Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6036f9b6d328d049860d9ac6/aum-shinrikyo--quotpanitia-hari-kiamatquot-asal-jepang
Aum Shinrikyo (sekarang Aleph) adalah sebuah organisasi asal Jepang yang menyebut dirinya sebagai "kultus hari kiamat". Menurut Wikipedia, secara garis besar Kultus Hari Kiamat didefinisikan sebagai suatu kelompok yang mampu memprediksi datangnya sebuah bencana dan bertujuan untuk menyebarkan bencana tersebut. Mereka memiliki asumsi kalau manusia-manusia di era modern memiliki sikap yang melenceng
Lapor Hansip
25-02-2021 08:13

Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang

Aum Shinrikyo (sekarang Aleph) adalah sebuah organisasi asal Jepang yang menyebut dirinya sebagai "kultus hari kiamat". Menurut Wikipedia, secara garis besar Kultus Hari Kiamat didefinisikan sebagai suatu kelompok yang mampu memprediksi datangnya sebuah bencana dan bertujuan untuk menyebarkan bencana tersebut. Mereka memiliki asumsi kalau manusia-manusia di era modern memiliki sikap yang melenceng jauh dari agama leluhur yang dipercayai oleh kultus tersebut. Dengan semakin jauhnya manusia modern dengan ajaran leluhur, kultus tersebut percaya kalau kiamat sudah dekat. Maka dari itu, mereka akan berusaha untuk "menuntun kembali manusia ke jalan yang benar". Namun, tindakan yang mereka anggap sebagai "penuntun manusia ke jalan yang benar" tersebut merupakan sebuah tindakan terorisme. Biar sebutannya lebih menarik, Ane bakalan ganti sebutan "Kultus Hari Kiamat" menjadi "Panitia Hari Kiamat".


"Panitia" ini dibentuk pada tahun 1984 oleh seorang bernama Shoko Asahara. Kultus ini terbukti sebagai otak dibalik beberapa aksi kriminal, salah satunya adalah sebuah serangan terorisme yang dicap sebagai "paling mematikan di Jepang". Konon katanya, Asahara menyebut kalau dirinya mendapatkan "wahyu" usai bermeditasi di kamarnya. Semenjak saat itu, Ia mulai mendoktrin orang-orang terdekatnya dengan memberitahukan "wahyu" yang Ia dapatkan kala itu. Perlahan-lahan, mulai banyak orang yang bergabung dengan "Kepanitiaan" tersebut. Barulah pada tahun 1989, Aum Shinrikyo melabeli diri mereka sebagai "organisasi keagamaan". Diketahui kalau mayoritas anggota Aum Shinrikyo berasal dari kalangan mahasiswa dan fresh graduate dari beberapa kampus elit di Jepang. Organisasi tersebut pun menambahkan label mereka sebagai "Organisasinya Orang-orang Elit" (hmmm...apa ada kaitannya sama anime Classroom of the Elite gak ya?).


Pada awalnya, Pemerintah Jepang hanya menganggap kalau Aum Shinrikyo hanyalah sebuah sekte sesat semata. Mereka masih belum terlalu mengambil pusing soal eksistensi mereka. Namun, dengan istilah "didiemin malah ngelunjak" atau bahasa Sundanya "ngalonyeng", Aum Shinrikyo mulai menebar teror di Jepang. Mereka mulai melakukan aksi pembunuhan terhadap anggotanya yang "memberontak" guna mendapatkan atensi dari pihak aparat maupun pemerintah. Saat diusut, para korban sempat disekap dan dipaksa untuk membayar sejumlah uang untuk menjadi anggota tetap Aum Shinrikyo. Mereka yang tidak mampu bayar akan dicap sebagai pemberontak dan akhirnya "pulang tinggal nama".


Kejadian tersebut terjadi di bulan Februari 1989. Usai 8 bulan investigasi, pada bulan Oktober, seorang pengacara bernama Tsutsumi Sakamoto mencoba untuk bernegosiasi dengan para petinggi Aum Shinrikyo untuk menghentikan tindakan tersebut. Namun, negosiasi tersebut berujung pada kegagalan. Sakamoto pun mengancam akan menggugat Aum Shinrikyo ke pengadilan dan membocorkan rahasia mereka ke publik. Ancaman Sakamoto bukanlah "gertak sambal", Ia dengan nekat membeberkan semua rahasia Aum Shinrikyo lewat sebuah acara talkshow yang disiarkan oleh stasiun TV Jepang, yaitu TBS. Dan faktanya, ketika Sakamoto tengah melakukan negosiasi dengan pihak Aum Shinrikyo, Ia secara diam-diam merekam seluruh pembicaraan mereka dan menampilkan semua rekaman hasil negosiasi tersebut di TV. Akibat dari tindakan nekatnya itu, Sakamoto bersama keluarganya dikabarkan menghilang dari kediamannya di Yokohama pada tanggal 4 November 1989.


Setelah itu, Aum Shinrikyo melanjutkan tindakan kriminalnya dengan membunuh sejumlah pemimpin dari organisasi keagamaan rival mereka, Soka Gakkai dan Happy Science. Eksistensi dari Aum Shinrikyo sempat menjadi bahan karikatur satire oleh salah satu pembuat manga (komik) Jepang, yaitu Yoshinori Kobayashi. Nyawa Beliau sempat terancam setelahnya. Dan pada tahun 1993, Aum Shinrikyo sempat melakukan percobaan pembunuhan terhadap Kobayashi, beruntung Beliau masih selamat dan masih sehat sampai sekarang.

Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang

Yoshinori Kobayashi


Di pertengahan tahun 1993 tepatnya di bulan Juli, Aum Shinrikyo kembali berulah dengan berupaya untuk menyebarkan bakteri Antraks melalui menara pendingin (cooling tower gedung) markas mereka di Tokyo. Sayangnya, upaya mereka gagal total dan tidak ada satupun warga Tokyo yang tertular bakteri Antraks.


Usai kegagalan tersebut, mereka mulai merencanakan sebuah aksi kriminal yang dinilai sebagai "Serangan Teroris Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Jepang". Mula-mula, mereka mempersiapkan semua alat dan bahannya terlebih dahulu. Tak tanggung-tanggung, mereka memproduksi sendiri senjata tipe AK-74 versi mereka sebanyak 1.000 buah dan juga gas Sarin dan VX (sejenis gas beracun).

Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang

AK-74


Untuk menguji senjata ciptaannya, Aum Shinrikyo sampai nekat pergi ke wilayah Australia Barat dengan 29 ekor domba sebagai "kelinci percobaan nya". Domba-domba tersebut diketahui milik sebuah peternakan bernama Banjawarn Station. Setelah dirasa hasilnya memuaskan, Aum Shinrikyo pun berniat untuk melakukan uji coba senjata kimia mereka terhadap manusia.


Pada tanggal 27 Juni 1994 di kala para warga kota Matsumoto, perfektur Nagano tengah tertidur, Aum Shinrikyo mulai beraksi dengan menyebarkan gas beracun mereka lewat truk pendingin yang mereka kemudikan di sekitar TKP. Akibatnya, sebanyak 8 orang warga meninggal dunia dan 500 warga lainnya mengalami gangguan pernafasan. Ada 1 orang warga yang berhasil selamat dari serangan senjata kimia tersebut, namanya Yoshiyuki Kouno. Karena hanya Dia yang selamat, Ia sempat dicurigai sebagai pelaku dari serangan senjata kimia itu. Beruntung, Dia tidak terbukti bersalah. Polisi berhasil mengungkap jenis gas beracun yang digunakan oleh Aum Shinrikyo, yaitu gas Sarin.

Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang

Serangan Matsumoto 27 Juni 1994


Pada bulan Desember 1994, Aum Shinrikyo lagi-lagi membuat ulah dengan membunuh 3 orang pria di Osaka. Menurut mereka, ketiga korban tersebut adalah mata-mata yang ditugaskan untuk menggali informasi penting tentang mereka. Namun tuduhan mereka sama sekali tidak terbukti kebenarannya.


Puncaknya pada 20 Maret 1995, Aum Shinrikyo melakukan sebuah serangan besar-besaran di sebuah stasiun kereta api bawah tanah di Tokyo. Sebanyak 13 orang meninggal dunia dan 6.252 orang terkena dampak dari gas beracun yang digunakan oleh para anggota Aum Shinrikyo. Peristiwa inilah yang membuatnya dicap sebagai "Serangan Teroris Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Jepang".

Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang

Serangan Tokyo 20 Maret 1995


Seperti kata pepatah "Sepandai-pandainya Tupai Melompat, Akhirnya Jatuh Juga", satu persatu anggota Aum Shinrikyo ada yang ditangkap oleh Polisi dan ada yang tewas dibunuh. Dari kasus penyerangan di Tokyo saja sudah ada 10 orang tersangka yang ditangkap oleh Polisi. Mereka semua merupakan petinggi dari Aum Shinrikyo, salah satu diantaranya adalah sang pendiri Aum Shinrikyo, yaitu Shoko Asahara. Para tersangka dijatuhi hukuman mati akibat tindakan kriminal yang mereka lakukan. Usai para petinggi mereka ditangkap, satu persatu kejahatan yang sudah dilakukan oleh Aum Shinrikyo mulai terbongkar, termasuk kasus menghilangnya Tsutsumi Sakamoto dan keluarganya. Pada akhirnya, Polisi berhasil menemukan Sakamoto dan keluarganya sudah tidak bernyawa lagi. Salah satu anggota Aum Shinrikyo bernama Hideo Murai tewas dibunuh oleh salah seorang anggota Yakuza saat dirinya sedang digiring oleh Polisi. Bahkan, kematiannya terekam jelas di depan kamera milik ratusan reporter yang sedang meliputnya (serupa kayak kematiannya Lee Harvey Oswald, pelaku pembunuhan Presiden John F. Kennedy). 


Tak lama setelah itu, Aum Shinrikyo resmi dinyatakan bubar pada awal tahun 1996. Namun, pada bulan Februari 2000, organisasi tersebut kembali didirikan dengan nama baru, yaitu Aleph. Berbeda dengan pendahulunya, para anggota Aleph melakukan perombakan terhadap pemahamannya dan memutuskan untuk tidak berbuat jahat lagi. Mereka juga meminta maaf kepada para korban dan keluarganya akibat tindakan mereka di masa lalu. Meski begitu, mereka tetaplah sebuah sekte sesat di negeri Sakura yang keberadaannya membuat resah masyarakat Jepang. Apakah pihak berwenang sudah berusaha untuk membubarkan mereka untuk kedua kalinya? Sudah, namun mereka masih tetap beroperasi. Akan tetapi, mereka tidak seberingas pendahulunya, yaitu Aum Shinrikyo.


Source :
Aum Shinrikyo
Tokyo Subway Sarin Attack
Matsumoto Sarin Attack
Kasus Tsutsumi Sakamoto
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 08:14
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang


Quote:
Mengenal Wikipedia : Ensiklopedia Online Primadona Para Pelajar

Gary Gilmore dan Kisah "Kelinci Percobaan Hukuman Mati" di Amerika Serikat

Jim Thorpe : Sang Jawara Olimpiade Tanpa Medali

Iva Toguri D'Aquino : Penyiar Blasteran "Ter-Kawaii" di Masa Perang Dunia 2

In Old American : Film Berdialog Pertama di Dunia

Tenggelamnya Kapal RMS Tayleur : Sang Leluhur Kapal Titanic

Yuk, Kenalan Sama Mizuki Nana & Hara Yumi, Seiyuu Hinata & Albedo

Inilah Gempa Bumi Paling Dahsyat Sepanjang Sejarah

Juana Barraza : Sang Pegulat Yang "Mematikan"

Yuk, Kenalan Sama Om Toshiyuki Morikawa, Seiyuu Sang Hokage Keempat, Minato Namikaze

Yuk, Kenalan Sama Akane Fujita, Seiyuu dari Izumi Sagiri

3 Kapal Ini Bernasib Sama Seperti RMS Titanic

Yuk, Kenalan Sama Om Hiroshi Kamiya, Seiyuu dari Levi Ackerman

Konon Katanya, Game PS1 Ini "Terkutuk", Benarkah Demikian?

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Ayane Sakura

Shōichi Yokoi : Sang "Survivor" Perang Dunia Kedua asal Jepang

Inilah Novel Pertama di Amerika Serikat

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Ryo Horikawa & Mao Ichimichi

Bencana Alam Paling Mematikan Sepanjang Sejarah ini, Terjadi di Iran

Yuk, Kenalan Sama Michael Beck, Pemeran Swan "The Warriors"

Yuk, Kenalan Sama Ozora Naomi, Seiyuu Uzaki Hana

Yuk, Kenalan Sama Haruka Tomatsu, Seiyuu "Waifu Sejuta Umat"

#onthisday : 5 Top Star Sepak Bola yang Berulang Tahun Hari Ini

The Birth Of A Nation : Film Bisu Paling Kontroversial Di Amerika Serikat

Frank Serpico : Kisah Heroik Si Polisi "Tukang Cepu"

Selamat Ulang Tahun Tom And Jerry!

Yuk, Kenalan Sama Hosoya Yoshimasa, Seiyuu Reiner Braun

Yuk, Kenalan Dengan Makoto Shinkai

Inilah "Hari Tersuram" di Kantor YouTube

Inilah Daftar "Bencana Sosial Terparah" di Indonesia versi Wikipedia

"Kecelakaan Lalu Lintas Laut Paling Mengerikan" Ini Terjadi di New Zealand

Inilah "Aksi Unjuk Rasa Terbesar Sepanjang Sejarah"

Challenge Of Barletta : Duel Penghibur di tengah Peperangan

Video Podcast milik Seiyuu Kayano Ai ini Dihapus sama YouTube

Howard Carter : Sang Penemu Makam Tutankhamun

Tragedi Wah Mee : Salah Satu "Perampokan Tersadis" di Washington

2 Wanita Hebat Dibalik Ekspedisi ke Antartika

Lucy Hobbs Taylor : Dokter Gigi Wanita Pertama di Amerika "Tanpa Gelar Doktor"

Yuk, Kenalan Sama Irino Miyu, Sang Eyeshield 21

Pedro Lascurain : Presiden dengan Masa Jabatan Tersingkat Sepanjang Sejarah

Yuk, Kenalan Sama Nakamura Yuichi, Seiyuu "Husbu Sejuta Umat"

Misha Defonseca Dan Buku Memoar Palsunya

Mengagumkan, Inilah Studio Film Pertama di Dunia

Inilah Aktris Afrika-Amerika Pertama yang memenangkan Academy Awards

Mengenang 2 Kecelakaan Bus Paling Mematikan di Kentucky, Amerika Serikat

Yuk, Kenalan Sama Kana Hanazawa, Seiyuu Favorit Sejuta Umat

Yuk, Kenalan Sama Showtaro Morikubo, Seiyuu Nara Shikamaru
Diubah oleh diaz420
profile-picture
ferist123 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 08:32
Pemuja syiwa emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
diaz420 dan Papa.T.Bob memberi reputasi
2 0
2
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 08:56
Ditambah tema cyberpunk, makin mirip cerita Psycho pass.

Btw disini juga ada kan organisasi panitia afterlife model begitu.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dj2917 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 09:21
sekte sesat
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 10:37
banyak nih manga/anime tentang pembersihan/pembuatan ulang dunia emoticon-Angkat Beer ..klo dipikir2 sih beberapa doktrin mereka masuk akal,cuma kurang nurani aja gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erwin102361 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 10:48
gilee bener bisa bikin AK 47 sendiri emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 14:30
gile bray, yakuza aja gedek ama mereka
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan diaz420 memberi reputasi
2 0
2
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 16:50
sempalan dari ajaran SHINTO VERSI SESAT kah emoticon-Bingung
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 17:17
Tapi jumlah korbannya sangat sedikit. Dibanding korban terorisme di eropa aja jauh. Yg tahun 2015 di paris sendiri 1 serangan aja udah 130 orang.
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
25-02-2021 19:24
Gelay anjay,...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
26-02-2021 01:02
jepang punya panitia hari kiamat, di indo banyak yang jadi panitia surga tapi pada gak sadar. wkwkwkkwkkwk
profile-picture
bint.hashim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
26-02-2021 04:40
Asahara ngaku2 bs terbang kan, pas dibuktiin taunya cuma kayak loncat2 gitu emoticon-Hammer
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
26-02-2021 09:40
Kalo panitia nya dari Jepang pasti pada tertib antri, tepat waktu, dan buang sampah gak sembarangan emoticon-Jempol
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
26-02-2021 23:39
Wah berarti ternyata mereka itu beda sama Yakuza, ternyata malah lebih sadis malah, serem juga
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
28-02-2021 00:48
Keren juga nih dijadiin judul lagu band metal "aum shinrikyo" atau Kultus Hari Kiamat emoticon-Ngakak
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
28-02-2021 14:04
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parto.klepat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
28-02-2021 14:14
panitia surga di indo lebih hebat
profile-picture
profile-picture
dj2917 dan Shyesun.pucha memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
28-02-2021 14:14
Kayak 21st century boys nggak sih ? Haha
profile-picture
profile-picture
ridhonugroho11 dan Shyesun.pucha memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Aum Shinrikyo : "Panitia Hari Kiamat" Asal Jepang
28-02-2021 14:20
ngeri gays
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia