News
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600e0c10dbf764081d62bef1/nadiem-minta-pemda-pecat-pihak-paksa-siswi-padang-berjilbab
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memerintahkan pemerintah daerah setempat memberi sanksi kepada pihak yang terlibat dalam kasus aturan siswi diwajibkan memakai jilbab di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat. "Saya meminta pemerintah daerah sesuai dengan mekanisme yang berlaku segera memberikan sanksi tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak y
Lapor Hansip
25-01-2021 07:08

Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab

Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab

Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memerintahkan pemerintah daerah setempat memberi sanksi kepada pihak yang terlibat dalam kasus aturan siswi diwajibkan memakai jilbab di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat.

"Saya meminta pemerintah daerah sesuai dengan mekanisme yang berlaku segera memberikan sanksi tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak yang terbukti terlibat. Termasuk kemungkinan menerapkan pembebasan jabatan agar permasalahan ini jadi pembelajaran kita bersama ke depan," kata dia dalam video yang diunggah melalui akun Instagram, Minggu (24/1).

Mantan bos Go-jek itu mengatakan pihaknya langsung berkomunikasi dengan pemerintah daerah setempat ketika mendapat laporan terkait kasus ini.

Menurut dia, perkara intoleransi atas keberagaman tidak bisa ditoleransi. Ia menyebut perkara tersebut tak hanya melanggar undang-undang, namun juga nilai pancasila dan bhineka tunggal ika.

Ia menegaskan aturan berseragam di sekolah seharusnya mengacu pada Pasal 3 ayat 4 Peraturan Mendikbud No. 45 Tahun 2014 yang menyatakan sekolah wajib memperhatikan hak setiap warga negara untuk menjalankan keyakinan agamanya masing-masing dalam berpakaian.

Perkara ini pun sejalan dengan Pasal 4 ayat 1 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur agar pendidikan diselenggarakan secara demokratis, berkeadilan dan tidak diskriminatif.

Pada Pasal 55 UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, lanjut dia, juga ditegaskan setiap anak memiliki hak beribadah menurut agamanya, berpikir, dan berekspresi sesuai tingkat intelektualitas dan usianya dibawah bimbingan orang tua atau wali.

Merujuk pada aturan tersebut, Nadiem menekankan sekolah tidak boleh membuat peraturan atau himbauan agar siswa berpakaian yang tidak sesuai dengan agama atau kepercayaan mereka.

"Pemerintah tidak akan mentolerir guru atau kepala sekolah yang melakukan pelanggaran dan bentuk intoleransi tersebut," tambah dia.

Sebelumnya, orang tua seorang siswi SMKN 2 Padang, Jeni Cahyani Hia, dipanggil pihak sekolah karena menolak aturan seragam sekolah yang meminta dia berjilbab.

Kepala SMK Negeri 2 Padang, Rusmadi menyampaikan permintaan maaf setelah kasus tersebut jadi ramai karena orang tua Jeni mengungkap kejadian itu melalui akun Facebook.

"Dalam menangani dan memfasilitasi keinginan dari ananda Jeni Cahyani kelas X untuk berseragam sekolah yang disebutkan dalam surat pernyataan, saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kesehatan dari jajaran serta Bidang Kesiswaan dan Bidang Konseling dalam penetapan aturan dan tata cara berpakaian siswa," tuturnya dalam jumpa pers di Padang, Jumat (22/1)

(fey/gil)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...dang-berjilbab


Dikasih sanksi juga tuh orang yang tak menghargai & menjunjung tinggi pluralisme.....

Dasar otak fasis....
Diubah oleh ScarletWitch080
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:22
ya silahkan aja tpi jgn lupa tugas ente anak2 se indomesia masih pusing gr2 gk bisa daring tolol😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
1 15
-14
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:22
MODYAR!!!!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:24
Mantap dah pak menteri

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:30
kalau sekolah jualan baju boleh dong pak, apa lagi sekarang setiap sekolah udah beda beda baju nya beda jaman ane sekolah dulu baju cuma 2 macam doang baju harian sama baju olah raga. apa lagi kalau kesenian wajib beli pianica yg dijual sekolah dengan harga mahal ga boleh beli dari luaremoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:34
Maksud dia kan pecat kepala sekolahnya. Masalahnya pemdanya otaknya sama kaya kepala sekolahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rivaldoo dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:38
Mantep pak...
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
1 0
1
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:39
Sekalian yg bikin uu nya pak...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 07:45
jembut..
paling2 dibacot dong
kek mantan menteri yg anti clana cingkrang
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
p.star7 dan petani.syusyu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:12
Kan cm meminta, kalo pemda nya sejenis sama itu kepsek, mana diturutin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:16
Heran gw yg begini ko bisa beneran kejadian ya..
di sekolah negri pula..
aseli ini mah musti di pecat tuh kepsek dan jajaran nya sekalian di pecat juga dri PNS biar tau rasa..
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan knoopy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:18
ya yg dipecat pemda dong masbro

bukan malah pihak sekolahemoticon-Hammer
Diubah oleh ulungrinjani
0 0
0
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:33
walikotanya dulu tuh

emoticon-Tai
0 0
0
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:41
Mas Menteri Nadiem, kejadian pemaksaan jilbab ke siswi muslim dan non-muslim ini udah belasan tahun terjadi di sekolah2 negeri, apalagi di daerah2 pelosok..

Kalo ketahuan, pemerintah pusat cuma bisa melarang, tanpa ada sanksi buat para pelaku... kalo cuma gitu aja mah, pembiaran ini bisa berlarut2, malah bisa2 negara kita jadi kayak Iran...

Ahok juga dulu pernah ngelarang kayak gini di sekolah2 negeri, tapi malah diserang balik ama kadruns krna ahok bukan muslim...

It's your decision to make, Mas Menteri...

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:43
dibali dan di sekolah kristen ada yg larang jilbab
Lu punya nyali gak negakin adilnya pancasila
0 0
0
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:53
Makan obat saja harus sesuai dengan resep dokter supaya tidak overdosis. Ini ibadah sehari sampai 5 kali ya jadinya overdosis itu pemikiran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 08:56
Jangan kalian ganggu ranah minang, kami d sini sudah hdup rukun dan damai sejak lama.... Jangan kalian usik ranah minang dengan kedunguan dan ketidaktahuan kalian. Nonis tak prnah protes tinggal d sini, klau yg protes paling pendatang yg tak tau apa2 kayak kasus si jenni. Klau emang dia bsar d minang, psti sjak SD dia d wjibkan pakai pkaian trtutup....
Paham kalian semua, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Dimano bumi dipijak, d situ langik di junjuang. Syarak mangato adat mamakai!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
0 15
-15
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 09:13
Itu sekolah cm nuruti pemda.... Lah kok diboecat pihak sekolahnya???? Susah kalau asal bacot tp gak tahu lapngan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 09:17
masalahnya pemda berani kaga? emoticon-Malu

masuk pelanggaran berat nggak sampe bisa pecat.. kalo nggak lepas aja jabatan fungsionalnya atau strukturalnya. taroh di staf tukang anter undangan apa tukang potokopi.
0 0
0
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 09:22
Mendagri diem saja emoticon-Leh Uga
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Nadiem Minta Pemda Pecat Pihak Paksa Siswi Padang Berjilbab
25-01-2021 09:28
ane dukung pecat deh klo ga sesuai aturan emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia