News
Batal
KATEGORI
link has been copied
402
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603ae3c5051df3154478965c/pgi-surati-menag-minta-kaji-ulang-penjelasan-buku-pelajaran-islam-soal-injil
https://news.detik.com/berita/d-5474283/pgi-surati-menag-minta-kaji-ulang-penjelasan-buku-pelajaran-islam-soal-injil  Buku pelajaran agama Islam terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyinggung soal kitab Injil dan Taurat. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyurati Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas supaya buku itu dikaji ulang. "Terkait dengan ini, Sekum PGI
Lapor Hansip
28-02-2021 07:28

PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil

[url]https://news.detik.com/berita/d-5474283/pgi-surati-menag-minta-kaji-ulang-penjelasan-buku-pelajaran-islam-soal-injil [/url]

Buku pelajaran agama Islam terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyinggung soal kitab Injil dan Taurat. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyurati Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas supaya buku itu dikaji ulang.
"Terkait dengan ini, Sekum PGI telah menyampaikan ke Menteri Agama beserta dengan copy pdf buku-buku tersebut. Oleh Menag sudah diinstruksikan ke stafnya untuk segera berkoordinasi dengan pihak Kemendikbud untuk mengkaji materi dari buku-buku ini bila ternyata masih digunakan," kata Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom dalam berita di situs PGI, dikutip detikcom pada Sabtu (27/2/2021).
[table][tr][td]Baca juga: Heboh Soal 'Ganjar Tidak Pernah Bersyukur' di Buku Agama Islam SD[/td]
[/tr]
[/table]
Gomar meminta buku itu tidak disikapi secara berlebihan. Soalnya, buku itu memang merupakan mata pelajaran agama Islam.


"Ini adalah mata pelajaran agama Islam. Dan tentu saja isinya adalah pemahaman dan ajaran Islam, termasuk mengenai agama Kristen dan Injil. Lalu bagaimana kita menanggapinya? Ya, tidak perlu ditanggapi. Tugas kita adalah memberikan informasi autentik tentang ajaran Kristen kepada murid-murid Kristen, bukan menggugat isi pengajaran agama yang lain," kata Gomar.
[table][tr][td]Baca juga: 5 Fakta Soal 'Ganjar Tidak Pernah Bersyukur' di Buku Agama Islam SD[/td]
[/tr]
[/table]
Buku itu adalah buku pelajaran 'Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti' untuk Kelas XI SMA, terbitan Kemdikbud tahun 2017.
Gomar berharap pelajaran agama di sekolah lebih mengutamakan pelajaran budi pekerti dan nilai universal dari agama. Soalnya, pelajaran agama yang dogmatis bisa menciptakan segregasi dan permusuhan. Pendidikan agama dalam bentuk dogma sebaiknya tidak dilakukan di sekolah.
"Pendidikan agama dalam bentuk ajaran/dogma sebaiknya dilakukan di ruang privat (keluarga dan rumah ibadah) dan tidak di sekolah. Ini menjadi PR Menteri Agama dan Menteri Pendidikan untuk membenahinya," kata Gomar.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 07:30
Kalau sebaliknya bijimenong? emoticon-Bingung

profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 07:46
Hapus aja deh pelajaran agama lalu diganti ama pendidikan budi pekertiemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
twintower911 dan 28 lainnya memberi reputasi
29 0
29
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 07:52
jd bijimana nehh?? akankah pihak muslim mau menerima jika sebaliknya? emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 07:54
Fyi

PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 130 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 130 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 07:57
Harusnya kristen juga bicara penyesat yg akan datang emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan qavir memberi reputasi
1 1
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 08:02
{thread_title}

emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onta.ngacir dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 08:03
Memang redaksi yg di protes itu tertulis apa? Setau ane injil dan taurat keduanya adalah kitab yg diturunkan kepada nabi" allah sebelum nabi muhammad. Keduanya termasuk dalam 25 nabi yg diimani. Wajar aja keduanya disebut dalam sejarah. Sepanjang tidak mempermasalahkan konten itu sah" saja. Artinya pemuka agama gak usah jadi orang yg terlalu "tipis telinga".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 10 lainnya memberi reputasi
7 4
3
Lihat 48 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 48 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 08:21
Memang apa yg salah yg tertulis tentang injil di agama islam??
Isinya ya umum2 saja biasanyaemoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
bungtak.selalu dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 08:24
kafir kok dijadiin nabi, padahal berteman saja gak boleh emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
senwret69 dan Sadhunter memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 08:28
intinya yg waras tidak akan marah terhadap yg gila
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan qavir memberi reputasi
2 0
2
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 08:36
Pendidikan agama mendingan di eskul kan aja lah ga masuk pelajaran pokok, mendingan di ganti sama pendidikan moral
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 08:51
🤣 🤣 🤣 🤣 🤣
Buahahahahaha
Umat onta ini emank suka banget bicarain ajarannya agama org lain
Giliran nanti isi ajaran nya di bahas org lain lsg mau bunuh
Buahahahahaha
🤣 🤣 🤣 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 10 lainnya memberi reputasi
9 2
7
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 09:00

Sebaiknya pelajaran agama dikhususkan disekolah agama di luar jam sekolah umum.

Jadi di sekolah umum diajarkan kebaikan kebaikan secara general, berbuat baik kepada sesama, hormat pada orang tua dsb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 09:10
G sekalian suruh mengkaji ajaran Islam soal penyaliban Nabi Isa A.S....? emoticon-Malu
0 0
0
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 10:01
Judul bukunya kok kontradiktif banget ya? emoticon-Embarrassment
0 0
0
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 10:04
oleh sebab itu pelajaran agama X jangan membahas isi agama Y, kecuali bila ditujukan untuk propaganda kebencian terhadap semua agama lain atau demi arabisasi dunia sambil jual kecap , yang mana itu sangat khas terjadi pada si bungsu yang copy paste dari toko sebelah atau dari sulung dan tengah, lalu froklamir punyaku ini lo yang faling bener, kalian semua harus nurut gue .... guegueguegue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
speedy.buntang dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 10:12
dimana2 mencari musuh terus.
bencana bagi alam semesta.


bata.
profile-picture
profile-picture
darck91 dan thekarambol memberi reputasi
1 1
0
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 10:23

Membahas agama orang paling jago, giliran agamanya dibahas orang padahal pakai acuan ayat kitab agamanya itu sendiri langsung nggak terima dan pengen membunuh.... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
speedy.buntang dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 39 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 39 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 10:34
Wkwkkw,
Dari kecil sudah diajarkan membenci kitab suci agama lain

btw, kok kolom komentar di detik jadi ilang ?
Diubah oleh suromenggolo
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan beelzebubz memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 10:35
Umat Islam terus diusik
Sudah saatnya JIHAD emoticon-Marah
profile-picture
jazarja memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia