News
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6042ea17bca81a34862d7e53/kurang-anggaran-jadi-alasan-pemprov-dki-terhambat-atasi-banjir
SuaraJakarta.id - Kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan belum mampu membuat Jakarta terbebas dari banjir. Salah satu perseoalannya kini karena keterbatasan anggaran untuk pembebasan lahan. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Riza mengatakan terdapat dua hambatan utama dalam melakukan pembebasan lahan untuk normalisasi sungai sebagai upaya mengatasi banjir. "Satu,
Lapor Hansip
06-03-2021 09:33

Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir

Quote:Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir

SuaraJakarta.id - Kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan belum mampu membuat Jakarta terbebas dari banjir. Salah satu perseoalannya kini karena keterbatasan anggaran untuk pembebasan lahan.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Riza mengatakan terdapat dua hambatan utama dalam melakukan pembebasan lahan untuk normalisasi sungai sebagai upaya mengatasi banjir.

"Satu, masalahnya banyak yang bersengketa, masih di pengadilan," kata Ahmad Riza Patria di Jakarta, Jumat (5/3/2021) malam.

Riza menuturkan, Pemprov DKI membutuhkan waktu menunggu proses sengketa lahan bisa diselesaikan terlebih dahulu, sebelum melakukan pembebasan lahan.

Hambatan kedua, lanjut dia, yakni terbatasnya anggaran untuk melakukan pembebasan lahan di wilayah DKI Jakarta.

"Kedua masalah anggarannya, kami kan punya keterbatasan," imbuhnya.

Kekinian kata Riza, Pemprov DKI sudah menganggarkan sampai dengan tahun 2024 sekitar Rp 5 triliun hanya untuk pembebasan lahan bagi pekerjaan normalisasi di aliran Sungai Ciliwung.

Apabila dibandingkan dengan daerah lain, lanjut dia, anggaran tersebut masih jauh lebih besar.

Ia memberi contoh pembebasan lahan dan waduk di Ciawi dan Sukabumi, Jawa Barat yang menelan sekitar Rp 1,3 triliun, namun sudah mendapatkan waduk berkapasitas besar.

"Angka sebesar itu buat pembebasan lahan di Jakarta tidak cukup. Kami anggarkan sampai 2024 tidak kurang Rp 5 triliun untuk pembebasan lahan saja. Untuk normalisasi, belum yang lain-lain. Itu pun baru Ciliwung, belum sungai lain," katanya.

Sementara itu, anggaran yang dibutuhkan untuk membuat konstruksi di aliran sungai atau "sheet pile" jauh lebih murah yang diperkirakan mencapai sekitar Rp 370 miliar.

Ia menargetkan hingga tahun 2022, pembebasan lahan di aliran Sungai Ciliwung sudah bisa dirampungkan dan memerlukan dukungan dari DPRD DKI dan Pemerintah Pusat.

Namun, ia belum merinci daerah mana yang akan dilakukan pembebasan lahan untuk mengatasi banjir karena memerlukan beberapa tahapan.

Adapun beberapa aliran sungai yang menjadi perhatian misalnya Kali Pesanggrahan, Sunter, Angke, atau Ciliwung.

"Semua tentu ada tahapannya, menjadi perhatian, tapi ada prioritasnya," katanya.

Pembebasan lahan sekitar 7,6 kilometer atau sekitar 3 kilometer kata Riza, untuk masing-masing sisi kanan dan kiri Sungai Ciliwung sudah dirampungkan.

Sehingga pengerjaan untuk pemasangan "sheet pile" sudah bisa dilakukan yang diharapkan rampung akhir 2021.

Dengan begitu, diperkirakan pembebasan lahan di Ciliwung yang belum terealisasi mencapai sekitar 10 kilometer.

Politikus Partai gerindra itu menyebut alokasi anggaran untuk penanganan banjir di DKI Jakarta tiap tahun terbilang besar yang berkisar 20 persen dari belanja modal, atau sekitar Rp2 triliun dari belanja modal mencapai Rp9-10 triliun. (Antara)

https://jakarta.suara.com/read/2021/...t-atasi-banjir


Gpp pak yg penting commitment fee udah d bayarkan dan aman kan.. emoticon-Malu (S)

Sama jalur sepeda d tengah jalan masih bisa jalan... emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
u12c dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:36
Kenyang losbter nih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:37
Ga tau skala prioritas jadinya gini dah...

Mana suaranya.... #anieskeren ????

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ubingaskus dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:37
DAS itu bukannya bangunan ilegal semua ya..

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:43
Ngurus Jakarta itu berat !!!

Pembebasan Lahan, Banjir, Ormas, Pungli, Kemacetan dll...

Gubernur baswedan engga didesign buat handle masalah seberat itu...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:46
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir


Quote:Ngutang 12,5T buat bangun Jakarta International Stadium & Taman Ismail Marzuki lu lakuin, bisa-bisanya ngomong kurang anggaran buat ngatasin banjir???

Lu bisa kerja yang bener ga sih???

Ngerti ga sih mana yang prioritas???

Lu ga kasihan sama rakyat???
Diubah oleh auditor.kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:51
P
E
L
E
R
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:53
Drpd pusing .. gubernur ama wakilnya

Diajak main skateboard aja di tengah jalan sudirman ..


Sdh masuk musim kemarau kok emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:57
ada hubungan sama inikah?

Quote:Banjir Jakarta, Pemprov DKI Malah Potong Anggaran Banjir 2020
Reporter: Devy Ernis
Editor: Aditya Budiman
Minggu, 1 Maret 2020 14:29 WIB

https://metro.tempo.co/read/1314070/banjir-jakarta-pemprov-dki-malah-potong-anggaran-banjir-2020


atau ini

Quote:PSI Pertanyakan Anggaran Formula E Rp 560 Miliar yang Tak Jelas Kabarnya Kompas.com - 05/11/2020, 14:49 WIB

Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Irfan Maullana

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/05/14493981/psi-pertanyakan-anggaran-formula-e-rp-560-miliar-yang-tak-jelas-kabarnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 09:58
Duitnya dah kepake bayar formula eek..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:01
Dana hibah ormas setahun aja bisa 2.5 Trilyun.. Masa pembebasan lahan buat penanggulangan banjir sampai 2024 cuma 5 Trilyun??.. emoticon-Malu (S)

Pertanyaan nya.. Elo dongo apa tolol??.. emoticon-Malu (S)

Nih anggaran pembebasan lahan tahun 2013.. Dimana apbd dki masih setengah dari apbd saat ini.. emoticon-Malu (S)

Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:02
buat cat, beautifikasi
ebong mana paham
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ubingaskus dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:04
kurang anggaran atau kurang pakai otak buat kelola anggaran.....

#yang gini mau jadi pleciden...INGIMPI LOE
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:05
Kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan belum mampu membuat Jakarta terbebas dari banjir. Salah satu perseoalannya kini karena keterbatasan anggaran untuk pembebasan lahan.
Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Riza

Aku kira Pak Wagub keliru..
DKI JAKARTA dengan APBD terbesar seindonesia seharusnya mampu mengakomodasikan segalanya dan pernah terbukti di era sebelumnya , apalagi ditunjang dengan kordinasi Pempus dengan segala kementrian terkaitnya.
Tapi ya sudahlah , Pak Wagub Patria, kan ketinggalan cerita ketika dulunya Pak Gubernur dan wakil sebelumnya menyusun RAPBD yg lalu.
profile-picture
profile-picture
knoopy dan pilotugal2an541 memberi reputasi
2 0
2
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:06
Alasan klise di pakai lagi...emoticon-Leh Uga

Lebarkan trotoar,jalur sepeda,pormula e dan buat stadion yg sebenarnya kagak urgent2 bgt malah di ada2kanemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:06
kadal jeketi udah ikhlas mau sekere dan segoblok apapun kaumnya ketika dipimpin si jamban yaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:08
Kok bisa gak punya duit? Kepo aja
0 0
0
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:10
Ndasnya ambrol
emoticon-Big Grin
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:15
Dki anggarannya paling besar dari daerah2 lain.
Tamiya jalan terus.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:15
anggaran buat bebasin lahan itu 5 T ampe 2024 .... sedangkan APBD setiap tahun 70 T an .... berasa gimana gitu emoticon-Traveller
0 0
0
Kurang Anggaran, Jadi Alasan Pemprov DKI Terhambat Atasi Banjir
06-03-2021 10:16
#anieskeren aja lah. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia