Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6043ca22a60475066d5950b1/cara-mudah-membuat-bubu-belut-dari-botol-plastik-bekas
Peminat belut juga sangat tinggi di pasaran, terlebih sekarang ini jumlahnya kian menurun di alam bebas karena para petani kebanyakan menggunakan pupuk kimia pada sawahnya. Peluang ini juga bisa banget kalau kita dapat membudidayakan sendiri belut tersebut. Untuk bibit belutnya kita bisa menangkapnya di sawah mempergunakan bubu belut yang akan ane bahas.
Lapor Hansip
07-03-2021 01:29

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Kaskus DeYudi69 - Ane hidup di desa dan di tempat ane tinggal masih banyak terdapat sawah juga sungai. Walau pun keadaan desa ane yang sekarang sudah jauh berbeda dibandingkan dengan 20 tahun yang lalu, di sawahnya biasanya masih dapat ane temukan keong, ikan-ikan kecil, kepiting dan juga belut.

Nah, dalam thread ini, ane akan membahas cara membuat bubu penangkap belut yang bisa dibuat sendiri dari barang-barang bekas.

Ane ingin membagikan cara membuat bubu belut versi ane ini, mengingat di pasaran khususnya di tempat ane, menurut pengalaman ane sendiri, harga per kilo gram belut kisaran 70 ribu sampai 90 ribu Gan-Sis.

Di saat pandemi seperti ini, peluang usaha jualan belut mungkin bisa menjadi alternatif untuk memcukupi kebutuhan kita sehari-hari.

Peminat belut juga sangat tinggi di pasaran, terlebih sekarang ini jumlahnya kian menurun di alam bebas karena para petani kebanyakan menggunakan pupuk kimia pada sawahnya. Peluang ini juga bisa banget kalau kita dapat membudidayakan sendiri belut tersebut. Untuk bibit belutnya kita bisa menangkapnya di sawah mempergunakan bubu belut yang akan ane bahas.

Oke, langsung saja, alat dan bahan yang diperluakan antara lain:

1. Botol Plastik Bekas

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

2. Gelas Plastik Bekas

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

3. Penjepit Jemuran

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

4. Tang dan Paku

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

5. Cutter dan Gunting

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

6. Karet Gelang


Langkah atau cara membuatnya sebagai berikut :

Pertama, potong bagian ujung dari botol plastik menggunakan Cutter dan rapikan pinggirnya dengan gunting, bagian ujung ini nantinya akan menjadi jalan masuk belut ke dalam botol.

Kedua, potong gelas plastik dengan gunting menjadi lembaran, lipat menjadi dua, kemudian potong salah satu sisinya menjadi gerigi-gerigi, seperti gambar di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

Setelah itu pasang gelas plastik yang sudah dipotong ini pada ujung botol yang kita potong tadi dengan menggunakan karet gelang. Inilah yang nantinya akan menjadi perangkap belut, yang mana belut yang sudah masuk ke dalam bubu tidak akan bisa keluar lagi.

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

Ketiga, buat lubang pada botol plastik menggunakan paku yang dipanasi pada api kompor, gunakan tang untuk memegang pakunya supaya tangan kita tidak panas.

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

Lubang ini berfungsi supaya air sawah atau air parit tempat kita menaruh bubu dapat masuk ke dalam bubu, sehingga belut buruan kita dapat mencium aroma umpan yang kita letakkan di dalam bubu. Kita bisa menggunakan cacing tanah yang dicincang bersama daun sembukan (daun kentut) atau menggunakan daging bekicot cincang sebagai umpannya.

Keempat, buat potongan pada tepian ujung botol yang sudah kita psangi perangkap dari gelas plastik tadi, dan lipat potongan tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

Lipatan ini berfungsi supaya bagian ujung botol yang kita pasang terbalik pada bagian bawah botol yang kita beri lubang dengan paku yang dipanasi tadi, tetep berada pada posisinya. Kemudian gunakan penjepit jemuran untuk menjepitnya supaya lebih kuat.

Hasil akhirnya menjadi seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas

video cara membuat bubu belut


Semoga thread ane kali ini dapat bermanfaat ya. Sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya, selamat mencoba.

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi
Sumber gambar : dokumen pribadi

Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srinami dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
07-03-2021 01:30
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
GigiTato. memberi reputasi
1 0
1
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
07-03-2021 01:30
Reserved
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
07-03-2021 01:40
ane beli di pasar aja deh klo belutemoticon-Ngacir2
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
07-03-2021 02:57
Dah lama gak ngurek belut lagi nih, jadi pengen balik kampung.
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
07-03-2021 05:03
Akan lbh baik jika ada video nya
emoticon-Shakehand2
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
07-03-2021 08:33
Oh bagus ini.
emoticon-2 Jempol

Btw ini buat jebak tikus bisa ga ya.
Mumpung ada botol bekas, coba ah
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
07-03-2021 11:20
impohnya nais bgt gan.. masalahnya tempat ane ga ada rawa2nya, jd yah ga bisa praktek emoticon-Hammer2 ntar ane coba di kampung pas mudik lebaran emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
09-03-2021 17:44
wahh cukup simple ya ternyata, nice thread nih gan, bisa dicoba kalo lagi ke rumah nenek hehe
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
09-03-2021 18:33
Tapi belut udah jarang ada sih di sawah2, makanya beli juga jarang yak
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
10-03-2021 10:06
Keren kreatif banget
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
11-03-2021 22:04
Masuk tret gara2 kbnyakan bacain cerita anak... Takira Bubu tuh nama karakter boneka belut....Bubu si Belut, Zeba si zebra, jepa jerapah, buya si buaya emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
24-03-2021 08:55
Jadi barang yang harusnya dibuang bisa dimanfaatkan lagi ya gan
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
29-03-2021 21:09
Dr bahan bekas dan gampang ditemuin bisa jadi barang berguna ya.. Kreatif deh.. Kepikiran gitu
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
30-03-2021 13:45
Thanks tipsnya gan
0 0
0
Cara Mudah Membuat Bubu Belut dari Botol Plastik Bekas
31-03-2021 12:43
Kaya gini gausa pake umpan lagi kah?
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Anime & Manga Haven
hilangnya-jam-tayang-anime
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia