannya.
Berkata, "Tuhan, kenapa hidupku seperti ini dan seperti ini? Apa salahku Ya Tuhan?"

Jangan disangkal, ini adalah fakta!

Memang tidak semua orang itu tidak bersyukur dan lupa bersyukur GanSis.
Sebab seperti yang telah ane jelaskan di atas, bahwa wujud syukur itu antara hamba dengan Tuhan, dan syukur yang baik adalah yang tidak dipamerkan kepada orang lain.
Tapi benarkah kita telah bersyukur?
Agan dan Sista sendiri yang dapat menjawabnya!


Quote:
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!


Kita masih diberikan kesempatan hidup sehat, dapat beraktivitas dengan normal, itu adalah sebuah nikmat yang wajib kita syukuri GanSis.
Bayangkan jika kita sakit, meskipun itu juga sama-sama nikmat yang diberikan Tuhan, tapi sangat akan lebih sulit lagi kita syukuri dibandingkan dengan sebuah nikmat sehat bukan?

Lalu bagaimana cara kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan, baik itu nikmat sehat, sakit, rezeki, keluarga yang utuh dan banyak nikmat-nikmat lainnya?
Kali ini kita akan bahas bersama tentang bagaimana cara bersyukur yang baik!


Quote:
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!


Bersyukur tentu saja tidak cukup dengam diucapkan dengan kalimat, " Ya Tuhan, aku bersyukur atas nikmat yang Engkau berikan", tidak hanya seperti itu ya GanSis.
Memang itu sudah salah satu bentuk rasa syukur, tapi rasa syukur yang benar adalah saat syukur kita dapat dirasakan dan ikut disyukuri oleh orang lain!

Lantas bagaimana sih cara bersyukur yang baik dan benar yang dapat kita lakukan?
Di bawah ini beberapa caranya!


1. Selalu Mengingat Tuhan
Manusia hidup dan mati atas kehendak Allah.
Manusia sedih dan bahagia juga karena kehendak-Nya.
Libatkan selalu Allah, dan ingat selalu peran-Nya di dalam hidup kita, berikan pujian baik entah seperti apapun keadaan kita, itu adalah bentuk rasa syukur yang pertama.

2. Tidak Merasa Mampu Sendiri
Seringkah GanSis merasa mampu untuk hidup sendiri tanpa peran orang lain atau bahkan peran Tuhan?
Sikap tersebut adalah penyakit hati atau kufur atas nikmat Tuhan.
Jika Agan dan Sista ingin bersyukur, cara bersyukur yang ke dua adalah dengan menjauhi penyakit hati seperti syirik, musrik, ingkar, sombong, iri, dan penyalit hati lainnya.

3. Mengucapkan Syukur
Mengungkapkan atau mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan, itu juga bentuk dan wujud rasa syukur. Wujud syukur ini termasuk bentuk paling mudah, tanpa modal, tapi juga masih banyak yang lalai GanSis. Jadi jangan pernah menyepelekan meskipun itu hanya sekedar ucapan saja!

4. Beramal dan Berbagi Kepada Sesama
Berbagi dengan sesama, terutama kepada yang membutuhkan, itu juga merupakan sebuah kewajiban serta bentuk rasa syukur GanSis.
Ingat, dari penghasilan yang kita dapatkan ada sepersekian persen bagian orang lain. Jangan pernah kita lupa akan hal tersebut karena itu hak orang lain yang memang harus kita keluarkan!
Sifat kikir, tidak rela berbagi, adalah sikap dan perilaku kufur atas nikmat ya Allah berikan.

5. Tetap Rendah Hati
Sekaya apapun kita jika kita sombong dan lupa dengan orang-orang sekitar, itu tidak ada gunanya GanSis.
Allah tidak akan ridho dengan apa yang kita lakukan dan orang lain pun juga tidak akan menghargai kita dengan baik.
Sikap rendah hati adalah wujud bentuk syukur manusia yang percaya bahwa kehidupan dapat berubah kapan saja.
Kita bisa di atas, di bawah atau di samping, itu semua bisa dilakukan oleh Allah yang mengatur takdir.


Quote:
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!


Nah, di atas adalah 5 bentuk dan cara bersyukur yang paling dasar GanSis.
Meskipun sangat dasar, masih banyak sekali orang yang merasa kesulitan untuk melakukannya secara istiqamah atau konsisten, termasuk ane.
Namun nampaknya kita tidak dapat menyerah untuk melakukannya GanSis, sebab ancaman bagi orang yang tidak bersyukur atau lupa bersyukur adalah dengan dicabutnya segala nikmat yang diberikan oleh Allah.

Mari kita jadikan rasa syukur sebagai kebiasaan GanSis, agar tidak berat dan dapat konsisten dilakukan.
Semoga kita selalu dalam rasa syukur dan dapat menjadi hamba Tuhan yang baik GanSis!

Semoga thread kali ini bermanfaat, dan sampai jumpa di thread ane yang lain


Quote:
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: Google pict
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 04:55
emoticon-Matabelo mari kita bersyukur Gan Sis
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 04:56
emoticon-2 Jempol sedikit banyak tetap bersyukur biar hidup bisa makmur
0 0
0
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 05:19
Sabar dan syukur emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
ardannigga dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 06:07
Sabar, ikhlas dan bersyukur adalah kunci hidup tenang. Meskipun sulit, tapi kalo ada niat yg sungguh2 pasti segalanya akan dipermudah oleh Allah.
profile-picture
profile-picture
ardannigga dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 07:46
Quote:nikmat mana lagi yang engkau dustakan


emoticon-Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 08:11
bener banget bersyukur itu salah satu cara ngilangin penyakit kalo kata ane mah
sedikit banyak ada hal yang baik dan buruk tetep harus disyukuri
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 08:16
keren tulisannya...
pada dasarnya kunci keimanan manusia pada Tuhannya ada 2 gan.
Bersyukur dan Bersabar.
Bersyukur saat banyak rejeki, hidup enak,saat bahagia.
Bersabar saat hidup susah, tertimpa musibah.

Agan benar, saat tertimpa musibah manusia cenderung lebih mengingat Tuhannya, dan kebanyakan bertanya pada tuhannya 'Why Always Me?'emoticon-Ngakak

Saat hidup enak, banyak rejeki, jangankan menyebut Tuhannya, mengingatpun terkadang tidak.emoticon-Malu (S)
Padahal tak seorang manusiapun tahu gan, tujuan Tuhan menitipkan kebahagiaan / harta yg kadang berlebih kepada kita. Apakah Tuhan menitipkannya untuk kita bersenang2, berbagi, membantu sesama, beribadah? Terlintas di pikiranpun tidak, bagaimana seandainya Tuhan memberi kita rejeki lebih untuk membantu sesama dan ternyata kita habiskan hanya untuk bersenang2. Apakah kelak kita akan ditagih? Who knows? emoticon-Embarrassment


Diubah oleh sart86
profile-picture
profile-picture
caliper22r dan masnukho memberi reputasi
1 1
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 08:36
Quote:Original Posted By Alfan.Frink
emoticon-Jempol

emoticon-2 Jempol mantap gan

Quote:Original Posted By aithings
bener banget bersyukur itu salah satu cara ngilangin penyakit kalo kata ane mah
sedikit banyak ada hal yang baik dan buruk tetep harus disyukuri

emoticon-Matabelo nah bener, emang kurang bersyukur tuh bikin banyak penyakit muncul gan
0 0
0
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 09:07
betul gan termasuk ane, kadang2 lupa sama yang namanya bersyukur. alih2 bersyukur kita malah lebih sibuk mengutuki kesialan dalam hidup ini. coba kalau... seandainya... apesss apes.. siall amat... dll, kata2 itu tanpa sadar sering keluar dari mulut kita. tapi giliran kita beruntung, sukses dalam mencapai tujuan walaupun hal hal kecil kita lupa sama Alhamdulillah, alam bawah sadar kita berkata itu berkat usaha kita, tapi kalau kita tidak dapat yg kita mau kita anggap itu takdir Allah
semoga Ane dan para pemirsa disini selalu diberi kesadaran untuk bersyukur yah emoticon-Mewek
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 09:48
simpel aja..
ane slalu pegang kata2 ini

"bersyukurlah, maka nikmatmu akan ku tambah"

ga usah sirik dengki liat kbhagiaan org lain
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 10:30
Harus selalu belajar untuk bisa hidup rendah hati walau kadang sulit....mudah lupa dan mudah jatuh ke dalam kesombongan yang tersamar.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 10:34
Waduhh semoga bukan termasuk orang yang seperti itu dan selalu mensyukuri segala niknat yang telah allah berikan emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 10:46
nice tred gan emoticon-Jempol emang hidup itu harus banyak2 bersyukur yaa
profile-picture
profile-picture
kevinpo12 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 10:50
Quote:Original Posted By anggeo
betul gan termasuk ane, kadang2 lupa sama yang namanya bersyukur. alih2 bersyukur kita malah lebih sibuk mengutuki kesialan dalam hidup ini. coba kalau... seandainya... apesss apes.. siall amat... dll, kata2 itu tanpa sadar sering keluar dari mulut kita. tapi giliran kita beruntung, sukses dalam mencapai tujuan walaupun hal hal kecil kita lupa sama Alhamdulillah, alam bawah sadar kita berkata itu berkat usaha kita, tapi kalau kita tidak dapat yg kita mau kita anggap itu takdir Allah
semoga Ane dan para pemirsa disini selalu diberi kesadaran untuk bersyukur yah emoticon-Mewek

emoticon-Matabelo aamiin, semoga kita selalu menjadi hamba yang pandai bersyukur gan
Gak gampang ngeluh dan merutuk

Quote:Original Posted By awan.kegelapan
simpel aja..
ane slalu pegang kata2 ini

"bersyukurlah, maka nikmatmu akan ku tambah"

ga usah sirik dengki liat kbhagiaan org lain

emoticon-2 Jempol sepakat gan, sebab setiap orang punya takdir yang tidak sama

Quote:Original Posted By newkris
Harus selalu belajar untuk bisa hidup rendah hati walau kadang sulit....mudah lupa dan mudah jatuh ke dalam kesombongan yang tersamar.

emoticon-Matabelo sama gan, ane pun juga sering begitu.
Lupa sama peran Tuhan dan orang lain

Quote:Original Posted By sinar304
Waduhh semoga bukan termasuk orang yang seperti itu dan selalu mensyukuri segala niknat yang telah allah berikan emoticon-Matabelo

emoticon-Matabelo aamiin Ya Allah, semoga ya gan

Quote:Original Posted By deluxe1
nice tred gan emoticon-Jempol emang hidup itu harus banyak2 bersyukur yaa

emoticon-2 Jempol betul banget gan, karena dengan bersyukur hidup kita akan lebih bahagia
0 0
0
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 11:00
hmm .. dr sebuah trit yg simpel, banyak nilai2 positif yg bisa kita ambilemoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 11:03
wah terimakasih gan buat pencerahannya pagi ini biar lebih merasa bersyukur emoticon-Mewek
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 11:09
Quote:Original Posted By Harlequinz
hmm .. dr sebuah trit yg simpel, banyak nilai2 positif yg bisa kita ambilemoticon-Matabelo

emoticon-Matabeloaamiin, semoga bermanfaat untuk kita semua gan

Quote:Original Posted By ramirez96
wah terimakasih gan buat pencerahannya pagi ini biar lebih merasa bersyukur emoticon-Mewek

emoticon-Mewek sama-sama gan, itu juga buat pengingat ane pribadi kok
0 0
0
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 12:07
Bersukur dalam segala Hal
kaya = Alhamdulillah
Miskin = Alhamdulillah masih sehat
sakit = Alhamdulillah masih di kasih hidup ,yang semua orang dari jaman Nabi Adam pingin hidup lagi.
dan saya bersukur karena Alloh mentakdirkan saya bersukur
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 12:08
Susah gan ....
Sakit perut aja bisa bikin merasa jd orang paling menderita sedunia....

(Aplg sakit perut di tengah2 kemacetan)
emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Anda Hidup Tapi Lupa Bersyukur? Mari Praktik Bersyukur Sebelum Dicabut Semua Nikmat!
08-03-2021 12:40
sulit mengucap rasa syukur karena manusia selalu meminta lebih.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia