Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
7
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6020c7c7cb9aff7fde510c61/manfaat-bermain-game-bagi-anak-anak
Bermain game terkadang dipandang negatif karena dinilai tidak bermanfaat. Belum lagi banyaknya mitos seperti game dapat merusak kerja otak, membuat bodoh dan lain sebagainya.  Memang, ada sisi negatif dari bermain game seperti bisa mengubah orang menjadi asosial dan apatis. Namun, ini terjadi jika kamu kebablasan saat bermain game. Di samping hal-hal negatif, bermain game juga mempunyai manfaat
Lapor Hansip
08-02-2021 12:10

Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak


Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak

Bermain game terkadang dipandang negatif karena dinilai tidak bermanfaat. Belum lagi banyaknya mitos seperti game dapat merusak kerja otak, membuat bodoh dan lain sebagainya. 

Memang, ada sisi negatif dari bermain game seperti bisa mengubah orang menjadi asosial dan apatis. Namun, ini terjadi jika kamu kebablasan saat bermain game. Di samping hal-hal negatif, bermain game juga mempunyai manfaat positif. 

Mau tahu apa saja manfaat bermain game yang positif? Berdasarkan informasi yang peroleh dari Anggota UKM E-Sport Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ( untag-sby.ac.id ), Berikut penjelasannya..


1. Aktivitas Fisik

Ada banyak video game di pasaran yang dalam pengoperasiannya memerlukan beberapa jenis aktivitas fisik. Apakah itu menari atau bermain gitar. Di sinilah dibutuhkan kecerdikan orang tua untuk memiliki jenis game untuk anak-anak mereka, yang dapat memaksa mereka (anak-anak) untuk bergerak ketimbang harus duduk di sofa sepanjang hari

 

2. Kebugaran dan Gizi

Banyak game yang menggabungkan unsur kebugaran, gizi dan hidup sehat sebagai tujuan utama permainan. Bahkan tidak sedikit game yang menyajikan tujuan utama permainan mereka pada kebugaran fisik, yang bertujuan mendorong para pemain untuk menurunkan berat badan untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

 

3. Koordinasi mata dan tangan

Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan anak Anda, yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu kurang menarik keinginan anak-anak untuk mencobanya.

 

4. Keterampilan sosial

Kurangnya keterampilan sosial dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara teratur dapat merusak perkembangan anak dan bahkan menyebabkan depresi. Anak-anak yang pemalu dan kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman mereka mungkin akan lebih mudah membuka diri saat bermain video game. Dengan bermain game online, anak-anak dapat berinteraksi dengan banyak orang, bahkan orang yang tidak mereka kenal

 

5. Peningkatan kemampuan belajar

Kompleksitas games memberikan anak Anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan kognitif seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan. Video game telah berkembang ke titik di mana penggunanya harus mengambil kendali dan berpikir sendiri. Bahkan banyak permainan yang mendorong anak untuk menjadi sabar dan kreativ dalam memecahkan sebuah teka-teki sebelum mereka dapat maju ke tahap berikutnya.

 

6. Sportivitas dan adil

Sportivitas dan adil (fair play) adalah nilai-nilai yang umum dikembangkan dalam olahraga dan organisasi. Game secara tidak langsung menawarkan Anak Anda nilai-nilai ini, terutama saat bersaing satu sama lain

 

7. Mengurangi stres

Stres tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi juga anak-anak. Beberapa orang tua terkadang menaruh harapan dan tuntutan yang sebenarnya anak-anak mereka tidak suka, misalnya terkait hobi dan belajar. Bermain game dapat menjadi jalan keluar bagi anak Anda lepas dari tekanan untuk mengurangi tingkat stres

 

8. Kerja tim

Kerjasama dan kebutuhan untuk membangun team work kuat pengaruhnya saat anak bermain video game. Beberapa game online misalnya, yang membutuhkan sebuah kerjasama tim untuk mencapai kemenangan.

 

9. Mengatasi rasa sakit

Bermain video game bisa menjadi sarana untuk mengatasi rasa sakit fisik atau emosional, misalnya, pada orang yang sedang menderita suatu penyakit di mana hanya dapat melakukan aktivitas di kamar tidur

 

10. Membuat orang senang

Salah satu efek terbesar dari bermain game adalah membuat orang bahagia. Namun, sangat penting untuk membatasi waktu bermain game, karena ada kemungkinan bahwa alat ini membuat Anda menjadi kecanduan. Biarkan anak-anak Anda untuk bermain game sesering mungkin, tapi jangan lupa mengingatkan mereka untuk berhenti. Pastikan pula anak Anda tetap melakukan aktivitas di lingkungan sosial.

 

11.Penggunaan bahasa Inggris

Salah satu jenis permainan yang cukup populer di kalangan anak-anak adalah game online dan konsol. Permainan ini biasanya dibuat oleh perusahaan luar negeri yang mempergunakan bahasa Inggris. Saat memainkannya, anak secara tak langsung diharuskan untuk menguasai bahasa Inggris agar bisa menyelesaikan tantangannya. "Ini adalah cara yang menyenangkan bagi anak untuk belajar bahasa, karena tidak membebani mereka untuk duduk diam dan belajar."

 

12. Melatih logika

Saat bermain, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan game ini. Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang dihadapi.

 

13.Belajar ekonomi

Banyak game yang mengajarkan anak nilai-nilai ekonomi, misalkan permainan berbelanja, mengatur restoran, dan lain-lainnya. Permainan ini mengajarkan nilai uang dengan cara mendapatkan uang dan menukarkannya dengan objek yang bisa memfasilitasi game tersebut.

 

14.Meningkatkan interaksi keluarga

Game tidak hanya bisa dimainkan oleh anak, tapi juga orang tua. Tak ada salahnya untuk sesekali bergabung dengan anak untuk bermain bersama. Kebersamaan saat bersenang-senang ini akan meningkatkan keakraban dan interaksi dalam keluarga.

 

15. Kemampuan membaca

Bagi anak yang belum lancar membaca, game konsol bisa jadi alat bantuan yang tepat untuk belajar membaca. Beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.


profile-picture
profile-picture
tien212700 dan yogirakasiwi memberi reputasi
2
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.1K Anggota • 913.9K Threads
Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak
08-02-2021 12:21
Ya asal tau waktu aja lah gan jangan main dari matahari terbit sampe nemu matahari terbit lagi emoticon-Traveller
0 0
0
Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak
08-02-2021 13:06
yg penting jgn sampe lupa ibadah aja emoticon-Matabelo
0 0
0
Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak
08-02-2021 13:09
manfaat bermain game bagi anak-anak & juga orang dewasa

temanku seorang gamer bilang emoticon-Games
" lebih baik main game daripada main SARA "
0 0
0
Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak
08-02-2021 13:19
Isinya kayak konten pop science aja realitanya ya game cuma hal untung bersenang senang aja ngga kurang ngga lebih emoticon-Ngacir

Apalagi kalau main competitive game emoticon-Cape d... (S) anaklu tambah stress entar
Diubah oleh argekandhis
0 0
0
Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak
08-02-2021 13:27
ouh ada manfaatnya juga ya emoticon-Hammer2 emoticon-Leh Uga ane kira cuma bikin mereka toxic ajaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak
09-02-2021 06:56
Berlatih kemampuan bahasa inggris juga ya gan
0 0
0
Manfaat Bermain Game Bagi Anak-Anak
12-08-2022 09:37
Ada manfaat yang tampaknya memang begitu gan, tapi sebenarnya anak-anak jadi kecanduan terus menerus tanpa henti. Maka dari itu orang tua harus mengawasi dengan baik agar tidak menjadi kecanduan. Harus dibatasi dengan bagus dan anak akan menurut.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia