News
Batal
KATEGORI
link has been copied
118
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603884bd43325f01c9780386/pengembang-wisata-gugat-warga-karena-dirikan-musala-larang-azan-amp-pengajian
Pengembang Grand Wisata Bekasi Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan hingga Pengajian Warga RW 10 Klaster Water Garden Grand Wisata, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi kini tengah menghadapi gugatan dari pihak pengembang lantaran membangun musala. Gugatan yang semula dimediasi itu gagal sehingga masuk dalam tahapan persidangan di Pengadilan Negeri Cikarang. Warga digugat oleh PT Pu
Lapor Hansip
26-02-2021 12:18

Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian



Quote:
Pengembang Grand Wisata Bekasi Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan hingga Pengajian



Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian


Warga RW 10 Klaster Water Garden Grand Wisata, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi kini tengah menghadapi gugatan dari pihak pengembang lantaran membangun musala. Gugatan yang semula dimediasi itu gagal sehingga masuk dalam tahapan persidangan di Pengadilan Negeri Cikarang.

Warga digugat oleh PT Putra Alvita Pratama yang merupakan pengembang klaster milik Sinarmas Group. Pada nomor perkara 326/Pdt.G/2020/PN Ckr, warga digugat dalam perkara wanprestasi.

Selaku tergugat, Rahman Kholid mengatakan, gugatan itu dilakukan dalam kaitan pembangunan musala Al Muhajirin. Musala itu dibangun di tengah klaster dengan dana hasil patungan warga.

Adapun musala itu didirikan di atas tanah seluas 226 meter persegi yang dibeli warga dari pengembang pada 2015 seharga Rp 1,6 miliar. Setelah mencicil selama beberapa tahun, tanah itu akhirnya lunas dan mulai dibangun musala.

“Tempat ibadah ini sangat kami butuhkan mengingat jarak masjid terdekat dengan rumah warga saja mencapai tiga kilometer. Sehingga kami berinisiatif membangun musala dengan dana patungan,” kata Rahman saat ditemui usai persidangan di PN Cikarang, Rabu 24 Februari 2021.

Namun, dalam prosesnya, pembangunan musala itu justru disoal oleh pihak pengembang karena dinilai menyalahi aturan. Sesuai perizinannya, tanah itu diperuntukkan bagi rumah tinggal.

“Katanya izinnya untuk rumah tinggal. Padahal dalam perjanjian jual beli dengan pengembang, penggunaan lahan itu dikuasakan pada pemilik agar digunakan secara tanggung jawab. Tapi ternyata dipersoalkan hingga digugat karena dinilai wanprestasi,” ucap dia.

Rahman mengatakan, sebenarnya warga tidak serta merta membangun musala melainkan menempuh perizinannya, mulai dari persetujuan warga hingga mengurus ke Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Berdasarkan aturan, izin itu sebenarnya tinggal menunggu rekomendasi dari Dinas PUPR, seluruh persyaratannya telah dipenuhi tapi pihak PUPR katanya minta harus ada persetujuan dari pengembang. Padahal dalam aturannya tidak harus. Ini yang juga jadi pertanyaan kami,” ucap dia.

Kendati demikian, lanjut Rahman, warga turut meladeni proses gugatan tersebut. Bahkan, warga siap memenuhi persyaratan yang diajukan pengembang selaku tergugat. Namun, dalam proses mediasi tidak tercapai kemufakatan.

Di sisi lain, persyaratan yang diajukan pengembang itu pun melenceng dari substansi gugatan tentang wanprestasi. Pengembang dinilai malah mengintervensi kegiatan musala.

Menurut Rahman, dalam persyaratan yang diajukan, penggugat melarang musala yang didirikan warga menggelar salat Jumat.

Kemudian, musala pun tidak diperbolehkan mengumandangkan azan dengan pengeras suara. Selanjutnya, musala pun dilarang menggelar pengajian.

“Ini sudah masuk dalam ranah menghalangi ibadah dan mengintervensi akidah kami sebagai seorang muslim. Ini sebuah pelanggaran serius. Sebaliknya, tuduhan wanprestasi yang selama ini digadang-gadang sama sekali tidak disentuh dalam proses mediasi,” ucap Rahman.

Untuk itu, kata Rahman, warga menilai gugatan itu tidak memenuhi unsur. Selain penggugat tidak fokus pada materi gugatan, pihak penggugat pun tidak pernah menghadirkan prinsipal. Padahal sesuai peraturan Mahkamah Agung, bilamana selama mediasi pihak prinsipal tidak hadir maka proses gugatan tidak bisa dilanjutkan.

“Ini setiap mediasi, sudah tiga sampai empat kali, prinsipal penggugatnya enggak pernah hadir. Malah mewakilkan pada karyawannya, berarti sebenarnya proses gugatan tidak bisa dilanjutkan. Kemudian soal izin pun sebenarnya kami sudah menempuh itu, jadi bukan tiba-tiba tanpa izin. Bahkan 95 persen warga klaster juga sudah menyetujui izin musala ini, termasuk warga yang non muslim juga menyetujuinya tapi kenapa pengembang mempersoalkannya,” ucap dia.

Sementara itu, usai persidangan, pihak kuasa hukum penggugat dari PT Putra Alvita Pratama enggan memberikan keterangan.





SUMBER




MUKE GILE BRAY emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:19
CEBONG & BUZZER KOMENG APAAN KALO GINI? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan Sadhunter memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:20
Parah bener ini mah... Bajingan tuh pengembanganya emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
peterpetreli dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:20
Jual aja beli rumah tempat lain..
profile-picture
baik.runcing memberi reputasi
1 0
1
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:21
IMB nya ada ga??.. emoticon-Malu (S)

Quote:“Berdasarkan aturan, izin itu sebenarnya tinggal menunggu rekomendasi dari Dinas PUPR, seluruh persyaratannya telah dipenuhi tapi pihak PUPR katanya minta harus ada persetujuan dari pengembang. Padahal dalam aturannya tidak harus. Ini yang juga jadi pertanyaan kami,” ucap dia.


Dari sini aja udah jelas kok.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:21
Itu musala ada imbnya gak? emoticon-Malu


























































emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:23
lagian mau banget bangun mushala di dalam cluster

harga properti menyusut 25% apabila ada toa mesjid terdekat, begitu rumusnya

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:24
Quote:Original Posted By valkyr1
IMB nya ada ga??.. emoticon-Malu (S)

Dari sini aja udah jelas kok.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By rp.1000000
Itu musala ada imbnya gak? emoticon-Malu


























































emoticon-Belgia


Tar ada yg sensi kalo ditanya imb...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:27
Quote:Original Posted By anti.liberal
lagian mau banget bangun mushala di dalam cluster

harga properti menyusut 25% apabila ada toa mesjid terdekat, begitu rumusnya


Itu yang ditakutkan pengembang emoticon-Malu

Di cluster ane, pengembangnya "licik" banget, nunggu unit udah laku semua baru dibangun masjidnya emoticon-Hammer

Untung agak jauhan dari blok ane, jadi gak kebagian nada2 indah penggetar jiwanya emoticon-Hammer

















































emoticon-Nohope
Diubah oleh rp.1000000
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:31
Tumben yg kena kasus mayo.
Pengembangnya masa ga tau sifat warga indon kyk gimana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:33
Perumahan umum/Cluster biasanya ada fasilitas umum mesjid besar bahkan megah.
Mau pengembang apapun dipastikan ada fasum mesjid, kiranya alasan peruntukan tanah didalam cluster dijadikan mesjid/musola ini yg menjadi kendala ego pengembang dan warga.
3 kilometer utk perumahan cluster tidaklah jauh..
Apalagi warga sekelas perum Grand wisata dipastikan punya kendaraan roda 2 bahkan 4 sekalipun.
Jika sudah disediakan fasum mesjid kenapa harus memaksa membangun lagi mesjid?!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:34
Mungkin pengembangny takut..
Awalny cuma musolla, trus ditingkatkan jd mesjid, trus mesjidny buat menara,, trus akhirny cluster jd ga steril krn bnyk orang asing masuk krn ad mesjid

Masuk akal sih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:34
Quote:Ada sebuah hadits yang menjelaskan tentang keutamaan orang yang jauh dari masjid namun masih tetap menjalankan shalat di masjid.

عن أبي موسى – رضي الله عنه – ، قَالَ : قال رَسُول اللهِ – صلى الله عليه وسلم – : (( إن أَعْظَمَ الناسِ أجْراً في الصلاةِ أبْعَدُهُمْ إلَيْهَا مَمْشىً ، فَأَبْعَدُهُمْ ، وَالذِي يَنْتَظِرُ الصلاَةَ حَتى يُصَليَهَا مَعَ الإمَامِ أعظَمُ أجْراً مِنَ الذِي يُصَليهَا ثُم يَنَامُ )) متفقٌ عَلَيْهِ .


Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya di dalam shalat adalah yang paling jauh berjalan menuju shalat, lalu yang jauh berikutnya. Dan orang yang menunggu shalat sampai ia melaksanakannya bersama imam lebih besar pahalanya daripada orang yang shalat kemudian tidur.” (Muttafaq ‘alaih. HR. Bukhari, no. 651 dan Muslim, no. 669)


Mestinya warga bersyukur karena ada mesjid yg jaraknya 3km dari rumah karena berarti pahala shalatnya semakin besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:34
Imb?emoticon-Leh Uga
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:35
kalo di cluster yang pegembangnya masih aktif/ada memang gak boleh merubah/memodifikasi/menambah/mengurangi keadaan bangunan yang sudah standar walaupun dibeli dalam bentuk kavling (tanah).

Pas beli apa udah bilang bahwa bakalan dibuat mushola/masjid/dsb atau malah diam2 dgn harapan kalo udah jadi bangunan bakalan dibolehin karena terlanjur jadi (trik yng sudah2)


Mungkin pembeli rumah/tanah (pura2) gak paham/baca syarat2 nya.

Diubah oleh hamtonz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:37
itu ajaib juga proses pembangunannya bisa lanjut, abis selesai eh bermasalah.....emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:39
Penistaan agama ga nehemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 37sanchi memberi reputasi
2 0
2
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:40
umat agama lain disuruh ngurus izin, ini malah melanggar izin. Jelas jelas di kontrak jual beli cuma diizinkan buat rumah tinggal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:41
udah robohin aja, pastinya gak punya IMB.

yang bener aja, tempat untuk tinggal dibikin tempat ibadah, udah bener jarak harus 3 km untuk mesjidnya.

emangnya yang tinggal disana cuma uclim doang? banyak juga yang beragama lain dan perlu diingat jika pengembang menawarkan suasana asri dan bebas bising, kalo ada yang bikin tuh sarang polusi suara ditempat hunian, artinya pengembang ingkar dan bisa dituntut konsumen. kalo pengembang sih gue yakin melihatnya dari sisi bisnis dan hukum.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:46
Percaya ga percaya, ane alami sdri. Properti ane, rumah skala menengah, sederetan ada belasan unit termasuk tetangga, properti ga laku atau pun laku namun harga rendah gr2 ada musholla berdiri emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Pengembang Wisata Gugat Warga karena Dirikan Musala, Larang Azan & Pengajian
26-02-2021 12:47
Quote:Original Posted By hamtonz
kalo di cluster yang pegembangnya masih aktif/ada memang gak boleh merubah/memodifikasi/menambah/mengurangi keadaan bangunan yang sudah standar walaupun dibeli dalam bentuk kavling (tanah).

Pas beli apa udah bilang bahwa bakalan dibuat mushola/masjid/dsb atau malah diam2 dgn harapan kalo udah jadi bangunan bakalan dibolehin karena terlanjur jadi (trik yng sudah2)


Mungkin pembeli rumah/tanah (pura2) gak paham/baca syarat2 nya.




ituuu trikk mereka dariii doloee sobb .. sejak jaman eyang hartooo .. bangun doloeee ijin IMB nyusull ..

Entarr kalau mau dibongkarr .. mulailah playing victim .. mulai sebar hoax .. kumpulin masa samfai teriak2 password


emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia