Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6036e0bd9fd721194b6f71af/cara-cuci-pakaian-yang-baik-untuk-hindari-covid-19-yang-menempel-di-pakaian
Ditengah ancaman COVID-19, masyarakat kini semakin sadar pentingnya menjaga kebersihan. Mulai dari menggunakan masker saat di luar rumah, menggunakan hand sanitizer, hingga mencuci tangan. Tapi masih banyak orang yang melewatkan hal penting lain selain mencuci tangan, misalnya menjaga kebersihan pakaian. Padahal, menjaga kebersihan pakaian itu juga merupakan salah satu hal yang penting sebagai u
Lapor Hansip
25-02-2021 06:26

Cara Cuci Pakaian yang Baik untuk Hindari COVID-19 yang Menempel di Pakaian

Cara Cuci Pakaian yang Baik untuk Hindari COVID-19 yang Menempel di Pakaian

Ditengah ancaman COVID-19, masyarakat kini semakin sadar pentingnya menjaga kebersihan. Mulai dari menggunakan masker saat di luar rumah, menggunakan hand sanitizer, hingga mencuci tangan. Tapi masih banyak orang yang melewatkan hal penting lain selain mencuci tangan, misalnya menjaga kebersihan pakaian. Padahal, menjaga kebersihan pakaian itu juga merupakan salah satu hal yang penting sebagai upaya pencegahan.

Virus COVID-19 di Bahan Kain
Cara Cuci Pakaian yang Baik untuk Hindari COVID-19 yang Menempel di Pakaian

Ilustrasi pakaian. (Sumber: pexels) 

 
Virus COVID-19 memang lebih menular melalui droplet daripada melalui permukaan benda yang terkontaminasi. Namun tetap saja benda-benda yang kita sentuh setiap harinya masih berpotensi menularkan virus ini. Jadi jangan sampai kita hanya fokus menggunakan masker dan mencuci tangan saja, tapi juga harus mendisinfeksi benda-benda sekitar, terutama pakaian.


Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa virus COVID-19 dapat bertahan selama beberapa jam di permukaan yang terbuat dari kain. Hal inilah yang membuat kita perlu untuk memperhatikan cara mencuci pakaian dengan benar agar pakaian yang kita gunakan terhindar dari kuman, bakteri maupun virus.


DrJanette Nesheiwat, the Medical director of New York City urgent care network CityMD, menilai bahwa bahan polyester seperti spandex dapat menahan kuman lebih lama dari pada kain berbahan katun atau bahan yang berserat alami lainnya. Sehingga sangat penting untuk mencuci legging, pakaian dalam, dress, atau pakaian berbahan tersebut dengan lebih teliti.


Baca Juga :   Beragam Poster Tentang COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI

Cara Mencuci Pakaian
Cara Cuci Pakaian yang Baik untuk Hindari COVID-19 yang Menempel di Pakaian

Ilustrasi mencuci pakaian. (Sumber: shutterstock)


Seorang spesialis kesehatan masyarakat, Carol Winner, mengungkapkan bahwa mencuci pakaian menggunakan air panas diatas 80 derajat Fahrenheit atau sekitar 26 derajat Celcius dan dengan member waktu yang cukup pada pakaian untuk terpapar suhu dari air panas tersebut ampuh untuk membunuh virus. Agar lebih yakin lagi, kamu bisa menambahkan langkah ekstra seperti memasukkan pakaian yang sudah dicuci kedalam pengering selama 20 menit agar pakaian lebih lama terkena suhu panas.



Jika tidak menggunakan mesin cuci, mencuci pakaian dengan tangan juga tetap bisa efektif asalkan dengan suhu air diatas 26 derajat Celcius.
Pemilihan deterjen juga harus diperhatikan, loh! Rodney E. Rohde, Ketua dan Profesor Program Ilmu Laboratorium Klinik di Texas State University menyarankan untuk menggunakan deterjen yang mengandung senyawa pemutih karena virus tidak bias bekerja dengan baik di kandungan yang keras. Hindari deterjen yang menghasilkan banyak busa karena dapat membuat kotoran semakin terjebak di pakaian.


Baca Juga :   Kehabisan Masker, Pakai Masker Kain 3 Lapis Untuk Tangkal COVID-19


Selalu Menjaga Kebersihan Barang
Cara Cuci Pakaian yang Baik untuk Hindari COVID-19 yang Menempel di Pakaian

Ilustrasi membersihkan mesin cuci. (Sumber: okidiario)




Selain pakaian, menjaga kebersihan mesin cuci juga hal yang penting. Ada baiknya jika kamu mendesinfektan mesin cuci sebelum mulai mencuci pakaian untuk menghindari bakteri yang ada di dalam mesin cuci. Jika perlu, kamu bisa semprotkan disinfektan pada semua permukaan pakaian sebelum mencucinya.

Jika kamu mencuci pakaian orang lain atau seseorang yang sudah terinfeksi virus corona atau COVID-19, kamu harus lebih berhati-hati. Sebaiknya gunakan sarung tangan sekali pakai dan masker. Lalu, semprotkan disinfektan pada benda-benda yang bersentuhan dengan pakaian tersebut. Kemudian cuci tangan kamu dengan cara yang benar selama 20 sampai 30 detik.



Baca Juga :   Kenapa Waktu Terasa Cepat di Situasi Tertentu? Ternyata Ini Alasannya!


Terakhir, cuci pakaian kamu secara teratur dan jangan sampai dibiarkan menumpuk terlalu lama. Jangan lupa selalu mengganti pakaian yang kamu gunakan setelah keluar rumah atau setelah berada dalam kerumunan. Bersihkan pula sepatu dan tas yang kamu gunakan saat keluar rumah. Agar lebih maksimal, cuci dan simpan pakaian dalam dan pakaian lainnya secara terpisah.
Kurang lebih begitulah cara mencuci pakaian yang baik ditengah wabah corona menurut anjuran para ahli. Semoga info tersebut bermanfaat dan jangan pernah lalai menjaga kesehatan dan kebersihan dimanapun ya, Genk!





0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
little-albert
Stories from the Heart
mistery-royal-princes-of-kuyang
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Girls & Boys's Corner
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia