News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600a29240577a92b7a47f422/menyoal-arti-quothela-nafasquot-anies-dan-habib-rizieq-jokowi-paham
DALAM beberapa waktu terakhir ada yang berbeda dengan sikap yang ditunjukan oleh mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Keduanya tampak melunak. Jauh dari kata garang dan membelot. Tentu apa yang saya katakan ini bukan tanpa alasan. Lihat saja, Habib Rizieq yang tengah menyandang tiga status tersangka menyeru lewat kuasa hukum, Az
Lapor Hansip
22-01-2021 08:23

Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?

Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?

DALAM beberapa waktu terakhir ada yang berbeda dengan sikap yang ditunjukan oleh mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Keduanya tampak melunak. Jauh dari kata garang dan membelot.

Tentu apa yang saya katakan ini bukan tanpa alasan. Lihat saja, Habib Rizieq yang tengah menyandang tiga status tersangka menyeru lewat kuasa hukum, Aziz Yanuar. Dia meminta agar pengikutnya membantu pemerintah dalam menangani segala bencana yang terjadi di tanah air, tanpa pandang suku, agama dan maupun ras.

Aziz pun seperti banyak ditulis oleh beberapa portal berita online, mengatakan, FPI selalu menjadi ormas terdepan dalam membantu penanganan bencana yang terjadi di bumi pertiwi.

Kemudian untuk Anies. Bagi yang selalu mengikuti perkembangan politik tanah air pastinya sudah hafal, Gubernur satu ini doyan melakukan kebijakan yang bersebrangan dengan pemerintah pusat. Tapi, belakangan berubah jadi anak manis.

Anies yang sebelumnya pede dengan mengeluarkan aturan rem darurat sendiri untuk wilayah Jakarta dan coba mempengaruhi pemimpin daerah di Jabodetabek. Eh, sekarang minta pemerintah pusat untuk mengambil alih kebijakan dan menyerahkan sepenuhnya koordinasi penanggulangan pandemi Covid-19 di Jabodetabek.

Tak hanya itu, Anies juga mendukung keputusan pemerintah pusat memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali. Intinya mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini manut.

Sepintas, perubahan sikap yang ditunjukan oleh dua tokoh ini mestinya menjadi kabar gembira bagi segenap bangsa dan negara Indonesia. Pihak yang selama ini kerap melawan, membelot, bahkan membuat gaduh tiba-tiba saja hijrah ke arah lebih baik. Setidaknya, hal tersebut bisa mengurangi beban pemerintah yang tengah dilanda banyak masalah. Mulai dari pandemi, bencana dan resesi ekonomi.

Tapi, dilihat dari rekam jejak dan kacamata politik yang selama ini beredar. Perubahan sikap Habib Rizieq dan Anies cukup mengherankan. Apalagi perubahan sikap tersebut hampir berbarengan. Boleh dong curiga? Jangan-jangan mereka tengah menjalankan politik "hela nafas". Coba berhenti sejenak dari segala aktivitas, siasat, dan lebih manut dulu. Kemudian, bila situasi telah menguntungkan, kembali bermanuver dan tancap gas.

Kembali, kecurigaan ini bukan tanpa alasan. Bila flashback ke belakang, konstelasi politik tanah air sempat diriuhkan dengan adanya poros politik baru. Poros Anies-Rizieq-JK. Poros tersebut muncul tak lama setelah mantan Imam Besar FPI, tiba di tanah air setelah tiga tahun lebih menetap di Arab Saudi.

Poros ini tampak begitu percaya diri bisa menjadi lawan tangguh pada gelaran Pilpres 2024. Setidaknya begitulah beberapa pihak mengatakan. Ditambah lagi, sejak kedatangannya, sang habib menganggap dirinya orang kuat dan ditakuti pemerintah. Makanya, dia tidak peduli dengan segala aturan yang dibuat pemerintah soal protokol kesehatan. Habib Rizieq terus saja membuat kerumunan massa besar-besaran. Bahkan, kalau tidak keburu dicegah, dia juga bakal mengadakan reuni akbar PA 212 dan safari ke daerah-daerah.

Habib Rizieq juga makin jumawa, kala sebagian elite politisi oposisi turut mendukungnya. Buktinya, mereka seperti berlomba-lomba sowan ke kediaman sang habib di Petamburan, Jakarta Barat. Dan, ini diperkuat dengan sikap Anies Baswedan yang permisif. Dia seolah menghalalkan segala polah Imam Besar FPI dimaksud.

Cukup? tentu tidak. Mantan wakil presiden dengan dua presiden yang berbeda, Muhamad Jusuf Kalla (JK) bukannya ikut menenangkan suasana, malah menyelam di air keruh. Dia terang-terangan membela Habib Rizieq.

Disebut JK, Habib Rizieq seorang pemimpin karismatik. Dan meminta pemerintah untuk menjalin dialog. Artinya, politisi senior ini telah menilai Habib Rizieq sama derajatnya dengan Presiden Jokowi.

Setuju? Rasanya jauh panggang dari api. Bagaimana bisa seorang yang tersandung kasus hukum disandingkan derajatnya dengan orang nomor satu di tanah air.

Itulah sedikit gambaran politik yang sempat terjadi, sebelum sang imam besar ditahan pihak kepolisian. Begitu pongah dan jumawa.

Tapi, sekarang hal itu tidak tampak sama sekali. Habib Rizieq yang jumawa mendadak jadi penghamba dan tunduk terhadap penguasa. Anies Baswedan yang biasanya memaksakan kebijakan asal beda, berubah jadi anak manis dan manut pada orang tua (baca: perintah pusat).

Saya rasa ini semua manuver politik. Bisa jadi berubah sikapnya mereka atas permohonan para bohir yang khawatir kedoknya terbongkar setelah PPATK membekukan 89 rekening yang terafiliasi dengan FPI. Harapannya, pemerintah bisa sedikit melunak alias tidak terlalu jor-joran membongkar seluruh jaringan ormas islam dimaksud. Atau, ada manuver lain agar bisa merangkul pemerintah dan masyarakat? Entahlah. Cukup sulit diprediksi.

Tapi, saya yakin dan percaya apapun siasat atau manuver yang tengah mereka rencanakan, pemerintah, khususnya Presiden Jokowi telah memahami adanya perubahan sikap ini. Bahkan, boleh jadi telah mempersiapkan antisipasinya. Kita tahu, Presiden satu ini cukup cerdik dalam bermain catur politik.

Salam

Penulis: Elang Salamina


https://www.kompasiana.com/elangmaul...paham?page=all


Hmmmemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jollyg00d dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 08:39
Emang ane akuin belakangan politik adem ayem kaga ada kegaduhan... Antara pikir ga ada dana pada dibekuin rekeningnya ato ape...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hard_gay dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 08:43
hela napas? kenap copid?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 08:45
penulis..kagak curiga..kagak makan...
orang tenang aja....dia gak tenang..
karena kalau gak gaduh..gak dapat makan...
persis macam cebong dimari emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ableh80 dan 6 lainnya memberi reputasi
2 5
-3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 08:48
analis babi
justru harus diapresiasi lah
masa wabah harus saling bantu saling koordinasi
profile-picture
p1p1 memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:04
Jadi srigala berbulu onta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:08
Gmn mau gaduh klo gk ada kucuran logistik dr sponsor ..
sejak nama chaplin disebut2..ybs memilih sibukin diri di pmiemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:10
Bahu membahu dahulu lewati cobaan bencana alam dan pandemi corona
Setelah semua bisa dilewati silahkan kalian ribut lagi dan saling bantaiemoticon-army:
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:11
Bawa bawa agama dalam berpolitik parlemen jalanan.

emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 37sanchi memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:23
Kami rindu razia miras, rajia restoran, razia ruko sempak

Gak ada lo gak rame jieq

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:25
Opini ya ini? Sebenarnya mau curiga atau gak dgn perubahan sikap nih 2 org. Nih 2 org bagi gw 1 paket sama amin Rais. Bakal trus melawan pemerintah selama kelompoknya blm megang kekuasaan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:25
golongan siafa yg suka kemungkaran dan kemaksiatan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:28
Tapi, sekarang hal itu tidak tampak sama sekali. Habib Rizieq yang jumawa mendadak jadi penghamba dan tunduk terhadap penguasa. Anies Baswedan yang biasanya memaksakan kebijakan asal beda, berubah jadi anak manis dan manut pada orang tua (baca: perintah pusat).


Ah..itu hanya analisa pribadi anda saja Wkwkwkwk
0 0
0
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:30
hidup kok curiga mulu, ya biarkan Anies dan HRS dengan sikap yang baru mereka, idup idup mereka, mulut mulut mereka emoticon-Ngakak

semua ada konsekuensinya, keras ada konsekuensinya, lunak apalagi, mama cemberut emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
botol.mijon dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:35
Anies tanpa Riziq dan FPI memangnya bisa apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:39
Hela napas artinya...

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:43
anjing2 kadrun dimari juga jadi melunak, sok2an bijak padahal babi laknat
ppatk mmg raja tega emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:50
pilkada 2022 udah gak ada yg bisa pasang spanduk buli mayit di rumah ibadah


sedih saya

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan baikl memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 09:51
Emang joko harus paham? Jangan kasih kendor, hajar terus
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 10:03
karena mau menjelang 2024
menarik simpati masyarakat
kayak ga tau aja
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan baikl memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Arti "Hela Nafas" Anies dan Habib Rizieq, Jokowi Paham?
22-01-2021 10:25
kompasiana cuk ....
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia