Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
5
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603838eabff6312e00032b11/cara-menjadi-content-creator-profesional-buat-kamu-yang-mengejar-passion
Kini media digital semakin berkembang. Begitu pula media sosial yang menjadi bagian penting di era digital ini. Dari sinilah, muncul tren untuk berkarya sekaligus memasarkan suatu produk melalui sosmed, hingga konten menjadi sesuatu yang penting di zaman sekarang. Maka dari itu, muncul para content creator yang membuat berbagai macam konten, terutama untuk berbagi karya mereka kepada audiens. Na
Lapor Hansip
26-02-2021 06:55

Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar Passion

Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar Passion
Kini media digital semakin berkembang. Begitu pula media sosial yang menjadi bagian penting di era digital ini. Dari sinilah, muncul tren untuk berkarya sekaligus memasarkan suatu produk melalui sosmed, hingga konten menjadi sesuatu yang penting di zaman sekarang. Maka dari itu, muncul para content creator yang membuat berbagai macam konten, terutama untuk berbagi karya mereka kepada audiens. Nah, kamu yang suka berkarya perlu tahu cara menjadi content creator biar kamu bisa mengenalkan karyamu ke orang-orang. Hitung-hitung bisa jadi sumber penghasilan juga.
Semua Dimulai dari Passion untuk Berkarya
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionMemulai jadi content creator dari passion (Sumber: unsplash.com)

Siapa tahu, berawal dari passion kamu content creator bisa menjadi profesi yang mendatangkan pundi-pundi rupiah. Asyik, kan? Benar-benar seperti melakukan hobi tapi dibayar. Memang nggak semudah membalikkan telapak tangan, tapi asal kamu tahu strateginya kamu bisa jadi content creator yang menarik sekaligus bermanfaat.

Berikut cara untuk menjadi seorang content creator:
1. Membuat Konten Sesuai Passion


Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionIlustrasi membuat konten sesuai passion (Sumber: unsplash.com)

Pertama-tama, ketahui dulu passion kamu sebelum menjadi content creator. Hanya dengan mengikuti passion maka kamu bisa bikin karya yang baik dan menginspirasi orang banyak. Misalnya kamu suka kuliner, maka buatlah konten foto atau video atau artikel tentang tempat-tempat makan. Atau kalau kamu suka nyanyi, kamu bisa cover lagu atau malah bikin lagu sendiri. 

2. Memilih Platform yang Tepat

Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionIlustrasi orang membuat konten (Sumber: unsplash.com)

Setelah tahu apa passion-mu, kamu bisa menentukan platform apa yang sesuai dengan kontenmu. Misal, kamu mau bikin video di YouTube atau mengunggah foto-foto jepretanmu di Instagram. Spotify sebagai tempat mengunggah podcast juga bisa jadi ide yang kamu coba. Seru, tuh!
3. Menentukan Target Audiens

Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionIlustrasi audiens (Sumber: unsplash.com)

Selanjutnya, coba kamu pertimbangkan, siapa target audiens kamu. Ini cara menjadi content creator yang juga sangat penting. Jadi, kamu bisa sesuaikan karyamu dengan faktor demografi audiens, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan hingga tempat tinggal mereka. Kalau kamu pakai platform Instagram, bisa pakai fitur Analytics Instagram.
4. Mengikuti Tren Terkini

Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionIlustrasi orang scroll socmed buat update trend (Sumber: unsplash.com)

Memang perlu bikin karya original agar tidak terkena copyrighttapi kamu juga harus selalu tahu perkembangan terkini, minimal di industri media digital. Jadi, kamu nggak akan ketinggalan berita dan tren terkini. Bisa jadi sumber inspirasi untuk membuat konten juga biar trending.


Baca Juga :   Ingin Kerja di Bidang Content Creation? Ini Skill Wajib Content Creator

5. Selalu Konsisten untuk Rutin Update 

Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionIlustrasi update konten YouTube (Sumber: unsplash.com)

Apapun aplikasi content creator yang kamu gunakan, rajin update menjadi kunci penting untuk kesuksesan kamu. Audiens bakal antusias menunggu update-an kamu. Ini sekaligus membuat akunmu tetap fresh karena selalu diperbarui sehingga mengundang pengikut dan subscriber baru.

6. Memperhatikan Analytics
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionIlustrasi analytics website (Sumber: unsplash.com)

Biasanya, di setiap platform media sosial sudah disediakan akun bisnis, yang lengkap dengan analytics juga. Dari sini, kamu bisa tahu berapa banyak orang yang mengakses karyamu tiap hari, jenis kelamin, usia dan juga tempat mereka berada. Kamu bisa lakukan evaluasi berdasarkan data ini.

7. Bikin Kreasi Unik dan Jadi Diri Sendiri
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar PassionIlustrasi orang mengambil gambar untuk konten (Sumber: unsplash.com)

Ikuti tren tapi tetaplah jadi diri sendiri, yang autentik dan juga unik. Jadi, karyamu nggak akan tenggelam di antara ribuan bahkan jutaan konten lainnya yang ada di internet.

8. Berani Mencoba Sesuatu yang Baru
Bukan berarti kamu mengubah jenis karyamu begitu saja. Akan tetapi, kamu juga bisa mengembangkan kontenmu dengan variasi lainnya. Misalnya, kamu biasa bikin video YouTube tentang gadget terbaru, sesekali selingi dengan review barang elektronik yang aneh dan unik di toko online. Jadi, kamu dan audiens sama-sama nggak bosan dengan kontenmu.
Itulah hal-hal penting yang perlu kamu pelajari dan terapkan untuk berkarya sebagai content creator. Cara menjadi content creator bisa dibilang susah-susah gampang. Artinya, caranya simpel tapi kamu harus tekun melakukannya. Jangan mudah patah semangat apalagi sampai berhenti di tengah jalan. Terus berkarya, ya.
Buat kamu yang masih ragu-ragu apakah cocok untuk jadi content creator, coba deh Cari Tahu Apakah Kamu Cocok jadi Vlogger!

Baca Juga :   Bikin Konten Makin Atraktif dengan Tips Instastory Ini!




profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar Passion
26-02-2021 07:29
Katanya jangan bekerja sesuai passion tapi memanh tidak ada salahnya mencoba sih
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar Passion
26-02-2021 17:09
Melakukan sesuatu yang disukai itu menyenangkan apa lagi menghasilkan
0 0
0
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar Passion
26-02-2021 20:56
kayaknya ada bagusnya buat nyoba jadi content creator
0 0
0
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar Passion
28-02-2021 19:06
Pekerjaan kayak gini juga ngga gampang sih gaan, butuh kemampuan kerja dimana aja dan dituntut kreativitas tinggi bangeet dan analisa kebanyakannya sendiri lagi
0 0
0
Cara Menjadi Content Creator Profesional Buat Kamu yang Mengejar Passion
28-02-2021 19:20
pengen tapi gak pede karena gaa goodlooking padahal menarik bgt dan hasil juga lumayan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Anime & Manga Haven
hilangnya-jam-tayang-anime
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia