Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600f7ec87e3a723d516dba5b/mengenal-de-javu-dan-penyebabnya
Haloo agan-agan semua. Balik lagi dengan ane zeroo236. Pada thread kali ini ane ingin membahas suatu hal yang umum. Apakah hal tersebut?? Sesuai judul yang ane angkat, ane akan membahas tentang de javu dan penyebab terjadinya. De javu merupakan sensasi luar biasa kuat ketika agan-agan pernah merasakan mengalami hal tersebut, seolah-olah hal tersebut sudah pernah dilihat/dialami sebelumnya. Contohn
Lapor Hansip
26-01-2021 09:30

MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!

MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!

Haloo agan-agan semua. Balik lagi dengan ane zeroo236. Pada thread kali ini ane ingin membahas suatu hal yang umum. Apakah hal tersebut?? Sesuai judul yang ane angkat, ane akan membahas tentang de javu dan penyebab terjadinya. De javu merupakan sensasi luar biasa kuat ketika agan-agan pernah merasakan mengalami hal tersebut, seolah-olah hal tersebut sudah pernah dilihat/dialami sebelumnya. Contohnya seperti ketika agan-agan menjelajahi suatu tempat tetapi agan-agan seolah-olah merasa pernah menyusuri tempat tersebut bahkan merasa pohon dan jalan di tempat tersebut terasa familiar.

P E N Y E B A B

Terkait penyebab de javu, sudah banyak teori-teori dari para ahli bermunculan. Berikut beberapa teori yang mungkin bisa diterima terkait de javu

1. Teori Split Perception

MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!

Teori split perception adalah keadaan dimana agan-agan melihat sesuatu pada dua waktu yang berbeda. Teori split perception terjadi ketika pikiran kita sedang terganggu dan tidak dapat berkonsentrasi secara penuh terhadap suatu peristiwa. Dengan kata lain ketika konsentrasi terganggu maka bisa menyebabkan terjadinya efek de javu.

2. Teori Memory Recall

MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!

Banyak para ahli percaya bahwa de javu ada hubungannya dengan agan-agan memproses dan mengingat ingatan. Penelitian yang dilakukan oleh anne cleary melalui karyanya dia menemukan bukti yang menunjukan bahwa de javu dapat terjadi sebagai respon terhadap peristiwa yang pernah agan-agan alami tetapi tidak di ingat, mungkin itu terjadi jauh di masa lalu agan-agan sekalian. Meskipun agan tidak bisa mengakses ingatan itu, otak agan masih tahu agan pernah mengalami peristiwa yang sama.

3. Teori Malfungsi Sirkuit Otak Minor

MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!

Teori ini menyatakan bahwa de javu terjadi ketika otak agan-agan sekalian mengalami gangguan dan mengalami kerusakan listrik singkat layaknya serangan epilepsi. Malfungsi ini bisa terjadi sebagai semacam campur aduk antara bagian otak yang melacak peristiwa saat ini dan bagian otak yang mengingat ingatan.


Sumber
Gambar : Google Images
Tulisan : https://www.healthline.com/health/me...deja-vu#causes


profile-picture
profile-picture
Herbalcovid24 dan Anonytuneee305 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 09:33
Ane pernah nih ngalamin de Javu waktu bepergian
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 09:52
pernah ngalamin dejavu,sampe bisa prediksi kejadian beberapa detik selanjutnya. misal dari pintu bakal muncul siapa,orang yg disamping ane bakal ngapain.
ane pikir mungkin cm kebetulan,karena sampe sekarang belum ngalamin lagi.
profile-picture
profile-picture
Kireta_kun dan d.caesar memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 10:02
Kayaknya de javu yang dimaksud terlampau sempit pengertiannya.
https://id.wikipedia.org/wiki/D%C3%A9j%C3%A0_vu

Mungkin karena yang dites adalah orang dewasa. Yang mana apa yang dikemukakannya bisa saja terbias oleh persepsi pribadinya. Belum lagi pertanyaan yang diajukan, yang mungkin saja berpeluang untuk menyetir opini-persepsi orang yang bersangkutan.

Hasil yang berbeda mungkin akan didapat bila anak kecil turut dites.
Walau memang, anak kecil biasanya tidak akan mengeluh-mengkritisi apa-apa saja keanehan yang ia alami-rasakan, karena merasa bahwa itu adalah hal yang wajar.
===> Terkait ini bandingkan dengan kasus saat bocah kecil pria kebingungan ketika mandi bersama bocah kecil wanita dan mendapati ternyata ada yang berbeda pada tubuhnya. Dimana pikiran itu belum pernah dia alami sebelumnya, karena menyangka bahwa tubuh manusia itu sama semua.
profile-picture
Zeroo236 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 10:48
Gitu yah.

kadang sih,
tapi gak sering alami
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 11:45
kalo mimpi basah tiap malem kira kira karna kenapa ya emoticon-Wow
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 12:16
ane pernah dejavu nih

ok sip jadi udah tau penyebabnya
Diubah oleh ushirota
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 12:35
Atau jangan2 ane emang berasal dari masa depan nih gan. Trus balik ke masa kini
emoticon-Takut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 12:41
Deja Vu itu karena gangguan sistem dalam Matrix. biasanya karena mereka mengubah sesuatu.
GIF
Diubah oleh leighkurgnovan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 12:54
Pilem De Javu juga keren gan
profile-picture
blues... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 14:04
Ane selalu mengalami kalau lagi ketempat" yg asing emoticon-Malu (S)
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 14:39
de javu ini sebelah mananya de pok ya ? emoticon-Gila
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 15:38
masih sebatas teori dan belum terkuak spenuhnya.
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 18:56
otak ya , mesti sering makan otak2 ni
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 21:36
Sering bgt nih ane berasa dejavu, bisa gitu ya otak
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 22:11
Ane juga pernah nih ngalamin de javu, perasaan udah ngelewatin momen ini tapi ngga inget kapan kejadianya
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 22:27
gangguan otak lah yaa... de javu sampe tau next scene nya apa itu amazing banget sih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 23:34
Lawannya Deja vu adalah Jamais vu. Jamais vu adalah keadaan sesaat tidak mengenali orang, kata, ataupun tempat yang sebenarnya sudah kita ketahui sebelumnya. Dalam bahasa Prancis, jamais vu berarti "tidak pernah melihat." Biasanya hal ini terjadi, jika kita mengucapkan atau menulis sebuah kata tertentu secara berulang-ulang.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
26-01-2021 23:35
sering de javu gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
28-01-2021 00:34
Tapi sebenernya de javu itu emang udah pernah ngalamin beneran atau cuma perasaan kita aja ya?
0 0
0
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!
29-01-2021 01:32
Wah baru tau ternyata teorinya banyak ya, nice info gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia