Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
444
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6035d890c3a870752b508343/mengenal-petugas-porter-kereta-api-pahlawan-bagi-penumpang-atau-justru-bikin-risih
Bagi kalian yang sering menggunakan jasa transportasi berupa kereta api, dan bolak balik ke Stasiun pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PORTER. Nah menurut kalian PORTER ini bertugas untuk apa sih? Dan keberadaan para PORTER ini menurut kalian bagaimana? Sangat membantu atau justru membuat risih? Yuk tuangkan pendapat kalian di thread ini, tapi sebelumnya mari ane perkenalnya dulu sia
Lapor Hansip
24-02-2021 11:39

Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bagi kalian yang sering menggunakan jasa transportasi berupa kereta api, dan bolak balik ke Stasiun pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PORTER. Nah menurut kalian PORTER ini bertugas untuk apa sih? Dan keberadaan para PORTER ini menurut kalian bagaimana? Sangat membantu atau justru membuat risih? Yuk tuangkan pendapat kalian di thread ini, tapi sebelumnya mari ane perkenalnya dulu siapa itu PORTER dan bagaimana sistem kerja mereka.

Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?

Dulu ane berpikir petugas PORTER yang ada di Stasiun Senen/Gambir adalah satu kesatuan dan merupakan bagian dari keluarga PT. KAI, dalam artian para pertugas porter ini merupakan karyawan PT. KAI atau setidaknya mendapatkan gaji tetap dari PT. KAI. Karena jika dilihat dari penampilan petugas PORTER, mereka terlihat sangat rapi menggunakan baju seragam, celana bahan warna hitam, serta sepatu pantofel. Selain itu jumlahnya juga cukup banyak di stasiun, makanya ane berpikir mereka adalah petugas yang memang disediakan oleh PT. KAI untuk melayani penumpang. Sampai sini ada yang berpikiran sama dengan ane dulu?

Namun ternyata tebakan ane itu salah, PORTER sama sekali bukan bagian dari PT.KAI, mereka adalah grup terpisah yang berusaha mencari rejeki di stasiun di bawah naungan PT. KAI. Mereka sama sekali tidak terlibat kontrak apapun dengan PT. KAI, berikut fakta-fakta mengenai PORTER yang ane rasa patut untuk kalian ketahui :


1. TIDAK MENERIMA GAJI, PENGHASILANYA HANYA DARI PENUMPANG.
Seperti yang sudah ane sampaikan diatas, mereka sama sekali tidak menerima Gaji dari PT.KAI. Penghasilan mereka hanya dari penumpang yang menggunakan jasa mereka untuk mengangkut barang. Tarif menggunakan jasa mereka tidak ada patokannya, jadi kalian yang hendak menggunakan jasa mereka bisa menanyakan harganya di awal atau diakhir.

Ane pribadi belum pernah menggunakan jasa mereka, hanya saja ane pernah melihat seorang penumpang yang duduk di kursi belakang ane memakai jasa mereka. Ane melihat bapak Porter ini membawakan 5 tas sekaligus, ada yang di seret ada yang diselempang di tangan kanan dan kiri ada yang di tenteng benar-benar perjuangan porter menerjang lautan orang dengan barang bawaan sebanyak ini, dan sang porter hanya mematok tarif Rp. 25.000 itupun masih ditawar oleh ibu penumpangnya dan akhirnya deal Rp. 20.000

2. HANYA ADA IZIN KEPERCAYAAN TANPA ADANYA KONTRAK KERJA.
Jadi hubungan PT. KAI dengan para porter hanya sebatas pemberian izin kepercayaan untuk bekerja sebagai porter di wilayah stasiun kereta api. Tanpa adanya embel-embel lain. 

3. PORTER HARUS MEMBELI SERAGAM DARI PT. KAI

Nah ini yang ane baru tahu, ternyata seragam yang dipakai oleh para PORTER merupakan seragam yang di beli dari PT.KAI. Serius deh, ane pikir ini seragam pemberian dari PT.KAI ternyata para porter harus beli . Untuk harganya berapa ane kurang paham ya, karena ane kan bukan porter wkwk.
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?


Kalau ane pribadi sih jujur merasa sangat terbantu dengan keberadaan para petugas porter ini. Ane teringat dulu waktu pertama kali menaiki kereta dari stasiun pasar senen, itu adalah kali pertama ane naik kereta sendirian dengan barang bawaan seabrek 1 tas gendong besar dan 2 kardus besar. Mana ane belum hapal pintu keberangkatan kereta-kereta sedangkan ane sampai stasiun mepet sekali dengan waktu keberangkatan kereta. Pokoknya panik sekali waktu itu, untung aja ane bertemu dengan bapak Porter yang dengan sigap membantu membawa barang-barang ane menuju lokasi kereta keberangkatan yang waktu itu benar-benar sudah standby keretanya. Ane awalnya berpikir nih bapak-bapak mau bawa kabur barang-barang ane apa gimana, larinya kenceng banget menerobos orang-orang. Ane aja sampe kewalahan lari dibelakangnya, padahal ane gak bawa barang apapun. Sempet suudzon aja ane wkwkwk, waktu itu kalo bukan karena bantuan si bapak porter pasti ane udah ketinggalan kereta tuh. 

Lain hal nya dengan pengalaman temen kosan ane, dia justru merasa risih karena selalu diikuti petugas porter padahal temen ane ini udah nolak jasanya, karena emang barang bawaanya sedikit dan bisa di handle sendiri, cuma ya berasa lagi di calo in aja di kejar-kejar. Nah itu lah kadang pengalaman orang berbeda-beda, ada yang merasa terbantu dengan adanya porter, ada juga yang merasa risih. Kalau kalian gimana gan?

sumber : opini dan pengalaman pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 61 lainnya memberi reputasi
62
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:40
ane sih yes.
ribet kalo di stasiun gak ada porter, bawaanya banyak siapa yang mau bantu bawain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:41
kalian udah pada punya pengalaman belum sama porter?
profile-picture
buto.ijok memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:43
pernah di kibulin sama porter, masa dawa kardus 1 doang ke gerbong paling belakang di suruh bayar 50 ribu, aje gile.
kalo bawaanya banyak si gak masalah ane rela bayar 50. ini cuma kardus satu doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:45
itu seragam beli seriusan? kirain sih dapet seragam dari KAI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:48
baru tau
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:49
25 ribu masih ditawar? keringet orang itu kasian ketimbang 5 ribu aja di tawar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zacknick88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:50
nasib, porter be urung tau weruh sin sin, efek ora tau jalan-jalan numpak kereta wkwk
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:53
ngebantu banget sih, kalo gak ada mereka pasti banyak barang-barang tergeletak di pinggiran.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:53
kalo buat ane sendiri..
mereka jg butuh makan dan cari makan utk keluarganya, jgn menganggap mereka bikin risih.. kalo ga mau pake jasa mereka, cukup tolak secara halus, "maaf ga usah dibantu, ga apa2, bisa sendiri, terima kasih" sambil senyum.. dll

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
temfexx dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 11:59
bikin risih si enggak, cuma gak bantu juga soalnya ane ogah bayar wkwk
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 12:00
porter di gambir sopan-sopan kok. kalo dibilang gak ya mereka langsung mundur gak ada yang maksa-maksa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 12:02
mantan pacar ane porter dulu emoticon-Big Grin
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 12:11
klo ane sih nolong bgt ini, ga ada salahnya jg ngasih tips yg sewajarnyaemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 12:14
belum pernah pake porter, tapi sekarang ane lihat sisi kemanusiaan aja deh, berapa mulut yang harus si bapak kasih makan dan biayai. pake jasanya dengan imbalan lebih tidak buat dia jadi kaya juga toh, duit kita berkurang tapi tidak jadi miskin juga kan. manfaat dan risih tinggal gimana kita hadapinya deh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vigaro405 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 12:45
Porter bandara juga ada yaa
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 12:57
Entah mengapa ane bener2 nggak sampe ati liat kerja mereka begitu.emoticon-Frown ..ya walaupun ada yang anggap wajar..
tapi ane bisa liat saingan mereka sesama porter itu juga banyak dan itu cuma pada 1 spot (stasiun)..ane kepikiran gimana ya kalo mereka hari itu nggak dapet "orderan" duh!
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 13:12
sejak era Pak SBY yang ke 2 mereka ini berubah total. lebih rapi, lebih sopan dan tidak memaksakan ketika menawarkan bantuannya. Bahkan kadang membantu kita mengangkat koper meski kita tidak meminta bantuannya.
Sering saya meminta jasa bantuan Bapak-bapak ini ketika mengantar orang tua saya yang sepuh naik kereta api.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 13:12
PAHLAWAN, karena ada sebagian org yg PINDAHAN antar kota menggunakan transportasi Kereta Api. nah bawa barang banyak kan, ga mgk d tenteng sendirian, blm jg kalo ada Ibu2 atau Nenek2, buat jalan Naik turun tangga muterin stasiun senen aja udah ngap2an, blm bawa barangnya.emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
yoseful dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 13:14
namanya orang nawarin jasa, jualan, ya kalau nggak minat ditolak secara halus mereka ngerti kok. Masalah ganggu atau nggak ya gimana kitanya.

Sama kalau mau pakai jasa mereka, obrolin harga dulu. Namanya transaksi kudu jelas dulu di depan. Asal nanyanya sopan santai2 aja kok. Gue kalau pas butuh mereka biasa nanya dulu "berapa pak ongkosnya?" sambil ditambahin, "biar sama-sama enak pak, saya ikhlas, bapak juga ikhlas", dan jangan lupa sambil senyum, hehehe.

Porter kereta dan bandara masih lebih nyaman gan. Terminal bus lebih ruwet, soalnya banyak yang merangkap calo bis juga. Kudu pasang tampang perang, jangan planga-plongo kalo di terminal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Petugas Porter Kereta API. Pahlawan Bagi Penumpang? Atau Justru Bikin Risih?
24-02-2021 13:26
lumayan itung itung buat buka jalan biar gk ketinggala kereta gan
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia