Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6034e33accdf4752a77add30/mercedes-benz-oh-1521-quotkuler-jahatquot-andalan-bus-lintas-sumatera
Sasis ini merupakan sasis legendaris yang masih digunakan sampai sekarang. Bagaimana tidak, sasis ini masih menjadi andalan sebagian besar PO di Sumatera, dan sebagian PO di pulau Jawa juga masih ada yang mengandalkan sasis ini.
Lapor Hansip
23-02-2021 18:12

Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera

Past Hot Thread
Hayo, siapa yang gak pernah naik bus dengan sasis ini? Pasti kaskuser sekalian pernah ya naik bus dengan sasis ini, terutama yang sering naik bus-bus sumateraan seperti ALS, PMTOH, Putra Pelangi, dll.

Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera

Sasis ini merupakan sasis legendaris yang masih digunakan sampai sekarang. Bagaimana tidak, sasis ini masih menjadi andalan sebagian besar PO di Sumatera, dan sebagian PO di pulau Jawa juga masih ada yang mengandalkan sasis ini.

Ane yakin, kalo cari Hino RK8 bisa duduk di pinggir jalan tol, kalau cari si "Kuler Jahat" ini, duduk saja di pinggir ruas jalan tol Medan-Pematang Siantar, ane yakin setiap 2 menit ada saja bus dengan sasis "Kuler Jahat" ini lewat.

Oh iya, menyoal spesifikasinya, terbilang cukup "tinggi" di jamannya, mengingat sasis ini dijual oleh Mercedes-Benz di Indonesia pada tahun 1996 sampai 2004 saja. (CMIIW). 

Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera

Spesifikasi si OH 1521 ini adalah:

-Mesin OM 366 LA berkapasitas 5958cc 6 silinder segaris, bertenaga 210 hp dan torsi 660 Nm
-Dimensi panjang 11.058 meter, lebar 2.435 meter, serta wheelbase 6.050 meter
-Suspensi leaf spring (nyaman bener gannn)
-Transmisi Manual 6 percepatan maju dan 1 percepatan mundur
-Ladder frame chassis with power steering

Perawatan OH 1521 terbilang murah dan mudah gan, sebab OH 1521 masih menggunakan sistem mekanik bukan elektrik seperti adik-adiknya saat ini. Soal sparepart, OH 1521 ini sparepartnya sangat melimpah sebab populasinya juga sangat melimpah.

OH 1521 masih berstandar Euro 2, belum Euro 4 seperti adiknya sekarang ini. Ya namanya juga sasis jadul, pasti ya belum menggunakan teknologi saat ini.

Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera

Menyoal soal arti dari "OH 1521",  "OH 1521" berarti si "Kuler Jahat" memiliki G.V.W 15 ton dan tenaga mesin 210 hp. Sesuai dengan susunan angkanya, "1521". "OH" artinya posisi mesin ada di belakang. Sama juga dengan OF 1113, OF 1623, OH 1626, OH 1526 dan lainnya.

Kenyamanan sih tidak usah diragukan lagi. OH 1521 memiliki suspensi per daun yang sangat nyaman, bantingannya terasa pas. Tidak terlalu empuk, tidak terlalu keras. Bahkan ada orang yang menyebut bahwa suspensi milik OH 1521 ini lebih nyaman dari airsus.

OH 1521 masih jadi andalan PO-PO di Pulau Sumatera karena faktor keawetan, kenyamanan, kehandalan dan kemudahan perbaikan. Bahkan, rute terjauh di Indonesia saat ini yaitu Medan-Jember, masih menggunakan sasis OH 1521 lho. Bayangkan, jarak 3000 kilometer, ditempuh selama kurang lebih 4-5 hari dengan sasis yang usianya sudah cukup "tua" ini. 

Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera

Sasis ini bahkan sempat menyabet gelar sebagai sasis terbaik pada masanya. Salah satu karoseri asal Malang yaitu Adiputro sempat membuat eksperimen body SHD pada sasis ini. 

Tentu, yang namanya kekurangan pasti ada dibalik yang namanya kelebihan. Plus, sayang sekali sasis ini sudah akan mulai punah. Sebab izin dari sasis ini akan segera habis untuk bus AKAP dalam waktu dekat.

Ciri khas sasis ini dapat dilihat dari setir "tampahnya", overhang depannya yang pendek, serta bunyi rem yg khas (yg pernah naik kuler pasti tau lah yaemoticon-Big Grin)

Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera

Gimana pendapat Agan tentang sasis ini? Tinggalin jejak dibawah ya!

Sumber: Narasi Pribadi
Referensi: 1234
Original Written By: ulungrinjani

emoticon-Jempolemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toast

Diubah oleh ulungrinjani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
24-02-2021 14:08
pas ane lihat setirnya ane jadi keinget kalo dulu pernah naik bus dengan sasi ini ternyata.. emang terkenal bandel ya nih sasis.. saking bandelnya bikin supirnya suka ugal ugalan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kornn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 07:30
Ahaha baru tahu namanya ini gan, sebelumnya ga merhatiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gaul99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 09:16
keren gan..nice trit
profile-picture
profile-picture
kornn dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 10:56
Memang Terkenal Pada Jamannya
Larinya Nyesss
profile-picture
profile-picture
kornn dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:05
Mantappp ini kulerrr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kornn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:05
lintas trit lintas pejwan
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kornn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:06
Lewat kelok 9 hati berdebar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kornn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:09
mercy tapi perawatannya murah ya gan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kornn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:09
Kayaknya pernah ane buat trit yang sama soal si kuler jahat ini emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:10
wiss keren jd inget jaman kecil ampek remaja pulkam ke medan naik ALS, ini bus rajanya ugal2an.. mana di kanan tebing di kiri jurang pulak.. tapi emang waktu tempuhnya jd cepet sih.. banyak2 doa aja dijalan

emoticon-Nohope emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:16
Naik Mercy tetap pegel kalo jarak jauh...
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:20
Ini mah bus trabas namanya wkwk
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:20
Quote:Dimensi panjang 11.058 meter, lebar 2.435 meter, serta wheelbase 6.050 meter

woooww... panjang bgt 11 ribu meteremoticon-Big Grin

penulisan desimal sebaiknya di ubah ke sistem Indonesia juga.. 11,058 meter
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:26
Biarpun leaf spring, tapi ayunannya empuk emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:27
ALS IS LEGEND emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:30
Dengan masa berlaku sasis OH ini yang udah mau habis kira-kira para PO pengadaannya make apa selanjutnya?
profile-picture
gikogaza memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:32
Lama gak naik
0 0
0
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:34
_𝙱𝚞𝚜 𝚙𝚊𝚝𝚎𝚗 𝚐𝚊𝚗...
𝙽𝚒𝙲𝚎𝚛...
0 0
0
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
25-02-2021 11:38
Lama gak naik bis ALS. Bis legendaris yg dulu setia menemani.


Btw, nice trit gan.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kornn memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Lika-Liku Bus Kota dan AKAP di Indonesia
lika-liku-bus-kota-dan-akap-di-indonesia
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia