Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
57
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60392e1ea48be0219308a9e6/tak-pernah-merasakan-sakit-penyakit-cipa-mengancam-nyawa-penderitanya
Penyakit CIPA ini membuat pasien tidak bisa merasakan sinyal sakit yang diteruskan ke otak. Sedangkan rasa sakit merupakan bentuk komunikasi tubuh kepada pemiliknya. Bayangkan, ia tidak punya sinyal sakit, bahkan ketika ia demam tinggi pun ia tidak merasakan apa-apa. Jika ia menginjak benda tajam di jalan pun, ia tidak akan merasakan apapun bahkan hingga ia kehabisan darah.
Lapor Hansip
27-02-2021 00:21

Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
sumber
Setiap manusia normal pasti merasakan sakit, entah itu terjatuh, tergores, terantuk, atau sakit karena penyakit yang diderita. Sakit di sini adalah dalam arti yang sesungguhnya, ya, GanSist, bukan sakit hati ditinggal pas lagi sayang-sayangnyaemoticon-Mewek

Jadi, kemaren ceritanya ane nonton drakor yang menceritakan tentang dunia medis. Pemeran utama menderita penyakit keturunan langka CIPA (Congenital Insensivity to Pain with Anhidrosis) di mana ia tidak bisa merasakan sakit sama sekali, tidak bisa merasakan suhu panas juga dingin, dan tubuhnya tidak bisa memproduksi cairan keringat.

Ada satu adegan yang bikin ane bergidik ngeri, bayangkan saja, GanSist, pemeran utama dalam keadaan sadar menjahit luka bacok yang ia terima dari tahanan lain. Ia lakukan dengan santuy, dengan senyuman, dan juga tanpa obat bius sama sekali! Daebak!emoticon-Takut

Dari sanalah ane jadi penasaran ama penyakit CIPA ini. Pertama ane pikir kalo orang-orang seperti itu enak banget gak ngerasain sakit, gak bakal takut dong kalo terluka. Ternyata, selama ane nonton drakor tersebut hingga kelar, ane baru tau betapa menderitanya mereka. Merasa diri berbeda, aneh, dan yang pasti resiko kematian sangat besar, dapat meninggal kapan saja.
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
sumber
Penyakit CIPA ini membuat pasien tidak bisa merasakan sinyal sakit yang diteruskan ke otak. Sedangkan rasa sakit merupakan bentuk komunikasi tubuh kepada pemiliknya. Bayangkan, ia tidak punya sinyal sakit, bahkan ketika ia demam tinggi pun ia tidak merasakan apa-apa. Jika ia menginjak benda tajam di jalan pun, ia tidak akan merasakan apapun bahkan hingga ia kehabisan darah. Penderita CIPA bisa mengalami kematian mendadak karena tidak tahu tentang kondisi tubuh sendiri.

Seseorang yang menderita CIPA, telah terjadi mutasi pada gen NTRK1 pada tubuhnya, di mana gen ini bertanggung jawab mengirim sinyal sakit ke otak. Hal ini bisa berakibat fatal, dalam kondisi terluka akibat tersentuh benda yang panas atau pun terluka, penderita tidak akan memberikan respon apa pun karena tidak merasakan sakit sedikit pun. Normalnya orang akan menghindar untuk melindungi diri dari rasa sakit.

Bahaya lainnya adalah penderita tidak dapat mengeluarkan keringat, meskipun ia sedang di bawah terik matahari atau pun di dalam sauna. Sedangkan kita tau salah satu fungsi keringat bagi tubuh adalah menyeimbangkan suhu pada tubuh.

Butuh penanganan khusus untuk orang-orang yang menderita penyakit ini, GanSist. Salah satunya selalu mengecek suhu tubuh, detak jantung, hingga cek darah. Intinya selalu mengecek semua yang diperlukan agar jika terdeteksi suatu penyakit maka akan bisa ditangani secepatnya. Untuk jenis penyakit ini sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Meskipun drakor yang ane tonton sang dokter berhasil sembuh berkat penelitian bertahun-tahun yang tak kenal lelah akhirnya ia menemukan obat untuk penyakitnya. Ane berharap di kehidupan nyata, obat untuk pasien CIPA juga bisa lekas ditemukan.

Selain penyakit CIPA yang tidak bisa merasakan sakit, ada pula penyakit yang merasakan sakit secara berlebihan, ini kebalikan dari penyakit CIPA. Untuk lebih detailnya, akan ane ulas di thread berikutnya.

Selalu jaga kesehatan, ya, GanSist. Patuhi protokol kesehatan. Tetep bahagia dan semangat selaluemoticon-2 Jempol

Referensi
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
27-02-2021 00:22
Jaga kesehatan
profile-picture
profile-picture
InaSendry dan andrerain5 memberi reputasi
2 0
2
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
27-02-2021 00:45
manggis ku lempar pejwan ku dapat
emoticon-Cool
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
27-02-2021 03:51
Ngeri juga yaa
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
27-02-2021 07:00
Paling ga kalo kita msh bisa merasakan rasa sakit artinya kita msh blm mati
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
27-02-2021 08:33
Film judulnya apaan gan? Nice thread. Di tunggu thread selanjutnya
profile-picture
profile-picture
aromajav dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
27-02-2021 08:34
Film judulnya apaan gan? Nice thread. Di tunggu thread selanjutnya
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
27-02-2021 08:48
Bagi link drakore yak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
28-02-2021 00:05
wah iron man
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
28-02-2021 19:03
Boleh dibisikin dong gaan drakornya apa? Kayaknya seru deeh
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 12:06
Weleehh2...klo jd preman...ditakutin niih...wong ga kenal rasa sakit...🤣🤣🤣
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 12:07
Bersyukur ya gan bisa merasakan sakit, karena itu sebenarnya sistem pertahanan tubuh atas hal2 yg berada di luar toleransi.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 12:07
Cipa said jangan panggil aku anak kecil paman
profile-picture
profile-picture
thepacemaker dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 12:10
anjim iya juga ya, mereka gak punya saraf juga kah?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 12:12
Bahaya banget
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 12:22
Keren,,
Gue pengen bisa ngerasain pedihnya ujian hidup. Bisa ngga? 😅
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 15:08
Ts nangis gak ya pas nonton drakor?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 15:30
waduh bener banget nih, jadi gatau kalo apa yang kita lakuin itu bahaya apa engga, soalnya ga kerasa sakit, baru nyadar nya kalo udah kerasa lemes
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 16:39
Waa ngeri juga ya.. sama seperti coviid inii
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
02-03-2021 17:17
Jd inget drakor...... doctor John
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tak Pernah Merasakan Sakit, Penyakit CIPA Mengancam Nyawa Penderitanya!
03-03-2021 01:15
ngeri juga ya...... udah seperti robot emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia