News
Batal
KATEGORI
link has been copied
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6029237427539111f3182702/mahfud-md-din-syamsuddin-tokoh-kritis-tak-akan-diproses-hukum
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan pemerintah tak akan melakukan proses hukum pada mantan ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsudiin. Pernyataan tersebut disampaikan Mahfud MD menyusul laporan Gerakan Anti Radikalisme (GAR) Alumni ITB kepada Din Syamsuddin. Mahfud menjelaskan bahwa selama ini pemerintah melihat Din Syam
Lapor Hansip
14-02-2021 20:19

Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum


Quote:JAKARTA, KOMPAS.com -Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan pemerintah tak akan melakukan proses hukum pada mantan ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsudiin.

Pernyataan tersebut disampaikan Mahfud MD menyusul laporan Gerakan Anti Radikalisme (GAR) Alumni ITB kepada Din Syamsuddin.

Mahfud menjelaskan bahwa selama ini pemerintah melihat Din Syamsuddin sebagai seorang tokoh yang kritis dan harus didengar.

"Pemerintah tetap menganggap Pak Din Syamsuddin tokoh yang kritis. Yang kritik-kritiknya harus kita dengar. Coba kapan pemerintah pernah menyalahkan pernyataan Pak Din Syamsuddin apalagi sampak memprosesnya secara hukum? Ndak pernah, dan Insya Allah tidak akan pernah karena kita anggap beliau itu tokoh," terang Mahfud MD dalam video yang diterima Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Mahfud menilai Din Syamsuddin adalah salah satu tokoh pengusung moderasi beragama. Din Syamsuddin, lanjut Mahfud, juga pernah menjadi utusan khusus pemerintah untuk membicarakan Islam yang damai ke seluruh dunia.

"Beliau itu penggagas negara terbentuk karena kesepakatan. Kalau menurut NU negara itu disebut Darul Ahdi. Kalau menurut Muhammadiyah disebut Darul Ahdi wa Syahadah. Sama, itu artinya negara yang hadir karena kesepakatan lintas etnis, agama, ras, dan sebagainya," terang Mahfud.

Mahfud menekankan bahwa pemerintah tidak berniat mempersoalkan kiprah Din Syamsuddin. Pemerintah disebut Mahfud, menyukai sosok Din Syamsuddin karena sikapnya yang kritis.

"Oleh sebab itu tidak niat sedikit pun dari pemerintah, untuk mempersoalkan kiprah Pak Din Syamsuddin didalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

"Dia sebagai orang yang banyak kritis terhadap pemerintah, kita senang. Karena pemerintah itu senang dengan orang kritis. Pemerintah Insya Allah tidak akan pernah menangkap orang kritis," sambung Mahfud.

Sebelumnya Gerakan Anti Radikalisme (GAR) Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) melaporkan Din Syamsuddin kepada KASN dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) atas dugaan pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 10 November 2020 lalu.

"Setelah mencermati secara seksama pernyataan-pernyataan, sikap, serta sepak terjang terlapor selama lebih dari satu tahun terakhir ini, GAR ITB menilai bahwa terlapor telah melakukan pelanggaran yang substansial atas nama norma dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN, dan atau pelanggaran disiplin pegawai negeri sipil," bunyi halaman pertama surat laporan tersebut.

Pada laporannya, GAR ITB menyebut enam pokok pelanggaran yang diduga dilakukan Din.

Pertama, Din dinilai bersikap konfrontatif terhadap lembaga negara dan keputusannya.
Kedua, Din dinilai mendiskreditkan pemerintah menstimulasi perlawanan terhadap pemerintah yang berisiko terjadinya proses disintegrasi negara.
Ketiga, Din dinilai melakukan framing menyesatkan pemahaman masyarakat dan menciderai kredibilitas pemerintah.
Keempat, Din dinilai menjadi pimpinan dari kelompok yang beroposisi pada pemerintah.
Kelima, Din dinilai menyebarkan kebohongan, melontarkan fitnah, serta mengagitasi publik agar bergerak melakukan perlawanan terhadap pemerintah.
Keenam, Din dinilai mengajarkan fitnah dan mengeksploitasi sentimen agama

sumber



Quote:Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum


walah pak kenapa hasilnya dibocorkan sekarang, biarkan mereka senang dulu laporannya udah diproses BKN, KASN sesuai prosedur emoticon-Mad


mana kelasnya hanya dianggap "sekelompok orang yang mengaku dari ITB" pula, kok nyesek yak bacanya

emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 20:26
Pemerintah bijak sekali ya....

Itu yang buat laporan udah dicap Bujer belum???

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 20:30
Berita di tipi biasa aja ...

profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 20:31
Don Carlo emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 20:34
Takut kena demo berjilid jilid lagiemoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 20:34
alumni kampus sekarang banyak dirijek ya
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 20:55
hanya karena temenan ga usah komen kek gini pak mafud....lucu juga nih kayaknya..


saya lama pwrhatiin pendapay si din memang selalu sinis bengis dan penuh kebohongan...liay di yutub banyak jejak digitalnya..


aku ga bisa bayangkan si mafud ini kalo sudah ga menjabat....konsisten tidak membela pancasila...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 21:01
Pud, keenam pointnya bener semua kok, mau bukti yah banyak
Yg dimasalahin kan krn siudinya masih digaji pemerintah, tapi kelakuanya kaya begitu
Diubah oleh Somad.Monyong
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 21:13
Kurang kritis apa alm. Ust Maher? sampe2 mati di penjara malahan.













emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 21:25
Carlo Ancelotti bukan extremist. .emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 21:38
Quote:Original Posted By TheTenant
hanya karena temenan ga usah komen kek gini pak mafud....lucu juga nih kayaknya..


saya lama pwrhatiin pendapay si din memang selalu sinis bengis dan penuh kebohongan...liay di yutub banyak jejak digitalnya..


aku ga bisa bayangkan si mafud ini kalo sudah ga menjabat....konsisten tidak membela pancasila...


Quote:Original Posted By Somad.Monyong
Pud, keenam pointnya bener semua kok, mau bukti yah banyak
Yg dimasalahin kan krn siudinya masih digaji pemerintah, tapi kelakuanya kaya begitu



Dibuktikan aje dan dilaforin lagi aje ke fak fulisi

Sekalian Om Mapud dilaforin juga

Gitu aje kok refot

Kaga ferlu ente samfe mewek terkaing2 di sini , kayak orang kesurufan

Situ sehat ??

Kebanyakan makan mecin ye Om ??

Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
profile-picture
profile-picture
milky.way0806 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 21:47
Si mpuds ini bek ya wajar da lindungin striker
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 21:49
Tandanya don carlo samsudin bukan orang sembarangan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 22:26
Mentang2 sohib lu belain
Giliran bukan sohib lu lsg diproses dan tangkap

profile-picture
profile-picture
areszzjay dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 22:37
Kadrun gagal paham.

Artinya si Mahfud atas nama pemerintah tdk melaporkan ke polisi.

Org lain atas nama pribadi silahkan saja laporkan.
Pemerintah/ mahfud tdk bisa intervensi hukum..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 22:42
Ya wes dihargai aja sikap dari pemerintah yang diwakili oleh Menkopolhukam
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 22:44
Tangkap salah.. gak ditangkap salah..
Mau kadroon opo?
Diubah oleh panglima.cendol
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 22:53
Kalo ada laporan ya harus diproses lah, kok jadi ngawur logikanya
Cek dulu laporannya dengan bukti yg diajukan
Maladministrasi kalo ga diproses
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 23:03
Din samsudin tokoh moderat karena buzerrp jd radikal karena kritis ke pemerintah, buzerrp sudah membabi buta, ok mungkin klean bisa mempertahankan kekuasaan thats great...tp klean dan pemerintah kagak bisa kasih kesejahteraan terhadap rakyat, ekonomi nyungsep terus, udah gagal bangga lagi. Lalu buat apa memimpin. Idealisme klean tidak membawa kesejahteraan untuk bangsa ini yg ada makin runyam. Saran gw sudahlah sampe 2024 jangan diperpanjang lg makin bangkrut ini negara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.antz. dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 23:11
Apakah karena tokoh kritis trus gak bksa diproses hukum? Kalo ada yg melaporkan (ke polisi) ya biarkan aja prosesnya berjalan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Mahfud MD: Din Syamsuddin Tokoh Kritis, Tak Akan Diproses Hukum
14-02-2021 23:12
kalau pemerintah yang lapor,

nanti ada sel tidur yang bangun ya emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia