Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6032919519ccb51b3d043c9b/terlalu-terobsesi-untuk-sehat
Pertemuan-pertemuan non-formal yang ane datangi belakangan mengalami banyak perubahan. Dulunya teman-teman yang ane temui biasa membahas hal-hal ringan, misalnya soal lawan jenis, film, game, musik, atau tontonan-tontonan terbaru. Tapi, kini kebanyakan orang yang ane temui membahas soal kesehatan.
Lapor Hansip
22-02-2021 00:00

Terlalu Terobsesi untuk Sehat

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Segala sesuatu yang berlebihan seringkali berujung tidak baik.

*****

Pertemuan-pertemuan non-formal yang ane datangi belakangan mengalami banyak perubahan. Dulunya teman-teman yang ane temui biasa membahas hal-hal ringan, misalnya soal lawan jenis, film, game, musik, atau tontonan-tontonan terbaru. Tapi, kini kebanyakan orang yang ane temui dikit-dikit bahas soal kesehatan.

Mereka yang ane temui ini rata-rata berusia muda, kisaran umurnya antara 20-30an akhir. Ya, tentu saja ane senang berada dalam lingkup sosial yang positif. Banyak dari mereka yang baru saja memulai hobi olahraga, seperti bersepeda atau berlari. Ada pula yang mulai berhenti merokok dan menghindari minum alkohol. Sampai yang paling ekstrim, yaitu jadi kelewat perfeksionis soal pola dan asupan makan.

*****


Menurut ane, obsesi untuk sehat memang baik. Tapi, jika obsesi tersebut terlalu berlebihan hingga berujung pada gangguan fisik, gangguan mental, sampai merusak hubungan sosial, apakah obsesi tersebut masih bisa dibilang sehat?

Ada fenomena unik yang terjadi di sekitar kita, yaitu obsesi berlebih pada asupan makanan yang sehat. Barangkali agan punya kerabat, saudara, atau teman yang sangat pemilih dalam hal makanan. Mulai dari penyajian, kebersihan, kandungan gizi, hingga cara menanam bahan makanan.

Obsesi berlebih pada menu-menu makanan berbahan dasar organik, tanpa pengawet, rendah kalori, rendah lemak, dan tidak mengandung unsur hewani. Obsesi yang berlebih sehingga mereka merasa berdosa dan kehilangan nafsu makan saat terlanjur memakan makanan yang menurut mereka "tidak sehat".

Maka agan perlu mengenal penyakit yang disebut orthorexia.

*****


Penyakit ini sebenarnya sudah tidak asing. Jika menengok mesin pencari, agan akan menemukan puluhan artikel yang membahas topik seputar orthorexia ini.

Orthorexia adalah perilaku obsesif untuk mengonsumsi makanan sehat, yang justru berdampak pada gangguan kesehatan. Secara fisik, penderita orthorexia akan mudah kehilangan nafsu makan saat dihadapkan dengan menu makanan yang "tidak sehat". Dampak yang paling ekstrim adalah mereka menjadi mudah merasa bersalah dan cemas (anxiety), serta mengisolasi diri dari lingkungan sosial.

*****


Penyakit-penyakit mental seperti kecemasan akan kondisi kesehatan umumnya berakar dari gangguan obsesif kompulsif, yaitu kecemasan berlebih yang menimbulkan perasaan takut yang tak masuk akal.

Kecemasan-kecemasan soal kondisi kesehatan terkadang juga membuat seseorang merasa dirinya sakit, padahal nyatanya sehat-sehat saja (hipokondria). Dan kebanyakan artikel yang ane baca menganjurkan penderita gangguan kecemasan untuk mengunjungi psikiater.

Saran ane, daripada berujung dengan mengonsumsi obat antidepresan, cara yang terbaik untuk mencegah munculnya obsesi ini adalah dengan menghilangkan prasangka-prasangka buruk. Menghindari mikir yang tidak-tidak, atau mengada-adakan yang tidak ada.

Sehat itu sewajarnya saja.

*****

Sekian dari ane Gan & Sis emoticon-Big Grin
Silakan, bebas komen apa aja di mari.
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast

*****

Quote:
emoticon-Bookmark (S)Komentar Agan & Sista


Quote:Original Posted By weidenfeller
semua yang berlebihan ya nggak baik, ane ngegym, makan makanan yang cukup. tapi sekali2 kan ada cheating day ga masalah. yang penting kembali ke tujuan yaitu sehat emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ramirez96
sekarang lagi jamannya anxiety kayaknya gan, dimana2 rame sama yg ngaku punya penyakit ituemoticon-Takut

Quote:Original Posted By lemperkecut
Ane mau dikit share tentang pengalaman ane..
Thread bagus nihemoticon-thumbsup

btw sedikit sharing,

Ane keilangan ibu saat ane baru lulus dari SMA, beliau terkena Kanker Payudara dan hanya mampu bertahan 2 tahun lebih.

Faktanya, Ibu ane itu sangat jaga kesehatan...beliau nggak mau makanan mengandung micin dan bahkan rela masak sendiri dibanding beli diluaran, bahkan ane sebagai anaknya nggak dikasih beli jajan sembarangan, kalo ane pengen ibu ane rela bikinin dari pada ane jajan sembarangan,
Ironisnya...pada saat2 terakhirnya beliau malah pengen makan snack2 dan makanan yang beliau selalu hindari ..ayah ane sampe bilang " kok dari dulu2, sayang"
.rontok ati ane ..karena ane ingat ane sering nyuapin beliau dengan martabak atau nasi padangemoticon-Frown

Disini ane bukan mengatakan jaga pola kesehatan nggak perlu, namun ane bilang segala sesuatunya jangan "berlebihan"..Jujur..ane teramat sangat terpukul atas kepergian ibu ane melihat pola hidupnya yang begitu sehat masih saja terkena penyakit itu.emoticon-Frown

Mending jaga secara wajar...jangan was-was berlebihan...karena itu juga nggak baik bagi fisik dan psikis.emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By lsenseyel
dikit" pakai hand sanitizer

makan bakso pinggir jalan ogah, gak higienis

makan mie ayam apalagi

bahh

hidup kok dibuat susah emoticon-Traveller

Quote:Original Posted By senjakita09
Udah lihat harga bahan makanan berbahan organik? Sehat memang sih, tapi muahaalll bro

emoticon-Ngamuk

Quote:Original Posted By zimbenk
Terobsesi untuk hidup sehat sebenarnya nggak masalah asal punya pengetahuan yg benar dan tidak berlebihan. Karena saya lebih memilih menjalan kehidupan dgn badan sehat daripada dengan badan yg sakit2an. Soalnya dari balita sampai remaja saya punya pengalaman dari rawat jalan sampai menginap di rumah sakit.

Setelah nonton banyak video seminar hasil penelitian dan pengamatan dari para dokter, dapat saya simpulkan bahwa selama ini pengetahuan kesehatan yg beredar di masyarakat itu ada yg salah.
Salah satu contoh yg paling gampang dan tidak disadari oleh kebanyakan orang yaitu konsumsi gula dan karbohidrat yg berlebihan.
Dari konsumsi gula dan karbohidrat yg berlebih bisa menyebakan banyak penyakit antara lain obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, insulin resistence, diabetes tipe , penyakit ginjal, jantung, tumor, kanker dll.
Dengan stop mengkonsumsi gula, mengurangi drastis konsumsi karbohidrat dgn ditambahi beberapa metode lain dalam jangka waktu yg lama bisa menyembuhkan penyakit di atas.

Kalau ingin sehat kesimpulan umum dari para dokter2 di video seminar yaitu kita disuruh rutin puasa, stop gula, kurangi karbohidrat, perbanyak lemak(bukan sembarang lemak), perbanyak sayuran, dll.
Saya sudah rutin menjalani cara2 diatas selama setahun lebih, hasilnya
- Nggak pernah kena masuk angin, dulu rutin kena hampir tiap bulan biasanya setelah nglembur.
- lemak di perut berkurang drastis
- BB turun dari 90kg ke 74kg, kalau lagi males puasa kadang naik sampai 78kg
- sangat jarang merasakan rasa lapar
- 2-3 hari stop makan, cuma minum air saja nggak ada masalah, badan tetap sehat dan berenergi. Rutin melakukan ini kalau BB naik ke 78kg. Setelah 2-3 hari stop makan biasanya turun sampai 3 kg
- Ngirit duit makan karena hampir tiap hari sering puasa dan makan cuma sekali sehari. Kadang seminggu bisa habis cuma 30-50k buat beli telur sama sayuran saja. emoticon-Big Grin
- Isi kulkas jadi kelihatan kosong emoticon-Big Grin
- Menjalani puasa ramadhan kemarin menjadi lebih ringan karena nggak perlu repot2 mikirin menu makan emoticon-Big Grin.

Quote:Original Posted By adhelf
ane udah dari awal 2020 sih mulai makan2an sehat, tapi kaga sampe parah banget kek mereka mereka itu dah wkwk
yg utama banget itu nasi, sangat2 berkurang sekarang porsinya wk

Quote:Original Posted By gee7koo
-Makan makanan yg halal dan baik secukupnya
-puasa
-ibadah
-berkasih sayang
-berpikir positif dan selalu bahagia
...kunci agar selalu sehat versi nubie...

Quote:Original Posted By minhakim20
niatnya biar hidup sehat tp malah jadi bumerang yaa.. emang yg lebih bagus ya makan apa aja yg disuka tp dalam batas wajar dan tetep diimbangi dengan makanan yg bergizi..

Quote:Original Posted By neey123
Kalo aku, justru malah tergoda terus sama makanan yg kurang sehat wkwk

Quote:Original Posted By margareth23
Iya nih terkadang di musim pandemi ini, banyak orang kelewat lebay, lebaynya ya seperti judul diatas, terobsesi pengen hidup sehat, apa2 semuanya disangkut pautkan dengan yang namanya sehat, steril lah, mulai dari makanan, gaya hidup, olah raga dsb nya, boleh sih memperhatikan semua itu asal jangan berlehihan akhirnya parno.


Diubah oleh Papa.T.Bob
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 00:02
halah, telat lagi bob
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 00:02
trit macam apa ini, yang penting pejwan
emoticon-Cool
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 00:53
Ingat antrian pasien BPJS dan struk tagihan rawat inap jd otomatis berambisi untuk sehat emoticon-Leh Uga
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 07:00
Pejwan itu sehat Om bob
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 07:29
apapun yang berlebihan itu memang tidak baik ya gan, mengonsumsi makanan sehat memang bagus, cuman kalo berlebihan bisa jadi gangguan mental.
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 09:19
jalani apa adanya aja deh yg penting sehat..
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 10:57
Quote:Original Posted By Papa.T.Bob
halah, telat lagi bob


Quote:Original Posted By Papa.T.Bob
trit macam apa ini, yang penting pejwan
emoticon-Cool


Hehe auto pejwan dong pa😎

Sehat terus pa, kalau ke rumah sakit ngeri ngeri sedap
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 12:40
kalo terobsesi untuk sukses, boleh ya gan
emoticon-Ultah
edit: typo emoticon-Big Grin
Diubah oleh cheloniidaez
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 13:05
Lah masa memperhatikan asupan makanan dibilang ekstrim sih gan.. emoticon-Bingung
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 13:53
semua yang berlebihan ya nggak baik, ane ngegym, makan makanan yang cukup. tapi sekali2 kan ada cheating day ga masalah. yang penting kembali ke tujuan yaitu sehat emoticon-Big Grin
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 14:20
sekarang lagi jamannya anxiety kayaknya gan, dimana2 rame sama yg ngaku punya penyakit ituemoticon-Takut
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 14:27
Ane mau dikit share tentang pengalaman ane..
Thread bagus nihemoticon-thumbsup

btw sedikit sharing,

Ane keilangan ibu saat ane baru lulus dari SMA, beliau terkena Kanker Payudara dan hanya mampu bertahan 2 tahun lebih.

Faktanya, Ibu ane itu sangat jaga kesehatan...beliau nggak mau makanan mengandung micin dan bahkan rela masak sendiri dibanding beli diluaran, bahkan ane sebagai anaknya nggak dikasih beli jajan sembarangan, kalo ane pengen ibu ane rela bikinin dari pada ane jajan sembarangan,
Ironisnya...pada saat2 terakhirnya beliau malah pengen makan snack2 dan makanan yang beliau selalu hindari ..ayah ane sampe bilang " kok dari dulu2, sayang"
.rontok ati ane ..karena ane ingat ane sering nyuapin beliau dengan martabak atau nasi padangemoticon-Frown

Disini ane bukan mengatakan jaga pola kesehatan nggak perlu, namun ane bilang segala sesuatunya jangan "berlebihan"..Jujur..ane teramat sangat terpukul atas kepergian ibu ane melihat pola hidupnya yang begitu sehat masih saja terkena penyakit itu.emoticon-Frown

Mending jaga secara wajar...jangan was-was berlebihan...karena itu juga nggak baik bagi fisik dan psikis.emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan Papa.T.Bob memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 14:57
segala sesuatu yg berlebihan itu sepertinya ga baik emoticon-Matabelo
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 15:01
dikit" pakai hand sanitizer

makan bakso pinggir jalan ogah, gak higienis

makan mie ayam apalagi

bahh

hidup kok dibuat susah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
senjakita09 dan Papa.T.Bob memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
22-02-2021 20:35
Udah lihat harga bahan makanan berbahan organik? Sehat memang sih, tapi muahaalll bro

emoticon-Ngamuk
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
24-02-2021 11:39
Terobsesi untuk hidup sehat sebenarnya nggak masalah asal punya pengetahuan yg benar dan tidak berlebihan. Karena saya lebih memilih menjalan kehidupan dgn badan sehat daripada dengan badan yg sakit2an. Soalnya dari balita sampai remaja saya punya pengalaman dari rawat jalan sampai menginap di rumah sakit.

Setelah nonton banyak video seminar hasil penelitian dan pengamatan dari para dokter, dapat saya simpulkan bahwa selama ini pengetahuan kesehatan yg beredar di masyarakat itu ada yg salah.
Salah satu contoh yg paling gampang dan tidak disadari oleh kebanyakan orang yaitu konsumsi gula dan karbohidrat yg berlebihan.
Dari konsumsi gula dan karbohidrat yg berlebih bisa menyebakan banyak penyakit antara lain obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, insulin resistence, diabetes tipe , penyakit ginjal, jantung, tumor, kanker dll.
Dengan stop mengkonsumsi gula, mengurangi drastis konsumsi karbohidrat dgn ditambahi beberapa metode lain dalam jangka waktu yg lama bisa menyembuhkan penyakit di atas.

Kalau ingin sehat kesimpulan umum dari para dokter2 di video seminar yaitu kita disuruh rutin puasa, stop gula, kurangi karbohidrat, perbanyak lemak(bukan sembarang lemak), perbanyak sayuran, dll.
Saya sudah rutin menjalani cara2 diatas selama setahun lebih, hasilnya
- Nggak pernah kena masuk angin, dulu rutin kena hampir tiap bulan biasanya setelah nglembur.
- lemak di perut berkurang drastis
- BB turun dari 90kg ke 74kg, kalau lagi males puasa kadang naik sampai 78kg
- sangat jarang merasakan rasa lapar
- 2-3 hari stop makan, cuma minum air saja nggak ada masalah, badan tetap sehat dan berenergi. Rutin melakukan ini kalau BB naik ke 78kg. Setelah 2-3 hari stop makan biasanya turun sampai 3 kg
- Ngirit duit makan karena hampir tiap hari sering puasa dan makan cuma sekali sehari. Kadang seminggu bisa habis cuma 30-50k buat beli telur sama sayuran saja. emoticon-Big Grin
- Isi kulkas jadi kelihatan kosong emoticon-Big Grin
- Menjalani puasa ramadhan kemarin menjadi lebih ringan karena nggak perlu repot2 mikirin menu makan emoticon-Big Grin.
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
24-02-2021 15:20
ane udah dari awal 2020 sih mulai makan2an sehat, tapi kaga sampe parah banget kek mereka mereka itu dah wkwk
yg utama banget itu nasi, sangat2 berkurang sekarang porsinya wk
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
24-02-2021 19:29
Yap betul gan.. jangan terlalu terobsesii hidup sehat.. diet ketat boleh tapi jangan berlebihan. Badan kita perlu asupan bergizii
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
24-02-2021 19:37
-Makan makanan yg halal dan baik secukupnya
-puasa
-ibadah
-berkasih sayang
-berpikir positif dan selalu bahagia
...kunci agar selalu sehat versi nubie...
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terlalu Terobsesi untuk Sehat
24-02-2021 21:50
niatnya biar hidup sehat tp malah jadi bumerang yaa.. emang yg lebih bagus ya makan apa aja yg disuka tp dalam batas wajar dan tetep diimbangi dengan makanan yg bergizi..
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Anime & Manga Haven
hilangnya-jam-tayang-anime
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia