• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mitsubishi Colt L300, Pickup Diesel Terlaris Di Indonesia
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia yang lagi baca trit ane. Kali ini, ane bakal bahas soal sejarah Mitsubishi Colt L300 yang menjadi pickup diesel paling laris di Indonesia.


Siapa coba yang gak kenal sama L300 ini? Mitsubishi Colt L300 ini sangat laris di Indonesia karena mesinnya yang bandel, irit, daya angkutnya yang banyak dan masih banyak lagi. 

Colt L300 bisa dikenali dengan ciri-ciri tetap mempertahankan desain jadulnya, tuas transmisi di setir, warna hitamnya, dan interior jadulnya, serta setir dan speedometer yang masih sangat basic.

Sejarah

L300 pertama kali dipasarkan di Tanah Air pada tahun 1981. Saat itu, varian yang ditawarkan adalah varian bermesin bensin 1400cc. Sekilas, dari segi interior dan eksterior, hampir tak ada bedanya dibanding L300 sekarang.

3 tahun berselang, Mitsubishi menghadirkan varian bensin dengan mesin yang lebih besar yang berkode 4G32 yang menghasilkan tenaga 71 dk di putaran mesin 5000rpm dan torsi 127nm di putaran mesin 2000rpm, berkapasitas 1600cc.


Pada tahun yang sama, Mitsubishi juga menghadirkan varian L300 bermesin diesel 2.300cc yang menghasilkan tenaga 64 dk dan torsi 137nm. Varian diesel ini sangat laris di pasaran, dan varian diesel saja yang bertahan sampai sekarang.

Empat tahun setelah Mitsubishi menghadirkan L300 bermesin diesel, Mitsubishi "mengupgrade" mesin L300 menjadi mesin 4D56 yang bertahan sampai sekarang. Mesin 4D56 yang legendaris ini menghasilkan tenaga 72 PS dan torsi 142nm yang berkapasitas 2.500cc.

Selama sekitar 19 tahun, varian bensin masih bertahan. Tapi, sayang sekali varian bensin tidak selaris varian diesel. Wajar saja, lebih boros, tenaga lebih rendah. Lama kelamaan, varian bensin makin tak laris di pasaran Indonesia. 

Oleh sebab varian diesel sangat laris dan bensin tidak laris di pasaran, Mitsubishi akhirnya menghapus varian L300 bensin pada tahun 2000. Varian diesel dari Mitsubishi L300 tidak mengalami perubahan sampai saat thread ini dibuat, hanya perubahan minor saja.


Tahun 2005, L300 memiliki perubahan di bagian muka yang di-facelift menjadi seperti saat ini. 6 tahun berselang, velg bawaan mengalami perubahan, menjadi velg kaleng dengan desain berbeda.

Spesifikasi

Menyoal spesifikasi dari Colt L300 ini, sebenarnya dari segi mesin, dimensi dan interior tidak berbeda dengan L300 diesel tahun 1988. Masih menggunakan tuas transmisi di steer, setir 2 palang dengan desain yang sama, desain dasbor yang sama, dan lain sebagainya.

SpesifikasI Colt L300 bisa Gansis lihat dibawah ini:

- Dimensi lebar 1,700 meter, panjang 4.170 meter dan tinggi kabin 1.820 meter.
- Mesin 4D56 2.5L Diesel, tenaga 72 PS, torsi 142nm
- Tangki solar 47 liter
- Suspensi double whisbone dan coilspring di bagian depan, semi elliptic leaf spring di bagian belakang. - Transmisi 5 speed dengan 1 gigi mundur.
- Pengereman di bagian depan menggunakan ventilated disc brake dan belakang menggunakan rem tromol.


Harga dari L300 ini dibanderol sekitar 170 jutaan untuk varian bak dan minibus. 

Akhir Kata

L300 sangat dicintai masyarakat Indonesia. Semenjak kehadiran L300 pada tahun 1981, tak banyak yang berubah dari L300. Design? Tak ada yang berubah kecuali grill dan emblem. Mesin? Hanya beberapa kali berubah, semenjak 1988 varian diesel tidak pernah berubah mesinnya. Mesin dari L300 tetap handal bahkan setelah puluhan tahun mengaspal.

Mungkin, L300 akan bertahan selamanya. Mengingat L300 ini merajai segmen mobil pickup diesel sudah sejak lebih dari 30 tahun yang lalu. Ada tidak sebuah mobil, yang basic designnya masih sama setelah 40 tahun? Setahu ane sih tidak ada. Ada tidak sebuah mobil yang mesinnya sudah bertahan selama 32 tahun? Setahu ane, tidak ada.


Dulu, L300 sempat merajai segmen travel microbus. Tapi, L300 hanya merajai segmen pickup hingga saat ini, sebab semenjak Isuzu Elf dan Toyota Hiace muncul dan mulai populer, L300 mulai tersingkirkan.

Saat ini, sudah ada lawan dari merk sebelah untuk melawan L300. Tapi, L300 tetap menjadi pilihan di mata masyarakat Indonesia, karena beberapa faktor yang sudah saya sebutkan diatas.


Jadi, gimana? Apakah Gansis minat buat beli L300 ini? Komeng dibawah ya! Oh iya, jika informasi yang ane berikan salah, tolong dikoreksi yaemoticon-Big Grin.

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Original Written By: ulungrinjani


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 06-03-2021 10:49
BlueGuy.BuleGayAvatar border
blueguy.co.idAvatar border
BlueGuy.BanciAvatar border
BlueGuy.Banci dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.1K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.