News
Batal
KATEGORI
link has been copied
193
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602cdf65335850755c4fc354/ternyata-ini-cara-finlandia-menjadi-negara-paling-jarang-terpapar-hoaks
Diketahui jika pemerintah Finlandia sejak tahun 2014 lalu telah memasukkan media literasi dalam kurikulum pendidikannya. Para guru di Finlandia akan membantu dan mengajak murid untuk terus mengevaluasi dan memeriksa situs yang kredibel.
Lapor Hansip
17-02-2021 16:18

Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks

Past Hot Thread
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks


Berada dalam era perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, membuat seluruh informasi yang ada di dunia maya bisa dikonsumsi oleh siapa pun. Informasi yang terjadi di Eropa bisa dengan mudah diketahui oleh masyarakat di Asia, Afrika, hingga Amerika.

Perkembangan tersebut tentunya membawa manfaat bagi masyakat dunia. Akan tetapi, tidak dipungkiri kalau dampak negatif juga dihasilkan akibat mudahnya mengakses informasi. Salah satu dampak negatif yang paling membuat netizen geram adalah beredarnya informasi hoaks.

Perang melawan informasi hoaks kini tengah digencarkan oleh berbagai platform digital yang biasa Agan gunakan sehari-hari. Forum KASKUS pun juga tetap berusaha untuk memberangus informasi hoaks melalui Hansip Hoax.

Tidak hanya penyedia platform digital, pemerintah dari berbagai negara di seluruh dunia pun juga berusaha untuk memerangi penyebaran informasi hoaks. Salah satu negara yang paling optimal dalam dalam usahanya menangkal paparan informasi hoaks adalah Finlandia.

Finlandia dikenal sebagai negara yang paling teratas dalam hal menghindari informasi hoaks yang beredar. Hal itu diketahui berdasarkan data dari European Annual Index tahun 2019.

Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks


Lantas bagaimana cara Finlandia mampu meraih pencapaian tersebut?

Ternyata apa yang diraih Finlandia dalam menghindari informasi hoaks tidak melalui proses yang instan. Diketahui jika pemerintah Finlandia sejak tahun 2014 lalu telah memasukkan media literasi dalam kurikulum pendidikannya.

Hebatnya lagi, media literasi telah diajarkan kepada para murid di Finlandia sejak mereka masih berusia 6 tahun. Sejak usia dini, mereka akan diajakan untuk membaca informasi secara kritis dan tidak hanya menelan mentah-mentah informasi yang tersebar di dunia maya.

Para guru di Finlandia akan membantu dan mengajak murid untuk terus mengevaluasi dan memeriksa situs yang kredibel. Selain itu, guru di Finlandia juga akan mengajari murid untuk memeriksa berita yang mencurigakan, dan mendemonstrasikan bagaimana statistik yang mudah dimanipulasi.

Tentunya memahami media literasi akan sangat membosankan bagi para siswa yang masih berusia 6 tahun, akan tetapi pengajar di Finlandia meramu pelajaran ini dengan mengkombinasikan beberapa pelajaran lain didalamnya, seperti sejarak, fotografi, hingga seni. Jadi, para murid akan menerima proses pembelajaran media literasi dengan metode yang menyenangkan.


Melihat cara pemerintah Finlandia menangkal hoaks dengan memasukkan media literasi dalam kurikulum sekolah, apakah bisa diterapkan oleh pemerintah Indonesia?

Gimana menurut Agan?


Dari Hansip, Buat Agan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saidatulll dan 45 lainnya memberi reputasi
44
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
17-02-2021 16:44
Mantep kan bre emoticon-Cool
profile-picture
wachid86 memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
17-02-2021 17:20
mejeng di thread calon ht
profile-picture
blunar memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
17-02-2021 18:47
mejeng ahh di trit pak hansip doloo .. emoticon-Cool
0 0
0
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
17-02-2021 20:17
Menurut saya : Tidak bisa di Indonesia gan..

Kenapa : tempat lahir dan bibit manusia berbeda mutu...gak usah dikit2 dibandingkan Ama luar negri..di Finlandia itu orang2nya gak makan tempe...ngerti ora son
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
17-02-2021 21:19
gw gak pernah sekalipun sebar berita di akun sosmed pribadi mau dari sumber terpercaya ataupun sumber abal2.
bagi gw berita cuma untuk konsumsi pribadi sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blunar dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
17-02-2021 22:09
Di indonesia bakal susaaaaaah, apalagi kalo masih ada WAG
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
17-02-2021 23:39
Pelajaran agama gak bisa menangkal hoaxemoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 00:40
Orang Finland yg susah kena hoax itu masih percaya hal2 berbau goib ato azab ga nih?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 01:11
Indonesia mah boro - boro istana nya aja pake buzzer gimana mau ningkatin literasi rakyatnya. Kini kritis dibungkam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blunar dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 11:25
ane tambahin gan, karena di Finlandia anak TK aja udah bisa lancar bahasa Finlandia (bahasa Suomi) jadi udah pinter2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 11:47
semoga bisa diterapkan diindo deh, terlalu byk hoax sekarang emoticon-Cape d...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:32
lah finland mah orangnya udah maju, pinter2, di mari sekolah aje masih senen kemis, guru honorer dibayar ratusan rebu doank sebulan, bayaran sekolah seiklasnya dengan kondisi negara miskin gimana pemikiran manusianye mao maju, kena senggol sedikit hoax langung galak yg nerima kwkwkwk
0 0
0
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:32
orang Finlandia sibuk balapan, makanya ga ada waktu mantengin hoax emoticon-Big Grin
0 0
0
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:32
ya ga heran, persentase apbn finlandia buat pendidikan masuk top3. cmiiw

para tenaga kependidikan pastinya semangat demi masa depan generasi penerus bangsa
Diubah oleh daisukeasakura
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:33
jadi negara paling bahagia dulu baru gak bakalan ada orang yang bikin hoaks
emoticon-Cool
profile-picture
davianjustice memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:35
Ga ada kadrun ga ada cebong disana
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:35
Ini negara yg punya nama club sepakbola shamrock rovers, rops rovaniemi, finn harps, bohemian, dundalk😂😂
Diubah oleh monds_ok
profile-picture
profile-picture
BlueJupieZ dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:35
ah thread hoax ini






























emoticon-Ngacir
0 0
0
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:37
Ga mungkin diterapkan di Indonesia, selama sistem pendidikan kita masih menganut paham: guru bicara murid manut, ga akan pernah timbul yang namanya pikiran kritis dari seorang anak, selama masih ada generasi yang bangga pernah digebukin sama Bapak/Ibunya dengan dalih membentuk mental... Pola pikir di Indonesia akan tetap gini2 aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ternyata Ini Cara Finlandia Menjadi Negara Paling Jarang Terpapar Hoaks
18-02-2021 14:37
Kalo disini pemerintahnya juga ikut ngehoax cuii

Sms anak stm ngajak rusuh
10 triliun disaku
Pabrik tesla dibangun diindonesia
Korona tdk masuk indonesia, bisa sembuh sendiri dll

Dll

Males gua ngetiknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia