News
Batal
KATEGORI
link has been copied
445
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600e717968cc9506f07d1c2d/cerita-sejumlah-siswi-nonmuslim-di-smkn-2-padang-pilih-berjilbab-ke-sekolah
Aturan soal siswi nonmuslim diminta berjilbab di SMK Negeri 2 Padang menjadi sorotan. Sejumlah siswi nonmuslim pun menceritakan mereka memilih menggunakan jilbab meski sebenarnya tak pernah ada paksaan agar mereka berkerudung ke sekolah.
Lapor Hansip
25-01-2021 14:21

Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah

Past Hot Thread
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah


Padang - Aturan soal siswi nonmuslim diminta berjilbab di SMK Negeri 2 Padang menjadi sorotan. Sejumlah siswi nonmuslim pun menceritakan mereka memilih menggunakan jilbab meski sebenarnya tak pernah ada paksaan agar mereka berkerudung ke sekolah.
Salah satu siswi, Elisabeth Angelia Zega, bercerita soal dirinya yang telah memakai kerudung untuk pergi ke sekolah sejak duduk di bangku SMP. Dia mengaku pihak sekolah tak pernah memaksa dirinya yang nonmuslim untuk berjilbab.
"Tidak ada unsur paksaan. Dan saya juga sudah dari SMP memakai jilbab ini," kata Elisabeth Angelia Zega di SMKN 2 Padang, Senin (25/1/2021).

Dia mengaku tak keberatan dan merasa tidak dirugikan dengan mengenakan pakaian yang membuat dirinya seperti siswi beragama Islam. Menurutnya, masalah keimanannya tak terganggu gara-gara menggunakan pakaian seperti siswi beragama Islam.
"Walau di sekolah pakaian saya seperti ini (pakai jilbab) iman saya tetap percaya Tuhan Yesus. Tak ada tekanan batin kalau pakaian pakai jilbab," kata Angel.
Siswi lainnya, Yulita Harefa, juga menyebut dirinya tak masalah menggunakan jilbab meski bukan pemeluk agama Islam. Dia mengaku sudah sejak SMP menggunakan jilbab saat sekolah.
"Sudah sejak SMP saya memakai jilbab ke sekolah, saya tidak pernah minder," ujar Yulita.
Siswi yang duduk di Kelas XII SMKN 2 Padang itu mengaku sempat merasa canggung saat awal-awal menggunakan jilbab di bangku SMP. Dia mengaku belajar memakai jilbab dari kakaknya yang juga menggunakan jilbab saat ke sekolah.

"Saya belajar memasang jilbab dari kakak, kebetulan kakak juga belajar di sekolah negeri dan memakai jilbab," jelas dia.
Siswi lainnya, Eka Maria Putri Waruwu, mengatakan jilbab yang dipakainya ke sekolah merupakan bagian dari seragam sekolah. Dia mengatakan tak ada pengaruh penggunaan jilbab dengan keimanannya sebagai Kristen.
"Pakaian seperti ini (pakai jilbab) hanya atribut saja kok. Identitas saya sebagai pelajar SMK 2. Tidak kaitan dengan masalah iman," katanya.

Eka mengaku sudah menggunakan jilbab sejak duduk di kelas IV SD. Dia mengaku bisa saja ke sekolah tanpa memakai jilbab karena tak ada kewajiban bagi siswi nonmuslim untuk menggunakan jilbab ke sekolah.
Sebagai informasi, para siswi tersebut datang ke sekolah karena SMKN 2 Padang sudah mulai menerapkan belajar tatap muka di tengah pandemi. Jumlah murid yang hadir ke sekolah dibatasi dan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan ketat selama di sekolah.
Sebelumnya, video adu argumen orang tua siswa dengan Wakil Kepala SMK Negeri 2 Padang viral di media sosial. Orang tua dan pihak sekolah terlibat adu argumen soal kewajiban siswi, termasuk yang nonmuslim, menggunakan jilbab di sekolah.

Dilihat detikcom, Jumat (22/1), video itu diunggah oleh akun Facebook Elianu Hia. Elianu mengatakan dirinya dipanggil pihak sekolah karena putrinya tidak menggunakan jilbab saat ke sekolah.
Elianu mengaku dipanggil melalui pesan lisan pihak sekolah kepada anaknya. Dia menyebut anaknya sudah 3 minggu dipanggil oleh pihak bimbingan dan konseling (BK) gara-gara tak memakai jilbab.

Pihak sekolah sudah buka suara dan menyatakan tak ada paksaan bagi siswi nonmuslim untuk memakai jilbab ke sekolah. Disdik Sumatera Barat juga telah membentuk tim untuk mengusut masalah ini. Pihak Disdik Sumbar menyebut tak pernah ada intimidasi bagi siswi nonmuslim untuk memakai jilbab.
Sementara itu, Mendikbud Nadiem Makarim meminta masalah ini segera diselesaikan. Dia memerintahkan agar pihak yang terlibat dengan aturan intoleran tersebut diberi sanksi.
"Saya meminta pemerintah daerah sesuai dengan mekanisme yang berlaku, segera memberikan sanksi yang tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak yang terbukti terlibat, termasuk kemungkinan menerapkan pembebasan jabatan, agar permasalahan ini menjadi pembelajaran kita bersama ke depannya," ucap Nadiem.


SUMBER

Kalo suka makenya ya lanjut. Tapi yg tidak ingin memakainya tidak boleh di paksa atau diintimidasi macem2.
Diubah oleh boykeadam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 45 lainnya memberi reputasi
42
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:24
gak dipaksa cuma dipanggil ke sekolah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 28 lainnya memberi reputasi
28 1
27
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:24
Ya itu yg sukarela pakai, kalo nggak mau pakai ya jgn dipaksa jg. jadi ingat topi santa Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah tiap taun ribut melulu, ini namanya what goes around comes back around.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:29
koar2 katanya ngak ada paksaan , tapi begitu ada yg ngak mau nurut langsung di panggil org tuanya emoticon-Gila emoticon-Gila emoticon-Gila emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:33
tuh denger mereka aja suka rela kok yang gak sekolah sana yang ribut
gak ada unsur pemaksaan disini jadi jangan ngomongin hambuger lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 32 lainnya memberi reputasi
8 25
-17
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:34
ane yakin waktu di smp siswi2 non muslim ini punya inisiatif sendiri memilih berjilbab..... emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 12 lainnya memberi reputasi
11 2
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:34
Jadi inget dulu tetangga gue punya anak cewek (agamanya kristen), ke sekolah negeri pake jilbab + kalung rosario. Pihak sekolah malah marah2 karena dianggap mengganggu akidah atau apalah emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 30 lainnya memberi reputasi
30 1
29
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:36
menurut sy seharusnya para siswi ini bersyukur karena telah di tuntun dalam hal menutup aurat dan berpakaian yang sopan
.. hal yang pasi tidak mereka dapatkan dari pada orang tua dan pemimpin pemimpin agama mereka...
Diubah oleh jahemerah127
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 54 lainnya memberi reputasi
9 46
-37
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:36
logika saja
klo ga di paksa
ngapain jeni di panggil guru bp trus?
sampai orang tua ikut dipanggil?
coba di jawab

di kandang teroris lu sebut mereka kejam
ya lgsg di tebas lah

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 31 lainnya memberi reputasi
31 1
30
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:38
Ga ada paksaan koq...

Cuma wajib...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupuklatos dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:46
ga dipaksa kok tapi klo ga pake, auto dijauhin dan dihindari macam hindarin bencana, auto dipandang sinis, auto dicuekin guru, dll emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:48
sesuatu yg salah jgn di benarkan krn kadrun anjing banyak bat di sosmed

sekolah itu harus mentaati aturan dari mendikbud, nah skg di mendikbud ada gak aturan seperti itu?

simple aja, bagaimana siswa mentaati aturan dari sekolah jika sekolahnya sendiri gak taat aturan? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lucid dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 115 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 115 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:49
Quote:Original Posted By jahemerah127
menurut sy seharusnya para siswi ini bersyukur karena telah di tuntun dalam hal menutup aurat dan berpakaian yang sopan
.. hal yang pasi tidak mereka dapatkan dari pada orang tua dan pemimpin pemimpin agama mereka...



Menutup aurat adalah kewajiban pria dan wanita muslimm , bukan untuk wanita saja .. truss kafan BAPAKKAU memakai sorban dan celana cingkrangerz itu yang diajarkan oleh femimpin agamamu ..

Kain yang berada di bawah mata kaki itu berada di neraka.” (HR. Bukhari no. 5787)

emoticon-Mewek


Diubah oleh indrae9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:50
Aturan yang sebenernya salah tapi lama lama jadi kebiasaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:54
ga ada paksaan, cuma peer presure aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:56
Giliran topi santa .... dianggap bs mengganggu akidah ..






Napa bisa gitu yaaa...

*tanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rendi225 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:58
Sekolah negeri manfaatin celah keluguan siswi2 non muslim yg nurut aja disuruh pake jilbab tiap hari

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:58
Zega, Harefa, Waruwu

orang Nias semua ya.

...
mungkin bisa dijadikan motivasi buat bupati Nias menyediakan sekolah negeri yang lebih bagus di Nias, biar anak-anak Nias tidak perlu sekolah ke Padang lalu didiskriminasi.

Atau lebih jauh lagi: mengembangkan ekonomi Nias sedemikian sehingga orang Nias tidak usah merantau ke Padang, sehingga anaknya mesti sekolah di Padang lalu didiskriminasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:58
Quote:Original Posted By boykeadam
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah


Padang - Aturan soal siswi nonmuslim diminta berjilbab di SMK Negeri 2 Padang menjadi sorotan. Sejumlah siswi nonmuslim pun menceritakan mereka memilih menggunakan jilbab meski sebenarnya tak pernah ada paksaan agar mereka berkerudung ke sekolah.
Salah satu siswi, Elisabeth Angelia Zega, bercerita soal dirinya yang telah memakai kerudung untuk pergi ke sekolah sejak duduk di bangku SMP. Dia mengaku pihak sekolah tak pernah memaksa dirinya yang nonmuslim untuk berjilbab.
"Tidak ada unsur paksaan. Dan saya juga sudah dari SMP memakai jilbab ini," kata Elisabeth Angelia Zega di SMKN 2 Padang, Senin (25/1/2021).


Dia mengaku tak keberatan dan merasa tidak dirugikan dengan mengenakan pakaian yang membuat dirinya seperti siswi beragama Islam. Menurutnya, masalah keimanannya tak terganggu gara-gara menggunakan pakaian seperti siswi beragama Islam.
"Walau di sekolah pakaian saya seperti ini (pakai jilbab) iman saya tetap percaya Tuhan Yesus. Tak ada tekanan batin kalau pakaian pakai jilbab," kata Angel.
Siswi lainnya, Yulita Harefa, juga menyebut dirinya tak masalah menggunakan jilbab meski bukan pemeluk agama Islam. Dia mengaku sudah sejak SMP menggunakan jilbab saat sekolah.
"Sudah sejak SMP saya memakai jilbab ke sekolah, saya tidak pernah minder," ujar Yulita.
Siswi yang duduk di Kelas XII SMKN 2 Padang itu mengaku sempat merasa canggung saat awal-awal menggunakan jilbab di bangku SMP. Dia mengaku belajar memakai jilbab dari kakaknya yang juga menggunakan jilbab saat ke sekolah.

"Saya belajar memasang jilbab dari kakak, kebetulan kakak juga belajar di sekolah negeri dan memakai jilbab," jelas dia.
Siswi lainnya, Eka Maria Putri Waruwu, mengatakan jilbab yang dipakainya ke sekolah merupakan bagian dari seragam sekolah. Dia mengatakan tak ada pengaruh penggunaan jilbab dengan keimanannya sebagai Kristen.
"Pakaian seperti ini (pakai jilbab) hanya atribut saja kok. Identitas saya sebagai pelajar SMK 2. Tidak kaitan dengan masalah iman," katanya.

Eka mengaku sudah menggunakan jilbab sejak duduk di kelas IV SD. Dia mengaku bisa saja ke sekolah tanpa memakai jilbab karena tak ada kewajiban bagi siswi nonmuslim untuk menggunakan jilbab ke sekolah.
Sebagai informasi, para siswi tersebut datang ke sekolah karena SMKN 2 Padang sudah mulai menerapkan belajar tatap muka di tengah pandemi. Jumlah murid yang hadir ke sekolah dibatasi dan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan ketat selama di sekolah.
Sebelumnya, video adu argumen orang tua siswa dengan Wakil Kepala SMK Negeri 2 Padang viral di media sosial. Orang tua dan pihak sekolah terlibat adu argumen soal kewajiban siswi, termasuk yang nonmuslim, menggunakan jilbab di sekolah.

Dilihat detikcom, Jumat (22/1), video itu diunggah oleh akun Facebook Elianu Hia. Elianu mengatakan dirinya dipanggil pihak sekolah karena putrinya tidak menggunakan jilbab saat ke sekolah.
Elianu mengaku dipanggil melalui pesan lisan pihak sekolah kepada anaknya. Dia menyebut anaknya sudah 3 minggu dipanggil oleh pihak bimbingan dan konseling (BK) gara-gara tak memakai jilbab.
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Pihak sekolah sudah buka suara dan menyatakan tak ada paksaan bagi siswi nonmuslim untuk memakai jilbab ke sekolah. Disdik Sumatera Barat juga telah membentuk tim untuk mengusut masalah ini. Pihak Disdik Sumbar menyebut tak pernah ada intimidasi bagi siswi nonmuslim untuk memakai jilbab.
Sementara itu, Mendikbud Nadiem Makarim meminta masalah ini segera diselesaikan. Dia memerintahkan agar pihak yang terlibat dengan aturan intoleran tersebut diberi sanksi.
"Saya meminta pemerintah daerah sesuai dengan mekanisme yang berlaku, segera memberikan sanksi yang tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak yang terbukti terlibat, termasuk kemungkinan menerapkan pembebasan jabatan, agar permasalahan ini menjadi pembelajaran kita bersama ke depannya," ucap Nadiem.


SUMBER

Kalo suka makenya ya lanjut. Tapi yg tidak ingin memakainya tidak boleh di paksa atau diintimidasi macem2.


Pake jilbab sampai kayak tinja tapi gak mau pindah agama menjadi mualaf itu murtad dan menghina agama uclim, begitulah kura2 pemikiran uclim2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridonculous dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 14:58
Ga ad paksaan kok bray. Kalau saya mau ga usah pakai jilbab pun boleh...

"Eh nak besok suruh ayah/ibumu menghadap ksini ya"

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang Pilih Berjilbab ke Sekolah
25-01-2021 15:00
Guru2 di sekolah tsb produk sebelum reformasi yg jelas2 dikasih kebebasan berpakaian.

Kelas 1 pake rok selutut trus kelas 2 dapat hidayah pake jilbab.....boleh.

Kelas 3 gaul trus bosan pake jilbab? Nggk ada yg larang.

Ironis saat dewasa jadi guru malah lupa atas nikmat kebebasan tsb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirinara dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia