Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c51463d8e6911472f58f4/emplek-singkong-petai-simbukan-lauk-sederhana-tapi-menggugah-selera
Assalamu'alaikum gansis. Selamat pagi dan selamat beraktivitas kembali. Hari Senin mungkin sebagian orang menyebutnya dengan hari sibuk. Di mana setelah weekend, langsung disambut dengan pekerjaan yang wajib dilaksanakan. Nah, sebelum mengawali aktivitas yang ringan maupun berat, coba masak dengan dengan lauk berbeda. Kali ini aku akan membagikan resep lauk emplek singkong petai simbukan. Apa itu
Lapor Hansip
01-03-2021 09:28

Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera

icon-verified-thread
Assalamu'alaikum gansis.

Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
Selamat pagi dan selamat beraktivitas kembali. Hari Senin mungkin sebagian orang menyebutnya dengan hari sibuk. Di mana setelah weekend, langsung disambut dengan pekerjaan yang wajib dilaksanakan.

Nah, sebelum mengawali aktivitas yang ringan maupun berat, coba masak dengan dengan lauk berbeda. Kali ini aku akan membagikan resep lauk emplek singkong petai simbukan.

Apa itu emplek? Emplek itu singkong yang sudah diparut lalu dicampur debgan bumbu yang sudah dihaluskan. Ketimbang penasaran, yuk simak resep dan cara membuatnya.


Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
Bahan :
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera

- 1 buah singkong ukuran sedang
- Segenggam petai cina
- Daun simbukan secukupnya
- 1/8 kelapa muda, parut (skip)
- Minyak goreng untuk menggoreng
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera

Bumbu halus :
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera

- 4 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 3 buah cabe rawit. Bisa ditambah jika suka pedas
- 2 iris lengkuas
- 2 lembar daun jeruk purut
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt penyedap rasa
- Sejumput gula pasir (skip)
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera

Cara membuat :

1. Buang kulit singkong, cuci dengan air lalu parut.

2. Uleg bumbu sampai halus. Lalu masukkan daun simbukan dan petai cina, uleg bersamaan.

Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
3. Setelah tercampur rata, masukkan parutan singkong ke bumbu halus. Campur rata.

Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
4. Bentuk bulat sesuai selera

5. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan dengan api sedang. Lalu masukkan emplek singkong ke dalam wajan.

Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
6. Balik emplek singkongnya lalu tekan dengan pelan agar membentuk pipih.

7. Goreng sampai berwarna kecoklatan.

Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
8. Sajikan.
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera


Mudah bukan resepnya. Daun simbukan ini selain dijadikan campuran emplek singkong, bisa juga buat campuran lemet singkong simbukan pedas. Bukan lemet singkong manis ya.

Jangan kaget dengan bau daun simbukan ini. Walaupun agak berbau tidak sedap, jika dicampur dengan bumbu sedemikian rupa, rasanya makin lezat.

Makanya lebih cocok diberi cabe rawit yang banyak agar dilidah semakin menggugah selera. Jika kurang pedas, rasanya kurang nendang. Kadang dibuat cemilan juga enak. Karena singkong mempunyai karbohidrat seperti halnya nasi. Jadi emplek singkong ini selain dimakan dengan nasi hangat bisa juga menemani kalian untuk cemilan sederhana.




Gresik, 01 Maret 2021
Sumber narasi : oppri
Sumber pict : dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 09:28
Pejwan
0 0
0
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 09:29
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera

Ni daun simbukan/sembukan
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 09:29
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera

Sarapan yuk
0 0
0
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 09:38
Pengin nyobak mbak kayaknya enak nih 😋😋😋
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 09:47
Quote:Original Posted By laylasyah ►
Pengin nyobak mbak kayaknya enak nih 😋😋😋


Yuk dcoba. Aku lbh seneng t cemil ja😅
0 0
0
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 10:24
Kayak perkedel ya, jadinya
profile-picture
profile-picture
muyasy dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 10:45
Widih, udah pake petai masih pake sembuk'an juga, baunya kek apa tuhemoticon-Ngakak

Tapi ane suka lho daun sembuk'an, paling enak dibikin botok tuh, rasanya manis manis gimanaaa gitu
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 12:59
Quote:Original Posted By husnamutia ►
Kayak perkedel ya, jadinya


Y mbk. Gurih pedes
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 13:01
Quote:Original Posted By indrag057 ►
Widih, udah pake petai masih pake sembuk'an juga, baunya kek apa tuhemoticon-Ngakak

Tapi ane suka lho daun sembuk'an, paling enak dibikin botok tuh, rasanya manis manis gimanaaa gitu


Wkwk ... dr atas bawah bau Om. Manis pake gula dikit Om. Kalo trlalu banyak daun sembukan y pait lahemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 18:06
Rasanya kek gimana?
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 18:23
Quote:Original Posted By firdainayah ►
Rasanya kek gimana?


Enak, kan dah mateng. Gurih pedes
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
1 0
1
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 18:49
Kek perkedel ya bre
profile-picture
profile-picture
muyasy dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 21:02
Quote:Original Posted By bon123456789 ►
Kek perkedel ya bre


Bener. Perkedel singkongemoticon-Big Grin
profile-picture
bon123456789 memberi reputasi
1 0
1
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
01-03-2021 21:23
Kalo di sini namanya cemped. Bedanya gak dikasih daun sama petai.

Sini cuma dibumbuin pake ketumbar baput sama kunyit dikit.
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
02-03-2021 07:26
Quote:Original Posted By anna1812 ►
Kalo di sini namanya cemped. Bedanya gak dikasih daun sama petai.

Sini cuma dibumbuin pake ketumbar baput sama kunyit dikit.


Coba deh mbk pake petai cina, enak. Pake daun jeruk purut mghilngkan bau dr si petai ma daun simbukan biar harum
0 0
0
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
02-03-2021 17:18
keknya ane pernah liat ini makanan deh cm disini g tau apa namanyaemoticon-Ngakak
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
02-03-2021 18:09
Quote:Original Posted By Harlequinz ►
keknya ane pernah liat ini makanan deh cm disini g tau apa namanyaemoticon-Ngakak


Tiap daerah mesti beda namanya Gan
0 0
0
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
02-03-2021 18:29
Quote:Original Posted By muyasy ►
Enak, kan dah mateng. Gurih pedes


Ibukku biasanya kalo bikin gini gak pake yang daun itu sama si petenya.
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
02-03-2021 19:23
Quote:Original Posted By firdainayah ►
Ibukku biasanya kalo bikin gini gak pake yang daun itu sama si petenya.


Aku tinggal ambil daun dn petainya. Semua dcampur. Yg pnting enakemoticon-Big Grin
0 0
0
Emplek Singkong Petai Simbukan, Lauk Sederhana Tapi Menggugah Selera
05-03-2021 06:24
Wahh jaman kecil tetangga ane sering bikin beginian cuman bedanya nggak dikasih petai cuman singkong+daun simbukan ya
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia