Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
62
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603ebcdbbbd823676e53c2b0/odading-topping-keju-rasanya-melebihi-odading--iron-man-loh
Kue odading atau Bolang-baling adalah sebutan yang umum dipakai untuk roti goreng berbentuk kubus atau balok, dengan kulit luar renyah berwarna cokelat muda dan diberi taburan gula atau wijen, dan bagian dalam kosong dan mengembang, sehingga tampak seperti bantal kecil.
Lapor Hansip
03-03-2021 05:31

Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kreasi Odading Topping Keju

Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!

Kue yang satu ini sempat viral beberapa bulan lalu di jagat maya. Ya, kue manis berbentuk segi empat yang bertekstur lembut mirip roti ini mendadak ramai diperbincangkan setelah seseorang meng-upload video berisi promo makanan khas Bandung ini dengan jargon "Odading Mang Oleh mirip Iron man".

Kue odading atau Bolang-baling adalah sebutan yang umum dipakai untuk roti goreng berbentuk kubus atau balok, dengan kulit luar renyah berwarna cokelat muda dan diberi taburan gula atau wijen, dan bagian dalam kosong dan mengembang, sehingga tampak seperti bantal kecil.Β 

Sebelumnya kue ini hanya termasuk cemilan yang dinilai biasa saja. Namun, setelah ramai di media sosial hingga pedagang yang viral itu dikujungi Gubernur Ridwan Kamil. Citra odadig kian melambung.

Dari situ bermunculan kreasi odading dengan ragam topping yang menarik. Seperti odading topping coklat tiramisu, odading topping matcha, odading topping glaze yang dipadu aneka biskuit, odading topping keju, dll.

Waktu libur saya sempatkan praktek membuat odading bersama teman-teman dari ibu-ibu PKK kecamatan Agrabinta. Melihat dari postingan-postingan resep odading yang rama di medsos. Kami memutuskan untuk berkreasi membuat odading topping keju.

Quote:Ok, kita sediakan dulu bahan-bahan berikut ini, ya:


500 gr terigu protein tinggi
1 sdm Fermipan
1 sdt baking powder
3 Sdm Margarin
1 butir telur
4 Sdm gula pasir
3 Sdm susu bubuk
Air hangat 400 ml/ Secukupnya
Minyak Goreng

Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
Terigu: dokpri

Proses pembuatan:

Aduk rata air hangat dan gula hingga larut. Masukan ragi dan diamkan hingga berbuih (+/-10-15menit).
Masukan telur, minyak goreng dan aduk rata
Dalam wadah aduk rata terigu dan garam. Kemudian tuang adonan ragi yg sudah berbuih kemudian "cukup aduk dengan sendok"

Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
Dokpri

Uleni sampai adonan benar-benar Kalis. Cirinya sudah licin dan tidak menempel. Bulatkan adonan. Diamkan selama 30 menit.

Setelah mengembang, gilas adonan dengan roll. Hingga ketebalan yang cukup tidak tebal dan tidak tipis.

Potong berbentuk segi empat, biarkan hingga mengembang.

Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
Dokpri

Sediakan minyak yang sudah dipanaskan. Goreng dalam minyak panas dan api sedang. Biarkan sampai keadaan mengembang sebelah baru dibalik. Angkat setelah kecoklatan. Lalu taburi keju parut, tata di piring dan sajikan.


Taaraaaaa ... Odading topping keju siap lumer di mulut.

Rasanya gak kaleng-kaleng. Irom man aja kalah.

emoticon-Menang

Anak-anak sampai rebutan loh! 😁

Nah, itulah pengalaman saya praktek membuat odading. Yuk, dicoba Gansis. Mudah dan rasanya mantul!

Semoga bermanfaat ....


Salam hangat,

Cianjur, 332021


Opini pribadi
Referensi; Wikipedia
Gambar: Dokpri
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
derinurhandi dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 05:34
Pejwan reserved
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 05:34
Odading enak dan lumer
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 05:34
Rasanya gak kalah dari odading mang oleh😁
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 06:58
Waaah... Ane tetiba jd laper nih...
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
profile-picture
profile-picture
saviojoseva dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 07:37
Kayaknya enak banget nich!
Jadi kepingin...hihihi...
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 11:36
ane mau banget krn ane doyan keju.. duh jadi laper emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
kevinpo12 dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 11:44
Enak, enak, enakπŸ˜‹
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 13:30
Enak nih
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 16:11
odading keju

akan membuat anda menjadi "SUPER MEN"

emoticon-Leh Uga
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
03-03-2021 19:57
galundeng keju emoticon-Leh Uga
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
04-03-2021 22:44
wah keren bikin sendiri.. kirain odadingnya beli trus tambahin keju di rumah emoticon-Ngakak nice trit, pankapan coba bikin ah ~
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
05-03-2021 06:22
Kemaren beli kue odading tapi keras bangett alott sampe gigi sakit makannya, tapi kalau ini kelihatannya empukk ya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
05-03-2021 10:52
Wah, mantap, nih inovasi varian odading keju
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
05-03-2021 20:32
Ane doang kali ya yg gak begitu suka sama odading walaupun mau viral kek gimana juga
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
06-03-2021 09:27
Emang kurang suka sih sama odading, pas ngehype juga ane gak begitu tertarik utk nyobain. Nah ini odading jadi naik kasta nih ada toppingnya segala macem. Biasanya yg banyak dikasih topping taburan wijen diatasnya, nah ini keju dong
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
06-03-2021 12:05
Woww pasti uenak
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
06-03-2021 20:18
Seprtinya ada varian baru nih ya sis, biasanya tanpa toping skrg di tmbah keju,
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
07-03-2021 02:51
Wah....sista ini bner2 top dh. Mksih bnyak sis infony bsok mmpung libur eksekusi ah....buatan camilan dirumah...πŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎ
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
07-03-2021 05:18
Quote:Original Posted By miniadila β–Ί
Enak, enak, enakπŸ˜‹


Quote:Original Posted By trifatoyah β–Ί
Enak nih


Iya lumayan anak juga suka
0 0
0
Odading Topping Keju, Rasanya Melebihi Odading Iron Man, Loh!
07-03-2021 12:28
wahh roti goreng tanpa keju aja rasanya udah mantep, ini dikasih keju pasti tambah bikin rasanya aduhaii
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia