News
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60416738a83274139321d222/mendag-ungkap-praktik-intelijen-dagang-china-yang-rusak-pasar-umkm-ri
VIVA – Pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat secara umum dan Kementerian Perdagangan secara khusus untuk menggaungkan benci produk luar negeri ternyata bukan tanpa sebab. Prakitk dagang China lah yang jadi pemicu keluarnya pernyataan tersebut. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, ajakan presiden tersebut dipicu karena laporannya terkait adanya perusahaan UMKM di Indon
Lapor Hansip
05-03-2021 06:03

Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI

Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
VIVA – Pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat secara umum dan Kementerian Perdagangan secara khusus untuk menggaungkan benci produk luar negeri ternyata bukan tanpa sebab. Prakitk dagang China lah yang jadi pemicu keluarnya pernyataan tersebut.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, ajakan presiden tersebut dipicu karena laporannya terkait adanya perusahaan UMKM di Indonesia yang bisnisnya mati karena dicontek oleh perusahaan China.

"Saya lapor ke beliau ada tulisan dari lembaga internasional dunia tentang cerita bagaimana hancurnya kegiatan UMKM di fesyen Islam yang terjadi di Indonesia," tutur Lutfi, Kamis, 4 Maret 2021.

Mulanya, Lutfi menceritakan pada 2016-2018 Indonesia memiliki industri rumah tangga yang memproduksi kerudung atau hijab. Mereka mampu mempekerjakan 3.400 tenaga kerja dengan ongkos gaji setahun mencapai US$650 ribu.

"Ketika industrinya maju 2018, tersadap artificial intelligence oleh perusahaan digital asing, kemudian disedot informasinya, kemudian dibuat industrinya di China, kemudian diimpor barangnya ke Indonesia," tuturnya.

Perusahaan asing tersebut, diceritakan Lutfi mengambil data penjualan fesyen muslim di Pasar Tanah Abang. Mereka mendata mulai dari warna yang diminati masyarakat hingga model hijabnya.

"Karena dianggap laku, dipelajari, dikerjakan di China karena semua bagian proses industri besar jadi ini bisa dibilang sebagai bahan limbah atau yang memang kelebihan di sana dipotong ulang sedemikian rupa," tegas dia.

Dengan cara itu, Lutfi menegaskan, perusahaan berproduksi di China tersebut mampu menawarkan harga hijab di e-Commerce asing yang beroperasi di dalam negeri hingga hanya Rp1.900 rupiah per lembarnya.

"Ini predatory pricing, kita tidak bisa bersaing karena ceritanya di e-Commerce gimana anti dumping, harga supaya turun, matinya kompetisi, matinya UMKM, ini yang menyebabkan kebencian produk asing yang disampaikan Pak Presiden," papar dia.

Karena praktik ini membunuh UMKM Indonesia yang porsi ekspornya mencapai 95 persen dari total ekspor Indonesia meskipun kontribusinya hanya 13 persen, tapi ini ditegaskannya mengguncang ekonomi rakyat.

"Jadi saya mohon untuk tidak membesar-besarkan masalah ini, yang salah menteri perdagangannya karena saya yang memberikan laporan ke beliau sesaat sebelum acara dimulai. Ini bentuk kekecewaan beliau dan tentu kekecewaan kita semua," ucap Lutfi.

https://www.viva.co.id/berita/bisnis...edium=all-page

Smriwing, hawa p*rangnya udah kerasa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 9 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:15
Pasti ada yg komennya gak jauh jauh dari "Lo sendiri yg ngijinin masuk/impor", mana tau arti perdagangan bebas
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan darck91 memberi reputasi
2 0
2
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:18
porsi ekspornya mencapai 95 persen dari total ekspor Indonesia meskipun kontribusinya hanya 13 persen.....

Kamsudnya g paham.
profile-picture
prasty.95 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:18



Tanggung jawab loe lindungi UMKM..... Masyarakat mau beli luar negeri atau dlam negeri gak ada urusan pilihanya yg murah.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:23
Cie disebut sebut nih.. @soljin7
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:26
Ijin impor di kemendag. Lu yg atur, lu yg marah
Diubah oleh didududi
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan AiHikoe memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:27
siapa yang impor?
siapa yang beli?
ya orang2 kita juga..
bahkan yang suka teriak2 cukong aseng kapir, mereka juga berburu barang kulakan termurah..
ya temen2 saya begitu..

kok bisa bigdata analysis bisa diproses di china? ya karena dari pedagang sampe pembelinya pakai hape buatan sana. platform ecomerce sana juga..

gugel dkk pun melakukan hal yang sama..
negara lain pun begitu..
di tingkat eceran pun ada intelijen "disana lagi laris jualan apa?".

jadi sebenernya apa yang aneh?

anti produk asing, anti intelijen, pembatasan transaksi itu nyaris kontraproduktif. karena konsumen sini sendiri yang menginginkan harga semurah2nya.

yang perlu pemerintah pikirkan adalah edukasi akan HAKI desain produk. prosesnya dipermudah dan lebih murah. jadi ketika desainnya dicontek, dari luar ataupun dalam negeri, bisa dituntut.

bagaimana membentuk platform bersam dan pemodal yang memayungi ukm supaya bisa tembus bersama ke pasar lebih besar.

jangan pajak mulu diuber..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:33
Klo ga Ada asing..yg Ada predator pricing local..Sama aja hahaha
Intiny gada harimau asing..ya silakan d masang harga local..yg rugi tetep konsumenny klo produsen local d lindungi Dan dimanja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:34
Ente teriak teriak begitu datanya valid ga pak joko.. ntar udah tereak tereak ternyata salah data emoticon-Ngakak



Btw vaksin yang ente borong kemaren asalnya darimana pak joko? Apakah nanti sisanya bakal "dibenci" juga? Ato tetep bakal dipake? emoticon-Ngakak
0 0
0
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:53
Kok gw liatnya kayak persaingan dagang biasa, udah hal wajar kalo di tanah abang saling nembak barang mah, heboh karena pelaku nya dr luar aje

Lu kira padang2 di tanah abang pd gak nembak barang orang? Sebelah2 toko aja bisa nembak barang, antar temen aja bisa nembak barang, bahkan sodara juga bisa saling makan

Barang lu laku model apa nih, gw tembak gw jual lebih murah dr harga lu, masa iya langganan lu gak ada yg beli sama gw?
HAL GINI TERJADI TIAP SAAT DI TANAH ABANG

Lagipula ya, yg jual barang fesyen lokal di tanah abang itu rata2 nyontek model dr barang chinese, beli contoh 1 seri di breakdown bikin pola, jiplak dah
Mana ada yg nyewa designer buat bikin model, ada sih tp paling 1-2 doang emoticon-Big Grin
Diubah oleh p.star7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:57
Hayo, kemarin siapa yg belain CN sampe segitunya?

Yg pelaku umkm main di ecommerce tau lah pasti, ecommerce mana yg dimaksud.


MO dy : tawarin join di ecommerce tsb, iming2 jadi penjual eksklusif dll. Bahkan listingnya pun dibantuin sm dy. Abis itu ditunggu 1-2 bln. Jualan lancar, seneng penjualnya. Eh, bulan ketiga dan seterusnya anjlok. Abis diliat lagi pas search produknya, eh, ada bejibun barang sama dengan harga sepertiga. Semua preorder semua dari luar negeri.

Nah, yg kmrn ngatain gw bego di trit lain karena minta preorder macem begini ditutup, apa nih responnya? Masih belain CN?

Harus cek KTP kalo iya, penasaran itu kantor mana yg ngeluarin kartu.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 06:58
Stok amunisi kegaduhan seperti nya selalu tersedia

Kalo gak bisa bersaing jangan lantas merasa dizolimi

Model gini udah jamak dilakukan orang indonesia sendiri

Tren-amati-tiru-modifikasi
Diubah oleh buatbarulagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:11
lha, kalo ada hijab murah bukannya yang hepi rakyat juga? bisa pake barang bagus dengan harga murah.

salah sendiri UMKM dan buruhnya, produksi maunya untung gede melulu belom lagi buruhnya demo terus nuntut gaji gede, giliran gak bersaing trus ngomel-ngomel.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:18
Solusi menghadapi persaingan bisnis udah dipikirin sama pengusaha besar koq.

Tinggal bikin hijab dg embel2 halal mui.....
Mui tinggal bikin stamp halal tarif umkm emoticon-Hammer2
0 0
0
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:23
ribut gara2 sekarang konsumen bisa pesen sendiri barang dari luar negeri yg dimau lewat ecommerce, tanpa lewat d̶r̶o̶p̶s̶h̶i̶p̶p̶e̶r̶ ̶l̶o̶k̶a̶l̶ umkm.

dibuat barang lokal only di ecommerce lokal tar giliran m̶a̶n̶g̶s̶a̶ konsumen lokal yg ribut harga barang2 pada mahal

tar kl 'hak' konsumen buat pesen barang dari luar dicabut, ga akan ribut lagi asing aseng predator pasar lokal. sesama lokal ga ada masalah kl main predator-mangsa emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan p.star7 memberi reputasi
2 0
2
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:25
tak perlu pakai inteligen beginian,

mendag mainnya kurang jauh dan kurang paham teknologi saat ini emoticon-Ngakak
Diubah oleh new.castle
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:31
inti nya pemerintah ga bs lindungi pengusaha lokal dr demo buruh trus cari kambing hitam pihak asing. Udah gt aja kan.

Sama kelakuan nya kek agama nya. Sendiri ga mampu memberdayakan umat nya supaya mampu mandiri dalam usaha trus nyalahin agama laen.


Kalo bukan agama lu yg ajarin trus apa lagi?

emoticon-Traveller

Agama setan

Agama kaum gobloker
Agama kaum meweker
Diubah oleh bajier
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:35
produk lokal lebih mahal dari produk impor
udah jelas konsumen memilih produk impor


china itu kuasai pasar perdagangan dunia
jelas susah mau bersaing bisnis dengan china
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan juraganind0 memberi reputasi
2 0
2
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:37
Para warga menlen kaskus marah prakteknya diumbar mentri.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:46
sebenernya ini seleksi alam, rata2 orang kita kalo bikin apa itu asal2an, kualitas asal jadi, kalo mau bagus, harga pasti tinggi, begitu masuk produk aseng yang kualitas prima harga tiarap, baru teriak2, ini ga cuma berlaku di industri fashion, tp berlaku secara umum, termasuk kedepannya kalo tenaga kerja asing aseng bebas masuk, siap2 aja bersaing sama orang2 india
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mendag Ungkap Praktik Intelijen Dagang China yang Rusak Pasar UMKM RI
05-03-2021 07:59
noh drun yang dimaksud benci asing kyk gini
umkm kita di libas

bukan terus jkw disuruh2 pake esemka kyk di trit sebelah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
cidell dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia