Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c9637efbacc5aad0dd4d0/nikmati-kumpul-kumpul-istirahat-siang-dengan-menikmati-rujak-petis-khas-sunda-yuk
Siang-siang Melek dengan Rujak Petis Assalamualaikum .... Selamat siang, sahabat kaskus. Berjumpa lagi dengan saya di thread dunia kuliner. Jangan bosan ya, karena dunia emak berbuntut tak jauh dari makanan dan dapur😁. Kalau tidak nguprek di dapur rasanya kurang lengkap. Siang-siang begini rasanya mata mulai sepet. Perut minta diisi dengan yang segar. Berhubung hari ini kami janjian bersama tem
Lapor Hansip
01-03-2021 14:22

Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!

icon-verified-thread
Siang-siang Melek dengan Rujak Petis

Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!

Assalamualaikum ....
Selamat siang, sahabat kaskus.

Berjumpa lagi dengan saya di thread dunia kuliner. Jangan bosan ya, karena dunia emak berbuntut tak jauh dari makanan dan dapur😁. Kalau tidak nguprek di dapur rasanya kurang lengkap.

Siang-siang begini rasanya mata mulai sepet. Perut minta diisi dengan yang segar.

Berhubung hari ini kami janjian bersama teman-teman untuk kumpul. Saya punya ide untuk membuat makanan pedas plus segar.

Pilihan kali ini jatuh pada rujak petis. Ya, kuliner kesukaan para wanita terutama ibu hamil ini memang bisa mengusir rasa penat.

Rujak petis atau petis khas sunda yang saya buat dengan bahan sederhana dan ada di sekitaran rumah. Seperti pepaya setengah matang, buah nanas dan bengkoang.

Ok, tanpa menunggu lama kita mulai yuk!

Bahan-bahan:

1 buah nanas

Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
Dokpri

4 buah bengkoang

Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
Dokpri

1 buah pepaya mengkal

Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
Dokpri

Bumbu ulek:

Cabe rawit merah 5 biji
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
Asam jawa : 1 ruas


Proses pembuatan:

Pertama, bersihkan nanas dari kulitnya, lalu iris kecil membentuk segitiga.

Kupas bengkoang dan pepaya. Bersihkan kulitnya, potong sesuai keinginan. Kalau saya agak tipis. Basuh dalam air mengalir. Tiriskan.

Ulek semua bumbu hingga lembut. Tambahkan sedikit air. Sajikan bersama irisan buah nanas, pepaya dan bengkok.

Rujak petis siap dinikmati ....


Kumpul-kumpul terasa lebih nikmat loh, dengan menyantap rujak petis ini. Rasanya segar.

Rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah timur pulau Jawa. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/taoge, dan kangkung. Semua bahan tadi disajikan dengan siraman resep saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air.

Sedangkan di wilayah sunda, petis ini tidak memakai bumbu kacang. Di bogor bumbu tambahannya memakai sedikit terasi bakar. Petis khas sunda juga tidak memakai bahan toge, tahu dan kangkung. Semuanya berisi buah-buahan yang cenderung rasanya asam dan menyegarkan, seperti: mangga, jambu air, kedondong, bengkoang dll.

Jawa barat memiliki aneka rujak petis dengan nama-nama yang unik contohnya: rujak gamel khas cirebon yang khas dengan bumbu tambahan terasi udang rebon, di daerah kuningan ada rujak kangkung, rujak cireng khas bandung, ada pula rujak cuka dari kota bandung, yang terakhir rujak bebeg yang mirip dengan rujak uleg, rujak ini berasal dari Ciamis.

Nah itulah, resep rujak petis khas sunda yang menyegarkan dan bisa membuat mata melek. Nah jika Agan sista penasaran, bisa mencoba praktek di rumah ya. Bahannya murah meriah kok.

Quote:Sepiring rujak yang terhidang dapat diibaratkan seperti perjalanan lika-liku kehidupan manusia. Kita akan mengalami kebahagiaan manis, asamnya penderitaan dan pedasnya tantangan.

Setiap ujian yang datang akan berganti akan menempa kita menjadi manusia yang kuat dan bijaksana.




Sampai jumpa di thread kuliner lainnya, semoga bermanfaat ....

Opini pribadi
Gambar: dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
derinurhandi dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
01-03-2021 14:23
Pejwan
0 0
0
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
01-03-2021 14:23
Mari metis
0 0
0
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
01-03-2021 14:23
Kuliner pedas menyegarkan
0 0
0
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
01-03-2021 14:27
Mantap nih sambil main hp😋
profile-picture
profile-picture
ika775 dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
01-03-2021 17:40
Bikin ngeces
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
01-03-2021 18:26
Makin rajin masak-masak nih
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
02-03-2021 01:05
Selera kita sama, Sist. Rujak buah bumbu gula merah asem pedas. Di sini istilahnya pencokan. Kalau di Sulawesi kampung suami, bumbu gula merahnya ditaburi kacang tanah yang diblend kering.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
02-03-2021 17:14
wahh enak nihh sepertinya, tp klo terlalu manis ane kurang sukaemoticon-Ngakak
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
04-03-2021 18:42
Enakk nih siang siang makan rujak udah lama nggak makan rujak begini emoticon-Jempol apalagi kalau sambelnya pedes karna ane pecinta pedass
Diubah oleh sinar304
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
07-03-2021 23:31
ini makanan yang nikmat kalau disantap rame2 emoticon-Big Grin ane paling demen pake bengkoang, trus wajib ada kerupuk juga dicocol ke bumbunya emoticon-Big Grin
0 0
0
Nikmati Kumpul-Kumpul Istirahat Siang Dengan Menikmati Rujak Petis Khas Sunda, Yuk!
31-03-2021 21:20
Siang-siang emang paling enak nge rujak, rasa asam, manis, pedas jadi satu bikin segeer
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia