News
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600920418d9b1758b862c57b/asap-batok-kelapa-dapat-menjadi-obat-covid-19-adalah-hoaks
Klaim tersebut tersebar melalui akun Facebook Faiyah Dian Iswari pada 10 Januari 2021. Dalam postingan akun tersebut terdapat video yang berdurasi 2 menit 47 detik dari sebuah stasiun televisi.
Lapor Hansip
21-01-2021 13:33

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!

Past Hot Thread


Belakangan ini terdapat sebuah klaim yang menyebut jika asap batok kelapa dapat berfungsi sebagai obat Covid-19.

Klaim tersebut tersebar melalui akun Facebook Faiyah Dian Iswari pada 10 Januari 2021. Dalam postingan akun tersebut terdapat video yang berdurasi 2 menit 47 detik dari sebuah stasiun televisi.

Video tersebut berisi cuplikan yang mengklaim jika asap batok kelapa yang sudah dikondensasi dapat menyembuhkan pasien penderita Covid-19.

Selain itu, dalam videonya juga terdapat klaim yang menyebut jika mengkonsumsi batok kelapa yang telah dikondensasi dapat mengubah hasil rapid test positif Covid-19 menjadi negatif.

Lantas, bagaimana kebenaran klaim tersebut?

Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!


PEMERIKSAAN FAKTA
Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait klaim tersebut melalui situs Liputan6. Penelusuran fakta dilakukan dengan meminta penjelasan dari seorang dokter bernama Samuel P. K. Sembiring. Melalui penjelasannya, dokter Samuel menjelaskan bahwa klaim tentang asap batok kelapa dapat berfungsi sebagai obat Covid-19 adalah tidak benar.

Dokter Samuel menyebut jika Covid-19 adalah self limiting disease atau dapat sembuh dengan sendirinya. Tentunya, berkat daya tahan tubuh kita yang baik, bukan karena obat-obatan herbal yang dikonsumsi, termasuk asap batok kelapa yang sudah dikondensasi.

Dokter Samuel menjelaskan jika masyarakat harus selalu waspada terkait maraknya klaim makanan atau minuman yang disebut bisa mencegah atau menyembuhkan Covid-19. Dirinya menyebut, jika satu-satunya pengobatan yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.


KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyatakan bahwa klaim yang menyebut jika asap batok kelapa yang dikondensasi dapat menjadi obat Covid-19 adalah informasi yang salah alias hoaks!

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi in ke rekan dan keluarga kalian, agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
24-01-2021 18:18
kok ya makin ke sini hoaksnya makin ga jelas kalau menurut ane gan
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
24-01-2021 17:12
Yeee ini mah bukannya nyembuhin malah bisa bikin asma gan, orang aseppnya begitu banget kalo dibakar wkwkwkwk
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
24-01-2021 01:53
Jangan langsung makan mentah2 berita.
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
24-01-2021 01:52
Telusuri dlu gan.
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
23-01-2021 23:50
Hadeeh ada aja yang percaya ky gitu, untung ada berita klarifikasinya
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
23-01-2021 21:22
Ada ada lagi ini buat2 teori sendiri
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
23-01-2021 17:30
Gue jg dh ngira hoax sih
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
23-01-2021 07:55
Gapapa sih gue setuju, lu orang hirup dah tuh asap banyak”

emoticon-Ngakak
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 19:39
Waahh perlu hati hati nih menerima informasi untungnya ini udah dikonfirmasi kalau memang hoax ya
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 17:27
paru2 black , virus pun ga keliatan
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 12:47
makin banyak yg jadi goblok kuadrat ya ... kadang nemu ginian dikasi tau malah ga mau denger dan lebih percaya katanya2 orang lain dari pada keluarga sendiri
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 12:39
heran juga ane, masih ada aja orang yang percaya hal-hal yg jelas-jelas diluar akal sehatemoticon-sad
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 12:10
Hadeh ada aja berita hooaxx inii niih gaan...
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 11:58
Besok bakal ada hoax kalau cium bau kentut bisa sembuhkan korona.
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 11:05
Obat covid ya makan enak maskeran makan enak maskeran gitu terus kata dr tirtah
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 10:46
ane blm pernah denger sih batok kelapa bisa nyembuhin covid, but thank God udah tau dluan kalo itu hoax
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 10:01
ga sekalian pake asep weed aja bree....
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 09:07
Ntar lagi ada yg bikin asap knalpot motor juga bs menyembuhkan corona wkwkwk
0 0
0
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 07:36
Gk sekalian asap kenalpot? duh yang nyebar hoax ini kudu di ventung emoticon-Marah
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
0 1
-1
Asap Batok Kelapa dapat Menjadi Obat Covid-19 adalah Hoaks!
22-01-2021 07:28
sekalian ditelan aja batoknya
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia