News
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602a36e04c13722a071a9ee0/utang-luar-negeri-indonesia-kini-capai-rp5803-triliun
Bank Indonesia mencatat utang luar negeri Indonesia akhir triwulan IV-2020 mencapai 417,5 miliar dolar AS atau Rp5.803,2 triliun (kurs Rp13.900 per dollar AS). Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 209,2 miliar dolar dan swasta termasuk BUMN sebesar 208,3 miliar dolar AS.
Lapor Hansip
15-02-2021 15:54

Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun

Past Hot Thread

Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 TriliunIlustrasi Utang. (Foto: Pinterest)


Pantau.com - Bank Indonesia mencatat utang luar negeri Indonesia akhir triwulan IV-2020 mencapai 417,5 miliar dolar AS atau Rp5.803,2 triliun (kurs Rp13.900 per dollar AS). Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 209,2 miliar dolar dan swasta termasuk BUMN sebesar 208,3 miliar dolar AS.

“Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia akhir triwulan IV-2020 tumbuh sebesar 3,5 persen (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 3,9 persen,” demikian keterangan tertulis Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (15/2/2021).

BI mencatat pertumbuhan ULN Indonesia itu melambat terutama disebabkan perlambatan pertumbuhan ULN swasta. Pada triwulan IV-2020, ULN pemerintah tercatat sebesar 206,4 miliar dolar AS atau tumbuh 3,3 persen secara tahunan atau (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan III-2020 sebesar 1,6 persen (yoy).

BI mengungkapkan meningkatnya ULN pemerintah karena terjaganya kepercayaan investor sehingga mendorong masuknya aliran modal asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN). Selain itu, penarikan sebagian komitmen pinjaman luar negeri untuk mendukung penanganan pandemi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Nasional Itu Berasal dari Ibu-ibu, Nggak Percaya?

BI menyebutkan ULN pemerintah tetap dikelola secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel untuk mendukung belanja prioritas, yang di antaranya mencakup sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial 23,9 persen dari total ULN pemerintah.
Kemudian, di sektor konstruksi (16,7 persen), sektor jasa pendidikan (16,7 persen), dan sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (11,9 persen), serta sektor jasa keuangan dan asuransi (11,1 persen).

Sementara itu, ULN swasta pada akhir triwulan IV-2020 tercatat 3,8 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 6,2 persen (yoy). Perlambatan ini, lanjut BI, karena ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (PBLK) serta kontraksi pertumbuhan ULN lembaga keuangan (LK) yang lebih dalam.

Pada akhir triwulan IV-2020, ULN PBLK tumbuh sebesar 6,4 persen (yoy), melambat dari pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 8,4 persen (yoy). Selain itu, kontraksi ULN LK tercatat sebesar 4,7 persen (yoy), lebih besar dari kontraksi pada triwulan sebelumnya yang tercatat 0,9 persen (yoy).

Baca juga: Kemenkeu Serahkan Pengelolaan Piutang ke Tiap Kementerian Lembaga

Berdasarkan sektornya, ULN terbesar dengan pangsa mencapai 77,1 persen dari total ULN swasta bersumber dari jasa keuangan dan asuransi, pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin, industri pengolahan, dan pertambangan dan penggalian.

BI menambahkan struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Struktur ULN yang sehat tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir triwulan IV-2020 yang tetap terjaga pada kisaran 39,4 persen, meski meningkat dibandingkan rasio pada triwulan sebelumnya sebesar 38,1 persen.

Selain itu, besarnya pangsa ULN berjangka panjang yang mencapai 89,1 persen dari total ULN menjadikan struktur ULN Indonesia sehat. Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Sumber: https://www.pantau.com/topic/ekonomi...rp5803-triliun

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 30 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 15:56
prestasi mr. plonga plongo emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yahyal010 dan 61 lainnya memberi reputasi
44 18
26
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 16:15
Gara2 SBY bikin proyek candi hambalang nih... emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 14 lainnya memberi reputasi
9 6
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 16:37
Jumlah Utang Amerika Membengkak,60 Kali Lipat Lebih Besar dari Utang Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:34
terima keripik dan masukan(tong)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 6 lainnya memberi reputasi
3 4
-1
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:42
Jirr, kalo dibagi Jumlah penduduk Indonesia per 2020 hasilnya setiap orang rata2 punya utang 20 juta, asu kapan gua ngutang nya ini tau2 punya utang emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:51
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang utang luar negeri Indonesia.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:54
Fadjroel mana panjul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:55
Emang ada negara berkembang yg ga berutang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:57
utangnya makin MEROKET nih, mantaaapp
demi pembangunan kan ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 9 lainnya memberi reputasi
7 3
4
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:59
Itu hutang segitu, hutang nya ke siapa ya kalo boleh tau?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:59
Wuzz
Nitip sendal dl. Nunggu rame
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 17:59
Bacot RADHIKAL RADHIKUL tp kagak jelas,
NOH UTANG NUMPUK SAMPE MENGGUNUNG DAN KORUPSI BANSOS ITU YANG NYATA LO PADA MINGKEM !! emoticon-DP emoticon-DP





profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:00
Gara gara kadrun sinophobia sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 5 lainnya memberi reputasi
2 4
-2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:00
Kebanyakan subsidi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:00
Eh biasanya klu bahas prestasi gini pasti sepi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 6 lainnya memberi reputasi
4 3
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:03
Mantappp ....jadi bangga Ane sebagai warga +62
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:03
Gila ya si jokowi untung gw trmasuk golongan yg gk coblos dia kemaren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 9 lainnya memberi reputasi
7 3
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:07
Berani taruhan sama Gw. Yang pada ngomen hutang dari page awal sampe terakhir, pasti lebih dari 70% gak ada NPWP. Gak pernah lapor SPT juga. Dan aset nya gak nyampe 20 jutaan so far dalam bentuk cash. Tapi ajaib nya bisa jejeritan ngomongin hutang ini itu. Kuliah juga belum tentu kuliah Ekonomi, NPWP gak ada, SPT gak pernah laporan. Miskin tapi sok2 an ngurusin utang negara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
17 1
16
Lihat 37 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 37 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:09
warbiasah emoticon-Marah
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:09
Pas jatoh tempo bisa bikin mata uang anjlok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papahjahat21 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia