News
Batal
KATEGORI
link has been copied
51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602131ceb513473b783c702f/benarkah-terdapat-retakan-bawah-laut-akibat-gempa-sulawesi-barat
Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, terkuak jika garis-garis berwarna biru tua di sepanjang lautan wilayah Tanjung Tapalang, Sulawesi Barat bukanlah retakan bawah laut yang diakibatkan oleh gempa.
Lapor Hansip
08-02-2021 19:42

Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?

Past Hot Thread
Quote:

Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?


Belakangan ini tengah beredar sebuah gambar yang menunjukkan tangkapan layar dari Google Maps dengan foto satelit di wilayah Tanjung Tapalang, Sulawesi Barat. Tangkapan layar yang ramai beredar di Facebook tersebut diklaim menunjukkan adanya retakan bawah laut yang disinyalir merupakan akibat dari gempa yang terjadi di Sulawesi Barat. Dalam foto tersebut, Terlihat sebuah galur-galur berwarna biru tua yang terdapat di bagian laut.

Setelah ditelusuri, gambar tangkapan layar tersebut dibagikan oleh akun Facebook bernama Firman Syah Rezeck pada 1 Februari 2021. Dalam unggahannya, akun tersebut juga menambahkan caption yang berbunyi “Retakan Bawah Laut Akibat Gempa #LautTapalang #PrayForSulbar.”

Lantas bagaimana kebenaran dari klaim tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Hansip Hoax melakukan penelusuran fakta terkait klaim tersebut melalui laman Tempo. Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, terkuak jika garis-garis berwarna biru tua di sepanjang lautan wilayah Tanjung Tapalang, Sulawesi Barat bukanlah retakan bawah laut yang diakibatkan oleh gempa.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono juga menuturkan jika garis-garis di bagian lautan yang terdapat dalam foto satelit tersebut memanglah penampakan dasar laut, akan tetapi bukan karena dampak gempa yang terjadi.

Lebih lanjut, Daryono menuturkan jika struktur dasar laut sebenarnya mempunyai struktur yang sama dengan yang ada di darat. Karena material dasar laut ada yang keras, lemah, dan ada juga yang gampang erosi, sama seperti struktur di darat. Oleh karena itu, Daryono meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.


KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyatakan bahwa klaim yang menyebut adanya retakan bawah laut di wilayah Tanjung Tapalang, Sulawesi Barat adalah informasi yang keliru alias hoaks.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian, agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 19:44
Tengkorak kepala yang nebar hoax itu yg retak kaliemoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 19:47
Tidak benar. emoticon-Cool
0 0
0
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 19:48
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
Diubah oleh kakob007
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giovanni2406 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 20:49
Terus kalau ada retakan memang kenapa? emoticon-Thinking
profile-picture
ReaperG memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 21:00
Foto satelit map kan bisa jadi udah diambil sejak lama mgkn berbulan2 ato bertahun2 yg lalu, mana mungkin realtime
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 21:35
Bisa bisanya menyimpulkan ada keretakan.. Mendadak jadi ilmuwan kali tuh orang wkwk
profile-picture
prasty.95 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 21:37
Hahahaha ada aja yg percaya,trus klo retak efeknya apa?bumi jadi pecah kayak gelas?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 21:39
Retakan, emangnya telor..emoticon-Hammer

maksudnya palung kali,.emoticon-EEK!
0 0
0
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 21:42
Serem ya bre emoticon-Takut
0 0
0
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 21:42
Bikin resah saja dehh berita hoax begini tuh emoticon-Hammer2
profile-picture
porno135 memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 22:23
Keluar kaiju entar
0 0
0
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 22:24
Kalok hati yang retak sih banyak...
emoticon-Sorry
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 22:29
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Kalok hati yang retak sih banyak...
emoticon-Sorry
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?


Kasian deh emoticon-Mewek
profile-picture
ritsco memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 22:36
Doyan bikin gaduh tu orangemoticon-Ngakak
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 22:45
Bentar lg nongol kaiju level 5 sm godzilla di retakan itu ..
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 23:04
Google maps 2021? Gempa baru sekarang?? Analisa orang terbodoh
0 0
0
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 23:21
Itulah kenapa ane stop buka facebook, banyak orang gila bikin hoax
0 0
0
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
08-02-2021 23:43
info bermanfaat
profile-picture
ritsco memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
09-02-2021 00:10
Imajinasi ketinggian tapi g d barengin konsistensi. Mau buat karya prosa atau novel kburu males dluan. Jdinya cukup hoax tok.
0 0
0
Benarkah Terdapat Retakan Bawah Laut Akibat Gempa Sulawesi Barat?
09-02-2021 01:20
Facebook sarang hoax
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia