Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
24
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603a739d732cd3724a56d670/kompak-masakoseng-tempe-cabai-hijau-yang-tak-lekang-oleh-waktu
Bagi ane, memasak itu bukan sekedar kegiatan menyiapkan suatu hidangan, tapi juga sebagai ajang berekspresi dan bereksperimen. Hai, GanSis, sehat semua? Ane harap pandemi ini cepat berlalu yaa. Selama masa pandemi ini, ane yang aslinya bukan pengajar secara tiba-tiba harus menjadi seorang guru buat anak-anak di rumah. Tak jarang ane jadi ikut stress dengan kegiatan rutin (yang dadakan) tersebut. M
Lapor Hansip
27-02-2021 23:30

Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu

icon-verified-thread
Bagi ane, memasak itu bukan sekedar kegiatan menyiapkan suatu hidangan, tapi juga sebagai ajang berekspresi dan bereksperimen.

Hai, GanSis, sehat semua? Ane harap pandemi ini cepat berlalu yaa.

Selama masa pandemi ini, ane yang aslinya bukan pengajar secara tiba-tiba harus menjadi seorang guru buat anak-anak di rumah. Tak jarang ane jadi ikut stress dengan kegiatan rutin (yang dadakan) tersebut. Maka, untuk menyiasatinya ane larikan rasa stress itu dengan memasak.

Emang, bisa masak apa aja sih?

Yah, bukan yang kelas berat juga, sih. Tapi lumayan lah, daripada ceplok telor doang. Wkwk

Oke, langsung saja, ane mau berbagi resep masakan yang simpel tapi dijamin tak lekang oleh waktu. Apa itu?

Oseng Tempe Cabai Hijau

Pertama kita siapkan bahan-bahannya ya gaes.

1 papan tempe
5 buah cabai hijau
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
Seruas lengkuas
2 lembar daun salam
1 batang sereh
Secukupnya bumbu (gula merah, garam, penyedap)
1 sendok makan kecap manis

Setelah bahan-bahan siap, lanjut deh ke langkah selanjutnya.

Tempe dipotong dadu, ya? Jangan segi tiga, susah ntar. Goreng dulu sampai keemasan.

[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Nah, sambil menggoreng tempe, kita siapkan bumbu-bumbunya. Cabai kita iris serong, bawang merah iris tipis, bawang putih boleh iris tipis juga. Tapi karna ane gak suka bawang putih, jadi ane cincang deh tuh, biar gak keliatan pas dimakan. Wkwk

[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Oke, lalu kalau udah beres, kita pakai minyak yang tadi dipake buat goreng tempe, secukupnya aja. Gak usah banyak-banyak. Masukkan bamer baput, goreng sampai wangi, inget ya, wangi bawang bukan wangi melati.

Kalo udah wangi, cemplungin deh tuh daun salam, sereh sama lengkuasnya, bentar aja. Lalu masukan gula jawa, garam sama penyedapnya.

Ehm, karena ane bukan generasi micin jadi ane ganti pake kaldu jamur ya gaes.

Kasih air dikit aja, biar gulanya luntur dan nggak menggumpal. Kalo udah luntur, cus deh masukin itu tempe yang tadi udah digoreng. Aduk rata.

Udah? Oke, sekarang cicipin dulu tempenya, udah enak belum?

Biar lebih mantap, jangan lupa kasih satu sendok makan kecap manis. Boleh merk apa aja kok, saksenengmu. Wehehe

Dan ... Tadaaaa.
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Dimakan sama nasi doang udah enak itu. Karna nggak begitu pedas, jadi anak-anak juga bisa ikut menikmati.

Oke, semoga thread ane bermanfaat. Dan selamat mencoba gaes.


Sumber : dokumentasi pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
27-02-2021 23:30
Pejwan dulu
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan nofivinovie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
27-02-2021 23:31
Semoga pada suka yaa
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
27-02-2021 23:39
Mantep.

Ane suka nih oseng tempe apalagi yang pedas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
27-02-2021 23:41
Malam malm liat orek tempe🤤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
28-02-2021 02:59
Kenapa tempe harus digoreng dulu
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan UchieSuciani memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
28-02-2021 07:24
Nikmat tiada tara ini sih...
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan UchieSuciani memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
28-02-2021 08:44
Ini adalah menu andalan kalo bingung mau masak apa. Abisnya enak, pedees maniis guriih🤤
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan gustiarny memberi reputasi
2 0
2
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
28-02-2021 11:49
Kapan" mau cobalah buat tempe seperti ini. Makasih resepnya Gansist.
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
28-02-2021 11:51
enak ini .. tp klo versi ane lebih cenderung gurih pedes drpd dibikin manisemoticon-2 Jempol
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
28-02-2021 17:20
Nyokap ane kalo buat oseng tempe kayak gini pake cabe ijo emang ga ada duanya gaan enak banget
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Kompak Masak]Oseng Tempe Cabai Hijau Yang Tak Lekang Oleh Waktu
28-02-2021 22:36
barusan banget ane abis makan ini sis, hehehehe tosss!
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia