News
Batal
KATEGORI
link has been copied
157
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603d204814c7cc465e1b3be4/fyi--dari-mana-bahan-bakar-robot-perseverance-nasa-ketika-jelajahi-mars
Hai para Agan dan Sista yang saya cintai, semoga kita semua sehat ya dimana pun kita berada, kali ini saya akan membuat ulasan tentang bagaimana robot tercanggih NASA yaitu "Perseverance" menggunakan sistem bahan bakarnya untuk bergerak menjelajahi planet Mars.
Lapor Hansip
02-03-2021 00:11

FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
Foto: astronomy.com

Hai para Agan dan Sista yang saya cintai, semoga kita semua sehat ya dimana pun kita berada, kali ini saya akan membuat ulasan tentang bagaimana robot tercanggih NASA yaitu "Perseverance" menggunakan sistem bahan bakarnya untuk bergerak menjelajahi planet Mars.

Sebelumnya saya terima kasih kepada teman-teman kaskuser yang saling memberi masukan tentang hal ini di tulisan saya tentang "Mengenal Perseverance Si Robot Canggih", bukan untuk mendeskreditkan atau menyinggung tapi dengan komentar anda saya jadi tertarik untuk membahas hal yang tidak terpikirkan saya sebelumnya.

Sebelum saya lanjutkan, percaya atau tidak itu tergantung pada diri masing-masing dan kembali lagi kepada pemikiran sendiri. Sains dan teknologi merupakan bentuk hal yang mustahil namun nyata adanya, jadi jika tidak percaya sain-tek tidak ada yang melarang, karena sulit juga menjelaskan panjang lebar jika memang tidak mau menerima kenyataan adanya, mesti menggunakan Jutsu Izanami dulu kayaknya agar bisa percaya.

Dan pertanyaan yang kerap dinyatakan umumnya sama semua, jadi saya akan memberikan jawaban dari tiga pertanyaan yang kerap di tanya, diantaranya;

1. Bagaimana bisa robot Perseverance bergerak tanpa bahan bakar atau panel surya, mau saja dibodohi!

Jadi untuk Bahan Bakar robot penjelajah Perseverance adalah "Plutonium-238" unsur panas yang dihasilkan dari butiran Plutonium-238, sistem penghasil daya ini disebut Multi-mission radioisotope thermoelectric generator (MMRTG), yang dimana dapat memberi daya pada pesawat ruang angkasa selama sekitar 14 tahunan bahkan bisa lebih. Jadi sistem daya energi yang digunakan Perseverance adalah sistem MMRTG juga. Untuk Agan dan Sista yang penasaran cara kerjanya, bisa lihat melalui video dibawah ini, jika tidak percaya juga ya wes lah.

video pembelajaran konsep kerja MMRTG


MMRTG akan memberi daya pada robot Perseverance sepanjang perjalanannya hingga 14 tahun. Sistem penghasil Bahan Bakar ini mengubah energi panas yang dihasilkan oleh butiran alami plutonium-238 menjadi listrik (thermoelectric) yang akan menyuplai tenaga robot agar tetap berjalan. Dan juga sebagai pengecas dua baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang untuk memenuhi kekuatan penuh pada saat aktivitas penjelajah melebihi tingkat daya listrik yang dihasilkan MMRTG, misalnya mendaki gundukkan tanah atau menanjak dari lubang-lubang.

Nah, untuk mengenal Termo-elektrik di toko online banyak jual tapi bukan dari Plutonium, namun cara kerjanya sama, yaitu mengkonversi energi panas jadi listrik.

Laboratorium Nasional Oak Ridge (ORNL) yang mengkhususkan sebagai penyedia bahan bakar sumber panas oksida dari plutonium dan penyedia tempat bahan bakar untuk tenaga Perseverance. Los Alamos National Laboratory (LANL) juga memproduksi bahan bakar dengan mengenkapsulasi unsur plutonium-238, untuk penjelasan lebih jelas bisa baca di energy.gov

2. Dimana letak bahan bakarnya, panel surya saja tidaka ada, ini gambar robot Perseverance coba tunjukkan dimana?

Karena robot Perseverance menggunakan tenaga Nuklir yang dihasilkan Plutonium jadi tidak perlu menggunakan tanki atau wadah bahan bakar, mungkin dari video dan poto ini bisa kamu tebak dimana letak MMRTG tersebut.

FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
Foto: powemag.com


video pembelajaran sumber tenaga dari MMRTG


June Zakrajsek merupakan seorang pakar bidang Bahan Bakar Nuklir di Pusat Penelitian Glenn NASA di Ohio, di Departemen of Energi (DOE). MMRTG pada Perseverance sudah dirancang untuk menghasilkan daya 110 watt, dimana unsur Plutonium akan membusuk dan menghasilkan panas kemudian diubah GTR menjadi energi untuk bergerak.

3. Percuma dikasih helikopter Ingeniotti di dalam robot Perseverance tapi hanya mampu terbang 20 detik, kan sama saja gob*ok, masih percaya juga?

Helikopter mini ini hanya untuk melakukan serangkaian uji terbang di mars, helikopter ini membawa dua kamera dan telemetri yang menghubungkannya ke robot Perseverance. Dimana melalui helikopter ini, NASA dapat mempelajari dan mengembangkan kemampuan helikopter untuk dikirim kembali ke Mars.

Dan perlu diketahui helikopter Ingeniotti ini juga memiliki panel surya untuk mengisi daya baterai helikopter, tapi penggunuaan panel surya sangat riskan di Mars karena bisa saja panelnya nanti ketutupan abu sehingga mengurangi penerimaan intensitas cahaya matahari sehingga tidak dapat menghasilkan daya listrik lagi.



NB: sebagian kalimat yang membahas tentang prinsip kerja dan mekanisme MMGTR saya translate karena berbicara kenyataan bukan opini.

Referensi: 1. Space.com - Why NASA's Mars rover Perseverance will use nuclear power to keep itself warm
Diubah oleh Sambelterasi052
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 55 lainnya memberi reputasi
54
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:04
pasti yg nanya fans keras bumi datar
Diubah oleh m.ramdhani1981
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan Sambelterasi052 memberi reputasi
2 0
2
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:09
Next bahas robot gedek emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
gundam.dynames memberi reputasi
1 0
1
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:12
Mantap
0 0
0
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:14
What.... BBM nya berupa plutonium..... Wow.... Robot yg bertenaga baterai ala nuklir... super sekali, gan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukanrobinlo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:14
Ngeri ya teknologiny, biaya risetny berapa besar tuh

Sementara itu di negeri wakanda masih ngurus siapa yg ngurus partai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:16
read kind of this ..,while waiting for my mutagen
....keep on it
0 0
0
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:17
jumlah perseverance yang diangkut ada berapa ya ???

gak mungkin kan cuman 1, masa kalo ada apa apa harus ulang lg
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:20
super luar biasa banget teknologi yang dipakai yaak
Para penelitinya pasti butuh bertahun-tahun lamanya nih buat nyiptain robot kayak gitu
profile-picture
protradersignal memberi reputasi
1 0
1
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:20
Keren,siapa tau bisa diadaptasi ke kendaraan ato perumahan..
0 0
0
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:23
wah plutonium

FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
profile-picture
profile-picture
G0J0 dan yoseful memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:23
Y seenggaknya ada kemauan buat jalan jalan di mars.... Seperti nya ada sesuatu disana,jadi mereka pada lomba kesono?

Riset kan butuh banyak duit n mehongemoticon-Cool
profile-picture
protradersignal memberi reputasi
1 0
1
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:30
Moga2 itu perseverance bisa nangkep moment2 sand stromnya mars yg katanya bisa bertahun2 sama penasaran keadaan mount olympus dr kaki gunung emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:31
Mending diikuti dulu aja. Daripada langsung koar2 gak percaya. Toh masih logis sejauh ini
0 0
0
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:38
Curiosity kan jg pake RTG, dan RTG ini sebenernya teknologi lama.

Yg ga percaya sama gini2an biasanya spesies flat earth yg otaknya terbelakang. Jangankan RTG, eksistensi nuklir aja ga percaya kok
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itcresearch dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:43
Ane udh tau sebelumnya dari bbc kalau bbm nya pake tenaga nuklir.tahan lama dibanding tenaga surya....semoga aja hasil risetnya membuakan hasil yg diharapkan..


emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh jurumudi75
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:47
keren nih teknologi mereka emoticon-Matabelo
tapi kalo mobil esemka masih pakai bensin kayanya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 20:51
Bukan membusuk gan tapi meluruh, jangan translate "decay" jadi membusuk
profile-picture
gepyan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 21:02
semoga aja bisa moto gunung olimpusnya mars, penasaran
0 0
0
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 21:08
Plutonium akan membusuk emoticon-Hammer
Pake translator ya emoticon-Gila
Diubah oleh neko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tome123 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
FYI • Dari Mana Bahan Bakar Robot Perseverance NASA Ketika Jelajahi Mars?
06-03-2021 21:10
Semoga bisa menemukan kehidupan disana
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia