Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603743504cdc5349ce588d1b/ikan-patin-masak-belimbing-wuluh-segar-mantap-dan-enak
Assalamualaikum Agan dan Sista sejagad Kaskus. Semoga selalu sehat dan penuh rejeki. Aamiin. Ketemu lagi sama ane di forum Kuking. Apakah Gansist masih bingung masak apa hari ini? Ga perlu bingung lagi, masak yang ada di tukang sayur aja, biar ga usah ribet kudu ke pasar berdesak-desakan. Berhubung punya'nya ikan patin, ya udah ane masak aja ntuh ikan. Patin ya, bukan Fatin. Sumber : 1 Ikan patin
Lapor Hansip
25-02-2021 13:27

Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !

icon-verified-thread
Assalamualaikum Agan dan Sista sejagad Kaskus. Semoga selalu sehat dan penuh rejeki. Aamiin.


Ketemu lagi sama ane di forum Kuking. Apakah Gansist masih bingung masak apa hari ini? Ga perlu bingung lagi, masak yang ada di tukang sayur aja, biar ga usah ribet kudu ke pasar berdesak-desakan.


Berhubung punya'nya ikan patin, ya udah ane masak aja ntuh ikan. Patin ya, bukan Fatin.


Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
Sumber : 1


Ikan patin masuk dalam golongan ikan berkumis dan memiliki daging yang sangat lembut, masih bersahabat dengan lele. Kandungan nutrisi yang tinggi, membuat ikan ini banyak diminati di pasaran.


Ikan patin kaya akan vitamin, protein dan mineral dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Ikan patin juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, antara lain mencegah kardiovaskular, jantung koroner, rendah kolesterol dan sangat baik untuk pertumbuhan janin pada ibu hamil. Selain itu kandungan asam lemak esensial DHA dan EPA sangat baik untuk otak.


Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
Sumber : 2


Cocok dikonsumsi buat anak-anak dan baby shark juga nih. Ayo kita segera mengolah ikan patin ini, menjadi hidangan yang enak, segar dan nikmat.


Pindang Patin Asam Manis


Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
Sumber : Dokpri



Bahan-bahan :
- Ikan patin 1/2 kg ( boleh juga hanya kepala patin ukuran besar )
- Cabai rawit 8 buah ( boleh ditambah jika suka pedas )
- 2 cm jahe
- 2 cm lengkuas
- 1 batang serai memarkan
- 3 lembar daun salam
- 1 buah tomat besar
- sejempol asam jawa
- 5 buah belimbing wuluh ukuran sedang
- 1 SDM kecap manis
- Gula merah dan garam secukupnya
- 1 buah jeruk nipis untuk melumuri ikan
- Merica bubuk secukupnya

Bumbu halus :
- Bawang merah 8 buah
- Bawang putih 4 siung
- Cabai merah besar 2 buah
- Kemiri sangrai 2 buah
- Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
- Kunyit 2 cm


Cara Pembuatan :
- Cuci dan bersihkan ikan patin dari kotoran kemudian potong sesuai selera
- Beri perasan jeruk nipis pada patin agar tidak amis, diamkan beberapa saat
- Cuci lagi ikan patin, lalu marinasi dengan garam dan merica bubuk secukupnya
- Goreng ikan patin yang sudah dimarinasi, jangan terlalu kering
- Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan jahe, lengkuas, serai dan daun salam serta asam jawa, aduk merata
- Setelah matang, tambahkan 2 gelas air, aduk kembali
- Tunggu mendidih lalu masukkan gula merah dan garam, aduk lagi
- Lalu masukkan ikan patin yang sudah digoreng tadi, aduk agar seluruh patin tercelup ke dalam kuah bumbu
- Tunggu sampai mendidih lagi, lalu masukkan tomat yang sudah dipotong, belimbing wuluh yang sudah diiris dan cabai rawit utuh
- Terakhir tambahkan kecap manis, aduk merata dan tunggu sampai matang, dan bumbu meresap ke dalam ikan
- Setelah mendidih, angkat dan hidangkan
- Masakan Pindang Patin Asam Manis siap dinikmati


Mudah kan, dan hasilnya pun enak menggoda. Ohya, ikan patin ini bisa Gansist ganti dengan jenis ikan lainnya, nila atau gurame misalnya. Karena ada sebagian orang yang kurang nyaman dengan daging ikan patin yang terlalu lembut.


Demikian thread dari ane, semoga menginspirasi.


Terimakasih


Sumber Tulisan : Opri, link
Sumber gambar : Dokpri, gambar 1, gambar 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
25-02-2021 13:27
Pejwan is very good
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
25-02-2021 19:12
Good gan
profile-picture
profile-picture
miniadila dan VitaArkana memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
25-02-2021 21:46
ugh enaknyo emoticon-Matabelo pasti seger itu kuahnya. ane dah lama gak makan patin...
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
25-02-2021 21:51
Mantab gan.. inget masakan almarhum nyokap ane. Thanks resepnya ane mo coba ah
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
25-02-2021 22:44
Wah ikan favorit ane ini, dagingnya lembut. Dibikin sayur asem enak, dipepes enak, digoreng hayuk. Ane paling suka bagian yang ada lemaknya ntuh emoticon-2 Jempol
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
25-02-2021 23:24
Mantull, SistπŸ‘πŸ˜‹
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
26-02-2021 01:29
waaa enakk pindang dori asam manis, ane coba bikin pake resep ente ye. nice thread!
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
26-02-2021 22:28
Wahh segerr nihnya sepertinya emoticon-Jempol pasti bikin nafsu makan meningkat
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
28-02-2021 01:54
Bumbu asam manis emang nggak pernah salah kalo fituringnya ikaan, enak banget pasti pake pindang gini bisa lah ane suruh ibu masakin hehe
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
28-02-2021 20:23
Keliatannya enakkk, tapi ane gasuka patin huhuemoticon-Frown
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ikan Patin Masak Belimbing Wuluh, Segar, Mantap dan Enak !
24-03-2021 11:34
Ikan patin itu fleksibel ya sis,, dimasak apa pun masuk. Goreng pepes masak seger.. uuu pokoknya mantap dan bnyak juga loh manfaaatnya untuk tubuh kita.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia