others
Batal
link has been copied
12
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60352b7ad01b5c29cc6c9616/performa-yamaha-r15-kesayangan-prima-dengan-perawatan-maksimal
Ngomongin motor Yamaha ane langsung teringat wajah Valentino Rossi dengan jargon andalannya "Yamaha Semakin di Depan". Jenis motor Yamaha yang akan ane bahas kali ini adalah motor sport Yamaha R15. Motor ini adalah motor idaman para kawula muda yang memang hobi otomotif plus demen balapan. Karena memang desainnya anak muda banget, gagah, dan pastinya sporty. Untuk harga, motor jenis ini
Lapor Hansip
23-02-2021 23:21

Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal

icon-verified-thread
Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal
Ngomongin motor Yamaha ane langsung teringat wajah Valentino Rossi dengan jargon andalannya "Yamaha Semakin di Depan". Jenis motor Yamaha yang akan ane bahas kali ini adalah motor sport Yamaha R15. Motor ini adalah motor idaman para kawula muda yang memang hobi otomotif plus demen balapan. Karena memang desainnya anak muda banget, gagah, dan pastinya sporty.

Untuk harga, motor jenis ini terbilang masih tinggi di pasaran, motor second-nya pun harganya masih tinggi dan laris manis. Dengan desain yang tangguh dan gagah, memberi kesan gahar dan mewah bagi penunggangnya.
Quote:
Quote:Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal

Quote:Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal

Punya motor keren pasti juga butuh perawatan yang nggak asal-asalan, ya, GanSist. Perawatan standar yang bisa kita lakukan sendiri di rumah seperti memanaskan mesin setiap hari paling nggak selama 15 menit jika motor R15 jarang digunakan, atau bisa juga keliling-keliling aja di dekat rumah. Untuk penggunaan harian pun wajib dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 sampe 5 menit sebelum dibawa keluar, tujuannya agar komponen bagian dalam motor panas dulu, bekerja dulu, baru bisa dibawa keluar dengan aman. Pemanasan untuk kendaraan yang memang jarang dipakai ini dilakukan agar bahan bakar di saluran selang fuelpump tidak sampai basi jika memang kendaraan Agan tidak sempat digunakan. Selalu cek tekanan angin pada ban motor GanSist minimal dua minggu sekali.
Quote:Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal

Meskipun jarang dipake usahakan tangki bensin tetap full agar tidak berkarat fuel pump dan injectornya. Penggantian oli dilakukan satu bulan sekali, oli ini sangat penting, ya, GanSist, bisa diibaratkan oli ini adalah darah bagi manusia. Pemilihan oli juga harus tepat, harus sesuai SAE, jika terlalu kental, bisa bikin kopling alot, selip. Sedangkan jika terlalu encer, biasanya terdengar suara klep, noken akan terasa terdengar. Tenang, GanSist, biasanya mekanik yang berpengalaman pasti sudah tau SOP tentang penggunaan oli bagi tiap kendaraan.

Bagian terpenting oli jangan sampai kering alias kehabisan. Harus cek rutin, apalagi jika spedometer sudah mencapai angka 3000km.Sebab jika sudah kena buring dan pistonnya motor pasti berasap. Harus ganti baru, buring pistonnya.

Jangan sampai terjadi kendaraan kesayangan GanSist harus turun mesin hanya karena level oli berkurang, pemakaian kendaraan langsung tancap gas tanpa dipanasi terlebih dahulu. Jika oli belum melumasi keseluruhan organ dalam mesin, maka akan berakibat fatal jika dilakukan secara terus menerus.

Untuk aki sendiri biasanya hanya mampu bertahan dalam kondisi prima sekitar dua tahun, setelahnya lebih baik diganti. Ini yang amat sangat penting, jika motor R15 GanSist memang tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, misal GanSist sedang keluar kota, alangkah lebih baiknya melepas aki dari kendaraan. Pasang padok depan belakang agar ban motor kesayangan GanSist tidak terkena kelembaban yang berlebih.

Untuk bahan bakar disarankan minimal menggunakan pertamax. Motor sport menggunakan komponen berkualitas tinggi, oleh karenanya dibutuhkan juga bahan bakar berkualitas.

Untuk motor baru biasanya akan mendapatkan servis berkala dan oli secara gratis di bengkel resmi Yamaha. Pemakaian dari 500 km, 1000 km, hingga 3000 km. Jika servis berkala sudah habis, Agan dan Sista seharusnya sudah bisa mengira-ngira berapa km yang telah dilalui oleh motor GanSist, caranya dengan mengecek spedometer.

Oiya, jangan lupa service motor kesayangan GanSist secara berkala di bengkel-bengkel resmi terdekat. Gantilah spare part yang perlu diganti dengan barang original, karena ini amat sangat mempengaruhi performa kendaraan kesayangan GanSist. Apalagi jika ingin dipake untuk touring bersama komunitas, kondisi motor harus dipastikan dalam kondisi prima. Pemeriksaan secara menyeluruh oleh mekanik berpengalaman di bengkel resmi sepertinya harus dilakukan. Ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan jarak jauh nanti.
Quote:Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal

Jika GanSist touring menggunakan R15, usahakan jangan sampai terpisah dari rombongan. Selain keseruan dalam kebersamaan, pastinya lebih aman dan nyaman. Apabila terjadi hal yang tak diinginkan, teman sesama peserta touring pasti akan sigap membantu. Beristirahatlah jika dirasa lelah, posisi tubuh yang membungkuk dalam waktu yang lama akan membuat punggung pegal, apalagi jika jalanan macet. Usahakan berdiri terlebih dahulu dan lakukan gerakan pemanasan agar tubuh tidak terasa kaku.

Jangan sekali-kali melanjutkan perjalanan jika kondisi tubuh tidak fit apalagi dalam keadaan mengantuk, ini sangat berbahaya, GanSist. Selain motor tunggangan harus prima, kondisi GanSist juga harus lebih prima. Jangan pernah memaksakan diri jika sakit di dalam perjalanan.

Bagaimana jika terjadi hal-hal yang tidak terduga, misal kebanjiran? Selama posisi knalpot dan karburator diatas ketinggian air, nggak masalah. Yang menjadi masalah jika knalpot dan karburatornya terendam air. Pastinya air akan masuk ke mesin. Ini amat sangat berbahaya jika tidak langsung ditangani. Katakanlah air masuk knalpot dan karburator. Yang perlu dilakukan adalah sesegera mungkin mengganti oli. Sebab, organ dalam mesin jika pelumasnya bercampur air dan nggak segera diganti, maka mesin akan bermasalah.

Untuk hal-hal lain seperti menjaga kebersihan motor kesayangan GanSist dengan cara dimandikan atau dicuci jika terkena air hujan dan lumpur, memoles bodi kendaraan, melumasi rantai dengan pelumas khusus, itu semua bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kemampuan ini R15 sendiri bersumber dari mesin 150 cc yang sedikit berbeda dengan milik V-Ixion.

Mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology. Perbedaan di V-Ixion hanya pada transmisi yang digunakan V-Ixion 5 percepatan dan ECU.

Bagi GanSist yang ingin membeli R15 second, ada baiknya mencari tau apa aja sih yang perlu diperhatikan jika membeli R15 second? Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena unsur ke-tidak tau-an GanSist. Berikut ini ane berikan tips memilih motor R15 second idaman, check!
Kenali sebelum membeli



Sumber gambar dan referensi : 1, 2, 3, 4, 5
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal
23-02-2021 23:21
Motor idaman
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal
23-02-2021 23:35
Tukuuuu mamakeeeee
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal
25-02-2021 02:45
Lebih suka merk kawasaki ninja
Diubah oleh interisti.krc
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal
26-02-2021 07:13
Menang dah ini
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Performa Yamaha R15 Kesayangan Prima dengan Perawatan Maksimal
26-02-2021 12:15
Bermanfaat! Sayangnya belum punya motornya. 😌
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia