• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenal Karoseri Laksana, Karoseri Indonesia yang Mendunia

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mengenal Karoseri Laksana, Karoseri Indonesia yang Mendunia



Bagi seorang busmania, pasti tahu gambar diatas produk karoseri apa. Ya, karoseri Laksana dengan ciri khas design futuristik, logo "L" dan 100% karya anak bangsa Indonesia. Produk karoseri ini telah melanglang buana tidak hanya di Indonesia saja, tapi sampai ke Bangladesh dan negara lainnya. Di Indonesia, produknya gampang sekali ditemui, sangat banyak berkeliaran terutama di jalur Aceh-Medan dan jalur Jakarta-Surabaya, serta jalur Medan-Jakarta/Yogyakarta/Solo bahkan Medan- Surabaya dan Jember juga ada, walau lebih jarang lewat, tidak seperti jalur Jawa dan Aceh-Medan yang sangat gampang ditemui.  


Karoseri Laksana bermula tahun 1967, sebagai sebuah toko otomotif di kawasan kota Semarang, Jawa Tengah. Pada tahun 1970, toko otomotif yang didirikan dari 0 tersebut memiliki perkembangan yang sangat pesat, hingga akhirnya toko tersebut dipindah ke lokasi yang lebih luas. Dan, pada 1977, Laksana berhasil memproduksi produk karoseri pertamanya, body mobil minivan berbasis Mitsubishi Colt T120SS. Tahun 1978, produksi makin meningkat dan karoseri Laksana pindah ke lahan baru seluas 5000 m2 di Ungaran, yang menjadi lokasi karoseri asal Jawa Tengah tersebut sampai sekarang.




Produk karoseri pertama Laksana, berupa mobil berbasis Colt T120SS 
sumber gambar


Mulai tahun 80-90an, Laksana mulai merambah ke pembuatan body untuk medium bus dan bigbus. Produk-produk karoseri Laksana pada era tersebut dan era 2000an cukup sukses, mulai dari produk kapsulnya, Panorama, Panorama "berselendang", Panorama II, Panorama III, Panorama DX, Great Panorama, Panorama "jenong", Setra, Setra II, Comfort, Comfort II, Comfort III, Sprinter, Proteus, Nucleus dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2010, tidak terasa karoseri Laksana sudah menempati lahan 70.000 m2 sebagai lahan produksinya. Dan pada tahun yang sama, Laksana merilis body Legacy, yang menjadi primadona Laksana sampai sekarang.

 


Sumber Kencono Hino AK8 berbalut body Legacy generasi pertama
sumber gambar

Tahun 2011, akhirnya Laksana merilis body Legacy Sky SR-1, sebuah update dari Legacy versi lama dengan ciri khas headlamp yang lebih besar dan selendang yang "dibalik" dibanding versi sebelumnya, serta hanya bisa digunakan di sasis mesin belakang (CMIIW). Mungkin Laksana merilis SR-1 sebab Legacy generasi pertama lebih banyak digunakan bus kelas ekonomi seperti gambar diatas.

Tahun 2012, Laksana merilis body Discovery yang sekarang sangat populer, bahkan ada beberapa bus eksekutif yang memakai body ini. Bisa dipasang diatas sasis depan maupun belakang, dan memiliki harga yang ekonomis, inilah 2 alasan kenapa body ini sangat populer sampai sekarang. 


Hino AK8 dibalut Discovery generasi awal, milik Mayasari Bakti
sumber gambar

Laksana tahun 2013 juga sempat merilis Legacy SR-1 facelift yang menurut TS adalah "wajah body bus paling ganteng sepanjang masa". Body ini sangat populer, serta menurut TS inilah body pertama yang menggunakan headlamp milik Marcopolo Audace. 


Scania K360IB berbalut SR-1 Sky Facelift 
sumber gambar

Tahun 2016, Laksana akhirnya merilis Legacy Sky SR-2 yang merupakan body bus pertama yang 100% hasil karya anak bangsa. Mulai dari headlamp sampai stoplamp, didesain oleh Laksana. Inilah body yang menjadi base Laksana untuk membuat varian baru, mulai dari Tourista sampai SR-2 Double Decker. Di tahun yang sama pula Laksana merilis Discovery generasi kedua, dengan headlamp yang lebih keren.

2017, Laksana meluncurkan varian baru yakni XHD Prime, HD Prime, serta Tourista. Semuanya menggunakan headlamp dan stoplamp khas SR-2 terbaru, yang didesign oleh Laksana sendiri.

Tahun selanjutnya, Laksana merilis bus Double Decker pertama Laksana, yaitu SR-2 Double Decker, serta Discovery DC3 yang didesign ulang. Serta, di tahun inilah Laksana mendapat sertifikasi ECE R66, sehingga bisa mengekspor armadanya ke Bangladesh dan Fiji.

Spoiler for Ilustrasi Bus Laksana:


Jadi gimana, suka yang mana? Komeng dibawah ya gan!

penulis: ulungrinjani
narasi : opini pribadi
sumber : 1234

b4breakkAvatar border
richardus96Avatar border
blueguy.co.idAvatar border
blueguy.co.id dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.