News
Batal
KATEGORI
link has been copied
67
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6038e75f10dc0457847380e1/mi-2-plus-helikopter-milik-polri-yang-mengusung-desain-old-school
Alutsista milik Polri jarang sekali disorot oleh media maupun masyarakat, selain karena jumlahnya tidak terlalu banyak, kurangnya kepercayaan pada korps seragam coklat sepertinya juga menjadi salah satu faktor tersebut. Pada kesempatan kali ini TS mau membahas salah satu inventaris Polri yang berwujud helikopter, yang unik helikopter tersebut memiliki desain old school alias jadul. Langsung saja a
Lapor Hansip
26-02-2021 19:19

Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Alutsista milik Polri jarang sekali disorot oleh media maupun masyarakat, selain karena jumlahnya tidak terlalu banyak, kurangnya kepercayaan pada korps seragam coklat sepertinya juga menjadi salah satu faktor tersebut. Pada kesempatan kali ini TS mau membahas salah satu inventaris Polri yang berwujud helikopter, yang unik helikopter tersebut memiliki desain old school alias jadul. Langsung saja ane mulai pembahasannya.


Mi-2 Plus

Desain helikopter ini sangat old school, mengingat Mi-2 pertama kali terbang pada 22 September 1961. Meski pihak pabrikan sudah memproduksi banyak varian, pada dasarnya tidak ada perubahan dari desain helikopter ini. Meski tampil jadoel, Mi-2 sendiri sudah banyak diproduksi hingga sekarang. Sampai tahun 2003, total ada 6.500 unit yang digunakan oleh 28 negara.

Di Indonesia helikopter angkut ini sempat eksis di awal tahun 2000-an, helikopter ini mengisi kekuatan armada helikopter di Puspenerbal TNI AL dan Direktorat Kepolisian Udara. Ada perbedaan antara Mi-2 milik TNI AL dan Polri, Mi-2 milik TNI AL adalah varian awal, sementara milik Polri adalah varian pengembangan lebih modern. Terutama pada sistem avioniknya, varian milik Polri bernama Mi-2 Plus.


Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

Mi-2 Plus.

Foto : Fauzan Rasyadi/jetphotos.com


Helikopter milik TNI AL dan Polri adalah buatan PZL-Swidnik, Polandia. Dikutip dari indomiliter.com, TNI AL memiliki 3 unit yang masing-masing bernomer registrasi HL-450, HL-451, dan HX-2004. Pengadaan helikopter angkut ini dilakukan sejak tahun 2000, ketika Kepala Staf Angkatan Laut dijabat Laksamana Ahmad Sutjipto. Alokasi anggaran sebesar US$ 11 juta diperoleh setahun kemudian.

Sebenarnya TNI AL hendak membeli 16 unit Mi-2 waktu itu, namun entah mengapa yang datang ke Indonesia hanya 3 unit ? Sangat disayangkan 3 helikopter tersebut justru rusak tak lama setelah datang ke Bumi Pertiwi, kiprahnya di matra laut pun tak pernah terdengar sampai saat ini. Bahkan menurut berita yang ditulis detik.com (12/3/2007), helikopter tersebut kabarnya hanya mangkrak di hangar Wing Udara Kompleks Lanud AL Juanda selama 2 tahun karena belum adanya bekal senjata pada helikopter. Sekarang helikopter itu sudah tidak digunakan lagi.


Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

Salah satu helikopter Mi-2 milik TNI AL.

Ilustrasi : indomiliter.com


Meski saudaranya di matra laut bernasib sial, akan tetapi Mi-2 Plus yang memperkuat Direktorat Polisi Udara bernasib lebih baik dan masih aktif bertugas sampai hari ini. Helikopter milik Polri tersebut mulai datang pada tahun 2008 dengan jumlah total 12 unit, memiliki nomor registrasi P-5002 sampai P-5014.

Helikopter yang termasuk jenis angkut ini ditenagai dua mesin Turboshaft Klimov GTD-350, masing-masing mesin dapat menghasilkan tenaga 604 SHP. Mi-2 dapat melaju dengan kecepatan maksimum 200 km/jam dengan jarak jelajah mencapai 440 km. Meski tidak termasuk sebagai helikopter tempur, tetapi Mi-2 dapat dipersenjatai dengan beragam senjata mulai dari meriam, rudal anti tank dan roket.

Jika pihak militer menggunakan Mi-2 sebagai helikopter serbu, maka Mi-2 bisa dipasangi meriam NS-23, pod peluncur roket S-5, dan rudal anti tank AT-3 Sagger. Pada masanya helikopter ini juga tetap menjadi perhatian pihak NATO, mereka kemudian memberi nama kesayangan Hoplite pada Mi-2. Sebagai heli angkut, Mi-2 dapat membawa 8 pasukan bersenjata lengkap, jika membawa barang bisa memuat payload mencapai 700 kg. Jika dirasa masih kurang, Mi-2 dapat membawa muatan lewat sling kabel.


Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

Bagian kokpit.

Ilustrasi : indomiliter.com


Mi-2 Plus milik Polri terlihat lebih modern daripada milik TNI AL. Beberapa fitur yang ditambahkan pada Mi-2 Plus adalah penggunaan bilah pada rotor utama yang menggunakan material komposit, Mi-2 Plus juga sudah dibekali perangkat elektronik dari Honeywell serta perangkat navigasi dari Garmin.

Dari sejarahnya, Mi-2 pertama kali diterbangkan di Uni Soviet pada tahun 1961, selanjutnya proses pengembangan helikopter dipindahkan ke Polandia pada tahun 1964. Pembuatan Mi-2 awalnya terpusat di Moskow, kemudian produksinya dibagi ke Polandia setelah Uni Soviet bubar pada 1991. Polandia kemudian mengembangkan Mi-2 menjadi varian baru yang bernama Mi-2 Plus. Sementara Rusia melalui Rostov-Mil juga membuat helikopter jenis baru bernama Mi-2 A.

PZL-Swidnik kini menjadi bagian dari Leonardo Helicopters company, perusahaan yang fokus pada produk dirgantara dan pertahanan tersebut berkantor pusat di Roma. Dengan investasi dari Eropa Barat, saat ini helikopter Mi-2 Plus punya jeroan yang berkiblat ke standard NATO.

Demikian sedikit bedah alutsista milik Direktorat Polisi Udara, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan baru untuk kita semua di bidang alutsista dan pertahanan. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, sampai jumpa lagi, keep ngaskus ya emoticon-Angkat Beer


Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

Ilustrasi : indomiliter.com


Mi-2 Plus

Negara Asal: Uni Soviet
Produsen: PZL-Swidnik, Polandia
Pnjang: 11,4 meter
Diameter Rotor: 14,5 meter
Lebar: 3,75 meter
Mesin: 2x Turboshaft Klimov GTD-350, (masing-masing menghasilkan tenaga 604 SHP)
Kapasitas Angkut: 8 penumpang, 700 kg internal cargo, 800 kg external cargo
Bobot Kosong: 2.372 kg
Bobot Dengan Muatan: 3.550 kg
Maks. Takeoff: 3.700 kg
Kecepatan Maks.: 200 km/jam
Jarak Jelajah: 440 km



Video Tambahan




Referensi: sini, dan sini, sini juga
Ilustrasi: indomiliter.com, jetphotos.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 19:20
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

Yang menarik perhatian TS adalah Mi-2 milik TNI AL, dari pesanan 16 unit kenapa hanya 3 unit yang datang ? emoticon-Bingung

Dengan alokasi anggaran mencapai US$ 11 juta atau setara Rp100 miliar yang di dapat melalui kredit ekspor, pada akhirnya hanya 3 unit yang datang, 3 unit helikopter itu pun masih belum dilengkapi sistem persenjataan.

Jawaban atas pertanyaan ane diatas sudah dijawab oleh om @gonugraha76, bisa dilihat di bawah ini jawabannya. semoga bisa menambah wawasan kaskuser semuanya ya emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By gonugraha76
Khusus Mi 2 milik TNI AL memang sejak awal pengadaan sudah penuh kontroversi karena sejatinya TNI AL oleh Kemenhan akan dibelikan kombinasi Mi 2 dan Mi 17 tetapi entah kenapa malah memilih heli ringan sekelas NBO 105 produksi PT DI dengan alasan utilitas dan harga yg lebih murah. Tak lama perjanjian pengadaan 16 unit Mi 2 dengan Rostov Mil dilakukan pada thn 2002 dan 2 heli Mi 2 datang pada thn 2003. Di tengah jalan tiba tiba salah satu rekanan pengadaan dari Inggris Harmony Capital mengundurkan diri dan diganti oleh Novarindro International Ltd dan kedatangan 1 heli Mi 2 lagi. Dari sini terungkap bahwa semua heli Mi 2 yg dipesan TNI AL tidak bisa datang dalam kondisi baru tetapi semuanya ternyata bekas karena produksi Mi 2 generasi awal sudah dihentikan sejak thn 1992. Akhirnya oleh pemerintah pengadaan heli tsb dihentikan dan dibekukan untuk menghindari kerugian negara. 3 heli yg terlanjur datang akhirnya tidak bisa diserah terimakan dari pemerintah melalui Kemenhan kepada TNI AL sebagai pengguna karena kontrak pengadaan yg bermasalah. Heli tsb sampai hari ini hanya tersimpan dan tidak boleh terbang karena masih belum secara resmi milik TNI AL.




-----
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 19:20
Pertamax ya gan? emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 19:56
mi2 plus, hmmm RAM ny brp giga, internalny brp giga gan? hehehee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
subzerohero dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 20:11
Mi 2Plus adalah versi militer dari Mi 2 MSB dengan penyempurnaan pada engine baru GTD 350 yg lebih bertenaga, rotor bilah berbahan komposit dan sistem avionik serta komunikasi baru berstandar NATO. Soal senjata bisa berupa cannon 23 mm, gun pod berisi roket FFAR, ATGM atau AAM untuk mendukung close air supportnya. Di Indonesia sendiri karena Kepolisian RI bukanlah institusi yg termasuk komponen pertahanan negara utama, maka jangan berharap Mi 2Plus milik Polri memiliki persenjataan kelas berat atau sekedar senapan mesin ringan yg dioperasikan oleh door gunner. Peran Helikopter di lingkungan Kepolisian RI terbatas sebagai sarana transportasi personel, mobilisasi alat dan logistik, patroli udara dan SAR.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tuhan666 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 20:19
Terlihat culun tapi ternyata multifungsi...

Btw polri punya berapa unit ini?

Yg helikopter TNI tahun 2000-an?
itu kan masa transisi dr orba ke reformasi. Masih acakadut. Ada majalah tempo tahun 2001 aja yg gonjang ganjing gusdur justru yg di sorot keberpihakan TNI.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 20:25
ada versi gunship juga...emoticon-Big Grin
Mi-2URP-G punya Polandia..
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

tapi kesannya masi jadul juga sih, rudalnya aja masi pake AT-3 Sagger/Malyutka..emoticon-Big Grin
Diubah oleh jagotorpedo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 20:39
Khusus Mi 2 milik TNI AL memang sejak awal pengadaan sudah penuh kontroversi karena sejatinya TNI AL oleh Kemenhan akan dibelikan kombinasi Mi 2 dan Mi 17 tetapi entah kenapa malah memilih heli ringan sekelas NBO 105 produksi PT DI dengan alasan utilitas dan harga yg lebih murah. Tak lama perjanjian pengadaan 16 unit Mi 2 dengan Rostov Mil dilakukan pada thn 2002 dan 2 heli Mi 2 datang pada thn 2003. Di tengah jalan tiba tiba salah satu rekanan pengadaan dari Inggris Harmony Capital mengundurkan diri dan diganti oleh Novarindro International Ltd dan kedatangan 1 heli Mi 2 lagi. Dari sini terungkap bahwa semua heli Mi 2 yg dipesan TNI AL tidak bisa datang dalam kondisi baru tetapi semuanya ternyata bekas karena produksi Mi 2 generasi awal sudah dihentikan sejak thn 1992. Akhirnya oleh pemerintah pengadaan heli tsb dihentikan dan dibekukan untuk menghindari kerugian negara. 3 heli yg terlanjur datang akhirnya tidak bisa diserah terimakan dari pemerintah melalui Kemenhan kepada TNI AL sebagai pengguna karena kontrak pengadaan yg bermasalah. Heli tsb sampai hari ini hanya tersimpan dan tidak boleh terbang karena masih belum secara resmi milik TNI AL.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
26-02-2021 22:33
Omg.... Bentuk nya tuh heli kok mlh jd lumayan lucu jg, gan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
27-02-2021 08:14
Udah macam model hp merek itu aja nama ini heliemoticon-Big Grin

Apes emang yah...anggaran banyak yang datang malah ga jelas kondisinya, udah itu yang datang cuma 3 doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
27-02-2021 12:58
Quote:Original Posted By aripmaulana
mi2 plus, hmmm RAM ny brp giga, internalny brp giga gan? hehehee


ente salah kamar gan, disini tidak membahas gawai emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By nowbitool
Terlihat culun tapi ternyata multifungsi...

Btw polri punya berapa unit ini?

Yg helikopter TNI tahun 2000-an?
itu kan masa transisi dr orba ke reformasi. Masih acakadut. Ada majalah tempo tahun 2001 aja yg gonjang ganjing gusdur justru yg di sorot keberpihakan TNI.


12 unit gan kalau menurut kabar waktu itu, salah satunya tugas di Kalbar/Kalteng, cmiiw.


betul, pada masa transisi alutsista TNI ternyata juga bermasalah




Quote:Original Posted By jagotorpedo
ada versi gunship juga...emoticon-Big Grin
Mi-2URP-G punya Polandia..
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School

tapi kesannya masi jadul juga sih, rudalnya aja masi pake AT-3 Sagger/Malyutka..emoticon-Big Grin


serba jadul ya gan emoticon-Ngakak




Quote:Original Posted By yoseful
Omg.... Bentuk nya tuh heli kok mlh jd lumayan lucu jg, gan....


old school gan beras balik ke masa Pak Karno emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By pannotia.server
Udah macam model hp merek itu aja nama ini heliemoticon-Big Grin

Apes emang yah...anggaran banyak yang datang malah ga jelas kondisinya, udah itu yang datang cuma 3 doang.


wkwkwk, diatas udah ada yang nanya spek hpnya gan emoticon-Hammer (S)

masa transisi dari orba memang acak kadut gan emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
27-02-2021 18:51
Warna helikopternya kek seragam sekolah gan 😂
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
27-02-2021 19:27
Ini baru yg plus,
Ntar kluar yg versi pro 😀
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
27-02-2021 22:18
Kadir breemoticon-Kroasia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.croovooc dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
28-02-2021 08:06
Modelnya kuno banget yak... emoticon-Big Grin jarang liat heli begini.
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan ushirota memberi reputasi
2 0
2
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
28-02-2021 19:13
namanya mirip ama hape xiomay ya gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
07-03-2021 17:05
lucu
kek ikan lohan kalo diliat2
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
07-03-2021 17:35
Kek Bell Ranger on steroid. emoticon-Ngakak
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
07-03-2021 17:38
Uh pengen liat versi full armament nya kalik aja bang ts punya emoticon-Malu
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
07-03-2021 17:56
Lihat namanya kirain produk Xiaomi.
emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Mi-2 Plus, Helikopter Milik Polri yang Mengusung Desain Old School
07-03-2021 18:02
Ini heli termasuk hemat tempat buat storage.

Sayangnya agak berisik.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia