News
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d98b3af7e9365ab118a77/draf-ruu-eks-hti-setara-pki-dilarang-ikut-pilpres-pilkada
Jakarta, CNN Indonesia --  Draf revisi Undang-undang (UU) tentang Pemilu yang masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas DPR tahun 2021 mengatur larangan bagi eks anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menjadi calon peserta pemilihan legislatif (Pileg), pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Aturan itu kini ditulis secara gamblang atau tersurat sep
Lapor Hansip
24-01-2021 22:56

Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada


Jakarta, CNN Indonesia -- 

Draf revisi Undang-undang (UU) tentang Pemilu yang masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas DPR tahun 2021 mengatur larangan bagi eks anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menjadi calon peserta pemilihan legislatif (Pileg), pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Aturan itu kini ditulis secara gamblang atau tersurat seperti seperti larangan bekas eks Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dilarang berpartisipasi sebagai peserta pemilu. Selama ini, larangan bagi eks HTI tak pernah ditulis secara tersurat dalam UU Pemilu dan UU Pilkada.

Merujuk Pasal 182 Ayat (2) huruf jj dalam draf revisi UU Pemilu yang diterima CNNIndonesia.com, diatur persyaratan pencalonan bagi peserta pemilu bukan bekas anggota HTI.


"Bukan bekas anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)," bunyi pasal 182 Ayat (2) tersebut.

Selain itu, pada Pasal 311, Pasal 349 dan Pasal 357 draf revisi UU Pemilu juga mewajibkan para calon presiden dan calon kepala daerah wajib melampirkan persyaratan administrasi berupa surat keterangan dari pihak kepolisian sebagai bukti tak terlibat organisasi HTI.

"Surat keterangan tidak terlibat organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dari kepolisian," bunyi pasal tersebut.

Lihat juga: Risma Tempatkan Tunawisma di BUMN, PKS Duga Misi Pilkada DKI

HTI sendiri sudah menjadi ormas terlarang di Indonesia. Status itu sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 tahun 2017 tentang pencabutan Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor AHU-0028.60.10.2014 tentang pengesahan pendirian badan hukum perkumpulan HTI.

Pencabutan badan hukum HTI merupakan tindak lanjut dari penerbitan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...aign=cmssocmed

Seharusnya dilarang hak pilih dan dipenjarakan seperti PKI.
Selanjutnya FPI please.
Bravo jokowi berhasil tumpas aliran radikal, melebihin ekspektasi..


Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 25 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:01
Mantab pak Kowi

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:04
Berlebihan ini, lebih baik hak suara teroris aja yg di cabut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pendekarmalam dan 14 lainnya memberi reputasi
2 13
-11
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:05
HTI, FPI dan simpatisannya

SIMPATISANNYA JANGAN LUPA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
advantagging dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:07
Surat keterangan bebas hti, PKI, di tii, dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:07
Partai yang korup juga emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
advantagging dan 12 lainnya memberi reputasi
3 10
-7
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:10
Kalo eks koruptor masih bisa ikut ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:10
Hutang kolonial KMB 1949 sudah dibayar lunas. Jadi sudah tidak ada lagi yang tertarik dan berkepentingan.
0 0
0
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:15
segera sahkan! emoticon-Shakehand2

dan ormas yang dibubarkan kemaren pun harus juga dong emoticon-Wowcantik

mantap! ane dukung! emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:21
Semua ormas terlarang setara.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:26
sebelum buat aturan begitu harus ada daftar pengurus & anggota dulu pakai penetapan pengadilan. jadi ada dasar yang jelas, bukan cuma berdasar pengakuan karena mana ada maling mengaku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:29
partai sebelah bakal kejang2 dong emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HadesManes dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:33
Tahun 2017 waktu gue mudik ke kampung.. pas lagi jalan di lampu merah disebelah pas ada cewek bawa motor pake jaket HTI.. gue teriakin aja Woiiii!!! hatei lu yaa..
Denger begitu langsung nyodok terobos lampu merah kabur si mba nya..emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:36
kalau menurut ayy sih jika hti dilarang, maka pks juga harus dilarang
secara, pks kan kembarannya hti yang juga memperjuangkan ganti sistem pemerintahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:39
Tanpa beban emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:43
Cocok...termasuk koruptor dan partai yg terus menghasilkan koruptor juga harunya dilarang...harus dibuat aturan misalkan dalam 5 tahun jika di satu partai itu anggotanya terlibat korup 5 orang keatas maka partai bisa dibekukan atau dibubarkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:54
Mantap, ini baru keren. Terus di KTP mereka juga perlu dicantumkan tanda eks HTI.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:58
Pki memberontak 2 kali.
Membunuh jendral TNI dan berusaha mengkudeta negara.


HTI?

Emang kejahatan apa yg dilakukan HTI?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HadesManes dan 7 lainnya memberi reputasi
3 5
-2
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
24-01-2021 23:59
kok nggak rame? apa cuma belum aja?
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
25-01-2021 00:00
Emang punya daftar anggotanya?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Draf RUU: Eks HTI Setara PKI, Dilarang Ikut Pilpres-Pilkada
25-01-2021 00:06
Hak suara pks sekalian dong dicabut
Emangnya mendagri punya daftar anggota hti ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia