News
Batal
KATEGORI
link has been copied
257
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600bfea5c342bb2b4c46ff6f/eks-walkot-padang-aturan-siswi-berjilbab-sudah-15-tahun-kok-baru-ribut
Padang - Eks Wali Kota (Walkot) Padang, Fauzi Bahar, mengatakan aturan mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah bukan hal baru. Fauzi yang menjabat dua periode mengatakan aturan itu dibuat justru untuk melindungi kaum perempuan. "Itu sudah lama sekali, kok baru sekarang diributkan? Kebijakan 15 tahun yang lalu itu," kata Fauzi Bahar kepada detikcom, Sabtu (23/1/2021).
Lapor Hansip
23-01-2021 17:47

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Padang - Eks Wali Kota (Walkot) Padang, Fauzi Bahar, mengatakan aturan mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah bukan hal baru. Fauzi yang menjabat dua periode mengatakan aturan itu dibuat justru untuk melindungi kaum perempuan.

"Itu sudah lama sekali, kok baru sekarang diributkan? Kebijakan 15 tahun yang lalu itu," kata Fauzi Bahar kepada detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Aturan mengenai siswi wajib memakai kerudung ini mencuat setelah video orang tua murid SMK Negeri 2 Padang viral di media sosial (medsos). Fauzi mengatakan aturan itu dibuatnya saat dia menjabat Walkot Padang.

Menurut Fauzi, aturan itu semula hanya berupa imbauan. Namun kemudian berubah menjadi Instruksi Wali Kota Padang. Saat itu SMA sederajat merupakan bagian dari perangkat daerah pemerintah kota/kabupaten.

Aturan berbusana ini diatur dalam Instruksi Walikota Padang No. 451.442/BINSOS-iii/2005. Instruksi itu dikeluarkan pada 2005.

Artinya, aturan ini sudah diterapkan selama 15 tahun di sekolah-sekolah negeri di Padang. Salah satu poin instruksi itu adalah mewajibkan jilbab bagi siswi yang menempuh pendidikan di sekolah negeri di Padang. Kendati nomenklaturnya ditujukan kepada siswi muslim saja, namun di lapangan, siswi nonmuslim juga menggunakan jilbab ini.


"Aturan itu saya yang buat. Sudah ada sejak zaman saya jadi Wali Kota, bukan sekarang, saja" katanya.

Fauzi mengatakan selain menjaga kaum perempuan, kebijakan itu juga dimaksudkan mengembalikan budaya Minang.

"Jauh sebelum republik ini ada, gadis Minang dulunya sudah berbaju kurung. Kita mengembalikan adat Minang berbaju kurung. Pasangan baju kurung adalah selendang. Agar tak diterbangkan angin, ada kain yang dililitkan ke leher, itulah yang namanya jilbab," katanya.

"Apa yang kita lakukan dulu, dapat respons yang luar biasa. Buktinya, ini bukan hanya di Kota Padang saja, tapi juga menjalar ke seluruh Sumatera Barat, Sumatera, dan Indonesia. Kalau ada yang protes satu atau 10 orang, kan hal biasa. Tujuan utama kita adalah melindungi perempuan, terutama kaum minoritas di tempat mayoritas," katanya lagi.

Ia menekankan, peraturan di sekolah itu sudah sangat bagus dan tak perlu dicabut.

"Itu sudah kebijakan dan aturan sekolah. Kalau tidak suka dengan aturan sekolah, ya, tinggal cari sekolah lain saja. Dulu saya juga diteriaki mendukung dan melakukan kristenisasi. Mana yang dulu protes-protes itu, ke mana orang-orang itu sekarang," kata Fauzi.

"Toh itu semangatnya bukan paksaan buat nonmuslim. Kita melindungi gererasi kita sendiri," katanya.


https://news.detik.com/berita/d-5345...m=wpm_headline

Kenapa baru ribut hayoo ??.. emoticon-Malu (S)

Tipikal ngeles sampah.. kalo ga suka aturan ya cari tempat lain saja.. ato minoritas harus ikut aturan mayoritas.. emoticon-Malu (S)

Tapi giliran d balikin langsung mewek terzolimi.. emoticon-Malu (S)

Budaya indo dulu juga ga berjilbab kok.. kenapa ga d kembalikan seperti itu juga ?.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 47 lainnya memberi reputasi
46
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:49
Loh katanya gak ada paksaan.... ternyata ada toh.emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:50
Era SBY.....emoticon-Cape deeehh


Bener2 dah...emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 29 lainnya memberi reputasi
30 0
30
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:53
Udah 15 tahun toh.
jadi mesti pilih pilih sekolah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:54
Jawaban yg sangat sampah sekali dr eks walikota. Itu artinya baru viral sekarang. Ente trserah mau netapi peraturan itu di sekolah swasta, tp kalo negeri, sangat2 salah. Pemaksaan thd siswa muslim aja sudah salah, apalagi thd siswa nonmuslim. Orang model gini yg bikin islam buruk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 27 lainnya memberi reputasi
26 2
24
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:56
Malah congkak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:58
pakai uang negara yang dibayar oleh SELURUH WNI
untuk kepentingan 1 agama
tapi sama sekali ga merasa bersalah

kebijakan walikota
tindakan guru
hingga jadilah murid seperti ini

15 tahun ya,
skrg murid2 kadrun sudah dewasa

terima kasih SBY
ini adalah GENERASI titipan dari elu

emoticon-Traveller
Diubah oleh pasti2periode
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 38 lainnya memberi reputasi
37 2
35
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:59
Gelombang hijab jg baru 5 tahun belakangan ko. Coba aja nonton warkop, atau film2 tahun 90an, mana ada yg pake hijab. Apa dulu mereka bukan Islam?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 25 lainnya memberi reputasi
25 1
24
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:59
Hmm gw bayanginnya kok kaya gini ya

"Dari saya kecil belajar motor sampe sekarang saya ga pake helm, kenapa sekarang saya ditilang?"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 24 lainnya memberi reputasi
24 1
23
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:59
jawaban standar pedagang kaki lima liar kalo disuruh pergi dari trotoar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 34 lainnya memberi reputasi
35 0
35
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:00
Karna baru ada yg berani bersuara emoticon-Ngakak

Jadi fix ya ngakuin pemaksaan jilbab ke siswi nonmuslim udah berlangsung lama emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:01
oo.. jadi udah 15 tahun toh.. kurang ajar sekali.. makasih lho info nya..

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
18 1
17
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:01
Dah di jawab eks walikota yg mantan tentara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:03
coba almarhum pak Harto ngomong gitu pas reformasi.. dah lebih 30 tahun kok sekarang baru ribut?!?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:03
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Nyatanya itu yang "dipaksa" memakai kerudung adalah siswi nonmuslim. Artinya ya bertentangan dengan aturan. Harusnya ga ada paksaan. Ga ada ceritanya sekolah mempersoalkan apalagi sampai manggil orang tua segala.



emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:04
Ini biang keroknya...
Sekolah kayak punya nenek moyangnya sendiri..
Wajib ikutin aturan agama sendiri, agama lain cuma numpang...

Skrg klo udah terlanjur cuci otak seluruh sekolah negeri di Indonesia, gimana caranya balik ke aturan awal.. yg ada siswi2 non-muslim dan muslim yg terlanjur dipaksa dan mau lepas jilbab, bakal dihujat satu sekolah...

emoticon-Ngakak
Diubah oleh setiapmenit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
17 1
16
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:05
bineka tinggal is...emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:06
Ngk ada paksaan cuma harus....pantek lah kau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:06
di eropa jilbab dilarang

ya mayoritas dimana mana pasti menang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 7 lainnya memberi reputasi
4 4
0
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 18:07
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 9 lainnya memberi reputasi
3 7
-4
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 30 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia