News
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6010fc2baf7e935590751104/cak-nun-jangan-paksa-cewek-berjilbab-masak-rambut-kelihatan-masuk-neraka
BeritaHits.id - Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib atau Cak Nun menilai pandangan publik mengenai penggunaan jilbab saat ini terlalu berlebihan. Belakangan, isu mengenai penggunaan jilbab kembali menjadi sorotan publik usai muncul kabar siswi di Padang dipaksa memakai jilbab meskipun ia tak beragama Islam. Melalui video berjudul 'Caknun - Guru jangan Paksa Siswi Memakai Jilbab! Tapi Anjurkan Deng
Lapor Hansip
27-01-2021 12:37

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Quote:BeritaHits.id - Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib atau Cak Nun menilai pandangan publik mengenai penggunaan jilbab saat ini terlalu berlebihan.

Belakangan, isu mengenai penggunaan jilbab kembali menjadi sorotan publik usai muncul kabar siswi di Padang dipaksa memakai jilbab meskipun ia tak beragama Islam.

Melalui video berjudul 'Caknun - Guru jangan Paksa Siswi Memakai Jilbab! Tapi Anjurkan Dengan Cara yang Bijaksana' yang dibagikan oleh kanal Adonara Shop TV pada Minggu (24/1/2021), Cak Nun memberikan pandangannya tentang pemikiran publik soal jilbab.

"Mosok rambute ketok titik metu teko jilbab sak lembar i mlebu neroko cobo. Cek angele urip iki (masak rambutnya kelihatan sedikit keluar dari jilbab sehelai saja masuk neraka coba. Kok sulit sekali hidup ini)" kata Cak Nun seperti dikutip Suara.com, Selasa (26/1/2021).

Cak Nun menyoroti komentar di dunia maya yang kerap kali menghakimi para wanita yang tak mengenakan jilbab.

Kebanyakan orang langsung menjatuhkan vonis kepada perempuan tak berjilbab akan menjadi penghuni neraka.

"Dikit-dikit neraka. Ya Allah kok banyak sekali takmir neraka ini. Yang menentukan dan mendaftari orang masuk neraka itu lho. Sekarang coba, orang tidak jilbaban kan langsung kalau di medsos tu 'ini penghuni neraka'" ungkapnya.

Penulis puisi 'Lautan Jilbab' itu mencontohkan beberapa perempuan muslim yang tak mengenakan jilbab. Mereka adalah istri Buya Hamka dan juga ibunya sendiri.

Kedua perempuan muslim itu tak mengenakan jilbab, melainkan sebuah kerudung.

Bahkan, sebelum 1980 tak ada satupun perempuan muslim yang berangkat ke sekolah mengenakan jilbab.

Cak Nun tak mampu membayangkan jika perempuan muslim tak berjilbab masuk neraka, maka penghuni neraka ternyata berisi para leluhur.

"Lha bayangkan, penghuni neraka banyak sekali ternyata mbah-mbah, ibu-ibu kita, ya Allah," tuturnya.

Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.

Menurutnya, memaksakan orang lain menggunakan jilbab tidak akan memberikan dampak baik. Ia mencontohkan sosok sang ibu yang tak pernah memaksa putrinya berjilbab, hal itu juga dilakukan Cak Nun terhadap putrinya.

Pasalnya, setiap orang memiliki momentum hidayah masing-masing. Sebagai sesama muslim sebaiknya saling mendoakan, bukan justru memaksakan.

"Setiap orang mendapat momentum hidayahnya masing-masing. Kita doakan semuanya," tukasnya.

https://hits.suara.com/read/2021/01/...n-masuk-neraka


Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.


Yg digaris bawahin, gw setuju banget..... emoticon-thumbsup

Yg nentuin orang masuk surga ato neraka itu bukan orang yg sok suci.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 68 lainnya memberi reputasi
67
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:28
buang saja ajaran sampah di tempat sampah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakdalang dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:31
mengapa baju tradisional kita khusus nya jawa lebih terbuka..??

karena iklim kita tropis lembab daerah kepulauan..jd lebi nyaman pake busana terbuka..

mengapa arab busana ny tertutup..?

karena iklim dsana panas menyengat dan berdebu/pasir..jd lebi safety dan nyaman pake busana tertutup..

jadi...ini bukan karena agama..tapi budaya..

budaya di tentukan geografis..



kayaknye si bgitu bre..

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:34
Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.

Kalimat di atas sudah puluhan taon yang lalu gue dengar dari alm. guru ngaji gue, waktu gue belajar ke beliau taon 1988-1991.
Padahal beliau termasuk yang agak berhati-hati. Beda dengan guru agama gue waktu SMA yg cenderung lebih rileks dalam menjalankan perintah agama.
profile-picture
not.a.member. memberi reputasi
1 0
1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:34
Padahal yahudi lbh dulu berjilbab
profile-picture
cPOP memberi reputasi
1 0
1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:38
duy si penguasa kerak nerakaemoticon-Wakaka
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:38
Ane setuju. Masalah surga neraka, dosa pahala itu cuma Tuhan yg bisa menentukan. Manusia yg suka menyebut org lain masuk neraka itu macam Tuhan aja jadinya
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:38
Well, ini menarik. Lantas dengan konsep berfikir yang salah tentang surga dan neraka yang mereka asumsikan itu, yang salah siapa?

Ustadnya kah? Gwe bingung, bagi yang muslim tolong kasih tahu. Untuk menjadi Ustad itu disini gak perlu sekolah keagamaan seperti itu ya? Jika ya, so shame. Dan wajar saja, akhirnya umat mengartikan sebuah ayat kitabnya suka-suka dan ya jadi terkesan semau "udel".

Dan konsep pemikiran ini gak hilang-hilang bahkan dijaman yang katanya modern ini. Artinya, masih ada yang mengajarkan hal-hal yang gak masuk diakal seperti itu.

Jadi maksudnya, selama ini yang kita perbaiki itu masalahnya. Bukan akar dari masalahnya. Wajar saja kalau masalah2 seperti ini selalu akan ada, wong yang ngajarin ajah masih nda mengerti.

Gwe setuju tuh pemerintah mau buat standarisasi untuk ustad-ustad, biar juga mereka gak serampangan untuk memberikan ideologi. Supaya agama tidak jadi korban daripada yang katanya "OKNUM" tapi anehnya banyak.

Maaf, no offense.
emoticon-Maaf Agan
Diubah oleh bumbleblee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masgembus dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:43
Tapi ada kelompok islam yg dgn pedenya klo mereka dah pasti masuk surga emoticon-Embarrassment

Bahkan berani menuduh org lain kafir emoticon-Embarrassment
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:54
setuju sama cak Nun nih, emang panutan banget
yang ngga berhijab siapa tau sedekahnya lebih banyak, nggak suka nyinyirin orang, suka nolong, sholatnya malah nggak dipamerin, ibadahnya cuman buat dia sama tuhannya ya nggak
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 13:55
Bukannya kemarin Cak Nun bahas kilafah di serang bujeRp ya emoticon-Cape d...

Kok sekarang jadi penjilat mbah Nun emoticon-Bingung
profile-picture
Sadhunter memberi reputasi
0 1
-1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:10
Nah yg gini baru adem.. boleh dijadikan panutan emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:22
yg nyembah reklame pasti protes
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:24
Ane pernah dengar dari teman ane bahwa temannya cewek yang selalu pakai hijab. Setiap dia pulang sekolah selalu dibuka jilbabnya. Dia menutupi rambutnya yang diwarna warni emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Penggunaan jilbab itu lebih kepada budaya timur tengah. Terutama suster katolik sebenarnya punya konsep menutupi rambutnya menggunakan kain. Apakah itu bukan termasuk kategori jilbab? Jika menonton film tentang nabi orang kristen, rata rata wanita di film itu bahkan menggunakan jilbab juga kan. Lalu ibu dari Tuhan Kristiani, juga menggunakan jilbab juga.
Tetapi pada nyatanya, yg mereka anggap kofar kafir itu masuk neraka jg? Kan mereka berhijab juga.
Kita punya beragam budaya, ras, agama, suku dan antar golongan. Di era modern ini, kita punya hak untuk kebebasan kita. Mengapa harus dibatasi? Hidup dengan baik dan benar serta membantu tanpa pandang bulu maka, anda akan mendapatkan tiket ke surga karena jiwa yang beriman hanya Tuhan yang menilai tapi mulut yang beriman hanya manusia yang menilai emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Diubah oleh saintwarrior
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:25
beda server , Islam nusantara ini sih .. terserah dia aja
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:25
Pffftttt....

Beda kelas...


emoticon-Wakaka
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:28
tuh tanya ahli nya kang harom ama tengku zulkiprit
jago bet ngomong neraka
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:29
suruh cewe pake ini pake itu,harus ini harus itu adalah suatu bentuk diskriminasi bagi wanita..

kalo sangek an lihat cewek kenapa ga itu kuontol aja di kebiri?

anda dapat musibah bilang itu cobaan dari Tuhan,kenapa kalo liat cewek cakep ga di anggap cobaan juga bagi kuontol nya...

namanya cobaan dari Tuhan pasti datang nya tiba2,kalo ga kuat liat cewek(cakep) dan sangek an,mending di rumah aja tidur dan sholat tepat waktu,pasti masuk surga juga...

profile-picture
ursa.minor memberi reputasi
1 0
1
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:56
Dipertegas lg...yg menentukan manusia masuk surga atau neraka itu bukan kadrun dan golongannya.
Biarkan anjing menggonggong, tp klo nyerang...ya timpuk bata!!
emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:57
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Majalahnya bukan di ceweknya sebetulnya,

majalahnya adalah orang2 seperti ayah naen itu tergoda melihat dedek gemes yang rambutnya tergerai dan leher jenjang,

artinya menjerumuskan ayah naen dan temen2nya ke dalam neraka,
membuat 'ulama' masuk neraka hukumannya neraka.

Jadi pilihannya tinggal,

1) membiarkan orang2 seperti ayah naen dan memaksa cewek berjilbab
atau
2) membiarkan cewek tidak berjilbab dan memusnahkan ayah naen dkk.



emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:57
Baiklah emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia