News
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600920418d9b1758b862c57b/asap-batok-kelapa-dapat-menjadi-obat-covid-19-adalah-hoaks
Klaim tersebut tersebar melalui akun Facebook Faiyah Dian Iswari pada 10 Januari 2021. Dalam postingan akun tersebut terdapat video yang berdurasi 2 menit 47 detik dari sebuah stasiun televisi.
Lapor Hansip
21-01-2021 13:33

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!

Past Hot Thread


Belakangan ini terdapat sebuah klaim yang menyebut jika asap batok kelapa dapat berfungsi sebagai obat Covid-19.

Klaim tersebut tersebar melalui akun Facebook Faiyah Dian Iswari pada 10 Januari 2021. Dalam postingan akun tersebut terdapat video yang berdurasi 2 menit 47 detik dari sebuah stasiun televisi.

Video tersebut berisi cuplikan yang mengklaim jika asap batok kelapa yang sudah dikondensasi dapat menyembuhkan pasien penderita Covid-19.

Selain itu, dalam videonya juga terdapat klaim yang menyebut jika mengkonsumsi batok kelapa yang telah dikondensasi dapat mengubah hasil rapid test positif Covid-19 menjadi negatif.

Lantas, bagaimana kebenaran klaim tersebut?

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!


PEMERIKSAAN FAKTA
Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait klaim tersebut melalui situs Liputan6. Penelusuran fakta dilakukan dengan meminta penjelasan dari seorang dokter bernama Samuel P. K. Sembiring. Melalui penjelasannya, dokter Samuel menjelaskan bahwa klaim tentang asap batok kelapa dapat berfungsi sebagai obat Covid-19 adalah tidak benar.

Dokter Samuel menyebut jika Covid-19 adalah self limiting disease atau dapat sembuh dengan sendirinya. Tentunya, berkat daya tahan tubuh kita yang baik, bukan karena obat-obatan herbal yang dikonsumsi, termasuk asap batok kelapa yang sudah dikondensasi.

Dokter Samuel menjelaskan jika masyarakat harus selalu waspada terkait maraknya klaim makanan atau minuman yang disebut bisa mencegah atau menyembuhkan Covid-19. Dirinya menyebut, jika satu-satunya pengobatan yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.


KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyatakan bahwa klaim yang menyebut jika asap batok kelapa yang dikondensasi dapat menjadi obat Covid-19 adalah informasi yang salah alias hoaks!

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi in ke rekan dan keluarga kalian, agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 13:46
covid ini emang penyakit yang bisa di komoditas kan,
karena memang bagi orang yang tidak ada penyakit bawaan, dengan antibodi nya sendiri bisa sembuh,
dan bagi sebagian orang ini bisa jadi komoditi dengan jual berbagai obat2 yang ttidak terkorelasi
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 13:53
Quote:Original Posted By hansiphoax

KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyatakan bahwa klaim yang menyebut jika asap batok kelapa yang dikondensasi dapat menjadi obat Covid-19 adalah informasi yang salah alias hoaks!



sudah kuduga, sudah benar mending rajin makan nasi kucing & minum wedang jahe emoticon-Jempol

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botol.mijon dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 14:18
Quote:Original Posted By Betjanda
sudah kuduga, sudah benar mending rajin makan nasi kucing & minum wedang jahe emoticon-Jempol

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!



Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!

Kalau beli nasi kucing .. pass dijalan ketemu cewek ini tolong diangkut juga diajak makan ..

emoticon-Mewek
profile-picture
Betjanda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 14:19
Masih mending asap batok kelapa dulu pernah ada yang bilang katanya bau kentut yang busuk bisa menyembuhkan covid...kan gila itu
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 14:43
Gw rasa bisa aja..mungkin itu ngecheat biar hasil swab negatif...
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 16:32
Hmmm hoax
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 16:36
Ade aje lagi..wong yang uda kebukti ada khasiatnya aja belum tentu bisa.
Example - Ekaliptus, punya kemampuan antiviral cuma belum ada bukti kok buat covid19
Ini lagi sekedar asap.... hadeh....
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 16:38
Nggak cimeng ae Boss...
profile-picture
black_robo memberi reputasi
1 0
1
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 16:45
Hati hati semakin marak berita berita hoaks yang beredar. Setahu saya virus covid bisa dilawan dengan meningkatkan kekebalan tubuh/ imunitas seseorang. Nah sekarang apakahasap batok kelapa bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, mungkin kalau air atau buah kelapanya sih masih masuk akal.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 16:49
Sembuh kagak
Bengek iya
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
handratas dan itilnjepat memberi reputasi
2 0
2
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 16:51
{thread_title}
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 16:57
Waduh... covid khan menyerang paru paru. Nah ditambah asap, jadinya tambah kolaps itu paru paru. Sel imun di paru paru aja punya beban berat untuk membunuh virus, eh ditambah masuknya asap, asap dapat mengiritasi paru paru. Ya kolaps dah tuh. Tinggal nunggu masuk kuburan aja.
profile-picture
Andirujak memberi reputasi
1 0
1
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:03
Silakan aja ngisep asep batok kelapa emoticon-Wakaka
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:04
Mending buat bikin sate
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:04
emoticon-Wakaka
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:12
Sebenernya bisa men
Covid can't kill you if you kill yourself first
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:13
Ngk sekalian batoknye dimakan....emoticon-Ngakak
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:15
Tetap sebarkan informasi informasi positif gan
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:22
Covid itu virus dikira nyamuk main diasap aja emoticon-Wakaka
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:23
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia