News
Batal
KATEGORI
link has been copied
227
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60124befbe0f7c490232cda4/catat-segini-tarif-pembuatan-dan-perpanjang-sim-terbaru-2021
Berikut biaya pembuatan dan perpanjang SIM A, B, C, D, hingga internasional terbaru 2021 yang masih mengacu dengan harga yang berlaku. Sebagian masyarakat Indonesia bisa menikmati biaya pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) gratis yang diberikan pemerintah.
Lapor Hansip
28-01-2021 12:30

Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021

Past Hot Thread
Berikut biaya pembuatan dan perpanjang SIM A, B, C, D, hingga internasional terbaru 2021 yang masih mengacu dengan harga yang berlaku.


Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021


Sebagian masyarakat Indonesia bisa menikmati biaya pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) gratis yang diberikan pemerintah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian RI. Pasal 7 dalam PP tersebut menyebutkan dengan adanya pertimbangan tertentu, tarif atas jenis PNBP dapat ditetapkan sampai dengan Rp0 (nol rupiah) atau nol persen.

"Dengan pertimbangan tertentu, tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak dapat ditetapkan sampai dengan Rp0,00 (nol rupiah) atau 0 persen (nol persen)," tulis dalam PP 76/2020 seperti dikutip Bisnis, Rabu (27/1/2021).

Namun, pembuatan dan perpanjangan SIM gratis baru akan berlaku setelah terbit persetujuan Menteri Keuangan. Jika butuh sekarang juga, Anda perlu mengetahui kisaran biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan SIM.

Berikut biaya pembuatan SIM terbaru 2021 yang masih mengacu dengan harga yang berlaku seperti dilansir dari Instagram resmi Indonesia Baik @indonesiabaik.id:

A. Jenis SIM dan biaya pembuatan
Berikut jenis-jenis SIM beserta biaya pembuatannya:

• SIM A, dengan biaya sebesar Rp120.000
• SIM B khusus B1, dengan biaya sebesar Rp120.000
• SIM B khusus B2, dengan biaya sebesar Rp120.000
• SIM C, dengan biaya sebesar Rp100.000
• SIM C1, dengan biaya sebesar Rp100.000
• SIM C2, dengan biaya sebesar Rp100.000
• SIM D, dengan biaya sebesar Rp50.000
• SIM D khusus D1, dengan biaya sebesar Rp50.000
• SIM Internasional, dengan biaya sebesar Rp250.000

B. Jenis SIM dan biaya perpanjang
Adapun rincian jenis-jenis SIM beserta biaya perpanjangannya:

• SIM A, dengan biaya sebesar Rp80.000
• SIM B1, dengan biaya sebesar Rp80.000
• SIM B2, dengan biaya sebesar Rp80.000
• SIM C, dengan biaya sebesar Rp75.000
• SIM C1, dengan biaya sebesar Rp75.000
• SIM C2, dengan biaya sebesar Rp75.000
• SIM D, dengan biaya sebesar Rp30.000
• SIM D khusus D1, dengan biaya sebesar Rp30.000
• SIM Internasional, dengan biaya sebesar Rp225.000






SUMBER


Kirain udah gratisss emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 12:32
Perpanjangan sim C ... Rp 75.000,- emoticon-Bingung (S)

Woww .. murah banget emoticon-Ultah
Diubah oleh indrae9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 12:52
sudah deh ,
SIM itu di lakukan BUMN dan swasta saja ,
itu sertifikasi berkendara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilnero dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 12:52
Kenyataannya di lapangan????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 12:54
preeet. 😂🖕🖕
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan ilnero memberi reputasi
2 0
2
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 13:02
Bawah ane calonya nih emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 13:12
Perpanjang SIM pakai tes psikologi, 30 lembar, ditarik 50 ribu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 13:26
emoticon-Bingung dari dulu segitu, apa nya yang aneh ?
klean dijajah ato pegimane, sampe segitu nye...
profile-picture
toketbanci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 13:31
belum ditambah
map 5rb,
fotokopi 2rb,
laminating 10rb,
psikotest ngasal 40k,
cek kesehatan perawatnya auto tanda tangan 40k

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 13:39
Itu cuma biaya bikinnya atau udah termasuk printilan2nya nih?
profile-picture
abau. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 13:42
Tapi janjiiiii
tinggal janjiiii
bulan maduuuu
dalam mimpiiii
tapi janjiiiii
tinggal janjiiii
di bibirmuuuuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 13:50
ngurus pakai biro jasa aja dh walau jelas lebih mahal
0 0
0
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 14:53
kalo perpanjangan bener tuh, ane udh pernah di samsat yg kebetulan ada di dalam mall harganya memang segitu, cepet, nyaman, ga sumpek lagi

kalo pembuatan, emg segitu cuman dapet pesan "selamat datang kembali" min 3-4x bolak balik per stagenya
profile-picture
profile-picture
blueseno dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 14:56
Efek SIM bisa dibeli terlihat jelas dengan banyaknya pengemudi yang ngga tau sopan santun berkendara
Gua buat SIM, ngga beli, walaupun susah payah
profile-picture
profile-picture
Gailham dan gundam.dynames memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 15:00
Itu kan diatas kertas, nanti pas di tempat banyak biaya lain-lain: biaya bolpen, jasa minta bantu isi formulir (kalo mau, klo enggak mesti dicoba sendiri), biaya parkir, biaya tes kesehatan, biaya fotokopi, biaya laminating (ditawarkan) emoticon-Big Grin
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 15:18
Bedanya C,C1,C2 apaan yaak?
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 18:34
iya biaya SIM baru dan perpanjangan memang segitu

tapi ada tambahan tes kesehatan kalo ditempat ane emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 18:34
Kita lihat bagaimana kinerja kapolri baruemoticon-Thinking
0 0
0
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 18:37
Lah ane baru aja perpanjang sim C di banda aceh
Kena 350k. Katanya sih gara2 dr luar daerahemoticon-Cape d...
profile-picture
devi.jon memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Catat! Segini Tarif Pembuatan dan Perpanjang SIM Terbaru 2021
28-01-2021 18:38
Gw kmren perpanjang sim C di sim keliling abis hampir 4rts kurang dikit,kok d sini cm 100 ya,?
Diubah oleh rh2110
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia