News
Batal
KATEGORI
link has been copied
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6007a0b782d49547ec67553f/film-nusa-rara-budayawan-denny-siregar-salah-alamat
Tudingan Denny itu sebagai bentuk fobia dan sesuatu yang berlebihan. JAKARTA -- Budayawan Islam Tiar Anwar Bachtiar menilai, pegiat media sosial Denny Siregar salah alamat lantaran mempermasalahkan film animasi 'Nusa dan Rara' karena tidak mengajarkan keberagaman. Tiar mengatakan, tema yang dibuat dalam animasi Nusa Rara jelas pendidikan agama Islam bagi anak-anak. Sehingga, animasi itu pasti akan
Lapor Hansip
20-01-2021 10:17

Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat

Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat

Tudingan Denny itu sebagai bentuk fobia dan sesuatu yang berlebihan.

JAKARTA -- Budayawan Islam Tiar Anwar Bachtiar menilai, pegiat media sosial Denny Siregar salah alamat lantaran mempermasalahkan film animasi 'Nusa dan Rara' karena tidak mengajarkan keberagaman. Tiar mengatakan, tema yang dibuat dalam animasi Nusa Rara jelas pendidikan agama Islam bagi anak-anak. Sehingga, animasi itu pasti akan memperlihatkan simbol-simbol Islam.

Sebelumnya Denny menuding film animasi garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko itu diintervensi oleh Ustaz Felix Siauw. Denny juga menuding, film tersebut sebagai film propaganda Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dia berdalih, film Nusa dan Rara tidak menunjukkan keberagaman. Menurut Denny, Islam ditampilkan dalam film tersebut dalam budaya Arab karena pakaian Nussa adalah gamis dan celana.

"Ya memang bukan itu tujuan dari animasi itu. Film animasi Nusa Rara isinya baik. Bahwa dia tidak mengajarkan keberagaman itu harus dilihat dulu itu animasi tema apa," kata Tiar kepada Republika.co.id, Selasa (12/1).

Tiar menegaskan, tidak ada kesalahan sama sekali dari film Nusa dan Rara. Pasalnya, film atau animasi merupakan simbolisasi atau dunia simbol budaya, gagasan dan sebagainya. Karena itu, Nussa yang disimbolkan memakai pakaian gamis adalah suatu pesan bahwa Nusa dan Rara adalah seorang Muslim, dilihat dari simbolnya.

Namun demikian, Tiar mengatakan, bahwa simbol budaya atau gagasan yang ditampilkan dari sebuah film animasi tidak akan serta-merta mengubah kebiasaan dan tradisi anak-anak di Indonesia. Apalagi, Nusa dan Rara bukan animasi pertama yang memakai simbol keagamaan.

Ada film animasi lain yang menggunakan simbol agama, seperti film 'Little Khrisna' yang juga sukses di Indonesia. Tiar mengatakan, 'Little Khrisna' yang menggunakan simbol-simbol agama Hindu tentu bertujuan untuk merepresentasikan budaya dari orang-orang Hindu. Film tersebut pun tidak masalah ketika ditonton oleh anak-anak Muslim.

"Misalnya anak-anak kita nonton Little Khrisna kan tidak ujug-ujug mereka berubah jadi Hindu atau berkultur India, tidak demikian. Begitu pun Nusa Rara, ada pengaruhnya pada budaya, tetapi tidak akan sepenuhnya mengubah orang-orang," lanjutnya.

Tiar lantas menyebut tudingan Denny itu sebagai bentuk fobia dan sesuatu yang berlebihan, yang menciptakan pandangan seperti menakuti terhadap film Nusa dan Rara.
"Padahal saya kira biasa saja, dan pembredelan terhadap film Nusa dan Rara itu sesuatu yang berlebihan," tambahnya.



1
Sebelumnya, Denny yang membuat nyinyiran terhadap film 'Nusa dan Rara' memention sang sutradara, Angga Dwimas Sasongko, dan mengatakan kepadanya bahwa film itu dibidani oleh Felix Siauw.

"Mas @anggasasongko apa gak paham ya, kalau pilem Nusa ini yg bidani Felix Siaw ? Liat aja bajunya si Nusa, emang anak muslim Indonesia bajunya model gurun pasir gitu? Setau saya, dari dulu kita sarungan deh. Hati-hati mas, jangan jadi jembatan propaganda mereka," tulis Denny Siregar di akun Twitternya.

Namun, Angga kemudian menanggapi nyinyiran Denny tersebut, dengan mengatakan bahwa produksi film tersebut tidak melibatkan tokoh agama. Angga menuliskan, bahwa cerita dan skenario film ini digarap Skriptura, divisi IP Development Visinema Group. Produksi animasinya oleh The Little Giantz dan distribusi & promosinya oleh Visinema Pictures.

"Yang saya gak paham cerita bahwa Felix Siauw ada di balik film Nussa itu dari mana? Produsernya isteri saya, @anggiakharisma. Penulis skenarionya 2 penulis saya di Visinema. Pendanaan juga dari Visinema dan The Little Giantz," tulis Angga.

"Bahwa Felix Siauw mungkin berteman dengan beberapa kawan yang ikut membuat Nussa, bukan berarti Felix Siauw mengintervensi pekerjaan kami. Visinema sudah 12 tahun bikin film. Saya gak butuh pembelaan lebih jauh. Film-film kami secara historis memberikan gambaran visi dan independensi kami."

https://www.republika.co.id/berita/q...r-salah-alamat

Gimana mau bisa bersaing Ipin Upin .... Dikit2 diributin..
ga suka ya tinggal bikin kartun yg lain .. daripada nyinyiran doang tapi ga punya karya sendiri
Diubah oleh seher.kena
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cengemerah dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:21
ribet klo yg ngomong itu bawa embel2 Islam ...
emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:22
Bikin film kartun dengan tokoh utama ebong pasti desi senang

Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
Diubah oleh gmc.yukon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kouldesak dan 10 lainnya memberi reputasi
8 3
5
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:23
Yak bnr, mang ini tontonan buat org islam. Yg bukan muslim ntn yg lain aja emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:23
Terkadang kebencian bikin orang jadi bego & nyinyir berkepanjangan. Lupa dia, dibalik sebuah produksi ada orang2 yg kerja nyari makan. Tiap cuitan suatu saat bakal 'diminta' pertanggungjawaban.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kouldesak dan 7 lainnya memberi reputasi
5 3
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:30
halah, ntuh cart-oon atau hani-masih atau afalah namanya nyang judulnya hana dan oomar di rtv juga kental nuansa most-lie-nya. kenafa si deci ga komeng jua? lagee fula, kalau hani-maseeh nusa rara dianggap deci mengajarkan radikalisme ess-lam, kenafa si deci ga bikin counter hani-maseeh dgn tema deradikalisasi ess-lam? cuma bisa koar2 tanfa kaseeh solasee wan gabut juga bisa des emoticon-Wakaka :wakanda emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:31
Ganti namanya jadi ahmad dan siti misalnya, gak bakalan ada yg protes

Nusa rara ngambil kata nusantara, tp isinya beda ya pasti ada yg nyinyir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YohanChan~ dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:34
DS makin kemari kualitas ciutannye bener² kaya CEPIRIT ye! Tau kan cepirit? Tai yg gak bermutu tapi bauk bgt. emoticon-Ngakak
Diubah oleh 4616616716
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EvoltoCiao dan 10 lainnya memberi reputasi
8 3
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:35
Emang norak si DS..
profile-picture
profile-picture
Saxoman dan melonpisang memberi reputasi
2 0
2
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:36
masih ada segelintir orang yg mengatakan film ini tidak radikal emoticon-Cape d... (S)

itu karena orang2 yg merasa film ini tidak radikal adalah orang2 radikal juga


mereka tidak merasa film ini radikal, karena mereka sendiri memiliki persepsi radikal dalam film ini adalah hal yg lumrah dan kebenaran atau bahkan bentuk ajaran kebaikan


contoh orang2 yg ane kenal yg mengatakan film ini tidak radikal,
sama juga orang2 mengatakann ustad somad, HTI ataupun habib rizik tidak radikal,


karena pola otak mereka sudah ditanamkan sedemikian rupa,
bahwa radikalisme dalam agama mereka adalah bentuk keimanan ataupun aqidah yg harus dipertahankan

Diubah oleh Gober.Trump
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YohanChan~ dan 16 lainnya memberi reputasi
12 5
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:36
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
profile-picture
profile-picture
semangathidup88 dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:41
film dakwah jangan mikir cari untung.....dakwah gak laku mewek...segmen pasarnya sempit
gak semua mislim sejalan dengan ajaran di film itu.
apalagi yg laen.
Diubah oleh masgembus
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan yp9nn memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:45
gambar kan di larang keras dalam agama islam...kok ini boleh ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YohanChan~ dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:49
itu film apa ? saia kok gak pernah tau ada film kartun itu ?
0 0
0
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:49
cebong goblok ngurusin kartun, dikit2 radikal..




otak sekecil berudu emang gt...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YohanChan~ dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 10:58
pernah nonton, alur ceritanya ga menarik buat anak anak, masih mending jarwo lucu dan dakwahnya lebih dapet.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 11:01
Ribet amat ngurusin kartun anak2
Bikin aja filem tandingan yg tokoh utamanya kristiani emoticon-Tai
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 11:04
Litle krisna tetep setingannya kaya di india
Ga berubah jadi anak indonesia
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 11:05
radikal no
korupsi yes

padahal dua duanya sama-sama ngerusak

gwa nggak pernah lihat di desi ini ngeritik kasus korupsi bansos atau korups lobster atau korupsi-korupsi yg lain, padahal baik radikalisme maupun korupsi sama-sama ngerusak bangsa ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuko dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 11:27
Quote:"Misalnya anak-anak kita nonton Little Khrisna kan tidak ujug-ujug mereka berubah jadi Hindu atau berkultur India, tidak demikian. Begitu pun Nusa Rara, ada pengaruhnya pada budaya, tetapi tidak akan sepenuhnya mengubah orang-orang," lanjutnya.


isa aeee...kalau argumen jago ente....tapi praktek di kehidupan gak spt bacotan ente pak....
jalanan spt logo salib, lupa ente ? jin kapir ?
dikit2 ketakutan lalu perkusi kristenisasi, budhaisasi, hinduisasi.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Film 'Nusa Rara', Budayawan: Denny Siregar Salah Alamat
20-01-2021 11:29
penasaran, isu viral apa yg gak dikomentarin sama desi?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia