Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60435accc92bf44f8c27fe42/mitsubishi-colt-l300-pickup-diesel-terlaris-di-indonesia
L300 pertama kali dipasarkan di Tanah Air pada tahun 1981. Saat itu, varian yang ditawarkan adalah varian bermesin bensin 1400cc. Sekilas, dari segi interior dan eksterior, hampir tak ada bedanya dibanding L300 sekarang.
Lapor Hansip
06-03-2021 17:34

Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia yang lagi baca trit ane. Kali ini, ane bakal bahas soal sejarah Mitsubishi Colt L300 yang menjadi pickup diesel paling laris di Indonesia.

Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

Siapa coba yang gak kenal sama L300 ini? Mitsubishi Colt L300 ini sangat laris di Indonesia karena mesinnya yang bandel, irit, daya angkutnya yang banyak dan masih banyak lagi. 

Colt L300 bisa dikenali dengan ciri-ciri tetap mempertahankan desain jadulnya, tuas transmisi di setir, warna hitamnya, dan interior jadulnya, serta setir dan speedometer yang masih sangat basic.

Sejarah

L300 pertama kali dipasarkan di Tanah Air pada tahun 1981. Saat itu, varian yang ditawarkan adalah varian bermesin bensin 1400cc. Sekilas, dari segi interior dan eksterior, hampir tak ada bedanya dibanding L300 sekarang.

3 tahun berselang, Mitsubishi menghadirkan varian bensin dengan mesin yang lebih besar yang berkode 4G32 yang menghasilkan tenaga 71 dk di putaran mesin 5000rpm dan torsi 127nm di putaran mesin 2000rpm, berkapasitas 1600cc.

Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

Pada tahun yang sama, Mitsubishi juga menghadirkan varian L300 bermesin diesel 2.300cc yang menghasilkan tenaga 64 dk dan torsi 137nm. Varian diesel ini sangat laris di pasaran, dan varian diesel saja yang bertahan sampai sekarang.

Empat tahun setelah Mitsubishi menghadirkan L300 bermesin diesel, Mitsubishi "mengupgrade" mesin L300 menjadi mesin 4D56 yang bertahan sampai sekarang. Mesin 4D56 yang legendaris ini menghasilkan tenaga 72 PS dan torsi 142nm yang berkapasitas 2.500cc.

Selama sekitar 19 tahun, varian bensin masih bertahan. Tapi, sayang sekali varian bensin tidak selaris varian diesel. Wajar saja, lebih boros, tenaga lebih rendah. Lama kelamaan, varian bensin makin tak laris di pasaran Indonesia. 

Oleh sebab varian diesel sangat laris dan bensin tidak laris di pasaran, Mitsubishi akhirnya menghapus varian L300 bensin pada tahun 2000. Varian diesel dari Mitsubishi L300 tidak mengalami perubahan sampai saat thread ini dibuat, hanya perubahan minor saja.

Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

Tahun 2005, L300 memiliki perubahan di bagian muka yang di-facelift menjadi seperti saat ini. 6 tahun berselang, velg bawaan mengalami perubahan, menjadi velg kaleng dengan desain berbeda.

Spesifikasi

Menyoal spesifikasi dari Colt L300 ini, sebenarnya dari segi mesin, dimensi dan interior tidak berbeda dengan L300 diesel tahun 1988. Masih menggunakan tuas transmisi di steer, setir 2 palang dengan desain yang sama, desain dasbor yang sama, dan lain sebagainya.

SpesifikasI Colt L300 bisa Gansis lihat dibawah ini:

- Dimensi lebar 1,700 meter, panjang 4.170 meter dan tinggi kabin 1.820 meter.
- Mesin 4D56 2.5L Diesel, tenaga 72 PS, torsi 142nm
- Tangki solar 47 liter
- Suspensi double whisbone dan coilspring di bagian depan, semi elliptic leaf spring di bagian belakang. - Transmisi 5 speed dengan 1 gigi mundur.
- Pengereman di bagian depan menggunakan ventilated disc brake dan belakang menggunakan rem tromol.

Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

Harga dari L300 ini dibanderol sekitar 170 jutaan untuk varian bak dan minibus. 

Akhir Kata

L300 sangat dicintai masyarakat Indonesia. Semenjak kehadiran L300 pada tahun 1981, tak banyak yang berubah dari L300. Design? Tak ada yang berubah kecuali grill dan emblem. Mesin? Hanya beberapa kali berubah, semenjak 1988 varian diesel tidak pernah berubah mesinnya. Mesin dari L300 tetap handal bahkan setelah puluhan tahun mengaspal.

Mungkin, L300 akan bertahan selamanya. Mengingat L300 ini merajai segmen mobil pickup diesel sudah sejak lebih dari 30 tahun yang lalu. Ada tidak sebuah mobil, yang basic designnya masih sama setelah 40 tahun? Setahu ane sih tidak ada. Ada tidak sebuah mobil yang mesinnya sudah bertahan selama 32 tahun? Setahu ane, tidak ada.


Dulu, L300 sempat merajai segmen travel microbus. Tapi, L300 hanya merajai segmen pickup hingga saat ini, sebab semenjak Isuzu Elf dan Toyota Hiace muncul dan mulai populer, L300 mulai tersingkirkan.

Saat ini, sudah ada lawan dari merk sebelah untuk melawan L300. Tapi, L300 tetap menjadi pilihan di mata masyarakat Indonesia, karena beberapa faktor yang sudah saya sebutkan diatas.

Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

Jadi, gimana? Apakah Gansis minat buat beli L300 ini? Komeng dibawah ya! Oh iya, jika informasi yang ane berikan salah, tolong dikoreksi yaemoticon-Big Grin.

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Original Written By: ulungrinjani


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buday dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
06-03-2021 17:46
Emang legend banget sih ini mobilemoticon-Matabelo
0 0
0
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
06-03-2021 18:26
+ perseneleng di setir
+ legend utk angkut barang (kasar & kotor)
+ lampu utama beling, lampu senja rangkap lampu belok gak jelas
+ logo "tiga berlian" atau "mitsubishi"

- kapok naik versi travel, mending KIA pregio/travello
- klo butuh bengsin, skrg tinggal selingkuh ke new carry
profile-picture
profile-picture
jiresh dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
06-03-2021 21:15
Ini sudah pernah ane tambahin disini
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...d2956dcf6d67eb
0 0
0
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
07-03-2021 14:17
Kemaren abis ikut nganter pake ambulans... Yang versi bensin.. lumayan... Masih Joss.
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
jiresh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
07-03-2021 20:46
Legend nya buat tanjakan ini..
0 0
0
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
08-03-2021 16:38
sayang mesinnya lepas 2014 udah berubah, memang sih masih sama 4D56 tapi linernya udah model tanam alias permanen tidak bisa di lepas pake treker liner biasa bila mau ganti liner, harus di gotong ke tukang bubut, gue ga paham kamsud Mitsubishi bikin design mesin kek gini. .emoticon-No Hope
Diubah oleh wonxintinxxx
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
08-03-2021 19:13
Mobil desa muatan banyak bak rata senang bgkr muat. Solat busuk aman. Biaya service jg murah partai banyk melimpah. Travel kota ane masih pakai l300 tapi karoseri punya ad 5 pintu
Diubah oleh herypoh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
08-03-2021 23:52
Iyesss.....bner bnget gan. Apalagi didaerah pegunungan, mobil ini sngat mmbantu sekali gan....emoticon-Jempol
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
10-03-2021 19:25
Walaupun fitur gk seberapa dibanding kompetitor sekarang, l300 masih dominan buat kebandelan mesin dan kekuatan kaki-kaki.. colt yg tua aja masih berseliweran di jalan raya kota ane buat angkutan penumpang antar kabupaten
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
10-03-2021 23:42
Mobil legend nan bandel.. Dari dulu sampe sekarang modelnya gk berubah banyak.. Kaya pihak mitsubishi gamau menghilangkan ciri khas nih mobil
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
12-03-2021 22:34
Mukanya nggak berubah dari jaman ane SD sampe skrg dah punya buntut 2. Awet mudaaa emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
14-03-2021 17:17
Saking merasuknya ke masyarakat, sampai pada nyebutnya mobil kol kan dari Colt
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
15-03-2021 06:45
0 0
0
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
07-04-2021 11:31
Mesin Astron adalah mesin diesel legendaris dari mitsubishi yang banyak jenisnya, salah satunya 4D56 yang dipakai L300, Triton hingga pajero sport.

@zharki menjelaskan:

Apakah mesin milik elsapek pakai turbo dan common rail seperti triton?
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia