Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602dbe3d30077f1832293046/revolusi-industri-40
REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Sadar atau tidak sadar, dunia ini sudah semakin tua. Setiap detik berputar mengikuti poros nya. Hari ini kita bisa berinteraksi dengan model *cyberspace* Jeeff Zaleski, sempat mempertanyakan _bagaimana teknologi bisa mempengaruhi kehidupan agama?_ Revolusi 4.0 sudah merubah tatanan dunia yang ada, sebagaimana Klaus Schwab, _bahwa kita sudah harus terbiasa dengan internet_ Har
Lapor Hansip
18-02-2021 08:09

REVOLUSI INDUSTRI 4.0

REVOLUSI INDUSTRI 4.0


Sadar atau tidak sadar, dunia ini sudah semakin tua. Setiap detik berputar mengikuti poros nya.

Hari ini kita bisa berinteraksi dengan model *cyberspace* Jeeff Zaleski, sempat mempertanyakan _bagaimana teknologi bisa mempengaruhi kehidupan agama?_

Revolusi 4.0 sudah merubah tatanan dunia yang ada, sebagaimana Klaus Schwab, _bahwa kita sudah harus terbiasa dengan internet_

Hari ini Covid 19 sedang berlangsung, kita harus bersyukur Indonesia masih tetap tangguh, mobil mobil mewah masih kita lihat di jalanan. Rumah rumah mewah masih berdiri kokoh, makanan kita masih bergizi, walaupun pekerjaan kita digantikan dengan tekhnologi.

Covid 19 mengingatkan kita, bahwa Dunia ini akan berubah menjadi dunia digital.

Saudara ku, sadar atau tidak sadar. Hari ini mulai satu persatu pekerjaan hilang secara otomatis digantikan oleh mesin.petugas tol, yang biasa berjaga di pintu masuk, hari ini sudah hilang.....

Tatanan sudah berubah, era _disruption_ sudah mulai...

Jadi benar kata Allah *kamu pasti menjalani keadaan tingkat demi tingkat QS 84; 19*

Revolusi industri 4.0 dan Covid 19 adalah gambaran kehidupan dunia 2100, yang entah berapa ratus tahun lagi...dunia akan mulai berubah...

Berubah menjadi dunia digital, di dalam cyberspace, manusia tidak berdiri pasif di hadapan jutaan citraan yang di tawarkan adalah kebebasan dan kemerdekaan cara cara berfikir untuk hidup.

*Apa yang harus kita siapkan?*..

Kita harus membuka lapangan pekerjaan di masa depan kehidupan ini, mungkin saja *Ironman* akan menjadi nyata, semuanya diatur dan mengatur dengan teknologi.

Sadar atau tidak, di rumah saja hari jni uang datang, artinya; pekerjaan gambaran di masa yang akan datang adalah seperti ini,

Sudah tidak musim, pagi - pagi, berangkat ke kantor, bergelut dengan asap kendaraan, polusi di mana mana, akhirnya kesehatan menurun.

Pergi pagi, pulang malam,. Sudah tidak lagi berlaku, duduk di kantor menunggu perintah bos sudah tidak ada lagi...apakah ini perkembangan dunia 4.0?

Apapun yang terjadi, semoga kita bisa bertahan di dunia yang sedang berubah ini.

Kondisi virtualistik adalah kondisi yang harus kita lewatkan, hyperealitas adalah dunia masa depan.

*Salam damai di pagi ini*


Catatan; tulisan di atas adalah bagian dari buku saya yang sedang di kerjakan judul nya *PANOPTICON KEKUASAAN ; WACANA PENDISIPLINAN BIROKRASI DALAM PERSPEKTIF RELASI KUASA DAN PENGETAHUAN*

_Semoga Juni 2021 bisa launching dan bedah buku_

SALAM
Adang
0
Masuk untuk memberikan balasan
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
20-02-2021 11:04
Semoga sukses dengan bukunya.
Mungkin TS juga sudah baca tapi tetap saya sarankan buat referensi
"Marketing 4.0 - Moving From Traditional to Digital" Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan.
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
19-10-2021 01:20
pengen banget punya begitu gan emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
19-10-2021 01:22
mau buat thread begini gan biar rame hehe emoticon-Salam Kenal
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
21-10-2021 20:10
jadiin motivasi ane ni nih yang begini gan emoticon-Paw
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
22-10-2021 08:30
pengen banget punya begitu gan emoticon-angry
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
22-10-2021 13:45
gila keren bener dah gan emoticon-Repost
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
23-10-2021 20:42
sambil nunggu pacar baca ini seru juga bre emoticon-Leh Uga
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
02-12-2021 15:07
Pandemi Covid-19 yang dialami seluruh manusia di dunia banyak mengubah pola kehidupan sosial kehidupan sehari-hari. Masyarakat dengan segala kesibukannya tidak pernah menyangka bahwa pada masa ini dari masa manual (pekerjaan banyak dilakukan oleh manusia) menjadi digital, semua akan mengalami perubahan seketika menjadi full digital dan online. Revolusi industri 4.0 atau juga yang biasa dikenal dengan istilah “cyber physical system” ini sendiri merupakan sebuah fenomena dimana terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi. Dimasa pandemi ini revolusi industri 4.0 mulai diterapkan secara maksimal dimana semua pekerjaan dan kegiatan banyak dilakukan secara daring (online).

Pada fase revolusi industri 4.0 merupakan suatu kemajuan dibidang teknologi IT, Robbotis, kecerdasan buatan maupun berbagai penemuan-penemuan mutakhir yang berhubungan dengan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat. Berikut ada beberapa perkembangan revolusi industri 4.0 yang mengalami perkembangan selama masa pandemi COVID 19: Social distancing dan physical distancing; Perubahan kantor WFO (Work From Office) menjadi WFH (Work From Home); Banyak pengurangan tenga manusia menjadi tenaga robotic; Digital payment semakin berkembang; Online shop; dan di restoran menggunakan metode take away. saya setuju dengan pendapat diatas bahwa kita harus menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, mengingat perkembangan terknologi yang semakin pesat mungkin saja beberapa tahun kedepan peluang pekerjaan sudah sangat minim karena semua pekerjaan dilakukan oleh robot, dimana pekerjaan dilakukan lebih efektif, murah dan efisien.
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
02-12-2021 21:40
Heny septia wulandari

Kata “Strategi” berasal dari bahasa Yunani yaitu “Strategos” yang terdiri dari dua suku kata yaitu “Stratos” yang berarti Militer dan “Ag” yang berarti Memimpin. Pada konteks permulaannya, strategi banyak diasumsikan sebagai sesuatu yang dilakukan oleh para jenderal dalam membuat rencana menaklukkan atau mengalahkan musuh guna meraih kemenangan dalam perang. Oleh karena itu, sangatlah masuk akal apabila istilah ini sangat dekat
dengan dunia militer.Pada masa sekarang pun, penerapan strategi sangat dekat dengan asumsi
pada awal kemunculannya, sekalipun hal tersebut diterapkan bukan pada dunia militer. Sebagai contoh dalam dunia ekonomi, strategi masih sering diasumsikan dengan bagaimana cara mengalahkan kompetitor, bagaimana bisa menguasai pasar, dan sebagain,berfikir strategik dapat mengahsilkan ide yang lebih kreatif,dapat menjalankan target dan waktu dengan sangat jelas.
Oleh karena itu,apabila Anda hendak menerapkan manajemen strategis, terlebih dahulu Anda harus mengubah cara berpikir dengan cara berpikir yang strategis pula. Berikut ini adalah sebuah tahapan cara berpikir strategis yang bisa menjadi contoh untuk Anda.
a. Identifikasi masalah
Sebagai tahap awal dari cara berpikir strategis adalah berusaha untuk mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang muncul dengan cara melihat gejala-gejala yang mengikutinya. Seseorang sangat sering menganggap bahwa gejala itu identik dengan masalah sehingga mengakibatkan penyelesaian/solusi yang dibuat tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut. Proses identifikasitersebut dapat dilakukan dengan mengadakan brainstroming atau polling pendapat sebagai salah satu jalan.
b. Pengelompokan masalah
Dari tahapan identifikasi masalah di atas biasanya sering muncul masalah baru yang beraneka ragam. Untuk mempermudah cara pemecahannya, seseorang
perlu mengelompokkan/mengklasifikasikan masalah-masalah sesuai sifat atau karakter tujuan pengelompokan masalah tersebut.

c. Proses abstraksi
Setelah kelompok masalah terbentuk, tahap berikutnya adalah melakukan identifikasi masalah-masalah yang crusial dari tiap kelompok. Selanjutnya, dilakukan analisisterhadap masalah tersebut dalam rangka mencari faktor-faktor penyebab atau pemicu timbulnya masalah. Tahap ini memerlukan ketelitian dan kesabaran karena dari faktor-faktor itu akan disusun bersamaan.
d. Penentuan cara pemecahan masalah
Setelah tahap abstraksi selesai dilakukan, tentukanlah cara yang paling tepat untuk menyelesaikan/memecahkan masalah yang telah teridentifikasi pada tahap pertama. Metode atau cara penyelesaian masalah ini haruslah konkret dan lebih
spesifik.
e. Perencanaan untuk implementasi
Tahap-tahap berpikir strategis di atas merupakan langkah penting yang harus dilakukan seseorang dalam rangka penerapan metode/cara pemecahan masalah dalam berpikir strategis.
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
03-12-2021 09:10
DUTA MAHASISWA VIRAL!YUDHA
Seorang Mahasiswa sempat viral belakang ini. Pasalnya ia menegur seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dedi Mulyadi yang sedang meembersihkan sampah di Pasar Rebo, Jawa Barat.

Mahasiswa tersebut menanyakan kapasitas dan kewenangan Kang Dedi Mulyadi disitu.
Kang Dedi yang merasa bingung dan marah atas pertanyaan tersebut.

Pasalnya ia menjawab bahwa apa yang ia lakukan bukan sebagai Anggota DPR RI. Tapi sebagai warga Purwakrta yang cinta kebersihan.
Mahasiswa tersebut melontarkan bahwa ia mewakili Masyarakat, namun saat ditanya Masyarakat mana yang ia wakiliki.

Mana bukti legalitas anda mewakili. Tanya kembali Kang Dedi Mulyadi. Sedangkan Mahasiswa tersebut hayanga menjawab dengan " Artinya begini, artinya begini, artinya begini " sedangkan mahasiswa tidak menjawab pertanyaan Kang Dedi.

Kang Dedi Mulyadi yang merasa kedatangan Mahasiswa tersebut untuk memprotes kegiatannya. Namun dapat bantahan dari Mahasiwa tersebut. Tidak diprotes, tapi kewenangan dan kompetensinya," ujar sang mahasiswa dengan jawaban yang itu lagi.

"Membersihkan sampah gaperlu kompetensi.

Tangan anda gapernah kotor, tangan saya suka kotor," ujar Kang Dedi.


Untuk menenangkan situasi agar tak makin memanas, mereka pun melanjutkan perdebatan itu ke kantor milik Pemkab yang tak jauh dari lokasi depan pasar.

Bagi saya kegiatan yang dilakukan oleh pak Dedi tidak ada masalah sama sekali yang dilakukan beliau sangatlah patut dicontoh beliau mempunyai sifat yang ikhlas tidak pamrih dan peduli akan sekitarnya , karena tidak ada larangan bagi siapapun yang ingin membersihkan tempat umum dan tentunya tidak ada paksaan apapun bagi yang mau melakukan kegiatan tersebut. Apalagi dilihat dari kondisi pasar di Purwakarta yang sangat kotor, banyak sampah dimana mana, apabila tidak ada yang membersihkan bisa menyebabkan kerugian bagi masyarakat sekitar pasar yaitu bisa menyebabkan banjir, dan menjadi sarang penyakit.
Diubah oleh risalmasepti421
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
03-12-2021 09:45
Mantap
Diubah oleh desicahayati268
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
03-12-2021 19:03
beredar sebuah kejadian tidak biasa dialami oleh anggota komisi dpr ri dedi Mulyadi, mantan bupati Purwakarta yang kini menjadi anggota DPR RI. Ketika ingin membuang sampah di salah satu pasar yang berada di purwarkarta yaitu pasar rebo, dimarahin oleh seorang mahasiswa yang sudah ber-semester 3.

Hal itu bermula dari Dedi Mulyadi yang sedang membersihkan sampah lalu dimarahi oleh seorang mahasiswa dikarenakan menanyai hak dan wewenang untuk membersihkan sampah orang lain, kejadian itu sontak menjadi perhatian masyarakat dan warganet mengenai kejadian yang tidak mengenakan oleh kejadian itu.
Diubah oleh zrilsaeni08384
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
03-12-2021 19:17
Relasi hukum, kuasa, sosial dan pengetahuan terkait viralnya " MAHASISWA ARTINYA"

Mahasiswa artinya” relasi hukum, kekuasaan sosial dan pengetahuan tentu bisa bekerja dengan sebuah situasi politik tertentu dan kehidupan sosial sangat erat kaitannya dengan bagaimana bentuk kehidupan itu berjalan serta sebuah fakta kebenaran informasi pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman pembelajaran seseorang.

Pada tayangan video di youtube Kang Dedi Mulyadi yang sempat viral tentang kontennya yang sedang memunggut sampah dan terdapat salah seorang mahasiwa yang menyakan tentang “apa dasar hukum dan wewenang seorang anggota dpr membersihkan sampah dipasar”. Dan kang Dedi mempertanyakan maksud dari mahasiswa itu yang mempermasalahkannya membersihkan sampah di pasar tersebut. Kang Dedi bersikeras bahwa apa yang dilakukannya itu merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga Purwakarta untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kang Dedi bertanya "Kalau kita mencintai kebersihan lingkungan harus ada dasar hukumnya?". Mahasiswa tersebut menjawab "artinya kan disini ada yang punya kewenangan".
Sebetulnya kegiatan yang dilakukan oleh pak dedi bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar lebih menjaga kebersihan lingkungan karena menjaga kebersihan lingkungan tidak harus menggunakan kewenangan. Lagi pula menjaga kebersihan lingkungan itu sudah menjadi keajiban dan tanggung jawab semua orang, apalagi kebersihan itu sebagian dari iman.

0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
03-12-2021 19:21
VIRAL DUTA MAHASISWA ARTINYA

Tepat tanggal 16 November 2021,melalui channel youtube nya, Kang Dedi Mulyadi mengunggah video dirimya bersama rekan-rekan nya sedang melalukan aktifitas bersih-bersih di Pasar Rebo Purwakarta. Kronologis singkatnya ketika Kang Dedi Sedang membersihkan sampah, tiba-tiba seorang mahasiswa menghampirinya, kemudian menanyakan tentang dasar hukum dan kewenangan apa seorang Anggota DPR dalam hal membersihkan sampah di pasar.

Disini saya akan berpendapat, tetapi tidak memihak atau menyalahkan antara keduanya.
Menurut pandangan saya, bicara mengenai perihal membersihkan sampah yang berserakan itu sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab bagi setiap warga negara dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan rapi. Menurut saya apa yang dilakukan oleh kang dedi itu tidak salah, karena yang beliau lakukan itu adalah bentuk edukasi kepada masyarakat agar lebih peka terhadap lingkungan. Namun, menurut saya dengan gaya blusukan kang dedi tidak sepenuhnya dapat dibenarkan karena masih banyak instansi yang berwenang secara teknis dalam menangani masalah penertiban dan kebersihan lingkungan di pasar.
Begitupun mengenai mahasiswanya menurut saya juga tidak salah menanyakan dasar hukum dan kewenangan kang dedi membersihkan sampah dipasar. Namun menurut saya timingnya saja yang kurang tepat, kondisinya saja yang kurang tepat menanyakan perihal seperti itu. Ketika kang dedi sedang memungut sampah, kemudian mahasiswa itu menanyakan langsung tentang itu, dengan spontan nya kang dedi dengan nada suara yang tinggi, dan sedikit tidak terkontrol emosinya menjawab bahwa membersihkan sampah itu adalah kewajiban semua orang sebagai warga Negara, dan tidak perlu ada dasar hukum dalam membersihkan lingkungan.

0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
03-12-2021 20:53
Aamiin 🙏
0 0
0
REVOLUSI INDUSTRI 4.0
04-12-2021 21:02
Hanifah Fauziah

Tentang kasus mahasiswa yang menanyakan wewenang kepada anggota DPR karna membersihkan sampah
menurut saya hal itu bukan tentang wewenang, bukan tentang jabatan, bukan tentang siapa tetapi tentang soal kesadaran diri, karna sudah menjadi kewajiban diri sendiri untuk melindungi lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih
Karna kalau bukan diri sendiri yang mulai mau siapa lagi?
Walaupun anggota dpr, atau masyarakat lain nya mempunyai tugas masing-masing atau kewajiban tidak ada salahnya kita peduli akan lingkungan sekitar.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Komunitas NFT Indonesia
gimana-cara-menjual-nft-opensea
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia