News
Batal
KATEGORI
link has been copied
270
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d1138f4d69521451e8d39/kuasa-hukum-surati-presiden-aturan-berjilbab-di-sekolah
Kuasa hukum orang tua siswi SMK N 2 Padang, Mendrofa, mengatakan sudah mengirimkan surat kepada Presiden RI Joko Widodo, Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Komnas HAM terkait aturan mengenakan jilbab di sekolah.
Lapor Hansip
24-01-2021 13:18

Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah

Past Hot Thread
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kuasa hukum orang tua siswi SMK N 2 Padang, Mendrofa, mengatakan sudah mengirimkan surat kepada Presiden RI Joko Widodo, Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Komnas HAM terkait aturan mengenakan jilbab di sekolah. Mendrofa ingin pemerintah pusat mengeluarkan peraturan agar tidak ada institusi pendidikan di Indonesia mengharuskan siswi non-muslim mengenakan jilbab atau seragam dengan identitas muslim.

"Kita sudah surati Presiden supaya pemerintah pusat mengeluarkan surat supaya tidak ada lagi sekolah mewajibkan non-muslim diwajibkan memakai jilbab di sekolah," kata Mendrofa di Padang, Ahad (24/1).

Mendrofa mengatakan dirinya sebagai kuasa hukum orang tua telah menyurati Presiden, Mendikbud dan Komnas HAM per tanggal 21 Januari 2021. Ia berharap Komnas HAM melakukan penyelidikan ke lapangan terkait adanya unsur pemaksaan pelajar non-muslim harus mengenakan kerudung di sekolah.


Mendrofa menjadi kuasa hukum dari orang tua bernama Elianu Hia. Elianu adalah orang tua dari Jeni Cahyani Hia, siswi kelas X SMK N Padang yang merasa ada pemaksaan harus memakai kerudung di sekolahnya.

Kini menurut Mendrofa, pihaknya menunggu tindaklanjut dari Komnas HAM dan berharap adanya peraturan dari pemerintah pusat. Supaya tidak ada lagi pemaksaan siswi non-muslim harus menggunakan jilbab di sekolah negeri.

Menurut Mendrofa, pemaksaan harus memakai seragam yang mencerminkan identitas agama tertentu merupakan pelanggaran hak asasi dan hak anak di bawah umur untuk menjalankan keyakinannya.

Mendrofa tak menampik aturan harus mengenakan jilbab di sekolah di Kota Padang sudah berlangsung sejak 2005. Tapi baru muncul sekarang karena baru ada yang berani menyuarakan keberatan harus mengikuti aturan mamakai jilbab.
"Selama ini tidak ada yang berani menyampaikan keberatan (seperti Jeni Cahyani Hia)," ujar Mendrofa.

https://republika.co.id/berita/daera...bab-di-sekolah

Asyik nih.. jadi rame.. emoticon-Malu (S)

Bola udah d oper k jokowi.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 51 lainnya memberi reputasi
52
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:22
Ntar pakai kalung salib dibilang penistaan agama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:24
Wah sampe ada pengacara juga, udab pelik kah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:29
Apa daya komnas hamnya juga anggota kadrun
Gak bakalan diinvestigasi lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:34
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:36
Lgsung ke jokowi. emoticon-Embarrassment

Klo kita bicara sekolah Islam, gw rasa gak masalah dgn aturan jilbab. Tapi jadi rancu klo masuk ke sekolah negeri dan swasta yg gak ada embel2 agama.

Klo jokowi berani ngasih hukuman ke sekolah2 negeri dan swasta biasa. Gw acungin jempol dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:37
Baguslah.... emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:37
Astajim, tak ada paksaan dalam beragama ya akhi emoticon-Gregetan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:43
ya udah kalo si elianu ga mau pake jilbab ga usah dipaksa

tapi kalo besok2 tiba2 si elianu diperkosa dan digangbang rame2 oleh guru dan kepala sekolah,
sekolah ga salah ya.

Salah sendiri pakai baju mengumbar aurat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vlir dan 88 lainnya memberi reputasi
21 68
-47
Lihat 48 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 48 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:54
nah... gini donk emoticon-Big Grin

blow up terus biar jadi perhatian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 13:55
jadi kemana mana kan
tapi bagus lah...biar dibenerin aturan aturan yg mulai nabrak kemana mana

jangan lupa juga aturan sergam pns....jangan ada lagi seragam pns ala gamis buat laki laki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:01
nadiem nadiem... copy ganti.... zzzrrrtttt..... emoticon-Big Grin

masih jd mentri pendidikan ga..?? koq gada beritanya lagi...?? emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:12

Kembalikan aturan seragam anak sekolah seperti di tahun 1980'an - 1990'an.

Musti sama semua, tidak boleh ada yg berbeda kecuali badge-nya. emoticon-Marah



Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah




Jangan malah dibungkus ketat kayak lontong sampai ujung kaki emoticon-Mad


Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah




Atau dijadikan karung sampah sekalian.... emoticon-Cape d...

Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
Diubah oleh qavir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 30 lainnya memberi reputasi
31 0
31
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:15
Ngapain dipaksa sisiwi non muslim pakek jilbab...apa ada di ajaran agamanya peeintah pakek jilbab.....emoticon-Bingung

Yg di wajibkan itu siswi islam mereka wajib taat kepada perintah agamanya....dipaksa harusan......sisiwi kapir biarain aja dgn ala.kapirnya.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nantasukma771 dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:16
mungkin kepala sekolahnya fans narutoemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:18
Apa untungnya sih maksa penganut agama lain pake jilbab?
Apa di sana gurunya pada pedo ngacengan gak bs liat siswi bawah umur pake seragam standar rok pendek gitu?

Sekolah pemerintah non agama harusnya ditegasin gak bolek maksa siswi harus berjilbab atau melarang siswi utk gak berjilbab.
Ditegasin ke seIndonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:19
Sekalian tuh sekolah2 yg maksa murid non muslim ngapalin text sholat&ikut sholat diperiksa jugaemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:20
Uclim diminta pake topi santa oleh perusahaan tempat dia kerja saja protes besar2an (padahal digaji) kok malah maksa siswi non muslim pake jilbab di sekolah (padahal ortu siswinya yg bayar ke sekolahnya) emoticon-Gila
Diubah oleh Echizen.Ryoma
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 24 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:50
1. dress code sekolah negeri dikbud harus netral, silakan kalau mau pakai penutup kepala tapi agama apapun nggak boleh dipaksa berpakaian di luar dress code tersebut
2. siswa yang nggak beragama A terlarang ada di ruangan kelas ketika pelajaran agama A disampaikan. jadi nggak boleh dipaksa ada di dalam kelas ketika pelajaran agama lain.
3. PTN di bawah kemenag terlarang menyelenggarakan jurusan2 non agama. yang sekarang sudah ada jurusan non agama harus diserahkan/digabung ke PTN di bawah dikbud atau buat PTN baru di bawah dikbud.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steven.07 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 14:52
Dulu setau ane cewek yg muslim di wajibkan pake kerudung kalo sekolah, pas pulang sekolah diluar gerbang langsung pada dicopot semua emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kuasa Hukum Surati Presiden Aturan Berjilbab di Sekolah
24-01-2021 15:06
Jadi tambah panjang...

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia