News
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600920418d9b1758b862c57b/asap-batok-kelapa-dapat-menjadi-obat-covid-19-adalah-hoaks
Klaim tersebut tersebar melalui akun Facebook Faiyah Dian Iswari pada 10 Januari 2021. Dalam postingan akun tersebut terdapat video yang berdurasi 2 menit 47 detik dari sebuah stasiun televisi.
Lapor Hansip
21-01-2021 13:33

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!

Past Hot Thread


Belakangan ini terdapat sebuah klaim yang menyebut jika asap batok kelapa dapat berfungsi sebagai obat Covid-19.

Klaim tersebut tersebar melalui akun Facebook Faiyah Dian Iswari pada 10 Januari 2021. Dalam postingan akun tersebut terdapat video yang berdurasi 2 menit 47 detik dari sebuah stasiun televisi.

Video tersebut berisi cuplikan yang mengklaim jika asap batok kelapa yang sudah dikondensasi dapat menyembuhkan pasien penderita Covid-19.

Selain itu, dalam videonya juga terdapat klaim yang menyebut jika mengkonsumsi batok kelapa yang telah dikondensasi dapat mengubah hasil rapid test positif Covid-19 menjadi negatif.

Lantas, bagaimana kebenaran klaim tersebut?

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!


PEMERIKSAAN FAKTA
Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait klaim tersebut melalui situs Liputan6. Penelusuran fakta dilakukan dengan meminta penjelasan dari seorang dokter bernama Samuel P. K. Sembiring. Melalui penjelasannya, dokter Samuel menjelaskan bahwa klaim tentang asap batok kelapa dapat berfungsi sebagai obat Covid-19 adalah tidak benar.

Dokter Samuel menyebut jika Covid-19 adalah self limiting disease atau dapat sembuh dengan sendirinya. Tentunya, berkat daya tahan tubuh kita yang baik, bukan karena obat-obatan herbal yang dikonsumsi, termasuk asap batok kelapa yang sudah dikondensasi.

Dokter Samuel menjelaskan jika masyarakat harus selalu waspada terkait maraknya klaim makanan atau minuman yang disebut bisa mencegah atau menyembuhkan Covid-19. Dirinya menyebut, jika satu-satunya pengobatan yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.


KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyatakan bahwa klaim yang menyebut jika asap batok kelapa yang dikondensasi dapat menjadi obat Covid-19 adalah informasi yang salah alias hoaks!

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi in ke rekan dan keluarga kalian, agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:38
Yang ada asma ntar gan 😂
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:44
Covid ini penyakit keparat yg udah mengalahkan popularitas nya penyakit aids.jantung.kanker.tumor.liver dll..covid ini penyakit cupu yg dibesar2kan..padahal jauh lbh ngeri tbc dan pneumonia.
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 17:58
yg percaya ginian berarti dia bodohnya mendarah daging.. wkwkwk mana ada asap doang bisa ngusir virus.. yg ada bikin polusi kali..
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 18:25
Bengek iye gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 18:27
jadi keinget kalung penangkal korona milik kemenkes wkwkwkk
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 18:29
Terima kasih sudah meluruskan. Tapi emang ada yg percaya kabar ini? emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 18:45
obat covid itu boost immune & tidur cukup.


batok kelapa apaan coba emoticon-Ngakak
batok kelapa bapak kau kali emoticon-Ngakak
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 19:02
baru tau ane ada berita kaya gini.. asap batok jadi obat.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 19:25
Jadi batuk iya.
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 19:26
penyakit ini emang menarik perhatian banyak orang banget
jadi sangat bisa dimanfaatkan buat ngeraih keuntungan
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 19:50
ntu asap nye di taro plastik trus di sedot
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 20:17
Memang bnyak cara yg di lakukan untuk melakukan cara untuk pengobtan alternatif. Tp kita juga hrus pintar pintar ya agar gak kena hoax
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 20:35
Gimana pula kluar teori bgini hmmmm...
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 22:42
Siapa si yang pertama kali bikin hoax gini, pengen tak hih rasanya emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
21-01-2021 23:05
Ada2 aja.dlu wedang jahe,trus minyak kayu putih.eh skrang asap batok.bsok apa lgi ya.emoticon-Bingung
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 00:15
wah kayaknya hoaks ini belom nyampe di whatsapp keluarga ane, syukur deh emoticon-Ngakak
Diubah oleh farinamany
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 07:28
sekalian ditelan aja batoknya
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 07:36
Gk sekalian asap kenalpot? duh yang nyebar hoax ini kudu di ventung emoticon-Marah
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
0 1
-1
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 09:07
Ntar lagi ada yg bikin asap knalpot motor juga bs menyembuhkan corona wkwkwk
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 10:01
ga sekalian pake asep weed aja bree....
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia