Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600ac01f65b24d73431e4a82/pengalaman-ngeri-sekaligus-berharga-setelah-hampir-seminggu-terkena--gerd
GERD, GERD,GERD.. huhh kata itu horor banget buat saya pribadi, setelah hampir seminggu jadi teman buruk sekaligus juga menyisakan banyak pembelajaran ketika GERD menyerang tubuh, dan saya akan share dikit pengalaman terkena sakit ini, siapa tau ada yang sama ye kan, walau untuk beberapa kasus gejalanya tidak melulu harus sama.  GERD kepanjangan dari Gastroesophageal Reflux Disease, yakni  penya
Lapor Hansip
22-01-2021 19:07

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

icon-verified-thread

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’


GERD, GERD,GERD.. huhh kata itu horor banget buat saya pribadi, setelah hampir seminggu jadi teman buruk sekaligus juga menyisakan banyak pembelajaran ketika GERD menyerang tubuh, dan saya akan share dikit pengalaman terkena sakit ini, siapa tau ada yang sama ye kan, walau untuk beberapa kasus gejalanya tidak melulu harus sama. 

GERD kepanjangan dari Gastroesophageal Reflux Disease, yakni  penyakit kronik pada sistem pencernaan, nah ketika asam lambung lagi tinggi dan naik kembali ke esofagus (kerongkongan), maka kondisi itulah yang disebut dengan GERD. Dan saya juga punya riwayat penyakit maag, oleh karena pada dasarnya GERD dan maag itu berbeda.

Penyakit ini kambuh di awali oleh kegemaran saya mengkonsumsi yang pedas-pedas, rasanya mulut hambar banget kalau makan gak pakai sambal. Biasanya yang kambuh adalah maag, tetapi jarang karena makan pedas, biasanya hanya karena jam makan yang sangat berantakan, itupun jika minum obat antasida favorit maag saya berangsur-angsur reda.

Pada hari itu, kira-kira tanggal 12 Januari lalu saya makan siang dengan sekaligus 2 varian sambal favorit yang ekstra pedas, jadi dimulut langsung 2 jenis ya gan, hahah menzolimi tubuh sekali saya ini emoticon-Big Grin. itupun makan siang yang udah lewat banget, kira-kira jam 14.00 dan menjadi makan pertama setelah bangun tidur, dan hari-hari lainnya memang gitu, selalu malas sarapan dan milih makan kalau udah siang banget, dan ketika makan, saya gemar banget yang berminyak-minyak, meskipun sadar itu kadang tidak terlalu bagus jika sering, tapi susah banget mau berubah.
Dan tetiba tanda-tanda sakit maag pada hari Selasa itu datang, saya emang ada stok obat antasida jadi langsung comot aja dan gak pikir apa-apa lagi selain ‘nanti juga reda’, karena biasanya juga gitu. Tetapi kali ini beda, rasa sakit maag ini kok gak hilang-hilang, selama 2 hari saya rasakan perut melilit dan sakit pada bagian ulu hati, kadang keringat keluar walau udara dingin, dan mulai merasakan cemas.

Malamnya, tetiba leher bagian kiri bawah mendadak sakit dan feeling saya itu adalah salah satu gejala dari naiknya asam lambung (soalnya saya udah pernah alamin hal ini sebelumnya). Pokoknya leher kiri bawah jadi sakit kalau dipakai menelan, dan besoknya giliran leher kanan atas yang sakit.  
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Walaupun saya tidak pergi memeriksakan diri ke dokter, tetapi saya yakin banget itu karena asam lambung udah naik tinggi sampai ke tenggorokan karena dibarengi dengan dada yang kayak terbakar atau yang umum dikatakan ‘heartburn’ serta mulut rasanya gak enak banget, kayak aroma-aroma pahit dan asam dimulut.

Puncaknya pada tanggal 14 Januari kemaren, waktu itu perut masih belum reda kramnya, dan saya makan siang, usil ambil sambal dikit aja di cocolin ke lauk, tapi dikit doang, belumlah habis nasi saya di piring, sakitnya makin bertambah waduh kapok banget. Di hari itupun saya ada tugas ngetik pakai opini pribadi dan tidak boleh terlambat di stor sebelum besok pagi, maka saya gunakan gaya SKS (sistem kebut semalam), begadang ditambah kadang-kadang tres ngetik dan kelelahan pun saya rasakan.

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
Hampir jam 11 malam saya masi ngetik dengan kepala yang lagi pelik-peliknya sampai lupa kalau saya lagi dalam situasi heartburn, tiba-tiba ada mual dari perut dan terus naik ke leher dan mendesak ingin dimuntahkan, alhasil malam itu, dalam waktu kurang dari 2 jam saya muntah 4 kali mengeluarkan semua makan malam.
Rasanya tidak enak sekali, rasa mual dan selalu ingin muntah, perut melilit, dadas eperti terbakar karena perih, tenggorokan dan mulut asam, kepala sakit dan pusing, serta pikiran kalut, semua jadi satu.
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
 Dan hal pertama yang saya lakuin adalah banyak-banyak minum air putih dan tidur dengan bantal kepala yang tinggi serta menghadap ke kanan, sementara tugas itu diambil alih oleh adik saya.

Besoknya, di hari Jumat, dari bangun tidur sampai malam, saya terus mengalami gejala di atas, dan obat antasida favorit saya sama sekali tidak ada pengaruhnya. Rasa mual dan mau muntah tidak pernah hilang seharian, nafsu makan tidak ada, tetapi tetap saya paksa makan walau sedikit, jangankan makan lah minum air seteguk aja rasanya udah mau dimuntahin keluar. Dan saya mutusin buat pergi ke klinik besok jika keadaan tidak membaik.

Seharian itu saya banyak rebahan saja, soalnya badan lemas dan kepala puyeng banget, perasaan tidak enak, emm bukan tidak enak dalam arti biasanya, sejak sakit di malam Jumat sampai beberapa hari ke depan, saya seperti tidak bisa menggiring pikiran saya untuk damai, selalu merasa kesepian, takut, takut sepi, takut di kamar dan otak seperti memutar banyak kenangan bersama keluarga yang seolah-olah pakai efek sepia emoticon-Big Grin waduh, kacau banget, pokoknya tubuh dan pikiran sedang dalam titik paling rendah banget.
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
Saya banyak membaca dan searching tetang GERD, membaca pengalaman orang yang juga pernah disinggahi penyakit ini dan sedikit bersyukur karena ada juga orang lain yang pernah kena penyakit ini dengan gejala yang lebih parah dari saya dan berhasil sembuh. Serta selalu mencari tahu tips-tips kesembuhan untuk saya praktekkan sendiri.

Setelah seharian rebahan, malamnya saya makan. Sejak heartburn dan rasa mual menyerang, saya palingan mampu habisin nasi 3-4 sendok saja, itupun mesti dipaksa supaya  gak dimuntahin lagi. Kemudian saya duduk dan minum obat dan banyak melihat video-video lucu untuk ngalihin pikiran saya yang kadang kambuh sedihnya.  Dan malam itu saya baikan, sensasi heartburn dan mual berangsur-angsur berkurang meski pusing masih betah di kepala.

Dan besok harinya yakni Sabtu, saya urung untuk memeriksakan diri ke dokter karena sudah tidak terlalu merasakan tidak enak di perut serta mulut yang berbau asam hanya saja perut saya tidak mampu habiskan nasi di atas 3 sendok makan, karena perut tidak boleh kosong, maka saya sering-sering makan, entah sehari bisa berapa kali emoticon-Big Grin

Malamnya, tetiba saya rasakan sakit di dada sebelah kiri dan dibarengi dengan sesak atau seperti dada ada yang tertindih, napas pun tidak bisa panjang dan pokoknya benar-benar tidak nyaman. Saya kembali minum antsida sebiji dan banyakin minum air hangat serta berusaha alihkan pikiran dari rasa sesak di dada ini, rupanya GERD belum benar-benar pergi dari tubuh saya.

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Besoknya, mulai dari pagi-pagi sekali rasa sakit pindah ke dada sebelah kanan dan kemudian hampir seharian rasa sesak bak ditindih memenuhi seisi dada saya. Saya banyak membaca tulisan serta tanya jawab pasien-dokter dengan gejala yang sama, yakni sebelumnya memang kena maag plus GERD hingga naik ke dada sakitnya.
Pokoknya di hari Minggu itu adalah hari tersesak emoticon-Big Grin lah gimana enggak, tidak ada menit yang terlewat tanpa napas lega, sangat menyiksa sekali di tambah perut yang kurang enakan serta mulut yang muncul kembali rasa asamnya.

Ada artikel yang saya baca, yang ditulis oleh seorang lelaki yang sering juga kambuh GERD nya dan membagikan tips pengobatan sendirinya atau lebih tepatnya racikan sendiri, salah satu obatnya adalah ‘arang aktif’ yang saya lumayan familiar dengannya hanya saja belum pernah coba, dan benar-benar tidak menyangka kalau itu bisa jadi obat asam lambung yang berlebih.
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’


Malam itu saya mo nyuruh adik saya buat keluar ke apotek beli arang aktif dengan merek N*R*T, tetapi tidak jadi sebab gerimis, pikirku besok sajalah. Arang aktif/ karbon aktif sependek tau saya bukanlah obat, makanya ia tidak memiliki efek samping selain warna *maaf tinja yang nantinya hitam. Arang aktif sangat efektif buat menyerap racun dalam tubuh, maupun sampai kepada asam lambung yang berlebih maka akan di serap dan dibuang kalau dah di wc hehe.

Dan besoknya di hari Senin 18 Januari kemaren ketika bangun tidur, Alhamdulillah saya baikan, mulut udah berangsur normal (aroma asamnya), dada udah gak sakit, rasa mual juga udah redahan hanya sensasi perut yang masih lain dari biasanya, serta masih dikit puyeng kalau bergerak. Saya urungkan buat beli arang aktif (padahal aslinya ngeri juga, soalnya gak ada petunjuk dokter hehe).

Dan sampai sekarang Ahlamdulillah semakin berangsur baik dan seperti sedia kala kembali. Dari awal terkena GERD saya benar-benar jera untuk tidak ulangin pola hidup, pola makan, pola pikir yang kacau dan mulai lagi hidup dengan gaya yang sehat, sekiranya setiap hal yang dilalui selalu ada pembelajaran yang terselip untuk di ambil.

Nah agan-agan sekalian yang baik hatinya, berdasarkan pengalaman saya di atas, ada beberapa tips-tips yang saya lakukan untuk mengirangankan GERD ini,

- banyakin minum air hangat,atau paling minimal air putih, tips ini saya rangkum dari beberapa dokter khusu penyakit dalam  hasil serchingan di yutub hehe, selain itu ini juga petuah emak.
- setelah makan, tunggu 2-3 jam kalau mau rebahan. Emang setelah makan gak baik langsung rebahan, tetapi saya biasanya tidak tahan jika nunggu waktu jeda selama itu emoticon-Big Grin Setelah GERD ini berlalu, pokoknya saya tunggu 2-3 jam teng..
- banyakin sendawa, sendawa ini peting untuk membantu asam lambungnya keluar diki-dikit, apalagi ketika dada sesak banget.
- tidur dengan bantal yangg tinggian, ini juga penting gan, untuk membantu agar asam lambung naek.
- perbaiki waktu makan, sependek pengetahuan saya, maag dan sejenisnya timbul akibat jam-jam makan kita yang amburadul, misalnya hari ini makan pagi jam 8-9, makan siang jam 1, makan malam jam 8, maka usahain besoknya jamnya gitu-gitu juga.
- dan haram begadang
- gak boleh gampang stres, stres harus dihindari sebisa mungkin karena akan memicu asam lambung meningkat.
- banyak berdoa, saya yakini banget, jika doa belum dijabah, minimal hati kita jadi tenang karena telah menyandarkan permohonan pengabulan doa kepada yang Maha Mengabulkan J.
 
Saya gak banyak tau soal kesehatan, tips-tips di atas adalah rangkuman saya dari berbagai sumber dan monggo di tambahin gan J






Sumber


profile-picture
profile-picture
profile-picture
N96 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 20:11
Wah gan, cepat sembuh ya. Rasanya asam lambung naik memang sangat menyiksa. Pola makan dan tidur memang harus sangat dijaga
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 20:17
Rajin makan lho TS... Minimal 10x sehari dalam porsi2 kecil kek nasi kucing gitu...
emoticon-Merdeka
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
Diubah oleh adolfsbasthian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Neutralizer2 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 20:29
'Nggak doyan susu ? Recomended susu kedelai dan susu almond (yang terakhir ini agak susah dapetnya).
Air kelapa dan yogurt juga bagus ..., tapi yang terakhir itu tidak pada saat terasa sakitnya. Sekedar untuk mencegah di kedepannya.
Ketela pohon yang ditanak ...
profile-picture
profile-picture
not.a.member. dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 21:00
Air kelapa hijau gan. Ampuh.
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 21:03
Ane juga pernah ngalamin gan 2014, sama seperti yg agan tulis, penyebabnya karena sering telat makan, suka makn pedes, kopi, dan udud. Ane masuk rs dan ada satu obat yg ampuh banget: antasida doen. Sampai sekarang tidak kambuhan, pencegahannya ane sekarang rutin makan kunyit sebelum tidur dan sedia obat itu tadi.
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan not.a.member. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 21:36
gw jg jarang makan mesti waspada nih
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 22:06
Tos dulu ahahha gw jg ngalamin, gw skrng lagi minum suplement nut ri max stomach care, alhamdulillah enakan di lambung dan badan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
N96 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 22:15
coba minum jus jambu merah..
hampir semua yang di ceritakan sering saya alami, dan sejauh ini jus jambu merah yang paling efektif untuk meredam asam lambung....

air panas atau hangat juga efektif, karena memancing angin asamnya keluar...
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan not.a.member. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 22:24
Quote:Original Posted By rukminiirawan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’


GERD, GERD,GERD.. huhh kata itu horor banget buat saya pribadi, setelah hampir seminggu jadi teman buruk sekaligus juga menyisakan banyak pembelajaran ketika GERD menyerang tubuh, dan saya akan share dikit pengalaman terkena sakit ini, siapa tau ada yang sama ye kan, walau untuk beberapa kasus gejalanya tidak melulu harus sama. 

GERD kepanjangan dari Gastroesophageal Reflux Disease, yakni  penyakit kronik pada sistem pencernaan, nah ketika asam lambung lagi tinggi dan naik kembali ke esofagus (kerongkongan), maka kondisi itulah yang disebut dengan GERD. Dan saya juga punya riwayat penyakit maag, oleh karena pada dasarnya GERD dan maag itu berbeda.

Penyakit ini kambuh di awali oleh kegemaran saya mengkonsumsi yang pedas-pedas, rasanya mulut hambar banget kalau makan gak pakai sambal. Biasanya yang kambuh adalah maag, tetapi jarang karena makan pedas, biasanya hanya karena jam makan yang sangat berantakan, itupun jika minum obat antasida favorit maag saya berangsur-angsur reda.

Pada hari itu, kira-kira tanggal 12 Januari lalu saya makan siang dengan sekaligus 2 varian sambal favorit yang ekstra pedas, jadi dimulut langsung 2 jenis ya gan, hahah menzolimi tubuh sekali saya ini emoticon-Big Grin. itupun makan siang yang udah lewat banget, kira-kira jam 14.00 dan menjadi makan pertama setelah bangun tidur, dan hari-hari lainnya memang gitu, selalu malas sarapan dan milih makan kalau udah siang banget, dan ketika makan, saya gemar banget yang berminyak-minyak, meskipun sadar itu kadang tidak terlalu bagus jika sering, tapi susah banget mau berubah.
Dan tetiba tanda-tanda sakit maag pada hari Selasa itu datang, saya emang ada stok obat antasida jadi langsung comot aja dan gak pikir apa-apa lagi selain ‘nanti juga reda’, karena biasanya juga gitu. Tetapi kali ini beda, rasa sakit maag ini kok gak hilang-hilang, selama 2 hari saya rasakan perut melilit dan sakit pada bagian ulu hati, kadang keringat keluar walau udara dingin, dan mulai merasakan cemas.

Malamnya, tetiba leher bagian kiri bawah mendadak sakit dan feeling saya itu adalah salah satu gejala dari naiknya asam lambung (soalnya saya udah pernah alamin hal ini sebelumnya). Pokoknya leher kiri bawah jadi sakit kalau dipakai menelan, dan besoknya giliran leher kanan atas yang sakit.  
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Walaupun saya tidak pergi memeriksakan diri ke dokter, tetapi saya yakin banget itu karena asam lambung udah naik tinggi sampai ke tenggorokan karena dibarengi dengan dada yang kayak terbakar atau yang umum dikatakan ‘heartburn’ serta mulut rasanya gak enak banget, kayak aroma-aroma pahit dan asam dimulut.

Puncaknya pada tanggal 14 Januari kemaren, waktu itu perut masih belum reda kramnya, dan saya makan siang, usil ambil sambal dikit aja di cocolin ke lauk, tapi dikit doang, belumlah habis nasi saya di piring, sakitnya makin bertambah waduh kapok banget. Di hari itupun saya ada tugas ngetik pakai opini pribadi dan tidak boleh terlambat di stor sebelum besok pagi, maka saya gunakan gaya SKS (sistem kebut semalam), begadang ditambah kadang-kadang tres ngetik dan kelelahan pun saya rasakan.

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
Hampir jam 11 malam saya masi ngetik dengan kepala yang lagi pelik-peliknya sampai lupa kalau saya lagi dalam situasi heartburn, tiba-tiba ada mual dari perut dan terus naik ke leher dan mendesak ingin dimuntahkan, alhasil malam itu, dalam waktu kurang dari 2 jam saya muntah 4 kali mengeluarkan semua makan malam.
Rasanya tidak enak sekali, rasa mual dan selalu ingin muntah, perut melilit, dadas eperti terbakar karena perih, tenggorokan dan mulut asam, kepala sakit dan pusing, serta pikiran kalut, semua jadi satu.
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
 Dan hal pertama yang saya lakuin adalah banyak-banyak minum air putih dan tidur dengan bantal kepala yang tinggi serta menghadap ke kanan, sementara tugas itu diambil alih oleh adik saya.

Besoknya, di hari Jumat, dari bangun tidur sampai malam, saya terus mengalami gejala di atas, dan obat antasida favorit saya sama sekali tidak ada pengaruhnya. Rasa mual dan mau muntah tidak pernah hilang seharian, nafsu makan tidak ada, tetapi tetap saya paksa makan walau sedikit, jangankan makan lah minum air seteguk aja rasanya udah mau dimuntahin keluar. Dan saya mutusin buat pergi ke klinik besok jika keadaan tidak membaik.

Seharian itu saya banyak rebahan saja, soalnya badan lemas dan kepala puyeng banget, perasaan tidak enak, emm bukan tidak enak dalam arti biasanya, sejak sakit di malam Jumat sampai beberapa hari ke depan, saya seperti tidak bisa menggiring pikiran saya untuk damai, selalu merasa kesepian, takut, takut sepi, takut di kamar dan otak seperti memutar banyak kenangan bersama keluarga yang seolah-olah pakai efek sepia emoticon-Big Grin waduh, kacau banget, pokoknya tubuh dan pikiran sedang dalam titik paling rendah banget.
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
Saya banyak membaca dan searching tetang GERD, membaca pengalaman orang yang juga pernah disinggahi penyakit ini dan sedikit bersyukur karena ada juga orang lain yang pernah kena penyakit ini dengan gejala yang lebih parah dari saya dan berhasil sembuh. Serta selalu mencari tahu tips-tips kesembuhan untuk saya praktekkan sendiri.

Setelah seharian rebahan, malamnya saya makan. Sejak heartburn dan rasa mual menyerang, saya palingan mampu habisin nasi 3-4 sendok saja, itupun mesti dipaksa supaya  gak dimuntahin lagi. Kemudian saya duduk dan minum obat dan banyak melihat video-video lucu untuk ngalihin pikiran saya yang kadang kambuh sedihnya.  Dan malam itu saya baikan, sensasi heartburn dan mual berangsur-angsur berkurang meski pusing masih betah di kepala.

Dan besok harinya yakni Sabtu, saya urung untuk memeriksakan diri ke dokter karena sudah tidak terlalu merasakan tidak enak di perut serta mulut yang berbau asam hanya saja perut saya tidak mampu habiskan nasi di atas 3 sendok makan, karena perut tidak boleh kosong, maka saya sering-sering makan, entah sehari bisa berapa kali emoticon-Big Grin

Malamnya, tetiba saya rasakan sakit di dada sebelah kiri dan dibarengi dengan sesak atau seperti dada ada yang tertindih, napas pun tidak bisa panjang dan pokoknya benar-benar tidak nyaman. Saya kembali minum antsida sebiji dan banyakin minum air hangat serta berusaha alihkan pikiran dari rasa sesak di dada ini, rupanya GERD belum benar-benar pergi dari tubuh saya.

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’

Besoknya, mulai dari pagi-pagi sekali rasa sakit pindah ke dada sebelah kanan dan kemudian hampir seharian rasa sesak bak ditindih memenuhi seisi dada saya. Saya banyak membaca tulisan serta tanya jawab pasien-dokter dengan gejala yang sama, yakni sebelumnya memang kena maag plus GERD hingga naik ke dada sakitnya.
Pokoknya di hari Minggu itu adalah hari tersesak emoticon-Big Grin lah gimana enggak, tidak ada menit yang terlewat tanpa napas lega, sangat menyiksa sekali di tambah perut yang kurang enakan serta mulut yang muncul kembali rasa asamnya.

Ada artikel yang saya baca, yang ditulis oleh seorang lelaki yang sering juga kambuh GERD nya dan membagikan tips pengobatan sendirinya atau lebih tepatnya racikan sendiri, salah satu obatnya adalah ‘arang aktif’ yang saya lumayan familiar dengannya hanya saja belum pernah coba, dan benar-benar tidak menyangka kalau itu bisa jadi obat asam lambung yang berlebih.
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’


Malam itu saya mo nyuruh adik saya buat keluar ke apotek beli arang aktif dengan merek N*R*T, tetapi tidak jadi sebab gerimis, pikirku besok sajalah. Arang aktif/ karbon aktif sependek tau saya bukanlah obat, makanya ia tidak memiliki efek samping selain warna *maaf tinja yang nantinya hitam. Arang aktif sangat efektif buat menyerap racun dalam tubuh, maupun sampai kepada asam lambung yang berlebih maka akan di serap dan dibuang kalau dah di wc hehe.

Dan besoknya di hari Senin 18 Januari kemaren ketika bangun tidur, Alhamdulillah saya baikan, mulut udah berangsur normal (aroma asamnya), dada udah gak sakit, rasa mual juga udah redahan hanya sensasi perut yang masih lain dari biasanya, serta masih dikit puyeng kalau bergerak. Saya urungkan buat beli arang aktif (padahal aslinya ngeri juga, soalnya gak ada petunjuk dokter hehe).

Dan sampai sekarang Ahlamdulillah semakin berangsur baik dan seperti sedia kala kembali. Dari awal terkena GERD saya benar-benar jera untuk tidak ulangin pola hidup, pola makan, pola pikir yang kacau dan mulai lagi hidup dengan gaya yang sehat, sekiranya setiap hal yang dilalui selalu ada pembelajaran yang terselip untuk di ambil.

Nah agan-agan sekalian yang baik hatinya, berdasarkan pengalaman saya di atas, ada beberapa tips-tips yang saya lakukan untuk mengirangankan GERD ini,

- banyakin minum air hangat,atau paling minimal air putih, tips ini saya rangkum dari beberapa dokter khusu penyakit dalam  hasil serchingan di yutub hehe, selain itu ini juga petuah emak.
- setelah makan, tunggu 2-3 jam kalau mau rebahan. Emang setelah makan gak baik langsung rebahan, tetapi saya biasanya tidak tahan jika nunggu waktu jeda selama itu emoticon-Big Grin Setelah GERD ini berlalu, pokoknya saya tunggu 2-3 jam teng..
- banyakin sendawa, sendawa ini peting untuk membantu asam lambungnya keluar diki-dikit, apalagi ketika dada sesak banget.
- tidur dengan bantal yangg tinggian, ini juga penting gan, untuk membantu agar asam lambung naek.
- perbaiki waktu makan, sependek pengetahuan saya, maag dan sejenisnya timbul akibat jam-jam makan kita yang amburadul, misalnya hari ini makan pagi jam 8-9, makan siang jam 1, makan malam jam 8, maka usahain besoknya jamnya gitu-gitu juga.
- dan haram begadang
- gak boleh gampang stres, stres harus dihindari sebisa mungkin karena akan memicu asam lambung meningkat.
- banyak berdoa, saya yakini banget, jika doa belum dijabah, minimal hati kita jadi tenang karena telah menyandarkan permohonan pengabulan doa kepada yang Maha Mengabulkan J.
 
Saya gak banyak tau soal kesehatan, tips-tips di atas adalah rangkuman saya dari berbagai sumber dan monggo di tambahin gan J






Sumber


Dulu ane kenak gan, karna sakit di teggorokan ane di bawak ke tht, dokter thtnya pun bingung soalnya ga ada ciri ciri sakit tenggorokan, tp tenggorokan merah
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan not.a.member. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 23:53
Duh, seminggu kena gerd, gimana rasa tenggorokannya tuh
Ngerriii
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
22-01-2021 23:55
Klo asam lambung tinggi rekomen minum susu rendah lemak (skim) atau susu nabati (kedelai).. krn susu itu kan minuman yg bersifat basa cmiiw jd bagus banget tuh untuk menetralisir kadar asam lambung yg tinggi.. tp jangan minum susu tinggi lemak ye, krn lemak sulit di cerna dan malah memacu produksi asam lambung..

Klo lg kambuh buru2 minum air kelapa juga bagus utk meredakan asam lambung tinggi, coba siap sedia Hydro Coco buat jaga2 tapi ane tetep rekomen air kelapa asli lah..

Jangan minum kopi, santan, kacang2an makanan pedas dan juga buah2an yg kadar acid nya tinggi macem jeruk..

Terakhir makan teratur dan biasakan dari sekarang minum air putih yg banyak, krn banyak minum akan mengurangi konsentrasi asam lambung yg mana nanti akan cepat kebuang lewat urin..

Untuk membiasakan banyak minum air putih ente beli dah tuh 2-3 botol air minum ukuran 1 liter dan ente niatin dah tuh ntuh air di botol kudu habis di minum tiap harinya.. lebih bagus lagi ente rajin olahraga juga krn olahrga akan mancing tubuh untuk sering minum..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
23-01-2021 02:32
Numpang nyimak gan
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
23-01-2021 06:25
GERD itu kambuhan, jd gk ada ceritanya bisa langsung sembuh selama pola makan & gaya hidup masih belang bentong, itupun tergantung penyebab GERD nya apa/hasil endoscopy?.

Kayak ane sendiri kena GERD pas tahun 2016, baru bisa dibilang normal & gk merasakan gejala apapun lagi di tahun 2017, jadi hampir 1 tahun lah kurang lebih jalanin terapi pengobatan.

Udah segala macem obat dari mulai herbal & obat dokter dicobain pada intinya sifatnya meredakan gejala aja, selama ya itu tadi...pola makan & gaya hidup masih gitu2 aja ya pasti suatu saat bakal kambuh lagi.

Tips dari ane:
- Hindari stres & atur pola makan lebih rapih
- Jgn terlalu banyak baca/searching di Google atau utub tentang penyakit ini, karena yg ada malah ente bakal makin stres, karena kondisi tubuh kita yg tau & bisa merasakan ya kita sendiri.
- Sebisa mungkin pagi2 itu jgn sampai kosong perut/minum air putih hangat & madu...baru sarapan pagi beratnya nasi + lauk, lanjut siang, makan malem jgn lebih dari jam 7
- Hindari makan makanan yg berbahan gluten, asam kayak kopi, cuka, pedas dll
- Sebisa mungkin olahraga biar badan sehat, keluar keringat & banyak minum air putih... karena asam lambung berlebih keluarnya itu lewat urine & pori2 kulit pas kita berkeringat

Sehat trus gan...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan yudi30 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
23-01-2021 10:00
ane juga gerd..mayan klo kambuh bisa krasa 3-4 hari
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
23-01-2021 10:08
ane pernah keknya ngalamin ini, cm ane minumin byk aja emoticon-Ngakak
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
23-01-2021 12:37
aku pernah baca juga ada ring disaluran tenggorokan-lambung yg mestinya ketutup utk cegah asam lambung naik. nah gara2 penyakit asam lambung ini itu ring jadi kebuka gak auto ketutup dan sering naik klo lagi tidur naik asam lambungnya sampai ke tenggorokan.

iya itu panas dada makanya tidur bantal harus tinggi atau tidur nyamping.

terus jangan telat makan, perut kosong itu picu paling sering asam lambung naik selain minum kopi.
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
23-01-2021 15:09
Ngeri banget, ane jujur suka banget sama sambel, dan jangan sampe kena deh emoticon-Sorry
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
23-01-2021 19:20
Udah setahun ane ngalamin itu bro. Sampe ada di titik gak bisa tidur walaupun mata udah ngantuk karna badan gak bisa di buat tiduran walaupun kepala udah paling tinggi.di tambah lagi ni penyakit timbul barengan sama covid.pikiran dah kemana2 itu.
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
24-01-2021 11:49
gak boleh gampang stres, stres harus dihindari sebisa mungkin karena akan memicu asam lambung meningkat.

Ini klo ga sadar kita lg stress gmn cara atasinya gan
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengalaman Ngeri Sekaligus Berharga Setelah Hampir Seminggu Terkena ‘GERD’
24-01-2021 11:55
Waduhh seremm bangett dan jadi berdosa begini sama diri sendiri ane suka makan yang pedas pedas soalnya
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia