Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
273
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604117fffe55564e8b0a40c5/selamat-jalan-kyal-sin-pahlawan-muda-myanmar-korban-keganasan-kudeta-militer
Aksi demonstrasi di Myanmar masih terus terjadi. Gejolak di tengah pandemi itu belumlah usai. Kudeta yang dilakukan oleh militer nampaknya benar-benar sangat serius hal itu dibuktikan dengan ditetapkannya status darurat militer selama satu tahun oleh angkatan bersenjata negara tersebut dan kendali negara serta badan eksekutif, legislatif, yudikatif di bawah kendali Panglima Militer Jende
Lapor Hansip
05-03-2021 00:25

Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer

gambar

Aksi demonstrasi di Myanmar masih terus terjadi. Gejolak di tengah pandemi itu belumlah usai. Kudeta yang dilakukan oleh militer nampaknya benar-benar sangat serius hal itu dibuktikan dengan ditetapkannya status darurat militer selama satu tahun oleh angkatan bersenjata negara tersebut dan kendali negara serta badan eksekutif, legislatif, yudikatif di bawah kendali Panglima Militer Jenderal Min Aung Hlaing.

Kudeta yang dilakukan sejak 1 Februari 2021 lalu telah menangkap penasihat negara Aung San Suu Kyi, Presiden Win Myint serta beberapa aktivis yang peduli dengan demokrasi dan HAM. Penyebab dari aksi kudeta tersebut karena kemenangan Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi pada pemilu sebanyak 83%. Melihat kenyataan tersebut, pihak militer sebagai oposisi langsung menentang keras. Mereka beranggapan bahwa kemenangan tersebut karena penipuan. Namun, badan penyelenggara pemilu Myanmar tak menemukan bukti atas klaim semua tuduhan yang dilakukan oleh pihak militer.

Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer

gambar

Apa yang dilakukan oleh pihak militer membuat sebagian warga Myanmar mengecam kudeta tersebut dan mereka mengadakan demonstrasi. Hingga sampai saat ini kericuhan di Myanmar belum juga usai. Korban demi korban terus berjatuhan, nyawa pun banyak yang melayang, namun sinar perdamaian antara masyarakat dan militer belum juga terlihat.

Entah sudah berapa korban yang menjadi tumbal atas kudeta militer tersebut. Salah satunya seorang wanita muda berusia 19 tahun bernama Kya Sin atau Ding Jia Xi yang harus merelakan nyawanya. Ia tewas setelah tertembak di bagian kepala ketika berusaha merengsek di tengah gumpalan gas air mata untuk membuka keran agar para demonstran yabg terkena gas bisa langsung mencuci wajahnya. Namun, aksi heroiknya itu harus dibayar mahal. Sebuah peluru tanpa ampun menembus bagian kepalanya.

Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer

gambar

Mal Kya Sin merupakan seorang atlet taekwnondo juga penari di DA-Star Dance Club Mandalay. Keputusannya bergabung dalam aksi itu ternyata telah dipikirkannya secara matang-matang. Bahkan ia telah menuliskan sebuah pesan bahwa jika dirinya tak pernah kembali lagi, ia meminta agar anggota tubuhnya diberikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Di dalam keluarganya, Kya Sin merupakan anak tunggal yang sangat diharapkan oleh kedua orang tuanya untuk menjadi orang sukses. Namun, nasib berkata lain wanita yang berusia 19 tahun itu harus memupus harapan dan cita-cita keluarga kecilnya.

Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer

gambar

Ketika demonstrasi itu terjadi, Kya Sin mengenakan kaos hitam bertuliskan "Everything will be okay" selain itu, ia juga memakai kartu pengenal yang di belakangnya bertuliskan informasi tentang golongan darahnya.

Sikap kepahlawanan yang dilakukan oleh perempuan muda Kya Sin tersebut harus menjadi bahan renungan bagi para generasi muda khusunya Indonesia. Semangat sebagai orang berjiwa muda terus dipupuk agar tidak menjadikan generasi dengan mental tempe. Jika saat ini, para anak muda masih asyik bermain game online maka lihatlah sosok Kya Sin yang merelakan masa mudanya untuk menyenangi hidup.

Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer

[URL=https://mobile.[twitter=matthewfsmith]1367241092039639054[/twitter]]gambar[/URL]

Mal Kya Sin adalah potret seorang pemuda yang telah mampu berpikir kritis serta peka terhadap problematika sosial. Ia memahami tentang keadaan darurat negaranya. Dirinya menyadari bahwa tanah kelahirannya sedang tidak baik-baik saja. Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa ia harus turut andil dalam menjaga kedamaian negaranya meski nyawa pun harus tergadaikan.

Selamat jalan anak muda! Semoga gejolak Myanmar segera berakhir.

Sumber :

Narasi pribadi

1

2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 69 lainnya memberi reputasi
66
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 00:26
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 00:26
Gejolak Myanmar
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 01:52
mesti mati biar dapat julukan pahlawan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onlyonejakass dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 05:58
Deepest condolences emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
byan1209 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 06:12
Turut berduka emoticon-Turut Berduka semoga saja semuanya bisa segera selesai permasalahannya tanpa menimbulkan korban jiwa seperti ini lgi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 08:28
Myanmar berduka emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 08:50
pahlawan beneran nih bukannya kek pemuda km 50 yang mati sangit akibat arahan bang odon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pendekarmalam dan 18 lainnya memberi reputasi
17 2
15
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 09:10
BIG RESPECT!!! For Her.
Turut berduka cita buat keluarga yg ditinggalkan

Pemuda pemudi seperti ini yg dimaksudkan oleh Soekarno
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 09:17
Kaya orba emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 09:32
Rohingya dibakar. Gimana?
Beredar malah anak perempuan 7 tahun dibakar biksu myamar dijadiin kambing guling.
Diubah oleh aditcj123
profile-picture
profile-picture
profile-picture
absurdpeople dan 28 lainnya memberi reputasi
6 23
-17
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 09:59
Gampang banget bilang pahlawan negara, kalo mau jadi pahlawan negara (myanmar / nasional) harus lewat persetujuan DPR
profile-picture
profile-picture
hansipjutek dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 10:18
anak muda indonesia di rusak sama tik tok joget joget kontoooooooolll gak keruan lanngsung piral jijik eneg mekinya pada basah semuaaaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egirosario dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 10:26
Sip, tinggal "digoreng" di medos, jadi tuh kayak di Suriah...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 10:30
darah muda darahnya para pahlawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ardoool dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 10:32
Ingat, lebih baik mati daripada merah.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 10:36
Ngeri ya kalo militer ikut pemilihan, klo kalah calonnya bisa bebas gitu bikin darurat militer, mereka yg megang persenjataan, bisa pakai sesuai kehendaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BabyNeverCry dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 11:11
Mereka yang tewas adalah Elang Mulia Lesmana (1978-1998), Heri Hertanto (1977 - 1998), Hafidin Royan (1976 - 1998), dan Hendriawan Sie (1975 - 1998).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ku.datanglagi dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 14:45
Militer Myanmar terlalu lama berkuasa sampai memiliki usaha ini itu, dll sehingga menjadi lupa diri dan susah menerima perubahan akibatnya ya apapun hasil pemilu dan siapapun presidennya, dll akan selalu membuat militer Myanmar merasa di ganggu gugat, goncang2, dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizki.maruf dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 18:09
"Di dalam keluarganya, Kya Sin merupakan anak tunggal yang sangat diharapkan oleh kedua orang tuanya untuk menjadi orang sukses. Namun, nasib berkata lain wanita yang berusia 19 tahun itu harus memupus harapan dan cita-cita keluarga kecilnya"

dengan kondisi negara yang sedang seperti itu, sepertinya susah untuk mewujudkan impian dan cita-cita. Selamat jalan Ma Kyal Sin, kamu benar-benar wanita pemberani.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
byan1209 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Selamat Jalan Kyal Sin! Pahlawan Muda Myanmar Korban Keganasan Kudeta Militer
05-03-2021 18:26
Deep condolences for mal kya sin emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia