Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600c72b5b41d303090594171/chromium-browser-tidak-bisa-akses-sync-mulai-bulan-maret-2021
Halo. Saya hanya sekedar share saja. Semoga kelihatan bagi banyak orang. Mungkin banyak yang privacy consious tentang habit browsing mereka tetapi ingin menggunakan chrome. Nah akhirnya orang-orang stay dengan Google Chromium (ya bukan Chrome ya), ungoogle chromium, bromite, dll. Ada kabar buruk bagi kalian-kalian pengguna bukan chrome, mulai maret 2021, Google memutuskan untuk berhenti membagikan
Lapor Hansip
24-01-2021 02:02

Chromium Browser Tidak bisa akses sync mulai bulan Maret 2021

Halo. Saya hanya sekedar share saja. Semoga kelihatan bagi banyak orang.
Mungkin banyak yang privacy consious tentang habit browsing mereka tetapi ingin menggunakan chrome. Nah akhirnya orang-orang stay dengan Google Chromium (ya bukan Chrome ya), ungoogle chromium, bromite, dll.

Ada kabar buruk bagi kalian-kalian pengguna bukan chrome, mulai maret 2021, Google memutuskan untuk berhenti membagikan API Sync mereka untuk Google Chromium (ingat bukan chrome! Chromium != chrome), dan menyebabkan Chromium browser menjadi tidak bisa berfungsi semestinya.

Jika kalian pegiat open source, dan peduli dengan privacy kalian masing-masing, maka saran saya mulailah berpikir untuk mencari pengganti chromium browser, yang pastinya Google Chrome bukan solusinya ya emoticon-Smilie

Saya menyarankan Firefox emoticon-Smilie Ya FIREFOX! Browser yang dulu mengalahkan IE di kanca perperangan browser. Firefox memiliki kemampuan full seperti Chrome, bahkan customisasi yang lebih dari Chrome.

Mungkin akan muncul pertanyaan, kenapa tidak edge, kenapa tidak vivaldi, brave, dll yang merupakan chromium based? Karena mereka menjual data kita, kepada pihak ketiga, bayangkan kalian browsing apa, ngetik apa, nonton apa, orang lain tahu, kaya ditelanjangi tanpa sehelai kain pun! Beda kalau Firefox! Semua tergantung apa yang kalian mau share, dan skema bisnis Firefox berbeda dari mereka semua!

Firefox hidup bertahan dari donasi pengguna nya, dan beberapa kontrak besar dengan provider lain untuk memasangkan mesin pencari ke browsernya, tetapi tidak calling home! So tunggu apa lagi?

Yuk mulai pakai firefox sekarang di [url]https://www.mozilla.org/id/firefox/new/?redirect_source=firefox-com [/url]

Tinggal Chromium, tinggal Chrome, Tinggalkan Edge, Raih kembali Privacy mu bersama Firefox!

Tambahan
Firefox 86 Testing menunjukan improvement speed hingga 30-40% loading page speed, dibanding kan pair chromium. https://old.reddit.com/r/firefox/comments/l4szdq/firefox_nightly_860a1_20210125_64bit_speed_i_am/


Sumber :
https://bodhi.fedoraproject.org/upda...021-48866282e5
https://www.chromium.org/developers/...w-tos/api-keys
Diubah oleh Benyamin90
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Chromium Browser Tidak bisa akses sync mulai bulan Maret 2021
25-01-2021 12:09
Maksudnya ini sync profile user ya? Diantara semua browser yang ada, yang gampang buat migrasi itu selain google chrome.

Misalkan mau install ulang OS Windows yang baru. Untuk mozilla (firefox) dan browser turunannya (Waterfox, IceDragon, Flock, Palemoon, etc) itu caranya cukup mudah. Hanya perlu sync direktori dari OS Windows yang lama:

/Program Files/path instalasi browsernya
/Users/Nama User/AppData/Local/path browsernya
/Users/Nama User/AppData/LocalLow/path browsernya
/Users/Nama User/AppData/Roaming/path browsernya

Ke destination di OS Windows yang baru. Kalau mau backup profile pun bisa pakai cara yang sama, destinationnya bebas aja (mau di hdd eksternal atau mau ditaruh di cloud). Yang penting sih kalau ditaruh di cloud mesti di enkripsi dulu saat proses uploadnya.

Kalau untuk google chrome, nggak bisa pakai cara seperti ini. Meskipun profile di local sudah di sync, profile usernya (history, bookmark, saved password, etc) nggak work. Profile user yang tersimpan hanya work ketika sign in ke google account.

Cara ini berlaku juga buat browser Brave, Opera, aplikasi mail client seperti Thunderbird, konfigurasi aplikasi KeePass, Games, dan lainnya yang konfigurasinya tersimpan di AppData.

Jadi meskipun OS Windowsnya baru, profile dan konfigurasi dari aplikasi-aplikasi yang terpasang di OS sebelumnya bisa digunakan kembali. Dengan demikian nggak perlu setting-setting ulang di OS yang baru.
profile-picture
profile-picture
78Kg dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Chromium Browser Tidak bisa akses sync mulai bulan Maret 2021
25-01-2021 13:18
rileks.. masih banyak alternatif lainnya koq emoticon-Malu (S)
0 0
0
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Chromium Browser Tidak bisa akses sync mulai bulan Maret 2021
30-01-2021 23:55
wah indo baru lagi nih buat ane ini mah baru tau dah dan lebih jelas ane tentang penggunaan Chromium Browser inii
0 0
0
Chromium Browser Tidak bisa akses sync mulai bulan Maret 2021
30-01-2021 23:56
baru tau nih ane google chrome sama chromium beda gan sis ane kira selama ini sama aja wkwk
profile-picture
Benyamin90 memberi reputasi
1 0
1
Chromium Browser Tidak bisa akses sync mulai bulan Maret 2021
23-02-2021 23:52
Waduh, padahal kalo chromium itu buat setel YouTube lebih lancar daripada Firefox.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia