News
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6010fc2baf7e935590751104/cak-nun-jangan-paksa-cewek-berjilbab-masak-rambut-kelihatan-masuk-neraka
BeritaHits.id - Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib atau Cak Nun menilai pandangan publik mengenai penggunaan jilbab saat ini terlalu berlebihan. Belakangan, isu mengenai penggunaan jilbab kembali menjadi sorotan publik usai muncul kabar siswi di Padang dipaksa memakai jilbab meskipun ia tak beragama Islam. Melalui video berjudul 'Caknun - Guru jangan Paksa Siswi Memakai Jilbab! Tapi Anjurkan Deng
Lapor Hansip
27-01-2021 12:37

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Quote:BeritaHits.id - Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib atau Cak Nun menilai pandangan publik mengenai penggunaan jilbab saat ini terlalu berlebihan.

Belakangan, isu mengenai penggunaan jilbab kembali menjadi sorotan publik usai muncul kabar siswi di Padang dipaksa memakai jilbab meskipun ia tak beragama Islam.

Melalui video berjudul 'Caknun - Guru jangan Paksa Siswi Memakai Jilbab! Tapi Anjurkan Dengan Cara yang Bijaksana' yang dibagikan oleh kanal Adonara Shop TV pada Minggu (24/1/2021), Cak Nun memberikan pandangannya tentang pemikiran publik soal jilbab.

"Mosok rambute ketok titik metu teko jilbab sak lembar i mlebu neroko cobo. Cek angele urip iki (masak rambutnya kelihatan sedikit keluar dari jilbab sehelai saja masuk neraka coba. Kok sulit sekali hidup ini)" kata Cak Nun seperti dikutip Suara.com, Selasa (26/1/2021).

Cak Nun menyoroti komentar di dunia maya yang kerap kali menghakimi para wanita yang tak mengenakan jilbab.

Kebanyakan orang langsung menjatuhkan vonis kepada perempuan tak berjilbab akan menjadi penghuni neraka.

"Dikit-dikit neraka. Ya Allah kok banyak sekali takmir neraka ini. Yang menentukan dan mendaftari orang masuk neraka itu lho. Sekarang coba, orang tidak jilbaban kan langsung kalau di medsos tu 'ini penghuni neraka'" ungkapnya.

Penulis puisi 'Lautan Jilbab' itu mencontohkan beberapa perempuan muslim yang tak mengenakan jilbab. Mereka adalah istri Buya Hamka dan juga ibunya sendiri.

Kedua perempuan muslim itu tak mengenakan jilbab, melainkan sebuah kerudung.

Bahkan, sebelum 1980 tak ada satupun perempuan muslim yang berangkat ke sekolah mengenakan jilbab.

Cak Nun tak mampu membayangkan jika perempuan muslim tak berjilbab masuk neraka, maka penghuni neraka ternyata berisi para leluhur.

"Lha bayangkan, penghuni neraka banyak sekali ternyata mbah-mbah, ibu-ibu kita, ya Allah," tuturnya.

Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.

Menurutnya, memaksakan orang lain menggunakan jilbab tidak akan memberikan dampak baik. Ia mencontohkan sosok sang ibu yang tak pernah memaksa putrinya berjilbab, hal itu juga dilakukan Cak Nun terhadap putrinya.

Pasalnya, setiap orang memiliki momentum hidayah masing-masing. Sebagai sesama muslim sebaiknya saling mendoakan, bukan justru memaksakan.

"Setiap orang mendapat momentum hidayahnya masing-masing. Kita doakan semuanya," tukasnya.

https://hits.suara.com/read/2021/01/...n-masuk-neraka


Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.


Yg digaris bawahin, gw setuju banget..... emoticon-thumbsup

Yg nentuin orang masuk surga ato neraka itu bukan orang yg sok suci.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 68 lainnya memberi reputasi
67
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 6
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 07:20
iyaa dan akhir akhir ini juga banyak yang menjadi panitia surga, dikit dikit masuk neraka, dikit dikit dosa.
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 07:31
Pemerintah sendiri kurang tegas
Harusnya bisa bedakan mana sekolah negeri dan pesantren.
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 07:32
saya condong setuju dengan pendapat cak nun ini, bahwa pemaksaan dalam hal kebaikan itu akibatnya bisa fatal, paling buruk adalah terjadinya banalisme.. tapi sebagian nurani saya juga berkata, kalau sudah tahu itu kebaikan mengapa kita juga ngga seyogyanya berusaha untuk menjemput kebaikan tersebut.. pakai jilbab itu kebaikan dan syariat lho, kenapa juga selalu ada alasan-alasan? mulai aja dulu, momen hidayah itu selain mendatangi seseorang juga perlu ada feedback dari pribadi yang bersangkutan untuk untuk secara proaktif mendatangi hidayah tersebut..
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 07:34
Memaksa dalam beragama memang tidak boleh. Tapi mengingatkan dengan cara baik sangat dianjurkan Tuhan. Muslimah yang gak mau pake hijab di zaman sekarang yang sudah banyak refrensi yang bisa diakses hadistnya dan keterangan ayatnya akan mendapat rugi.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 08:03
Jika Surga dan Neraka tak pernah ada.... Masihkah kau.... Bersujud kepadaNya....




Sorga Neraka buat mereka yg keras kepala
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 08:55
berjilbab bagi wanita adalah konsekuensi berislam
kalo bukan islam, jelas ga wajib apalagi dipaksa, malah dosa

kalo islam tapi ga berjilbab, tetap ga boleh dipaksa berjilbab
tugas ulama hanya menyampaikan, pilihan ada di diri sendiri
Diubah oleh raysat3d
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 09:19
Melihat rambut di kepala memang langsung birahi

Kalau seperti itu lihat rambut di kepala langsung birahi

Itu namanya tidak normal

Diubah oleh daimond25
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 09:29
Silakan protes Al Qur'an yang terdapat perintah tersebut cak.. Berani gak?
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 09:57
pokoknya yang tidak nurut fuenduafat hatei auto kuafier
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 10:22
di dunia triakin yg tidak agamis masuk neraka karena yg nriakin merasa sudah berpakaian yg agamis padahal kelakuan nya ky sampah eh pas akhir jaman yg triak2 malah masuk neraka yg di triakin masuk surga apa ga nyesel.. yg menilai manusia nanti Sang Pencipta.. Sang Pencipta menimbang perbuatan kita skarang bukan menilai casing..
klo menurut ane sih apapun agama nya berbuat lah kebaikan jangan menghakimi yg berbeda dengan kita karena hakim yg paling adil di muka bumi ini cuma Sang Pencipya
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 10:25
Itu jilbab bukan aturan manusia Cak.
Ente pake Al Quran versi mana ?
Syi'ah juga berjilbab meskipun mereka mengaku punya Al Quran yang beda.
Surga atau Neraka memang urusan Allah.
Tapi cara masuk Surga udah dijelaskan dalam kitab suci-Nya.
Ibarat ente bawa mobil mau selamat ya ikuti cara nyetir yang bener dan atutan lalu lintas. Gak bisa beralasan suka2 ane mau ngebut kek, lewat sebelah kanan kek, yang penting gak nabrak orang.
Diubah oleh Hendracute
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 10:28
Salah satu orang muslim yg paling gua respek ya beliau ini..
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 13:18
lah bukannya cak nun ngaku kalo dia yg bikin gerakan lautan jilbab?
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 13:48
Bener sih di tahun 1990 an jilbab masih jarang
Mulai nge tren thn 2010 an keatas....
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 21:16
Dari dulu udah setuju Cak Nun, tp apa daya sekitar kita lebih banyak yg konservatif soal agama 😶

Buat ane, drpd soal jilbab,
Yang diinget selalu malah kata2 dari 'om' ane, 'siji sing kudu dilakoni, belajar ra nyakiti ati wong liyo, aku ra popo mlebu neraka utowo surgo, sing penting Gusti Allah ridho, selama Gusti ridho, nang ndi ae dadi panggonan terbaik-Nya nggo dewe'.
profile-picture
ScarletWitch080 memberi reputasi
1 0
1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
28-01-2021 23:53
Quote:Original Posted By ScarletWitch080

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.

Ente salah emoticon-Blue Guy Bata (L)

UAS lah yg menentukan seseorang masuk neraka/surga..
UAS jg yg menentukan haram/tidak nya sesuatu hal..

In somat we trust emoticon-Malu (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
30-01-2021 12:12
Ingatlah Saudaraku

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim no. 2392)
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
05-02-2021 07:11
Setuju lah cuma tuhan yg bisa nentuin kita masuk neraka atau surga. Kadang manusia ada ada aja bisa ngelebihin tuhan
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
05-02-2021 07:33
Indon mah makin kesini makin kolot kebalikan ngarab
0 0
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia