Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
133
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600508d388b3cb7bce30d14f/kenali-8-tanda-temanmu-ingin-mengajukan-resign
Bayangkan, agan bekerja di suatu perusahaan atau bidang usaha tertentu, bersama beberapa teman lainnya. Senin yang identik dengan macet, hari yang panjang, telpon berdering tiada henti, sama deh seperti hari-hari kerja sebelumnya.
Lapor Hansip
18-01-2021 11:04

Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
Src: Amcat


Hai, selamat pagi dan selamat hari Senin bagi para pencari cuan.

Bayangkan, agan bekerja di suatu perusahaan atau bidang usaha tertentu, bersama beberapa teman lainnya. Senin yang identik dengan macet, hari yang panjang, telpon berdering tiada henti, sama deh seperti hari-hari kerja sebelumnya.
Di suatu hari senin agan melihat gelagat yang "berbeda" dari satu-dua orang dibanding dengan agan dan rekan-rekan lainnya. 
Performa yang menurun adalah hal yang paling jelas, sedikit banyak mengganggu proses kerja yang maksimum dan kini turun jadi 95%.
Okey, 5% itu kecil. Agan pun kadang juga penasaran apakah yang terjadi walaupun gaji dia udah terhitung diatas normal. Tapi bagi HR, ada tanda-tanda khusus dimana gelagat ini menjadi pertanda awal, atau bahkan sudah keputusan final, bagi seorang karyawan yang ingin mengajukan resign dengan berbagai alasan mereka, yang bahkan nominal gaji ga bisa mengubah keputusan mereka.
Walaupun ini bukan urusan agan, ada baiknya mari kita lihat sudut pandang HR bagaimana melihat ciri-ciri karyawan yang ingin mengajukan pengunduran diri.

* * *


1. Datang Mepet/Terlambat, Pulang On Time
Loh, apa ada yang salah sama on time, Art?
Kalo sedari awal kerja memang sudah on-time bisa jadi emang karakter orangnya yang disiplin waktu (ngejar kendaraan umum atau biar ga macet) atau memang sudah berkeluarga, kangen anak atau kangen suami/istri karena baru nikah, duh.
Ga jarang pun bagi beberapa orang yang pulang dilebihin (misal) 30 menit hanya untuk sekedar buka youtube pake fasilitas kantor atau ngobrol ringan sebelum pulang bersama rekan lainnya. Totally normal.
Yang bikin curiga adalah ketika dari yang biasa absensi bagus tiba-tiba sering datang terlambat dan sering teleport dari kursinya dan menuju depan absensi finger 1 menit sebelum jam pulang kerja.
Okay, ini belum pertanda besar, tapi perubahan sikap drastis ini sudah menjadi ancang-ancang awal bagi seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri.

2. Tempo Bekerja Makin Lambat
Siapa yang kerjanya selalu on-fire terus?
Agan bukan robot, pastinya ada fase melambat, entah karena laper, panas, kerjaan overload, pusing, mikirin pacar, ga fokus karena ada admin baru, dll. yang pasti ada suatu waktu dimana kerjaan rada "slacking". Wajar.
Tentu saja kata "wajar" ini ada batasannya. Lebih gede angka penurunan performa daripada angka stabil/kenaikan performa ini merupakan suatu pertanda kalo ada kebosanan dalam pekerjaan.
Gaji sudah sesuai ekspektasinya. Apakah dia mikirin istri temennya? Ataukah . . . ?

3. Jadi Pendiam dan Sering Mengeluh
Pendiam emang merupakan karakter sebagian orang, tapi kalo diemnya sampe bener-bener abai sama pekerjaan tentu saja rada bikin risih.
Oke kita ga bicara pekerjaan, mari ngobrolin bola. Blablabla, eh tau ga gue rada males sama si xxx. Bahas si Julia admin baru, ujung-ujungnya "kerjaan ini harusnya bisa gini eh taunya gitu."
Bro, kamu ga nyambung. Kenapa kamu komplain mulu?
Kamu bosen sama kerjaanmu?

4. Menjauhi Atasan/Males Bicara Pekerjaan
Mereka yang akan mengundurkan diri tahu betul jika performanya menurun, dan tentu saja ini bukan hal yang ingin didengar oleh atasan. Ketika dipanggil, ada saja alasannya; yang sibuk lah, yang ada telpon lah, titip kerjaan lah.
Biarpun atasan tidak bermaksud bicara tentang performa, tentu saja orang yang sudah "bosan" ini akan sangat berusaha menutup telinga dengan bahasan tentang pekerjaan, mau itu dari atasan atau dari rekan yang lain.

5. Mengambil Seluruh Haknya
Setengah tahun kerja terus bagai quda sampai lupa orang tua, di bulan Agustus dan seterusnya mulai rutin ambil cuti, kalo bisa semua diambil sekaligus.
Oke mungkin dia butuh libur atau ada acara besar, jadi ambilnya sekaligus. Acara apa nih?

6. Meja/Tempat Kerja Lebih Bersih
"Widih, dulu meja udah mirip selokan sekarang rapi bersih mulus glowing begini? Btw kenapa oven di meja lu ilang?"
Kita bukan bicara oven yang hilang, tetapi meja yang bersih dan barang yang "biasanya disitu tapi udah enggak ada lagi" juga bisa menjadi pertanda jika beberapa hal miliknya telah dibawa pulang.
Kamu ga curiga kenapa tiap pulang dia bawa tas gede? Jangan-jangan kulkas kantor dibawa pulang lagi.

7. Sering Melakukan Hal Di Luar Jobdesc
Apa yang akan agan lakukan ketika dapet jam tanpa kerjaan?
Sosmed itu wajar lah sesekali sambil nunggu kerjaan selanjutnya, tapi ada beberapa aktivitas dimana seseorang menunjukkan ada hal lain yang disembunyikan.
Bukan 80% sosmed 20% kerja yak, bisa jadi emang orangnya males kalo begini caranya, hehe.
Perhatikan gerak-gerik aktivitas yang rada berbeda dari pekerjaan, terutama jika dia "banyak" menerima telpon di luar pekerjaan, bisa jadi itu adalah side job atau panggilan interview.

8. Ketahuan Mengunjungi LinkedIn dan Situs Lowongan Pekerjaan
Kode keras yang beneran bisa kelihatan dari aktivitas depan komputer/gawainya.
Jeng-jeng, tadaa. Ngapain kamu cari lowongan kerja saat kamu udah dapet kerjaan?
"Anu, buat ponakan/sodara/paklek/bulek/mbah/eyangkakung/kucing sayah".
Bisa jadi emang buat orang lain, tapi kalo lihatnya setiap hari, perlu curiga juga dong?

* * *

Apapun alasan di balik niat pengunduran dirinya, memang beberapa sikap dia akan sedikit mengganggu performa pekerjaan yang dilakukan bersama.
Jadi jika agan menemukan tanda-tanda seperti ini, ada baiknya agan ajak ngobrol tentang alasan dia melakukan ini. Bagus jika ada yang bisa agan bantu, sehingga dia dapat meninggalkan tempat kerja yang sekarang dengan impresi yang positif.

Sekian dan terima kasih.

Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
cc: shortie

HR & PayrollBozz. 2017. 7 gejala atau tanda-tanda karyawan yang akan resign. https://blog.payrollbozz.com/7-gejala-atau-tanda-tanda-karyawan-yang-akan-resign/ . Diakses 18 Januari 2021.
JobGoody. Karyawan Terbaik Anda Akan Resign? Ini 7 Tandanya. https://id.jobgoody.com/article/tanda-karyawan-terbaik-akan-resign/ . Diakses 18 Januari 2021.




Diubah oleh artwing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mr.Panda. dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
18-01-2021 12:17
ane mah dlu resign ga ada tanda2 kek gini tuh emoticon-Ngakak
profile-picture
aldo12 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
18-01-2021 14:04
Wew, blm ada yang berkunjung emoticon-Belo
0 0
0
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
18-01-2021 14:19
tanda" diatas ga termasuk bagi orang yang mau kabur dari kerjaan emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
18-01-2021 14:36
zaman sekarang temen resign mah bomat emoticon-Ngakak (S) urusin perut masing2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
18-01-2021 15:08
Wkwk ane masuk kaya gitu nih kayanya gan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
18-01-2021 23:22
ane pas resign juga ngelakuin beberapa tanda" ini hahaha emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
19-01-2021 01:18
Belum pengen resign meski dtang telat dan pulang ontime demi forum kaskus terkaporit...
Diubah oleh KetuaBesar
profile-picture
dxsc memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
19-01-2021 11:11
kontrak ane 1 tahun lg, tp uda ngelakukin beberapa hal di atas sih, aneh ya
0 0
0
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
20-01-2021 00:06
belom kerja dikantoran jadi minimal sudah tau tanda2 teman kantor kalau mau resign nanti emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
20-01-2021 17:56
ane dulu resign mendadak aja soalnya dah ga betah ma partner kerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyuubifrost dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:02
Biasanya tiba-tiba ambil jatah cuti semuanya emoticon-Matabelo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:04
Quote:Original Posted By artwing
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
Src: Amcat


Hai, selamat pagi dan selamat hari Senin bagi para pencari cuan.

Bayangkan, agan bekerja di suatu perusahaan atau bidang usaha tertentu, bersama beberapa teman lainnya. Senin yang identik dengan macet, hari yang panjang, telpon berdering tiada henti, sama deh seperti hari-hari kerja sebelumnya.
Di suatu hari senin agan melihat gelagat yang "berbeda" dari satu-dua orang dibanding dengan agan dan rekan-rekan lainnya. 
Performa yang menurun adalah hal yang paling jelas, sedikit banyak mengganggu proses kerja yang maksimum dan kini turun jadi 95%.
Okey, 5% itu kecil. Agan pun kadang juga penasaran apakah yang terjadi walaupun gaji dia udah terhitung diatas normal. Tapi bagi HR, ada tanda-tanda khusus dimana gelagat ini menjadi pertanda awal, atau bahkan sudah keputusan final, bagi seorang karyawan yang ingin mengajukan resign dengan berbagai alasan mereka, yang bahkan nominal gaji ga bisa mengubah keputusan mereka.
Walaupun ini bukan urusan agan, ada baiknya mari kita lihat sudut pandang HR bagaimana melihat ciri-ciri karyawan yang ingin mengajukan pengunduran diri.

* * *


1. Datang Mepet/Terlambat, Pulang On Time
Loh, apa ada yang salah sama on time, Art?
Kalo sedari awal kerja memang sudah on-time bisa jadi emang karakter orangnya yang disiplin waktu (ngejar kendaraan umum atau biar ga macet) atau memang sudah berkeluarga, kangen anak atau kangen suami/istri karena baru nikah, duh.
Ga jarang pun bagi beberapa orang yang pulang dilebihin (misal) 30 menit hanya untuk sekedar buka youtube pake fasilitas kantor atau ngobrol ringan sebelum pulang bersama rekan lainnya. Totally normal.
Yang bikin curiga adalah ketika dari yang biasa absensi bagus tiba-tiba sering datang terlambat dan sering teleport dari kursinya dan menuju depan absensi finger 1 menit sebelum jam pulang kerja.
Okay, ini belum pertanda besar, tapi perubahan sikap drastis ini sudah menjadi ancang-ancang awal bagi seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri.

2. Tempo Bekerja Makin Lambat
Siapa yang kerjanya selalu on-fire terus?
Agan bukan robot, pastinya ada fase melambat, entah karena laper, panas, kerjaan overload, pusing, mikirin pacar, ga fokus karena ada admin baru, dll. yang pasti ada suatu waktu dimana kerjaan rada "slacking". Wajar.
Tentu saja kata "wajar" ini ada batasannya. Lebih gede angka penurunan performa daripada angka stabil/kenaikan performa ini merupakan suatu pertanda kalo ada kebosanan dalam pekerjaan.
Gaji sudah sesuai ekspektasinya. Apakah dia mikirin istri temennya? Ataukah . . . ?

3. Jadi Pendiam dan Sering Mengeluh
Pendiam emang merupakan karakter sebagian orang, tapi kalo diemnya sampe bener-bener abai sama pekerjaan tentu saja rada bikin risih.
Oke kita ga bicara pekerjaan, mari ngobrolin bola. Blablabla, eh tau ga gue rada males sama si xxx. Bahas si Julia admin baru, ujung-ujungnya "kerjaan ini harusnya bisa gini eh taunya gitu."
Bro, kamu ga nyambung. Kenapa kamu komplain mulu?
Kamu bosen sama kerjaanmu?

4. Menjauhi Atasan/Males Bicara Pekerjaan
Mereka yang akan mengundurkan diri tahu betul jika performanya menurun, dan tentu saja ini bukan hal yang ingin didengar oleh atasan. Ketika dipanggil, ada saja alasannya; yang sibuk lah, yang ada telpon lah, titip kerjaan lah.
Biarpun atasan tidak bermaksud bicara tentang performa, tentu saja orang yang sudah "bosan" ini akan sangat berusaha menutup telinga dengan bahasan tentang pekerjaan, mau itu dari atasan atau dari rekan yang lain.

5. Mengambil Seluruh Haknya
Setengah tahun kerja terus bagai quda sampai lupa orang tua, di bulan Agustus dan seterusnya mulai rutin ambil cuti, kalo bisa semua diambil sekaligus.
Oke mungkin dia butuh libur atau ada acara besar, jadi ambilnya sekaligus. Acara apa nih?

6. Meja/Tempat Kerja Lebih Bersih
"Widih, dulu meja udah mirip selokan sekarang rapi bersih mulus glowing begini? Btw kenapa oven di meja lu ilang?"
Kita bukan bicara oven yang hilang, tetapi meja yang bersih dan barang yang "biasanya disitu tapi udah enggak ada lagi" juga bisa menjadi pertanda jika beberapa hal miliknya telah dibawa pulang.
Kamu ga curiga kenapa tiap pulang dia bawa tas gede? Jangan-jangan kulkas kantor dibawa pulang lagi.

7. Sering Melakukan Hal Di Luar Jobdesc
Apa yang akan agan lakukan ketika dapet jam tanpa kerjaan?
Sosmed itu wajar lah sesekali sambil nunggu kerjaan selanjutnya, tapi ada beberapa aktivitas dimana seseorang menunjukkan ada hal lain yang disembunyikan.
Bukan 80% sosmed 20% kerja yak, bisa jadi emang orangnya males kalo begini caranya, hehe.
Perhatikan gerak-gerik aktivitas yang rada berbeda dari pekerjaan, terutama jika dia "banyak" menerima telpon di luar pekerjaan, bisa jadi itu adalah side job atau panggilan interview.

8. Ketahuan Mengunjungi LinkedIn dan Situs Lowongan Pekerjaan
Kode keras yang beneran bisa kelihatan dari aktivitas depan komputer/gawainya.
Jeng-jeng, tadaa. Ngapain kamu cari lowongan kerja saat kamu udah dapet kerjaan?
"Anu, buat ponakan/sodara/paklek/bulek/mbah/eyangkakung/kucing sayah".
Bisa jadi emang buat orang lain, tapi kalo lihatnya setiap hari, perlu curiga juga dong?

* * *

Apapun alasan di balik niat pengunduran dirinya, memang beberapa sikap dia akan sedikit mengganggu performa pekerjaan yang dilakukan bersama.
Jadi jika agan menemukan tanda-tanda seperti ini, ada baiknya agan ajak ngobrol tentang alasan dia melakukan ini. Bagus jika ada yang bisa agan bantu, sehingga dia dapat meninggalkan tempat kerja yang sekarang dengan impresi yang positif.

Sekian dan terima kasih.

Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
cc: shortie

HR & PayrollBozz. 2017. 7 gejala atau tanda-tanda karyawan yang akan resign. https://blog.payrollbozz.com/7-gejala-atau-tanda-tanda-karyawan-yang-akan-resign/ . Diakses 18 Januari 2021.
JobGoody. Karyawan Terbaik Anda Akan Resign? Ini 7 Tandanya. https://id.jobgoody.com/article/tanda-karyawan-terbaik-akan-resign/ . Diakses 18 Januari 2021.






ketahuan mau masukin sianida di kopi buat CEO
0 0
0
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:07
Ane pernah ngajuin surat resign gan... Gaji ane gak pernah naik2... Tp tanggung jawab pekerjaan makin banyak... . Tp di tahan ama boss ane... Permintaan ane dikabuli ... Tp itu sudah terlambat... Ane dah dapet pekerjaan ditempat laen yg lebih layak... . Rasanya seperti ngelempar granat dikantor trus ane balik badan sambil slow motion ninggalin ledakan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyuubifrost dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:07
Antara real teman dan "teman".. ada yg bersyukur ente pergi tapi ada juga yg akan merasa kehilangan.. akan datang masanya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyuubifrost dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:08
wah bener juga tuh gan, beberapa hal itu gw lakuin dengan tujuan supaya perusahaan rela ngelepas karyawannya gitu. bahkan gw beberapa kali bolos gak masuk kerja dengan alasan sakit. tapi bolos kerja untuk tes di tempat lain emoticon-Big Grin
sama yg paling bener itu ngambil semua haknya, cuti abisin, kalo ada fasilitas reimburse apa langsung dipake emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:08
Ane sih emang ada tanda" mau resign, dan beberapa hal yg ente sebutin emang ane lagi lakuin tanpa sadar
Contohnya yg penurunan penforma emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:08
tambah biasanya sering nerima telepon dan menghindar dari orang lain utk jawab telepon tersebut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:10
Kl ane sih, bingung jg knp temen yg mau keluar/resign, mesti ane ajak bicara? Kecuali kalau dianya yg minta pendapat atau masukan.

Dia mau resign atau terus di kerjaan, itu kan hak dia juga.
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
1 0
1
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:13
Dimanfaatin temen seenaknya, giliran minta tolong balik, doi malah ngacir, ini nih yg bikin ane gedeg pas waktu gawe emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
kyuubifrost dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Kenali 8 Tanda Temanmu Ingin Mengajukan Resign
26-01-2021 14:15
Dimana2 buka Jobstreet di komputer kantor itu namanya bunuh diri
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia