News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6011565e5cf6c407a41dedef/pgi-sumatra-barat-anggap-kasus-jilbab-smkn-2-selesai
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Sumatra Barat Pendeta Titus Wadu mengatakan pihaknya menilai persoalan penggunaan jilbab di SMKN 2 Padang sudah selesai. Dia menganggap persoalan ada salah satu siswi non-Muslim SMK N 2 yang keberatan memakai jilbab di sekolah tidak harus sampai kepada persoalan agama dan persoalan hukum. Baginya persatuan antarumat beragam
Lapor Hansip
27-01-2021 19:02

PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai

PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Sumatra Barat Pendeta Titus Wadu mengatakan pihaknya menilai persoalan penggunaan jilbab di SMKN 2 Padang sudah selesai.

Dia menganggap persoalan ada salah satu siswi non-Muslim SMK N 2 yang keberatan memakai jilbab di sekolah tidak harus sampai kepada persoalan agama dan persoalan hukum.

Baginya persatuan antarumat beragama jauh lebih penting sehingga jangan sampai terpecah akibat satu persoalan kecil. "Bagi kami persoalan ini bukan atas nama agama atau lembaga. Kita bersama-sama harus bijak. Menjaga persaudaraan sesama umat manusia dan sebangsa," kata Titus di Padang, Rabu (27/1). Titus menilai persoalan jilbab di SMK 2 ini menjadi viral karena adanya penerapan aturan yang keliru dari pihak sekolah. Dia berharap persoalan ini sudah selesai dengan didudukkan secara bersama secara musyawarah dan mufakat.

PGI Sumbar, menurut Titus, menghormati kearifan lokal di Sumatra Barat di mana siswi yang beragama Islam diwajibkan menggunakan seragam berjilbab. Sementara itu umat agama non-Islam baginya tidak harus melakukan intervensi untuk mencabut aturan tersebut.

"Memakai jilbab bagi siswi Muslim itu kan ekspresi iman dan spiritual sesuai ajaran Islam. Kami dari PGI tidak mempersoalkan itu. Tinggal bagaimana regulasinya diatur dari Pemda supaya ada pengecualian-pengecualian," ucap Titus.

Titus berharap persoalan keberatan salah seorang siswi non-Muslim di SMKN 2 tidak sampai ke ranah hukum. Karena persoalan ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan di antara sesama warga Sumatra Barat.

Pada kesempatan yang sama Ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Sumatra Barat, Pendeta Hendri Dunan Sirait, sepakat persoalan jilbab di SMKN 2 Padang tidak perlu lagi diperpanjang.

Hendri merasa toleransi dan saling menghormati keberagaman di Sumatra Barat sudah berlangsung sejak lama. Dia tidak ingin persoalan jilbab di SMK 2 Padang ini menciderai kerukunan umat beragama di Sumbar. "Mari kita jalan bersama-sama ke depan. Kita anggap persoalan jilbab SMK N Padang selesai di sini," ucap Hendri.

https://m.republika.co.id/berita/qnl...smkn-2-selesai

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 20:42

Jangan Terulang

Diubah oleh trimusketeers
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 20:43
Agama sebelah paling damai Klo ada masalah2 yg berkaitan dgn umat mayo emoticon-Leh Uga
Adem emoticon-Shakehand2
Diubah oleh pemukapemuja
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 20:48
Finished but not forgetten
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 20:56
PGI cabang Sumbar terlalu lembek, 15 taon kemaren mingkem doang, baiknya penguruanya diganti juga.
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 22:12
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai

hargai dong
emoticon-Nyepi
0 0
0
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 22:28
Orang berkecipung di dunia pendidikan kok menganggap mudah persoalan, gampang banget anggap ini udah selesai. Kelakuan pendidik itu bakal mempengaruhi generasi masa depan, kalo cetakannya kayak tay babiy ya hasil cetakannya juga gitu ntar.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 23:08
Kita bka lmbran bru.dngan tta trtib aturan yg bru.yg sdah ya sdah.yg akan dtang dprbarui agar mnjdi lbih baik.
profile-picture
superman313 memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 23:14
Kasian bgt dah temen2 minoritas dibuat mengalah terus.

Gue bete bgt dah ama oknum2 sesama agama gue.

Zzz banget
profile-picture
anaksenja92 memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 23:21
maunya sih juga damai dan saling toleransi, di manapun yaa emoticon-Shakehand2

yang agak disayangkan itu kenapa kudu harus ada momentum keributan ini baru aturan terkait ditinjau dan sekarang anak" non-muslim baru "berani" gak pakai jilbab ke sekolahnya (yang notabene negeri) emoticon-Sorry
0 0
0
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 23:47
Lama2 siswi yg muslim melihat temannya ga pake jilbab malah jadi pingin pindah agama. Emang enak seharian kepala ditutupi ? Apa ga panas ? Emang di kelas ads AC ?
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan anaksenja92 memberi reputasi
2 0
2
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 00:12
Yang gak viral apa kabarnya? Apa dikuburkan saja?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 00:22
komentar yg menyejukkan dan utk diknas dievaluasi jgn ada pemaksaan jilbab bagi non muslim haram memaksa orang mengikuti keyakinan orang islam sekian. cebong keep goblok dan nyampah 😂🖕🖕🖕🖕
0 0
0
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 00:25
Kota kadrun
Buahahahahaha
🤣 🤣 🤣
0 0
0
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 00:57
Diberi sanksi dong sekolahnya, masak dibiarin gt aja
emoticon-Bingung
0 0
0
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 01:36
Quote:REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Sumatra Barat Pendeta Titus Wadu mengatakan pihaknya menilai persoalan penggunaan jilbab di SMKN 2 Padang SUDAH SELESAI.

Dia menganggap persoalan ada salah satu siswi non-Muslim SMK N 2 yang keberatan memakai jilbab di sekolah tidak harus sampai kepada persoalan agama dan persoalan hukum.

Baginya persatuan antarumat beragama jauh lebih penting sehingga jangan sampai terpecah akibat satu persoalan kecil. "Bagi kami persoalan ini bukan atas nama agama atau lembaga. Kita bersama-sama harus bijak.


guoblok.!!
enak bnget situh ngegampangin soalan..emoticon-fuck
klo bukan krna atas nama agama trus apa?
jelas2 masalah inih muncul krena tutup mata atas penjajahan kebebasan berekspresi penganut agama:emoticon-Busa:

tenyata msih jauh lbih berhikmat ibuk dan siswi kresten yg protes tsb..emoticon-Big Grin
msih teguh menjaga jati diri dan harga diri..emoticon-Big Grin


liyat yg di atas..
nama ajah si titus.. kek merk jam lawas..emoticon-Ngakak (S)

di gilas sajahlah para pendetak pgi sumbar inih.
cari aman kali akuh tengok mereka..emoticon-fuck
sudah macam si peter sajah klakuannyah..emoticon-Big Grin

bertaon2 mbaca bibel tp sama skli nol besar dlm pemahaman dr esensi keimanan kresten.
pdhl mereka2 ituh gembala2 jemaat emoticon-fuck2

dah jelas ada 4 pilar utama iman yg di sabdaken Yesus bg umatnyah di dlm injil.
kasihi Tuhan,
kasihi sesama,
tdk menentang roh kudus,
dan ndak malu mengaku sbgi pengikut yesus emoticon-rainbow

biyarin.. bsok2 klo pas kebaktian, gueh boikot uwang bt perpuluhan. emoticon-Big Grin
ndak bakalan gueh kaaih smpek PGI pusat ngsih fatwa bg tuch para farisi saduki antek2 kayafas agar tobat nasuha emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 05:10
kita liat mentri agama yg baru ya

0 0
0
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 06:33
Sudah tidak perlu diperpanjang lagi, sudah dianggap selesai tuh gans. Biasanya yang paling rame itu yang dari luar, kalau yang orang situ santai2 saja gak ada masalah yang urgen
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 07:22
iyah, setuju. karena sudah di notice pak mentri dan banyak komentar positif maka masalh ini selesai. semoga kedepannya menjadi pelajaran bagi kita semua tidak ada kejadian seperti ini terulang lagi.
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 07:38
pasti netizen akan kecewa kalo damai
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
28-01-2021 10:10
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia