Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
71
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6039d3471b60c65c9b30d5e9/cumi-tepung-asam-manis-ala-chef-mbeling
Pertama-tama TS mohon maaf pada para sesepuh, momod dan enthusiast forum cooking. :nyepi TS bukan orang yang punya background kuliner. Pengalaman TS masak kebanyakan hasil otodidak dan eksperimen sendiri, akibat kepepet keadaan. Ala kadarnya, asal-asalan. Jadi mohon krisan dan dukungan, meskipun TS juga termasuk punya mental baca dan rai gedeg. Jadi dimaki2 juga ga apa-apa deh. :ultahhore Btw, bap
Lapor Hansip
27-02-2021 12:06

Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

icon-verified-thread
Pertama-tama TS mohon maaf pada para sesepuh, momod dan enthusiast forum cooking.
emoticon-Nyepi

TS bukan orang yang punya background kuliner.

Pengalaman TS masak kebanyakan hasil otodidak dan eksperimen sendiri, akibat kepepet keadaan.

Ala kadarnya, asal-asalan.

Jadi mohon krisan dan dukungan, meskipun TS juga termasuk punya mental baca dan rai gedeg. Jadi dimaki2 juga ga apa-apa deh.
emoticon-Ultah

Btw, bapak-bapak jaman sekarang perlu juga bisa masak. Meskipun sudah ada isteri yang pinter masak, kalau sesekali si bapak yang masak, isterinya tentu merasa senang.

Namun teteplah, kita cari yang simple-simple saja.

Tanpa berpanjang-panjang, berputar-putar dan bermain di permukaan terlalu lama, kita langsung masuk dan berkutat lebih dalam lagi ke topik utama trit.

Resep Mbeling, Cumi Masak Asam Manis Ala Kadar nyaa.....

Bahan2 utama-nya:
1. Tetelan cumi (bisa diganti dengan potongan daging ayam, tetelan ikan, udang, dsb).
2. Tepung bumbu crispy.
3. Saos tomat.

Bahan2 pelengkap, bisa dipakai, bisa nggak:
1. Bawang Bombay.
2. Bawang putih.
3. Tomat.
4. Paprika.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

----++----

Cara Masak

Untuk bahan pelengkap, pokoknya cuci terus potong2. Yg perlu dikupas ya dikupas dulu (ojo nemen2 sembarang kudu dikandhani).

Ini proses utama, sederhana cmn beberapa langkah :

1. Masukkan potongan dagingnya ke tepung crispy. Wolak walik sampai tepung nempel merata.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

2. Goreng daging yang sudah berlumur tepung crispy tadi sampai warnanya bagus. Warna yang bagus seperti apa, TS serahkan ke agan masing-masing.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

Karena TS tahu, selera bapak-bapak itu beda-beda. Ada yang demen Anna Hathaway, ada yang demen Song Hye Kyo, ada juga yang ngefans Naomi Campbell.

Jadi tidak ada namanya bapak-bapak nggoreng kelamaan dan gosong.

Ndak ada itu, cuman ya memang seleranya dia Naomi Campbell punya. No comment aja kita.

Ndak ada juga namanya bapak-bapak nggoreng kurang mateng, cmn selera dia kebetulan Anna Hathaway. Jgn dikomplain, apresiasi saja dan tahu sama tahu.

Kalau sudah angkat dan tiriskan.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

3. Tumis irisan bawang bombay, cacahan bawang putih dan irisan tomat.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

4. Kalau sudah agak berubah warna dan baunya menyebar, masukkan air secukupnya.

5. Tambahkan saus tomat dan sedikit tepung bumbu crispy.

Supaya jadi berwarna merah dan sedikit mengental.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

Jangan kebanyakan masukin tepung, nanti warna merahnya jadi ga bagus. Biasanya TS pakai sisa tepung yang dipakai untuk melumuri daging di proses sebelumnya.

Biasanya kan masih sisa sedikit nempel-nempel di mangkok. Kasih air, ubek-ubek sampai rata.

5. Masukkan irisan paprika ke dalam adonan yang mendidih.

Sampai berapa lama? Ya pakai perasaan, kalau rasanya sudah sampai klimaks ya sudah cukup.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
Jangan berlebihan.

Kenapa Paprika dimasukkan belakangan? Ya namanya satu wadah dipake rame-rame, mau ga mau ada yang dapat di depan, ada yang harus lewat belakang.

Cuma kalau TS taruh paprika belakangan itu supaya nggak terlalu layu, jadi warna dan kerenyahannya terjaga.

6. Hidangkan, taruh cumi goreng, atau apa pun tadi di piring. Kemudian siramkan saus di atasnya.

Selamat menikmati .....
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

Kalau ada yang tanya, rasanya gimana? Ya coba aja masak sendiri. Misal hasilnya nggak enak, TS bilang enak kan situ juga ndak tau kan?

Mestinya sih enak, kan campuran bumbu utama ada di tepung serba guna dan saus tomatnya tadi.

Pabrik yang produksi pasti sudah mencari campuran bumbu yang menghasilkan rasa terbaik.
emoticon-Leh Uga


TIPS MBELING
Kalau waktu goreng cumi tepungnya berhasil jadi crispy, sajikan cepat-cepat, mumpung masih crispy.

Kalau gagal jadi crispy, maka setelah disiram saus, diamkan dulu beberapa lama, baru dihidangkan.
emoticon-Wakaka



Sumber referensi dan gambar 100% dari TS pribadi.

Quote:Original Posted By c4punk1950...
Biar ga asam kasih gula bang


Quote:Original Posted By sutarjo65
Cb untuk saus asam manisnya pakai kecap inggris sedikit, tomat dan saus tomatnya dibanyakin.
N cb buat pengental tepung terigunya di ganti tepung tapioka/ tepung aci atau tepung maizena. Soalnya tepung terigu merubah rasa, tepung aci/tapioka ngak merubah rasa.

Sy biasanya pakai jahe dikit, kecap inggris sedikit..
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roizen45 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 12:14
Paprikanya enak, nggak pedes??
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 12:26
Pabrik yang produksi pasti sudah mencari campuran bumbu yang menghasilkan rasa terbaik.

Ini cara ngeles terbaik yang pernah ane temui wkwkwk
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 12:27
Biar ga asam kasih gula bang
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 13:25
Keknya enak Chef
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 13:33
ngileremoticon-Wowcantik
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 14:42
emoticon-2 Jempol

supaya tetep crispy gimana gan ? biasanay kalo udah dingin gak crispy lagi
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 15:27
Pingin nyoba bikin, kayaknta enak tuh Gan emoticon-Genit
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 16:18
ga usah ampe dimasak asam manis pun enak ituemoticon-Matabelo
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 17:01
Mantap gan..
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 18:38
Mantap!emoticon-thumbsup

Tapi ane sedikit bingung Gan ama Cara masak nomer 4emoticon-Confused
"4. Kalau sudah agak berubah warna dan baunya menyebar, masukkan air secukupnya."

Nah itu Warnanya kan ditunggu berubah...berubah jadi warna apa Gan?.
Merah?..Kuning?...Hijau?...apa seperti dilangit yang Biru?emoticon-Amazed

trus Baunya menyebar..menyebar sampai mana Gan?..sampai sekelurahan atau sekecamatan?emoticon-Amazed

Trus masukkan air secukupnya..seberapa tepatnya?..satu Galon ?atau 1 bak mandi?emoticon-Amazed

Tolong dibantu ya Gan....soalnya ane tertarik buat bikin untuk porsi 1/4 ons emoticon-Embarrassment
Diubah oleh lemperkecut
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 19:37
Enak ini, gan.. Uhuu, ayah idaman banget bisa masak. emoticon-Embarrassment
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 20:22
waah besok masak cumi tepung kayaknya boleh juga nih
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 21:08
Quote:Original Posted By lonelylontong
Pertama-tama TS mohon maaf pada para sesepuh, momod dan enthusiast forum cooking.
emoticon-Nyepi

TS bukan orang yang punya background kuliner.

Pengalaman TS masak kebanyakan hasil otodidak dan eksperimen sendiri, akibat kepepet keadaan.

Ala kadarnya, asal-asalan.

Jadi mohon krisan dan dukungan, meskipun TS juga termasuk punya mental baca dan rai gedeg. Jadi dimaki2 juga ga apa-apa deh.
emoticon-Ultah

Btw, bapak-bapak jaman sekarang perlu juga bisa masak. Meskipun sudah ada isteri yang pinter masak, kalau sesekali si bapak yang masak, isterinya tentu merasa senang.

Namun teteplah, kita cari yang simple-simple saja.

Tanpa berpanjang-panjang, berputar-putar dan bermain di permukaan terlalu lama, kita langsung masuk dan berkutat lebih dalam lagi ke topik utama trit.

Resep Mbeling, Cumi Masak Asam Manis Ala Kadar nyaa.....

Bahan2 utama-nya:
1. Tetelan cumi (bisa diganti dengan potongan daging ayam, tetelan ikan, udang, dsb).
2. Tepung bumbu crispy.
3. Saos tomat.

Bahan2 pelengkap, bisa dipakai, bisa nggak:
1. Bawang Bombay.
2. Bawang putih.
3. Tomat.
4. Paprika.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

----++----

Cara Masak

Untuk bahan pelengkap, pokoknya cuci terus potong2. Yg perlu dikupas ya dikupas dulu (ojo nemen2 sembarang kudu dikandhani).

Ini proses utama, sederhana cmn beberapa langkah :

1. Masukkan potongan dagingnya ke tepung crispy. Wolak walik sampai tepung nempel merata.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

2. Goreng daging yang sudah berlumur tepung crispy tadi sampai warnanya bagus. Warna yang bagus seperti apa, TS serahkan ke agan masing-masing.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

Karena TS tahu, selera bapak-bapak itu beda-beda. Ada yang demen Anna Hathaway, ada yang demen Song Hye Kyo, ada juga yang ngefans Naomi Campbell.

Jadi tidak ada namanya bapak-bapak nggoreng kelamaan dan gosong.

Ndak ada itu, cuman ya memang seleranya dia Naomi Campbell punya. No comment aja kita.

Ndak ada juga namanya bapak-bapak nggoreng kurang mateng, cmn selera dia kebetulan Anna Hathaway. Jgn dikomplain, apresiasi saja dan tahu sama tahu.

Kalau sudah angkat dan tiriskan.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

3. Tumis irisan bawang bombay, cacahan bawang putih dan irisan tomat.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

4. Kalau sudah agak berubah warna dan baunya menyebar, masukkan air secukupnya.

5. Tambahkan saus tomat dan sedikit tepung bumbu crispy.

Supaya jadi berwarna merah dan sedikit mengental.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

Jangan kebanyakan masukin tepung, nanti warna merahnya jadi ga bagus. Biasanya TS pakai sisa tepung yang dipakai untuk melumuri daging di proses sebelumnya.

Biasanya kan masih sisa sedikit nempel-nempel di mangkok. Kasih air, ubek-ubek sampai rata.

5. Masukkan irisan paprika ke dalam adonan yang mendidih.

Sampai berapa lama? Ya pakai perasaan, kalau rasanya sudah sampai klimaks ya sudah cukup.
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
Jangan berlebihan.

Kenapa Paprika dimasukkan belakangan? Ya namanya satu wadah dipake rame-rame, mau ga mau ada yang dapat di depan, ada yang harus lewat belakang.

Cuma kalau TS taruh paprika belakangan itu supaya nggak terlalu layu, jadi warna dan kerenyahannya terjaga.

6. Hidangkan, taruh cumi goreng, atau apa pun tadi di piring. Kemudian siramkan saus di atasnya.

Selamat menikmati .....
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling

Kalau ada yang tanya, rasanya gimana? Ya coba aja masak sendiri. Misal hasilnya nggak enak, TS bilang enak kan situ juga ndak tau kan?

Mestinya sih enak, kan campuran bumbu utama ada di tepung serba guna dan saus tomatnya tadi.

Pabrik yang produksi pasti sudah mencari campuran bumbu yang menghasilkan rasa terbaik.
emoticon-Leh Uga


TIPS MBELING
Kalau waktu goreng cumi tepungnya berhasil jadi crispy, sajikan cepat-cepat, mumpung masih crispy.

Kalau gagal jadi crispy, maka setelah disiram saus, diamkan dulu beberapa lama, baru dihidangkan.
emoticon-Wakaka



Sumber referensi dan gambar 100% dari TS pribadi.


Cb untuk saus asam manisnya pakai kecap inggris sedikit, tomat dan saus tomatnya dibanyakin.
N cb buat pengental tepung terigunya di ganti tepung tapioka/ tepung aci atau tepung maizena. Soalnya tepung terigu merubah rasa, tepung aci/tapioka ngak merubah rasa.

Sy biasanya pakai jahe dikit, kecap inggris sedikit..
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
27-02-2021 22:55
Kayanya tepungnya kurang bagus tuh gaan soalnya tepungnya malah jadi pecah2 gituu
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
28-02-2021 07:07
Ni acara pengemilan bikin kenyang
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
28-02-2021 08:59
Ini adalah salah satu menu fav buat cumi😍 bumbunya simpel dan pasti ada di rumah
Diubah oleh anns123
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
28-02-2021 09:02
Boleh ya nyontek resepnyaaa. Mumpung ada cumi ini dirumah wkwkwk
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
28-02-2021 21:17
Daging ayam, Udang, cumi, gurame diasam manis favorite banget
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cumi Tepung Asam Manis, Ala Chef Mbeling
28-02-2021 22:48
salah satu seafood favorit anee gan sisssss, tapi udah paling enak gaada obat cumi goreng tepung dah kwkw
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Cooking & Resto Guide
ciri-ciri-makanan-haram
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia